Air Terjun Jumog Karanganyar, Air Terjun Nan Eksotis di Lereng Gunung Lawu

Air Terjun Jumog Karanganyar

Menikmati indahnya air terjun dan sejuknya udara khas pegunungan bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke Air Terjun Jumog di Lereng Gunung Lawu, Karanganyar. Air terjun yang tinggi dan aliran deras ini memiliki kolam rendam dan pemandangan alam yang indah.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Berjo, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Saat berada di Karanganyar, pastikan untuk mampir ke Air Terjun Jumog yang memiliki keindahan tersendiri. Di lokasi satu ini, Anda akan disuguhkan dengan destinasi curug yang indah dan tentunya udara yang segar. Seperti apa keseruan menjelajah wisata satu ini? bagi Anda yang penasaran, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Jumog

Daya Tarik Air Terjun Jumog

Image Credit: Facebook.com @travelwisata

Berlibur ke tempat yang sejuk dan masih alami, dapat menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk melepas penat. Apabila Anda kebetulan sedang berada di Karanganyar, maka Air Terjun Jumog dapat menjadi salah satu lokasi terbaik untuk melepas lelah akan aktivitas yang menjemukan.

Panorama indah yang ada disini, telah bisa Anda nikmati selama perjalanan menuju ke lokasi satu ini. Selain itu, bagi Anda yang ingin datang ke tempat ini maka Anda akan diharuskan untuk menuruni anak tangga yang berjumlah 116 anak tangga. Tentunya menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi Anda yang suka menjelajah.

Memasuki area wisata ini, udara yang segar sekaligus sejuk akan menjadi hal yang Anda dapatkan. Ditambah lagi sepanjang mata memandang, Anda akan disuguhkan dengan deretan pohon pohon rindang menjulang tinggi. Hal ini tentu saja akan membuat pengunjung menjadi lebih betah menghabiskan waktu di lokasi satu ini.

Sebab, ketika Anda berjalan menyusuri wisata ini untuk bisa sampai ke air terjun, Anda pun tidak akan merasa kepanasan berkat hadirnya pohon pohon yang rindang tersebut. Terlebih lagi, ketika Anda diharuskan untuk menuruni anak tangga yang berjumlah ratusan tersebut. Pastinya rasa lelah tidak akan terasa lantaran disuguhkan pemandangan yang super menakjubkan.

Daya Tarik dari Air Terjun Jumog

Image Credit: Google Maps (Anang Prio Pambudi)

Sebelum sampai ke lokasi air terjun, Anda akan menuruni anak tangga yang terbuat dari semen. Adanya pohon pakis yang melekat pada tebing pun menjadi salah satu hal indah yang bisa Anda dapatkan saat berada di lokasi satu ini. Setelah melewati anak tangga yang memiliki jumlah lebih dari seratus tersebut, Anda tak langsung menjumpai megahnya air terjun.

Namun, sayup sayup suara gemericik air terjun akan mulai Anda dengar. Tentunya akan membuat Anda semakin bersemangat untuk menjelajah. Anda diharuskan untuk berjalan sekitar 100 meter lagi untuk bisa berjumpa dengan curug yang eksotis tersebut. Letaknya yang berada di balik tebing, membuat air terjun ini menjadi hidden gems yang patut untuk diburu.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Cilacap yang Hits & Populer

Air Terjun Jumog memiliki ketinggian yakni sekitar 30 meter saja. meskipun tergolong tidak terlalu tinggi, namun pemandangan yang ada di sekitar akan membuat Anda takjub, ketika musim hujan, debit air dari air terjun ini juga tidak terlalu besar. Namun, untuk musim kemarau air terjun ini juga tidak terlalu surut.

Memiliki air yang jernih, membuat pengunjung menjadi lebih betah untuk menghabiskan waktu di lokasi satu ini. pasalnya, banyak wisatawan yang bermain air atau sekedar mencelupkan kakinya ke aliran sungai yang ada di air terjun tersebut. Tentu saja, sensasi adem langsung menjalar ke sekujur tubuh.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun Jumog

Alamat Air Terjun Jumog

Image Credit: Google Maps (Aan Dprazt)

Setelah mengetahui keindahan destinasi wisata ini, maka tak mengherankan jika Anda pun akan tertarik untuk mengunjunginya. Hal ini lantaran tempatnya yang indah dan juga eksotis membuat siapa saja ingin datang untuk melihatnya secara langsung. Bagi Anda yang tertarik mengunjunginya, rute menuju ke lokasi satu ini pun tidak terlalu susah.

