Harga Tiket: Rp 9.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Desa Gogik, Kec. Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Semarang tidak hanya kondang dengan wisata sejarahnya, tetapi juga memiliki pesona alam yang sayang jika dilewatkan. Melancong ke Ungaran, Semarang, anda bisa menikmati udara sejuk yang khas. Dan tentu saja bisa menikmati indahnya Air terjun Semirang yang luar biasa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Destinasi satu ini memang tersembunyi, tetapi keindahannya akan membuat anda terpesona.

Sekilas Tentang Air Terjun Hits di Ungaran

Sekilas Air Terjun Hits di Ungaran
Image Credit: Google Maps Rifatul Ulya 

Ungaran memang terkenal dengan pesona pegunungan yang sangat berbeda dengan pusat kota Semarang. Jika anda ingin menikmati panorama air terjun indah sekaligus pemandangan luar biasa, anda harus menjadikan Air Terjun Semirang sebagai tujuan. Air terjun satu ini berada di lereng Gunung Ungaran, sehingga sudah pasti udaranya sejuk.

Air terjun ini juga memiliki nama lain seperti Curug Semirang, ada juga yang menyebut Curug Semarang. Berada di lokasi yang cukup tersembunyi, tentu anda akan menikmati alam pegunungan yang begitu asri. Sebenarnya, destinasi wisata alam Ungaran ini bukanlah destinasi baru. Namun banyak masyarakat Semarang sendiri yang melupakan keindahannya.

Karena untuk menjangkau air terjun ini harus melakukan treking terlebih dahulu. Bukan hanya pemandangannya saja yang seru dijelajahi, asal usul air terjun ini juga menarik untuk diketahui. Konon katanya, pada zaman dahulu hiduplah seorang pendeta dan kedua muridnya yang berbeda kelamin. Sang pendeta bernama Resi Ajar dan muridnya Sari dan Sraya.

Ada juga versi yang mengatakan jika Sari dan Sraya ini adalah sepasang suami istri. Keduanya diberikan amanat oleh resi untuk mencari bunga Lanceng Putih juga Kalakecika. Untuk meminta petunjuk, Sraya yang mencari seorang diri memutuskan untuk bersemedi di puncak bukit. Hingga akhirnya menemukan kedua bunga tersebut di air terjun yang lokasinya berbeda.

Singkat cerita, Sari yang diganggu oleh Jin Barok lari dan sampai di sebuah jurang yang memiliki air terjun. Ternyata ia berhasil diselamatkan oleh laki laki yang tak lain adalah suaminya sendiri. Keduanya akhirnya memutuskan untuk bersemedi di air terjun tersebut untuk mencari Kalacuka. Dan air terjun ini kemudian diberikan nama Air Terjun Semirang.

Dimana Semirang diambil dari kata Wirang yang artinya Malu. Karena saat berkejaran dengan jin Barok, jarik milik Sari terlepas. Legenda ini sampai saat ini masih terus diceritakan dari mulut ke mulut. Percaya atau tidak dengan legenda yang ada, yang jelas keindahan dari Curug satu ini memang benar adanya. Dijamin liburan anda akan sangat seru dan tidak terlupakan.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Semirang

Daya Tarik Air Terjun Semirang
Image Credit: Google Maps TsugandicooL 

1. Alam yang Masih Asri

Berada di kawasan hutan lindung, tentu saja kawasan wisata air terjun ini masih sangat terjaga. Luasnya sekitar 10 hektar dan berada di naungan dari Perum Perhutani. Air terjun cantik ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter yang jatuh dari tebing yang kokoh. Lokasinya berada di tengah hutan pinus yang asri. Suasananya tenang dan cocok untuk melepas penat.

Menghabiskan liburan bersama keluarga ataupun teman teman tentu bukanlah ide yang buruk. Anda bisa menenangkan pikiran sembari menikmati sejuknya udara yang ada. Jika ingin tenang, ada baiknya untuk tidak datang di musim liburan. Karena sekalipun pengunjung tidak trekking ke air terjun, pengunjung wisata alam Curug Semirang tak pernah sepi.

2. Wisata Alam Sekaligus Berpetualang

Seperti yang disinggung sebelumnya, wisata satu ini tidak hanya hadirnya keindahan alam luar biasa. Namun juga menantang para petualang untuk menaklukkannya. Medan menuju air terjun terbilang menantang dengan bebatuan yang terjal. Melewati jalan setapak ini, anda akan dimanjakan dengan suasana hutan yang masih asri.

