Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Ketapanrame, Kec. Trawas, Kab. Mojokerto, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Memasuki musim liburan, maka kini saatnya untuk mulai menyiapkan berbagai kawasan wisata yang nantinya akan dituju. Salah satu kawasan yang wajib untuk masuk dalam list anda adalah kawasan wisata Air Terjun Dlundung Trawas Mojokerto. Objek wisata yang satu ini ramai dipadati pengunjung yang notabenenya suka dengan dunia air.

Biasanya para pengunjung yang datang ke sini ditemani dengan keluarga besarnya. Selain melepas penat, anda juga bisa menyanyikan berbagi keindahan alamnya yang mempesona. Tidak hanya itu, pengunjung yang datang ke air terjun ini juga bakal di suguhkan berbagai macam daya tarik. Penasaran apa saja daya tarik dan berbagai informasi lengkapnya? Ikuti di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Dlundung

Daya Tarik Air Terjun Dlundung
Image Credit: Google Maps Wisata Alam Dlundung Waterfall

1. Pemandangan Air Terjun yang Mempesona

Jika jalan-jalan ke tempat wisata maka salah satu yang tidak boleh ditinggalkan adalah mengecek daya tarik pada lokasi tersebut. Tidak ketinggalan jika anda datang ke air terjun di kawasan Trawas ini. Dimana salah satu daya tarik yang ditawarkan Air Terjun Dlundung adalah keindahan pemandangannya.

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa pemandangan yang ditawarkan di lokasi wisata satu ini biasa saja atau sama dengan tempat lainnya. Namun dugaan tersebut tidak tepat. Hal ini karena pemandangan yang ditawarkan oleh kawasan wisata yang satu ini terbilang unik dan anda bakal di ajak untuk menyatu dengan alam di sekitarnya.

Jangan salah, untuk air terjunnya juga sangat besar, sehingga debit air yang diturunkan di bagian utamanya akan sangat kencang. Namun jangan khawatir, pada area tersebut masih terbilang aman untuk digunakan berenang. Keindahan meningkat pada saat pagi atau sore hari, karena akan di selimuti kabut, sehingga akan menghadirkan keindahan alam.

2. Spot Foto yang Menarik

Bagian lain yang tidak kalah penting dari daya tarik Air Terjun Dlundung adalah banyak spot foto yang menarik. Bagian ini menjadi daya tarik tersendiri karena berbeda dengan kawasan wisata lainya. Dimana untuk berbagai spot foto yang di tawarkan sangat bagus untuk menunjang karya seni.

Tidak hanya spot foto buatan manusia saja, namun pengunjung yang datang juga bisa mengabadikan momen dengan menggunakan latar belakang pemandangan alamnya yang indah. Biasanya banyak pengunjung yang datang untuk mengabadikan momen di kawasan sekitar grojogan air terjun Trawas

Bahkan saking populernya memiliki spot foto yang menarik, maka kawasan yang satu ini sering digunakan untuk kegiatan foto prewedding bagi calon pasangan suami istri. Umumnya area yang sering digunakan untuk prewedding adalah di sekitar pepohonan yang rindang ataupun jalan setapak sekitar Air Terjun Dlundung Trawas. Sehingga calon pengantin bisa membuat konsep foto yang beraneka ragam.

Daya Tarik Dimiliki Air Terjun Dlundung
Image Credit: Google Maps Ochars Journey

3. Memiliki Area Camping yang Luas

Daya tarik yang membuat kawasan ini ramai pengunjung lainnya adalah dengan hadirnya area camping yang luas. Biasanya orang yang bakal datang dan menikmati keindahan yang satu ini adalah individu pecinta alam. Para pengunjung yang datang ke lokasi Air Terjun Dlundung untuk mendirikan kemah bisa membawa peralatannya sendiri dari rumah.

Lalu bagaimana jika tidak memiliki peralatan untuk berkemah? Jangan khawatir, sebab di kawasan wisata air terjun Trawas ini disediakan stan penyewaan. Namun untuk kebutuhan logistik, alangkah baiknya anda membawa dari rumah. Namun jika anda tidak ingin repot, di kawasan air terjun tersebut juga menyediakan banyak fasilitas pendukung seperti warung.

