Air Terjun Kedung Kayang salah satu wisata alam terindah di Magelang, tepatnya berada di kaki Gunung Merapi. Air terjun dengan pemandangan yang menakjubkan, udara sejuk dan suara gemericik air yang bisa menghadirkan ketenangan bagi siapapun yang berkunjung.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.00-17.00, Alamat: Desa Wonolelo kedung kayang, Nagrong, Kec. Sawangan, Kota Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Magelang tak hanya terkenal akan Candi Borobudurnya saja, melainkan banyak wisata alam dengan panorama menakjubkan hadir di kota satu ini. Diantaranya adalah Air Terjun Kedung Kayang yang akan membuat Anda terbuai akan pesonanya. Untuk Anda yang penasaran tentang wisata ini, berikut simak ulasan selengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Kedung Kayang

Daya Tarik Air Terjun Kedung Kayang
Image Credit: Instagram.com @rubiatul_a14

Suasana yang menyejukkan sudah pasti bisa Anda dapatkan ketika berkunjung ke destinasi satu ini. Sebab, air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter ini akan membuat Anda takjub. Memiliki volume air yang cukup deras, tentunya sensasi kesegaran akan langsung bisa Anda rasakan ketika menginjakkan kaki di lokasi satu ini.

Air Terjun Kedung Kayang merupakan salah satu tempat wisata alam yang berada di ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut. Untuk Anda yang berada di lokasi ini, pastinya keindahan dari destinasi ini akan bisa Anda nikmati dari berbagai sudut pandang. Sebab, mulai dari atas, depan hingga bagian samping memiliki bentang alam yang mempesona.

Ketika suasana di lokasi air terjun tidak begitu ramai, Anda pun bisa dengan leluasa untuk menikmati indahnya wisata alam satu ini. keindahan tersebut akan terpancar sesampainya Anda di lokasi satu ini. bagaimana tidak derasnya air yang jatuh dari atas tebing akan mengalir pada sungai yang berbatu.

Hal yang menjadi daya tarik utama dari lokasi satu ini adalah Anda bisa bermain air secara langsung ke kolam yang ada di lokasi ini. bahkan bagi Anda yang ingin merasakan guyuran air secara langsung, Anda bisa berdiri di bawah air terjun yang mengalir. Uniknya lagi, debit air yang ada di lokasi satu ini pun tak pernah berkurang meskipun telah memasuki musim kemarau.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun Kedung Kayang

Alamat Air Terjun Kedung Kayang
Image Credit: Instagram.com @masgamboel

Untuk Anda yang ingin mengunjungi air terjun yang masih alami tersebut, maka Anda bisa datang ke Dusun Ngagrong yang ada di Desa Ketep Kecamatan Sawangan kota Magelang. Air terjun ini berada di antara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Sehingga, Anda pun bisa menebak bagaimana udara yang ada di tempat satu ini, sudah pastinya sangatlah sejuk.

Sedangkan bagi Anda yang ingin datang kesini dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka rute yang bisa ditempuh adalah melalui jalan utama Boyolali – Magelang. Ketika melewati jalanan tersebut, Anda akan menemukan papan penunjuk arah yang bertuliskan Ar Terjun Kedung Kayang.

Ketika Anda telah bertemu dengan papan petunjuk tersebut, hal ini dapat menjadi pertanda bahwa lokasi air terjun sudah tidak jauh lagi. Sedangkan bagi Anda yang berangkat melalui Jogja, maka jalur yang Anda tempuh adalah melalui Ketep Pass. Saat Anda berangkat melalui Ketep Pass, maka Anda hanya menempuh jarak yakni sekitar 3 kilometer saja.

Pastikan Anda menempuh jalur menuju ke arah Boyolali meskipun berangkat dari kota Jogja. Namun, bagi Anda yang ingin mengunjungi destinasi satu ini dengan menggunakan kendaraan umum, maka Anda pun bisa memilih dua jalur yang tersedia. Jalur yang pertama adalah dengan menggunakan bus AKAP.

Dengan menaiki bus satu ini, nantinya Anda bisa turun ke Terminal Muntilan. Perjalanan selanjutnya akan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan desa atau angkudes dengan jurusan Pasar Talun. Ketika Anda telah sampai di Pasar Talun, maka Anda pun bisa berganti angkutan lain yang menuju ke arah Jurusan Jrakah.

Sedangkan untuk rute yang kedua adalah masih tetap menggunakan bus AKAP. Hanya bedanya, Anda bisa turun di sebelah timur komplek Pabrik Kertas Blabak Magelang. Kemudian, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan desa dengan jurusan Tlatak Sawangan. Setelah itu, Anda pun bisa menggantinya dengan angkutan jurusan Jrakah.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kayang

Harga Tiket Air Terjun Kedung Kayang
Image Credit: Instagram.com @dian_prmna

Tiket masuk yang Anda bayarkan ketika memasuki area wisata satu ini dapat dibilang cukup terjangkau dan tidak menguras kantong. Di tahun 2019 lalu, Anda hanya dikenakan tarif masuk yakni sekitar 5 ribu rupiah saja per orang. Sedangkan untuk Anda yang membawa sepeda motor, maka Anda akan dikenakan biaya parkir sekitar 2 ribu rupiah saja.

