Destinasi Air Terjun masih menjadi tempat yang diburu oleh banyak orang. Pergi berlibur ke Air Terjun memang menyenangkan karena banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan. Setiap destinasi alam ini juga telah memiliki pemandangan bernuansa alam.

Para pelancong bisa mampir ke beberapa air terjun yang telah tersedia di Magelang. Setiap berkunjung dijamin Anda betah merasakan kesegaran serta pesona lainnya. Apalagi Air Terjun selalu menyediakan bangku bersantai yang menyebar di area.

Ketika datang ke salah satu Air Terjun sebaiknya Anda menyiapkan peralatan. Mulai dari tikar, baju renang, hingga makanan bisa dibawa selama liburan. Jangan lupa pula untuk menyiapkan ponsel karena banyak keindahan yang menarik dipotret.

1. Curug Silawe

Curug Silawe
Image Credit: Google Maps Eka Rizqi Muhammad

Panorama Curug yang begitu mempesona menjadi daya tarik yang melekat pada wisata ini. Ketinggian air diperkirakan 50 meter yang melalui beberapa tebing. Para tamu yang sedang menikmati liburan di Curug Silawe perlu membawa baju renang. Air yang jatuh itu memang menarik dijadikan spot berenang.

Tanaman liar banyak tersebar pada kawasan Curug yang membuat udara semakin segar. Wisatawan selalu mengincar suasana ini untuk merilekskan pikiran sejenak. Perjalanan ke daerah Silawe diketahui berkelok dan cukup menguras tenaga, sehingga traveller perlu tubuh yang fit.

Disana pengunjung bisa memilih bangku bersantai yang dekat Curug. Rasakan suasana sejuk sambil mendengar suara Curug yang berjatuhan ke bawah kolam. Anda bisa pula berjelajah ke Curug yang mempunyai debit besar untuk sekedar melihat Air Terjun. Disana memang tersedia 2 sumber Curug yang diketahui memiliki debit kecil serta besar.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sutopati, Kec. Kajoran, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

2. Air Terjun Grenjengan Kembar

Air Terjun Grenjengan Kembar
Image Credit: Google Maps Dedy Kurniawan

Keunikan dari wisata ini dapat dilihat dari Air Terjun yang mempunyai 2 sumber kembar. Namun aliran air yang ada di kawasan diketahui cukup besar sehingga belum terlalu aman jika digunakan berenang. Pelancong disarankan menyiapkan alat pengaman seperti pelampung. Anda boleh pula menikmati Air Terjun dari atas jika takut terbawa arus.

Selama trekking menuju Grenjengan Kembar para tamu dapat menemukan hutan pinus yang begitu indah. Setiap tanaman pinus terlihat menjulang tinggi dan sering digunakan spot hiking. Pelancong yang suka dengan nuansa alam pasti merasa seru selama ke Air Terjun itu.

Spot dekat Air Terjun memiliki jembatan berwarna kuning yang terlihat berkelok. Disana bisa dikunjungi untuk memotret foto karena bertuliskan nama Air Terjun Grenjengan Kembar. Telusuri pula daerah tanaman yang dilewati Air Terjun karena ketika langit cerah sangat cocok difoto.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Citren, Satap Kragilor, Muneng Warangan, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

3. Air Terjun Sumuran

Air Terjun Sumuran
Image Credit: Google Maps Ruwanto

Panorama berupa terasiring yang membuat area semakin hijau dapat dijumpai pada Air Terjun Sumuran. Tidak jauh dari sana ada sawah milik sebagian penduduk yang begitu luas. Pada bagian dalam wisata tampak 2 kolam buatan yang tidak begitu dalam. Kemudian terlihat patung candi yang digunakan sebagai tempat memancurkan air dari kolam.

