Harga Tiket: Rp 11.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Sapih, Branggah, Kec. Lumbang, Kab. Probolinggo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun yang berada di Probolinggo, Jawa Timur. Air terjun yang satu ini termasuk air terjun tertinggi di Pulau Jawa, pulau terpadat di Indonesia, serta tertinggi kedua di Indonesia setelah Air Terjun Ponot (ketinggian 250 meter) di Sulawesi Utara. Menariknya lagi, air terjun ini termasuk di kawasan lereng Gunung Bromo, gunung yang mungkin takkan asing lagi di benak Anda. Selain itu, tempat wisata paling hits di Probolinggo ini dibuka sejak 30 tahun silam.

Nama air terjun yang satu ini berasal dari kata “Madakaripura”, tempat bertapanya Patih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit. Air yang dialirkan dari air terjun dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut ini tidak pernah habis dan selalu melimpah, sehingga kerap disebut “Air Terjun Abadi”.

Nah, jika Anda berdomisili atau akan pergi berwisata ke Jawa Timur, khususnya Probolinggo, Anda harus mengunjungi Air Terjun Madakaripura. Berikut ini informasi selengkapnya mengenai wisata alam yang menawan ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Madakaripura

Daya Tarik Air Terjun Madakaripura
Image Credit: Google Maps Yari Luchessa

Air Terjun ini merupakan objek wisata alam populer bagi para wisatawan lokal dan asing. Konon, tempat itu merupakan tempat mandi dan bersemedinya Patih Gajah Mada hingga akhir hidupnya. Patih Gajah Mada dulunya dicopot jabatannya karena membunuh ratusan orang di Kerajaan Sunda Galuh, sehingga beliau memutuskan untuk merenungi dosa-dosa yang telah dilakukannya.

Sebenarnya, keelokan pemandangan ini bisa kita rasakan pertama kali di sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Madakaripura. Anda akan dibuat terkagum-kagum dengan eloknya pemandangan hijaunya lereng pegunungan. Lalu, setelah sampai di pintu gerbang, sebelum pada akhirnya menikmati keindahan curug, Anda harus melakukan tracking menyusuri jalan setapak dan menyeberangi sungai. Di sepanjang perjalanan tracking ini Anda akan kembali dimanjakan dengan aliran air sungai yang jernih, pepohonan hijau, dan kadang terlihat pula kera ekor panjang yang saling melompat dari atas ranting pohon.

Ketika hampir sampai di lokasi curug, Anda akan menemukan tanda-tanda berupa bukit-bukit terjal dan bebatuan cadas mulai terlihat. Nah, sesampainya di sana, Anda akan merasakan jatuhnya air dari tebing yang tinggi dan terhempas angin, menghasilkan curahan air layaknya hujan. Itulah indahnya curug.

Namun, penjelajahan untuk masuk ke lokasi utamanya tidak selesai sampai di situ saja. Anda harus melewati pinggir batuan cagas yang terjal, dan tepat di bagian bawahnya terdapat kolam tempat curahnya air curug. Setelah melewati gundukan batuan tersebut, barulah Anda akan melihat keindahan curug utama yang luar biasa indahnya. Lengkungan tebing sempurna dengan ketinggian 170 meter, menyebabkan curug ini sebagai curug tertinggi sekaligus terindah di Pulau Jawa.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Air Terjun Madakaripura
Image Credit: Google Maps Panupong Yokyongsakul

Secara resmi, sesuai yang ada di peta, Air Terjun Madakaripura berlokasi di dekat perbatasan Dusun Branggah, Desa Sapih atau Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo dengan Desa Wonorejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, tetapi air terjun ini lebih mudah diakses dari Probolinggo. Mengapa? Karena jalurnya lebih mudah untuk dilalui dan hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam lima belas menit dengan jarak yang ditempuh kurang lebih 37 kilometer. Anda bisa datang ke tempat wisata popular ini baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Jika Anda datang dengan mengendarai kendaraan pribadi, Anda dapat memulai perjalanan dengan rute Probolinggo ke Bromo melalui daerah Tongas. Sepanjang perjalanan, Anda akan menemukan pertigaan Sukapura, yang mana setelah itu Anda bisa mengambil arah belok kanan ke Lumbung. Perjalanan pun dilanjutkan hingga menuju ke Pasar Lumbang lalu belok lagi ke kanan.

Jika Anda datang dengan menggunakan kendaraan umum dan memulai perjalanan dari terminal Probolinggo, Anda bisa menggunakan angkutan ke Lumbang dengan rute yang serupa. Kemudian, bisa mengganti angkutan dari Lumbang ke Bromo. Menariknya, dengan angkutan ini, Anda bisa langsung sampai di depan pintu masuk air terjun.

Namun, setelah menaiki kendaraan apa pun, Anda tetap harus berjalan kaki, terutama dari pintu masuk air terjun hingga sampai ke titik air terjun. Perjalanan ini membutuhkan waktu kurang lebih hingga satu jam. Setelah sampai di air terjun, percayalah, panorama yang disajikan akan lebih memanjakan mata, meskipun selama perjalanan jalan yang digunakan tidak cukup nyaman untuk dilalui.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Air Terjun Makadipura
Image Credit: Google Maps Tio Irawan

Berapa sih tiket masuk yang ditawarkan? Untuk pergi ke sana, kamu tidak perlu mempersiapkan lebih banyak uang, karena cukup dengan Rp11.000,00 (Rp13.000,00 di akhir pekan) saja kamu sudah punya akses masuk. Dari 11 ribu itulah semuanya ditujukan untuk pengelolaan lingkungan air terjun. Selain itu, Anda juga dikenakan biaya uang parkir sebesar 5 ribu rupiah jika Anda menggunakan mobil dan 3 ribu rupiah jika Anda menggunakan kendaraan bermotor.