4. Area Bermain yang Lengkap

Bagi anda yang datang ke lokasi air terjun dengan membawa buah hati, maka tidak perlu khawatir mereka bakal bosan. Hal ini karena di kawasan wisata alam menyediakan area bermain yang luas untuk anak-anak. Lokasi permainan ini dekat dengan hamparan rerumputan yang luas, sehingga selain bermain buah hati juga bisa berfoto di kawasan ini.

Kawasan yang satu ini banyak di padati anak-anak yang ingin bermain bersama teman-temannya. Uantuk area bermaian ini snagat kengkap sehingga bakal membantu tumbuh kembang dari buah hati. Anda juga tidak perlu khawatir, sebab area ini di jaga oleh petugas, sehingga anak bakal selalu ada dalam pengawasannya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Dlundung
Image Credit: Google Maps Daniez line

Jika anda datang ke lokasi Air Terjun Dlundung pasti salah satu hal yang tidak luput dalam pencarian adalah alamat dan juga rute lokasi. Dimana untuk kawasan wisata air terjun ini berada di alamat jalan raya Trawas, Hutan, Trawas daerah Mojokerto Jawa Timur. Lokasinya sangat strategis, dimana jika dari Kota Mojokerto hanya berjarak sekitar 25 kilometer. Atau 15 kilometer jika dari perbatasan Krian.

Lalu bagaimana dengan rute menuju lokasinya? Jadi untuk lokasi tempat wista yang satu ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Agar bisa sampai di lokasi dengan selamat dan tidak nyasar, maka anda bisa melihat berbagai tulisan rute yang terpasang di pinggir jalan raya. Namun jika ingin lebih detail ke Air Terjun Dlundung Trawas, bisa menggunakan google maps.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Dlundung

Harga Tiket Masuk Air Terjun Dlundung
Image Credit: Google Maps Octo Rio

Jika anda datang ke lokasi wisata yang satu ini maka tidak perlu khawatir masalah harga tiketnya. Dimana untuk harga tiket yang ditawarkan untuk masuk di air terjun ini tergolong murah. hanya sekitar 15 ribu saja per orang. Harga tiket yang ditawarkan ini sama saja baik pada saat hari libur ataupun tidak. Kemudian untuk kendaraannya, anda akan membayar tambahan parkit sekitar 2 hingga 5 ribu rupiah.

Lalu bagaimana dengan jam operasionalnya? Jangan salah, untuk jam operasional kawasan wisata yang satu ini sangat panjang. Hal ini dilakukan karena dari pihak pengelola juga menyediakan area untuk berkemah, dan banyak dari wisatawan yang lebih memilih bermalam di lokasi Air Terjun Dlundung. Namun untuk destinasi air terjunnya mulai beroperasi dari jam 6 pagi hingga 6 sore saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Dlundung

Kegiatan Menarik Air Terjun Dlundung
Image Credit: Google Maps Nur Kholis

1. Mengabadikan Foto Menarik

Setelah mengetahui harga tiket yang ditawarkan, amka kini saatnya untuk paham dengan berbagai macam aktivitas menarik. Salah satu aktivitas menarik yang bisa anda lakukan jika datang ke air terjun di kawasan Trawas adalah mengabadikan foto menarik. Bahkan berbagi spot foto yang ada di lokasi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Umumnya banyak orang yang mengabadikan foto dilakukan di kawasan grojogan air terjun. Namun tidak jarang juga pengunjung yang datang di sekitar air terjun. Pepohonan yang rindang dan paduan jalan setapak warna warni di Air Terjun Dlundung juga tidak kalah membuat hasil jepretan menjadi lebih baik, dan pastinya pengunjung bisa menambah koleksi fotonya.

2. Melakukan Camping

Berbicara tentang wisata alam rasanya kurang lengkap jika belum lengkap jika tidak melakukan camping. Namun jangan khawatir, jika anda datang ke lokasi air terjun cantik ini bakal dibuat kagum dengan adanya area camping yang luas, sehingga banyak pengunjung yang datang untuk menginap dengan tenda.