Ketinggian Sumuran diketahui hanya 30 meter saja dengan aliran yang begitu tenang. Tempat ini juga jauh dari kepadatan jalan raya karena tersembunyi di balik pemukiman. Melakukan sejumlah aktivitas seperti duduk santai atau piknik bisa dilakukan kapan saja di Sumuran. Nikmati kesegaran Air Terjun yang mengarah ke kolam.

Pelancong yang berniat camping juga dapat menyiapkan tenda pribadi. Pilih tempat berkemah di dekat Air Terjun supaya lebih puas menikmati pemandangan. Pengunjung bisa pula memilih spot hutan pinus yang tersedia luas karena biasanya banyak anak muda yang mendirikan beberapa tenda. Ciptakan kunjungan seru dengan mencoba aktivitas ekstrim.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Seloprojo, Kec. Ngablak, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

4. Curug Gleyor

Curug Gleyor
Image Credit: Google Maps Denias Susanto

Batu cadas yang begitu banyak di Curug Gleyor menjadi jalan aliran air yang mengarah ke kolam. Sumber air terjun di Magelang, Jawa Tengah ini diketahui berasal dari mata air pegunungan yang masih dikenal cukup bersih. Bahkan setiap mata memandang bisa membuat tubuh semakin rileks dengan keindahan yang ditawarkan. Apalagi Curug Gleyor tidak begitu tinggi hanya 15 meter saja.

Sebagian besar wisatawan tidak pernah melewatkan momen piknik di dalam Curug. Destinasi yang masih kental dengan suasana alam itu memang memberi tempat piknik yang begitu luas. Melihat air yang melewati batu cadas sambil mencicipi makanan dapat dilakukan secara ramai-ramai.

Jembatan bambu dan wahana permainan tampak di beberapa sudut. Para tamu yang ingin mencari tempat melihat Curug Gleyor dari atas sebaiknya menuju ke jembatan. Dari sana Anda bisa mengambil foto bersama keluarga. Selain itu jangan lupa mampir ke spot wahana untuk mencoba permainan air di wisata Curug Gleyor.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Brigasang, Pasangsari, Kec. Windusari, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

5. Air Terjun Ngesong

Air Terjun Ngesong
Image Credit: Google Maps Denias Susanto

Destinasi yang tidak kalah keren bisa dijumpai pada Air Terjun Ngesong. Sudah banyak sekali jumlah traveller dari luar kota yang sengaja melipir ke tempat rekreasi ini. Hutan rimbun yang menjadi pelengkap Air Terjun cocok untuk tempat berjalan santai. Tidak jarang pula para tamu yang berjelajah sambil menyiapkan peralatan makan dan kamera dari rumah.

Berkunjung ke Ngesong sebaiknya dilakukan saat langit sedang cerah. Beragam tanaman dan jalan terjal menjadi ciri khas dari destinasi cantik tersebut. Suasana disana masih begitu asri dengan kicauan burung yang terdengar cukup jelas. Berada disana sampai sore menjadi pilihan akhir pekan yang selalu membuat pengunjung merasa senang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Seloprojo, Kec. Ngablak, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

6. Curug Lawang Kori

Curug Lawang Kori
Image Credit: Instagram Dimas Syahputra

Pengelolaan Curug Lawang Kori sudah cukup baik dengan penambahan spot pengambilan foto serta bersantai. Keberadaan Curug itu diketahui masih dekat dengan hutan bambu yang menawarkan tempat hijau. Jalan berupa tangga yang perlu dilalui pelancong tidak begitu sulit. Suara Curug pun membuat traveller ingin selalu berada lama di dalam area wisata.

