Agrowisata Situ Bolang, Tempat Wisata Kekinian di Indramayu

Agrowisata Situ Bolang Indramayu

Lokasi: Jatisura, Kec. Cikedung, Kab. Indramayu.
MapCek Lokasi

Indramayu menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang juga memiliki banyak objek wisata. Tak heran jika kota ini saat ini juga menjadi daerah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Bagi anda yang sedang mengunjungi daerah yang terkenal dengan banyak pantainya ini, anda bisa mengunjungi salah satu objek wisata yang belakang sedang hits yaitu Agrowisata Situ Bolang. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.

Mengunjungi Destinasi Wisata Hits di Indramayu

Mengunjungi Destinasi Wisata Hits di Indramayu

Image Credit: Infopublik.id

Memang peranan media sosial begitu terasa sekali efeknya. Jika ada destinasi wisata baru di sebuah daerah yang akan langsung hits dan menarik perhatian. Secara tidak langsung bisa dikatakan jika media sosial adalah media promosi yang paling mudah. Inilah yang terjadi dengan tempat wisata di Indramayu yang mendadak viral di media sosial. Agrowisata Situ Bolang memang baru saja hadir, namun sudah membuat gempar media sosial akan kehadirannya.

Baru saja diresmikan pada Oktober 2019 silam dan hingga kini masih menjadi destinasi yang banyak digandrungi. Pasalnya pengunjung tak hanya bisa menikmati suasana yang asri namun juga ada banyak wahana yang ditawarkan. Potensi Agrowisata yang dimiliki oleh Situ Bolang memang sangat besar. Bukan hanya bisa meningkatkan potensi wisata namun juga memberi manfaat untuk meningkatkan keindahan alam dan konservasi lingkungan.

Di lahan yang luasnya mencapi 12 ha ini, pengunjung akan bisa melihat ribuan tanaman mangga hingga taman bunga. Inilah yang menjadi daya tarik dari tersendiri, mengingat tanaman yang biasanya hanya berbuah di daratan tinggi juga bisa hidup di daratan rendah. Hal ini tentunya menjadi hal yang luar biasa terutama akan tumbuhnya mangga Agrimania yang merupakan mangga khas dari Indramayu dan bisa dikatakan sebagai mangga terbaik.

Destinasi Wisata Hits di Indramayu

Image Credit: Jurnalindonesiabaru.com

Untuk keberadaannya sendiri awalnya merupakan inisiatif para petani yang ingin membuat kebun buah. Kemudian bisa untuk dijadikan lokasi wisata sekaligus sebagai pasarnya langsung. Memang mengunjungi Agrowisata Situ Bolang, anda bisa memetik buah mangga dan membawanya pulang. Mangga Agrimania memang bisa dikatakan sebagai mangga yang paling mahal di Indonesia, dan anda bisa membeli di kebun ini dengan harga yang lebih murah.

Satu buah mangga saja bisa mencapai berat hingga 2 kg, dan umumnya akan dijual dengan harga mulai dari Rp. 40 ribu untuk satu kilonya. Memetik mangga yang besar ini memang menjadi aktivitas yang paling favorit di Situ Bolang ini. Meskipun tidak menampik jika ada banyak hal lain yang bisa dijelajahi ketika mengunjungi agrowisata ini. Hingga kini pengunjungnya akan terus bertambah apalagi saat musim liburan datang.

Agrowisata Situ Bolang Menawarkan Berbagai Aktivitas Menarik

Agrowisata Situ Bolang Menawarkan Berbagai Aktivitas Menarik

Image Credit: Dharmaayunagari.blogspot.com

Mengunjungi wisata yang hits ini anda tidak hanya bisa memetik buah mangga saja. Anda bisa menikmati hamparan bunga matahari yang juga menjadi daya tariknya. Kebun bunga matahari yang sedang bermekaran merupakan spot yang paling banyak digemari untuk mengambil gambar. Terutama untuk generasi millenial yang memang memiliki hobi berpose di depan kamere kemudian mengunggahnya ke media sosial.

Memang Agrowisata ini menyediakan beragam spot untuk berswafoto yang membuat tempat ini semakin menarik. Terdapat beberapa instalasi yang berwarna warni di jalan menuju kebun. Bunga yang ditaman juga tidak hanya bunga matahari saja, ada banyak yang juga sangat cantik dijadikan sebagai spot foto. Begitu juga dengan buah buahan yang ditanam juga tidak hanya buah mangga saja. Sehingga ada banyak yang dieksplore di kbun ini.