Selain itu, Air Terjun Madakaripura dapat diakses setiap hari dari jam 8 pagi hingga 4 sore (16.00 WIB). Jika Anda ingin mendapatkan suasana yang lebih nyaman, datanglah lebih pagi karena udaranya yang masih sejuk dan asri. Namun, air terjun dapat ditutup sementara jika kondisi cuaca tidak mendukung, karena seringnya terjadi banjir bandang di tempat ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Madakaripura

Kegiatan Menarik Air Terjun Madakaripura
Image Credit: Google Maps Misbahul Munir

Lalu, apa saja aktivitas yang menarik untuk dilakukan bagi para wisatawan? Berikut ini aktivitas yang bisa Anda lakukan di Air Terjun Madakaripura.

1. Mandi Air Terjun

Jika Anda merasa fisiknya kuat, Anda diperbolehkan untuk berenang di air terjun, tetapi berhati-hatilah, karena di bagian paling ujung, kedalamannya mencapai 6 hingga 7 meter. Namun, ketika hari menjelang malam dan/atau kondisi cuaca mendung, Anda dilarang berenang di sini karena air terjun ini rawan akan bencana banjir dan longsor.

2. Tracking Menuju Air Terjun

Anda disarankan untuk menjelajahi kawasan hutan untuk bisa menikmati keindahan lokasi sekitar air terjun. Waktu yang diperlukan kurang lebih 1 jam dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki, dengan medan cukup licin. Jalan setapak pada lembah perbukitan terdapat di samping sungai sepanjang Anda berjalan. Sepanjang perjalanan, Anda juga akan menemukan tebing berwarna hijau di sebelah kiri dan kanan sungai.

Kegiatan Menarik di Air Terjun Madakaripura
Image Credit: Instagram Ayo Mampir Jawa Timur

3. Berfoto Ria di Kawasan Air Terjun

Bagi Anda yang senang mengabadikan momen, rasanya tidak afdal jika Anda tidak mengabadikan momen bersama patung Patih Gajah Mada, yang mana patung ini terlihat sangat gagah seakan-akan beliau menyambut para wisatawan yang datang. Selain itu, di sini juga terdapat banyak spot-spot indah yang bisa dijadikan lokasi mengambil foto/gambar. Anda bisa berfoto di bawah curug yang mengalir deras.

4. Menyusuri dan Menikmati Pesona Keunikan dan Keindahan Air Terjun Madakaripura

Ketika Anda mengunjungi kawasan wisata air terjun yang ngehits ini, Anda akan merasakan hawa yang sangat sejuk dan enak. Pemandangan air yang jatuh dan melewati tebing vertikal dan diselimuti tumbuhan berwarna hijau ini dapat memanjakan mata Anda yang memandangnya hingga membuat terpesona. Di ujung ngarai, terlihat Air Terjun Madakaripura yang terlihat menjulang tinggi.

Selain itu, gemericik air yang turun akan memberikan efek relaksasi bagi Anda. Hal yang menarik di sini adalah kondisi air di lokasi ini akan tetap dan jernih seolah-olah tempat ini takkan tercemar, serta debit airnya takkan pernah habis sekalipun memasuki musim kemarau. Hal inilah yang membuat wisaya alam ini sering dijuluki dengan “Air Terjun Abadi”.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Air Terjun Makadipura
Image Credit: Google Maps SYAIFUL ULIL AMRI

Nah, apa saja fasilitas yang tersedia di Air Terjun Madakaripura? Mulai dari pintu masuk air terjun ini, di sebelahnya Anda akan menemukan tempat parkir khusus untuk kendaraan roda dua. Di sini pun terdapat fasilitas lainnya seperti warung makan, toko souvenir, toilet, kamar mandi, dan tempat ibadah di dekat area parkir. Menariknya lagi, kamar mandi di tempat ini terbilang cukup bersih karena air yang digunakan langsung didapatkan dari air terjun.

Satu hal yang menarik di sini adalah Anda dan semua orang yang akan berwisata di air terjun yang paling indah di kabupaten ini juga akan ditawarkan untuk memakai jasa guide tour lokal yang akan memandu perjalanan Anda dari awal hingga akhir. Guide ini akan menjelaskan secara lengkap bagaimana sejarah di balik air terjun ini, bisa membawakan tas pengunjung bila diperlukan, dan bisa dibayar seikhlasnya dari para wisatawan. Demi alasan keamanan, Anda akan dianjurkan untuk menggunakan jasa guide, mengingat jalur yang akan dilalui cukup menantang dan berbahaya, yaitu jalan yang terjal dan licin. Selain itu, Anda juga akan ditawarkan jas hujan, payung, dan sandal untuk mengantisipasi jika hujan turun cukup deras di wilayah tersebut.

Bagi Anda yang suka berpetualang atau sekedar berwisata, silakan mengunjungi Air Terjun Madakaripura. Kawasan air terjun ini bisa dijadikan sebagai permulaan sebelum menuju ke kawasan Gunung Bromo. Kunjungi tempat wisata yang paling keren ini, dan nikmati sensasi keindahannya yang akan memukau mata siapapun yang memandangnya.