Hal ini dikarenakan akses jalan menuju ke Air Terjun Jumog terbilang cukup bagus. Nantinya Anda akan melewati jalanan yang menanjak dan tidak terlalu tinggi. Apabila Anda berangkat dari kota Solo, maka Anda pun bisa mengarahkan kendaraan menuju ke bagian timur. Anda bisa mengikuti jalan hingga mencapai Karangpandan.

Perjalanan menuju ke lokasi ini pun tidak terlalu sulit. Sebab, Anda akan menemukan banyak papan petunjuk arah yang bisa diikuti. Untuk lokasinya sendiri berada di lereng Gunung Lawu. Dimana destinasi wisata ini masuk ke wilayah Kabupaten Karanganyar. Untuk Anda yang ingin mengaksesnya dengan mudah, maka Anda bisa mengikuti jalan menuju ke Arah Tawangmangu,

Kemudian, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke pertigaan Jalan Tamasya Jumog – Candi Sukuh – Kemuning – Candi Cetho. Untuk posisi pertigaan kecil ini, Anda bisa menjumpainya sebelum arah Tamasya Alam Tawangmangu. Ketika Anda telah sampai di gerbang tamasya, maka Anda bisa mengambil jalur kanan ke arah aspal yang sempit sejauh 2 kilometer.

Namun, bagi Anda yang ingin menggunakan angkutan umum saat berwisata ke tempat satu ini, maka Anda bisa menaiki bus dari arah Kota Solo menuju ke Terminal Karangpandan. Pastikan Anda menaiki bus menuju ke arah Tawangmangu. Untuk harga tiketnya sendiri pun relatif murah dan terjangkau.

Setelah Anda turun di Terminal Karangpandan, maka Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Terminal Kemuning atau Candi Cetho. Disini Anda juga akan dikenakan tarif bus yang cukup murah. Namun, bagi Anda yang melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum, Anda pun harus melanjutkannya dengan menaiki ojek.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Purworejo yang Wajib Anda Coba

Hal ini dikarenakan Anda tidak akan menemukan kendaraan umum seperti bis ketika berada di daerah ini. Anda bisa nego biaya ojek, biasanya Anda akan dikenakan tarif yakni sekitar 50 ribu rupiah untuk perjalanan pulang dan pergi. Selanjutnya, ketika Anda telah sampai pada area parkir kendaraan, Anda pun masih diharuskan untuk berjalan kaki.

Disini, Anda akan melakukan trekking yakni sekitar 400 meter jauhnya. Namun, Anda pun bisa melewati jalanan setapak yakni tangga menurun yang terdiri dari lebih dari seratus anak tangga. Meskipun perjalanan tampak melelahkan, namun hal tersebut akan terbayar dengan panorama dan pemandangan alam yang sangat luar biasa indahnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Jumog

Kegiatan di Air Terjun Jumog

Image Credit: Google Maps (Wong Ngapak)

1. Bermain Air

Berwisata ke air terjun, tentunya Anda harus siap dengan basah basahan. Sebab, kurang lengkap rasanya jika mengunjungi destinasi satu ini tanpa bermain air ataupun berenang. Oleh karena itu, ketika Anda berada di Air Terjun Jumog, maka Anda bisa bermain air sepuasnya.

Ditambah lagi, destinasi satu ini sangat cocok untuk bermain air atau berenang. Hal ini dikarenakan debit air dan juga alirannya yang tidak deras. Sehingga, akan cukup aman jika digunakan untuk mandi ataupun sekedar mencelupkan kaki ke air yang dingin nan jernih satu ini.

Pelancong yang berwisata ke tempat satu ini pun bisa memilih ingin bermain air di kolam ataupun langsung di bawah air terjun. Meskipun Anda bisa bermain sepuasnya di lokasi satu ini, tentunya Anda harus tetap berhati hati. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa spot yang memiliki batu licin.

Selain itu, apabila Anda merasa bahwa keadaan di air terjun sedang ramai, untuk menghindari suasana yang berdesakan maupun licin, maka Anda bisa memilih untuk bermain air di kolam renang. Umumnya, kolam renang ini digunakan sebagai anak anak untuk bermain dan berenang.