Biasanya tamu yang mengabadikan momen sering berdiri di atas batu yang cukup besar. Curug Lawang Kori memang dipadati beberapa bongkahan batu. Petugas memberi himbauan agar tetap hati-hati karena sepanjang Curug banyak batu. Jadi selama bermain air di Curug Lawang sebaiknya tetap memakai alas kaki untuk perlindungan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Windusari Kidul, Kec. Windusari, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

7. Air Terjun Sigong

Air Terjun Sigong
Image Credit: Instagram Mutohirin_16

Wisata alam di Magelang yang masih hits sampai sekarang yaitu Air Terjun Sigong. Bentuk air yang mengalir cukup unik karena tampak lurus ke bawah. Aliran ini tidak kotor sama sekali dengan pengelolaan yang sudah memadai dari petugas. Sepanjang perjalanan ke Sigong pengunjung akan disuguhi beragam tanaman yang tumbuh mekar di sekitar.

Air Terjun Sigong masih jarang memiliki pedagang yang menawarkan aneka camilan. Tempat rekreasi itu memang tidak mempunyai bangunan dan mempertahankan nuansa alam. Para tamu yang hendak menikmati keseruan di Air Terjun Sigong sebaiknya sudah mempersiapkan segala perlengkapan dari rumah. Jangan lupa pula bawa alas duduk.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Candan, Sukorejo, Kec. Kajoran, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

8. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang
Image Credit: Google Maps leo kim

Bumi perkemahan yang ada pada Air Terjun Kedung Kayang kerap dipadati anak muda yang suka menginap di wisata alam. Air Terjun tersebut tidak pernah terlepas dari pandangan wisatawan karena begitu mempesona. Apalagi Kedung Kayang dekat dengan lereng Gunung Merbabu dan Merapi. Hal tersebut membuat aliran Air Terjun semakin terpancar jernih.

Ketika menikmati suasana alam di Kedung Kayang pelancong boleh duduk pada batu besar. Selain itu sebelum pulang Anda juga bisa mendaki ke gunung yang dekat dengan Air Terjun. Destinasi indah itu selalu memberi kenyamanan yang membuat tempat cukup populer. Maka dari itu potret kenangan liburan dengan mengumpulkan stok foto sebanyak mungkin.

Harga Tiket: Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nagrong, Wonolelo, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

9. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit
Image Credit: Google Maps fatih studio

Sekar Langit menjadi salah satu Air Terjun yang dikaitkan dengan cerita Jaka Tarub. Namun kisah tersebut masih belum diketahui secara pasti oleh warga setempat. Para tamu dapat melintasi hutan belantara serta area pohon bambu selama liburan ke Sekar Langit. Tempat wisata ini memang masih dikelilingi tumbuhan yang lebat.

Kebersihan Air Terjun Sekar Langit dijaga dengan baik karena hampir tidak ada sampah plastik. Semua orang yang menginjakkan kaki disana diharap dapat menjaga kebersihan. Anda boleh menikmati waktu akhir pekan dengan bermain air. Tetapi Air Terjun yang cukup deras membuat pelancong harus menggunakan alat pengaman seperti ban atau pelampung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tlogore, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

10. Curug Watu Ploso

Curug Watu Ploso
Image Credit: Google Maps agusmas sadewo

Keberadaan Curug Watu Ploso masih dekat dengan kawasan peninggalan Candi. Wisatawan dapat merasakan permainan air sambil belajar sejarah disana. Pada beberapa spot tampak bangunan keris, kapal, hingga miniatur bangku yang memiliki bentuk tangan. Setiap pelancong yang datang dijamin akan terpanah saat melihat miniatur itu.

Curug Watu diketahui terdiri dari 3 sumber mata air yang berada di dalam satu area. Ketinggian yang dimiliki berbeda-beda mulai dari 10 hingga 12 meter. Pengunjung bisa memanjakan mata dengan pesona ketinggian Curug tersebut. Tak hanya itu, Anda juga dapat memilih sumber air yang akan dipakai untuk berenang.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Olgung, Giripurno, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Demikian rekomendasi Air Terjun yang populer di Magelang. Setiap wisata alam ini tentu mempunyai daya pikat tersendiri dengan menawarkan pesona alam. Pengunjung dapat memilih beberapa Air Terjun itu untuk dijadikan list liburan akhir pekan.

REKOMENDASI DESTINASI