Sesampainya di tempat parkir, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke lokasi air terjun dengan berjalan kaki. Sehingga, Anda pun bisa sekaligus berolahraga dan menikmati sejuknya udara khas pegunungan yang ada di lokasi satu ini. sedangkan untuk jam bukanya sendiri yakni mulai pukul 7 pagi dan tutup sekitar pukul 5 sore.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Kedung Kayang

Kegiatan di Air Terjun Kedung Kayang
Image Credit: Instagram.com @citrayuand

1. Berswafoto dan Hunting Foto

Salah satu kegiatan utama yang tidak bisa Anda abaikan saat berada di lokasi ini adalah berfoto. Bagaimana tidak, pemandangan yang ada di Air Terjun Kedung Kayang tampak menarik dari sisi manapun. Tak mengherankan banyak sekali spot foto yang bisa Anda temukan di lokasi satu ini.

Salah satu spot yang diminati oleh banyak wisatawan adalah gardu pandang. Pada gardu pohon yang dibuat oleh warga sekitar ini akan memperlihatkan keindahan air terjun sekaligus megahnya gunung Merapi dan Merbabu. Ditambah lagi dengan rindangnya pepohonan akan membuat Anda betah untuk berlama lama menghabiskan waktu di spot satu ini.

Dengan keindahan yang dimiliki oleh gardu pandang satu ini membuat banyak pelancong rela mengantri untuk bisa berfoto di lokasi satu ini. namun, bagi Anda yang ingin menikmati indahnya panorama di spot ini, maka Anda pun akan dikenakan biaya tambahan yakni sekitar 10 ribu rupiah.

Selain di gardu pandang, Anda juga bisa berfoto di depan air terjun. Ketika Anda mengambil dengan angle yang tepat, maka hasil foto yang Anda dapatkan pun akan sangat mempesona dan instagramable. Dengan latar belakang air terjun yang deras, tentunya menjadi momen yang wajib untuk diabadikan. Ditambah lagi setelah Anda melewati trek yang susah untuk mencapai lokasi air terjun satu ini.

2. Bermain di Bawah Air Terjun

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan ketika berwisata ke lokasi satu ini adalah bermain air. Kurang lengkap rasanya jika berwisata ke air terjun, namun Anda tidak basah basahan. Hal ini tentu saja menjadi salah satu aktivitas yang dicari oleh wisatawan yang datang mengunjungi Air Terjun Kedung Kayang.

Terlebih lagi ketika Anda datang ketika pengunjung sedang tidak ramai, maka hal tersebut akan membuat suasana menjadi lebih damai. Anda pun bisa duduk di batu yang berada di sekitaran air terjun. Disini, Anda bisa sekaligus mencelupkan kaki ke aliran sungai ataupun kolam air terjun yang dingin.

Dengan aliran deras yang dimiliki oleh air terjun satu ini akan menjadi salah satu pemandangan apik yang bisa Anda temukan saat berada di lokasi satu ini. tentunya, pesona curug yang ada di Magelang ini akan membuat siapa saja ingin segera untuk menceburkan diri dan bermain air.

Waktu yang paling pas untuk mengunjungi destinasi satu ini adalah ketika cuaca sedang cerah. Hal ini dikarenakan ketika hujan deras, maka debit air pun semakin tinggi dan bahkan bisa menyebabkan banjir. Tentu saja, hal ini membuat Anda tidak bisa bermain air dengan lebih leluasa.

3. Menjelajah

Bagi Anda yang suka melakukan trekking dan penjelajahan, maka destinasi satu ini dapat menjadi lokasi yang tepat. Hal tersebut dikarenakan setelah Anda membayar tiket masuk, maka Anda pun diharuskan untuk menempuh perjalanan untuk menuju ke air terjun atau melihat air terjun dari ketinggian.

Apabila Anda memilih rute air terjun, maka nantinya Anda bisa berjalan dengan jalur yang menurun. Selama trekking, pastikan Anda selalu berhati hati. Sebab jalanan yang dilewati cenderung cukup licin. Setelah itu, Anda juga akan melewati sungai yang penuh dengan bebatuan. Tentu saja akan menjadi salah satu perjalanan yang akan menguras tenaga.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Kedung Kayang

Fasilitas di Air Terjun Kedung Kayang
Image Credit: Instagram.com @masgamboel

Berada di lokasi satu ini, Anda tak perlu khawatir akan fasilitas yang disediakannya. Sebab, pihak pengelola telah menyediakan berbagai macam fasilitas penunjang untuk membuat pengunjung lebih nyaman dalam berwisata. Ada beberapa fasilitas umum yang bisa Anda temukan di lokasi satu ini.

Diantaranya adalah mulai dari kamar mandi dan toilet yang terbilang cukup bersih. Selain itu, bagi Anda yang lapar ketika perjalanan menuju ke air terjun maka Anda bisa dengan mudah untuk menemukan pedagang yang menjajakan makanannya di lokasi satu ini. sehingga, Anda tidak perlu khawatir untuk kehabisan perbekalan saat berada disini.

Meskipun perjalanan menuju ke Air Terjun Kedung Kayang ini cenderung tidak mudah, namun Anda tidak akan kecewa akan suasana alam yang dihadirkan. Sebab, perjalanan yang melelahkan tersebut akan terbayar ketika Anda sampai di air terjun. Tentunya, destinasi satu ini menjadi lokasi yang pas bagi Anda yang suntuk dan ingin menghilangkan penat akan rutinitas harian yang menjemukan.