2. Menikmati Indahnya Panorama Air Terjun

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan ketika berada di destinasi wisata Air Terjun Jumog adalah menikmati keindahan air terjun yang mempesona. Daya tarik utama yang disuguhkan dari air terjun ini adalah aliran airnya yang tidak begitu deras dan suara gemericik air yang seketika akan membuat Anda menjadi tenang.

Berada disini, Anda pun akan bisa menikmati keindahan panoramanya dengan mata telanjang. Ditambah lagi dengan udara khas pegunungan yang sejuk akan sangat pas bagi Anda yang sedang mencari wisata dengan suasana yang sejuk. Indahnya air terjun yang dikelilingi oleh pegunungan hijau tersebut akan menjadi salah satu relaksasi tersendiri bagi wisatawan yang ada disini.

BACA JUGA:  15 Minuman & Makanan Khas Wonosobo yang Wajib Anda Coba

3. Piknik di Tepi Air Terjun

Mungkin berpiknik di tepi pantai atau taman telah menjadi hal umum yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Namun, bagaimana dengan berpiknik di tepi air terjun? Untuk Anda yang ingin tahu dan penasaran gimana rasanya, maka Anda bisa mengunjungi Air Terjun Jumog yang ada di Karanganyar.

Destinasi satu ini sering kali dimanfaatkan oleh banyak wisatawan sebagai lokasi untuk berpiknik. Selain itu, banyak pula penjual makanan yang menjajakan dagangannya dengan menggelar tikar yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk menikmati kuliner ataupun sekedar menyeruput teh hangat untuk menghangatkan badan.

Tentunya kegiatan unik satu ini akan bisa Anda jumpai saat menghabiskan waktu di air terjun eksotis ini. Meskipun Anda berpiknik di tepi air terjun, namun tetap perhatikan kebersihan yang ada di sekitar. Oleh karena itu, Anda pun bisa membuang sampah bekas makanan di tempat yang telah disediakan atau membawanya ke tempat parkiran untuk dibuang di tempat sampah.

4. Hunting Foto

Pemandangan alam yang mempesona tentu saja menjadi salah satu daya tarik yang disukai oleh wisatawan ketika berkunjung ke lokasi satu ini. Untuk itu, pastikan Anda mengabadikan setiap momen yang Anda nikmati disini dalam layar kamera. Banyak sekali wisatawan yang kesini dan mengeluarkan kamera, khususnya bagi Anda yang menyukai swafoto.

Bagi Anda yang mencintai dunia fotografi, maka tentunya destinasi satu ini akan menjadi tempat yang pas untuk hunting foto. Anda bisa menggunakan teknik long exposure sehingga dapat menghasilkan foto yang apik. Selain itu, Anda juga perlu berhati hati ketika ingin berfoto di lokasi satu ini. Sebab, air terjun tersebut terdapat spot yang licin. Jangan sampai kamera Anda tergelincir.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Jumog Karangayar

Fasilitas Air Terjun Jumog

Image Credit: Google Maps (Oscar Official)

Meskipun fasilitasnya tidak selengkap tempat wisata hits lainnya, namun dapat dibilang fasilitas yang ada disini cukup memuaskan pengunjung. Sebab, bagi Anda yang membawa kendaraan bisa tetap memarkir di area yang tidak terlalu luas. Akan tetapi, Anda akan bisa mendapatkan lingkungan yang bersih dan juga suasana yang nyaman.

Selain itu, Anda bisa mengajak si kecil untuk berenang di kolam renang yang tidak dalam. Hanya dengan kedalaman 50 cm saja, Anda pun bisa melatih anak untuk belajar berenang. Bagi Anda yang ingin menginap, Anda pun bisa dengan mudah menemukan penginapan yang dekat di area wisata ini.

Berkunjung ke Air Terjun Jumog yang ada di Karanganyar dapat menjadi salah satu alternatif untuk melepas lelah. Hal ini dikarenakan pemandangannya yang indah, ditambah dengan sejuknya udara pegunungan membuat liburan Anda akan semakin berkesan. Ditambah lagi beragam fasilitas yang bisa Anda lakukan disini akan membuat Anda betah untuk berlama lama.