Selain melakukan kegiatan foto, pengunjung juga bisa piknik di kebun ini. Suasananya yang asri dan udaranya yang sejuk karena pepohonan memang sangat cocok untuk menggelar tikar di kebun ini. Mengunjungi bersama keluarga atau teman akan semakin membuat liburan anda di tempat ini semakin seru dan menyenangkan. Bersantai di bawah pohon sambil bercengkrama bisa jadi kegiatan rekreasi yang menghilangkan segala penat.

Apalagi jika berpiknik sambil menikmati kudapan yang beragam, pasti akan lebih menyenangkan. Bagi anda yang ingin berenang, anda juga bisa berenang di kebun ini. Tersedia fasilitas kolam renang yang menjadikan pengunjung bisa bermain air di tengah sejuk dan asrinya kebun ini. Terutama untuk anda yang membawa anak anak, pastinya mereka akan tertarik dengan bermain air di kolam renang yang tersedia.

Bagi anda yang menyukai kegiatan yang menantang, anda bisa menantang adrenalin dengan menaiki ATV. Terdapat track sendiri yang bisa anda takhlukkan dengan medan yang beragam. Akan sangat seru jika bermain ATV ini bersama sahabat atau keluarga. Mengelilingi kebun yang sangat luas dengan ATV memang menjadi aktivitas yang banyak dilakukan oleh pengunjung yang datang.

Harga Tiket Masuk & Cara Menuju Kebun Situ Bolang

Harga Tiket Masuk & Cara Menuju Kebun Situ Bolang

Image Credit: Dharmaayunagari.blogspot.com

Untuk membuat wisatawan nyaman, pengelola juga menyediakan berbagai macam fasilitas yang terbilang memadai. Pengunjung bisa menemukan gedung pertemuan atau gedung diklat dan sarana seperti toilet. Bukan hanya berwisata, pengunjung juga bisa belajar tentang dunia pertanian serta perkebunan. Mulai dari pembibitan, budidaya tanaman hingga menikmati hasilnya yakni wisata petik buah langsung dari pohonnya.

Inilah yang membuat tempat wisata satu ini begitu banyak digandrungi wisatawan setempat maupun daerah lainnya. Terlebih sebelum di resmikan, sudah banyak rombongan dari sekolah sekolah baik TK maupun SD yang datang mengunjunginya. Membuat wisata ini bukan hanya untuk melepas lelah dan mencari hiburan, namun juga untuk wisata edukasi untuk para siswa. Hal ini juga yang menjadikan pengelola tidak membandrol tiket masuk dengan harga tinggi.

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan dan berwisata di Agrowisata Situ Bolang hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp. 8 ribu setiap orangnya. Harga tersebut tentunya bisa berubah tergantung dari kebijakan pengelolanya. Namun harga tersebut merupakan harga yang terjangkau jika melihat keindahan yang dimiliki kebun ini. Semua kalangan bisa berwisata dengan harga tiket ramah kantong namun tetap menarik dikunjungi.

Harga tiket masuk juga belum termasuk dengan harga menyewa ATV atau membeli buah yang ada di dalam kebun ini. Sementara untuk anda yang berniat mengunjungi Agrowisata Situ Bolang ini, anda harus menempuh jarak sekitar 30 KM dari pusat kota. Jika menggunakan kendaraan pribadi anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 sampai 45 menit jika kondisi jalan tidak sedang macet.

Anda hanya perlu langsung mengarahkan kendaraan ke Desa Jatisura, Kec. Cikedung, Indramayu. Jika sudah dekat dengan pintu masuk Situ Bolang, anda mengambil arah barat dan 200 meter lagi sampai di agrowisata ini. Masyarakat sekitar tentunya juga sudah akrab dengan tempat wisata ini. Sehingga jika anda ragu atau tidak mengetahui arah yang jelas, anda bisa bertanya dengan masyarakat yang ada.

Wisata memang bisa dilakukan dengan beragam cara, tidak hanya mengunjungi tempat hiburan saja. Mengunjungi agrowisata juga bisa menjadi alternatif liburan yang tetap menyenangkan sekaligus bisa menambah wawasan. Hadirnya Agrowisata Situ Bolang di Indramayu ini akan menjadi alternatif liburan di Indramayu yang menyenangkan. Dikemas nyaman, asri dan juga edukatif sangat cocok dikunjungi bersama keluarga.