Namun biasanya banyak juga pengunjung yang datang kemah ramai-ramai. Bahkan jika sudah larut kawasan ini juga digunakan untuk api unggun dengan para anggota kemah lainnya. suasana semakin syahdu jika diikuti dengan lantunan gitar dan nyanyi bersama-sama. Dengan adanya kegiatan ini, maka dijamin anda bakal betah di Air Terjun Dlundung dan bisa untuk ajang refreshing.

Kegiatan Menarik di Air Terjun Dlundung
Image Credit: Google Maps cicax Indonesia

3. Berenang

Sudah menjadi rahasia umum jika, air terjun yang ada di Trawas ini banyak dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk menikmati kesegaran airnya. Untuk lokasi berenang sendiri dibedakan menjadi dua. Untuk area dekat dengan grojogan utama biasanya akan dipakai oleh pengunjung dewasa. Namun untuk area dangkal biasanya di sekitar aliran dan biasanya ini di pakai oleh anak-anak.

Jika anak-anak ingin berenang di lokasi air terjun baik itu yang dangkal sekaligus, dihimbau parra orang tua untuk tetap mengawasinya. Tidak hanya itu, diharapkan orang tua juga harus menemaninya. Hal ini dilakukan di Air Terjun Dlundung bukan tanpa alasan, karena untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tenggelam, terpeleset, atu lainnya.

Jangan salah, biasanya orang yang berenang ini juga bergabung dengan kegiatan air lainnya. seperti arung jeram dengan tim. Setelah kegiatan arung jeram selesai, maka biasanya mereka bakal melanjutkan dengan berenang. Namun perlu dicatat, harap untuk berhati-hati jika anda berenang di area grojogan, karena wilayah tersebut memiliki debit air yang deras.

4. Bermain Melihat Kawanan Kelinci

Tidak hanya melihat pemandangan yang indah dan juga menikmati air, pengunjung yang datang ke lokasi wisata ini juga bisa bermain di area yang sudah disediakan. Biasanya area yang satu ini banyak digunakan oleh pengunjung anak-anak. Di kawasan sekitar Air Terjun Dlundung juga disediakan banyak sekali wahana permainan.

Anda juga tidak perlu khawatir buah hati kenapa-kenapa, karena di sana di sediakan penanggung jawab yang akan menemani buah hati. Namun jika anda ingin datang dan menemai buah hati juga tetap diperbolehkan. Pada area ini juga dekat dengan lokasi rerumputan yang luas, sehingga oleh pengunjung bakal dimanfaatkan untuk melepas lelah sambil menikmati camilan yang di beli di warung.

Jangan salah, jika buah hati datang ke lokasi ini, maka rasanya kurang afdol jika belum berkunjung ke kawanan kelinci yang lokasinya tidak jauh. Pada area ini, buah hati bisa menyaksikan kelinci sambil memberi makan wortel. Sehingga selai liburan di Air Terjun Dlundung, si kecil juga akan belajar terkait dunia hewan, sensorik, dan juga motorik guna tumbuh kembangnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Dlundung
Image Credit: Google Maps Mr Arum

Kawasan wisata yang satu ini banyak dipadati pengunjung baik saat hari biasa hingga liburan. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab ia memberikan fasilitas yang lengkap. Selain memiliki lahan parkir yang luas, tempat ini juga menyediakan arena bermain yang lapang untuk buah hati. Dimana anak-anak juga bisa menyaksikan kumpulan hewan kelinci sambi memberinya makan.

Tidak hanya itu, bagi anda yang suka dengan alam, maka biasanya akn menghabisakan banyak waktu untuk menginap di camp. Dimana untuk area camp yang luas juga bisa anda temukan jika berkunjung ke Air Terjun Dlundung Trawas. Jika anda tidak membawa alat untuk camp, maka di sana telah di sediakan penyewaan dengan harga terjangkau.

Kesimpulan yang bisa diambil adalah bahwa ada banyak sekali daya tarik jika mengunjungi kawasan wisata air terjun di Trawas ini. daya tarik yang dimaksud antara lain pemandangan air terjun yang mempesona, spot foto yang menarik, memiliki area camping yang luas, dan area bermain yang lengkap.

REKOMENDASI DESTINASI