3. Menawarkan Banyak Wahana Menarik

Untuk menarik wisatawan, curug ini tidak hanya menawarkan pesona air terjun saja. Melainkan juga ditambahkan beberapa wahana untuk mendukung kegiatan liburan para pengunjung. Seperti hadirnya kolam renang di tengah hutan pinus yang menjadi primadona. Belum lagi spot spot instagramable yang juga dihadirkan untuk berburu foto kekinian.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Lokasi Curug Semirang
Image Credit: Google Maps Joko Riyanto 

Tidak sulit untuk menjangkau keindahan yang dimiliki Air Terjun Semirang. Alamatnya berada di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kec. Ungaran Barat, Semarang. Dari kantor Bupati Semarang dibutuhkan perjalanan sekitar 30 menit. Rute yang bisa anda gunakan untuk menuju air terjun adalah melalui Jl. Raya Semarang – Solo, di pertigaan dekat Hotel Ungaran.

Berikutnya perjalanan dilanjutkan dengan mengikuti jalan sampai tiba di STIKEs Ngudi Waluyo. Dari sini, silahkan ambil arah naik ke kanan untuk menuju arah Gunung. Perjalanan anda akan melewati area persawahan dengan jalur yang cukup menantang. Memang disarankan untuk menggunakan motor dibandingkan menggunakan mobil.

Mengingat anda bisa tiba di parkirannya dan berjalan tidak terlalu jauh sampai di lokasi air terjun. Walaupun jalannya sempit dan cukup halus, anda harus tetap berhati hati. Setelah persawahan akan memasuki area pemukiman warga. Sampai akhirnya tiba di depan Makan Desa Gogik yang menjadi parkiran sederhana untuk kendaraan anda.

Dari parkiran, anda akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki yang menanjak sekitar 500 meter. Pengguna motor bisa sampai pintu gerbang lokasi air terjunnya. Namun tetap harus berhati hati karena tanahnya masih licin dan jalannya kecil. Hanya perlu berjalan kaki sekitar 1 km atau sekitar 20 menit.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk di Curug Semirang
Image Credit: Google Maps Ricky Januart 

Untuk menikmati keindahan air terjun, anda tidak perlu merogoh kocek yang cukup dalam. Pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 9 ribu setiap orangnya. Harga tersebut masih belum termasuk dengan biaya memarkir kendaraan. Parkir kendaraan untuk mobil sekitar Rp 5 ribu dan untuk motor berkisar Rp 2 ribu.

Harga tiket maupun parkir kendaraan bisa berubah sewaktu waktu tergantung kebijakan pengelola. Sementara untuk jam operasionalnya mulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 WIB. anda bisa datang kapan saja mulai dari Senin sampai dengan hari Minggu. Jika ingin suasana yang lebih tenang, anda bisa datang di hari biasa.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Semirang

Kegiatan Menarik di Curug Semirang
Image Credit: Google Maps Nifla Syafamu 

1. Treking

Kegiatan yang pasti akan dilakukan oleh semua pengunjung di air terjun ini adalah treking. Perjalanan trekking ini memang tidak terlalu panjang, tetapi membutuhkan tenaga yang cukup menguras. Maka dari itu anda harus menyiapkan tubuh yang fit dan pakaian yang begitu nyaman. Namun selama perjalanan anda akan sangat menyenangkan karena pemandangannya indah.

2. Menikmati Keindahan Air Terjun

Ketika sudah melakukan treking maka anda tidak akan melewatkan keindahan air terjun yang mempesona. Air terjun Semirang cukup tinggi dengan tebing yang dipenuhi dengan tumbuhan hijau. Airnya yang jatuh juga begitu jernih dan segar, anda bisa bermain di aliran sungainya yang tidak dalam.

3. Berenang

Jika anda tidak treking sampai air terjun, anda juga bisa berenang di kolam renang yang ada. Air kolamnya menggunakan air terjun alami yang begitu jernih. Anda tentu akan merasakan sensasi yang berbeda karena berada di tengah hutan pinus. Selain berenang, beberapa pengunjung juga bersantai di atas pelampung di atas kolam renang.

4. Berburu Foto Menarik

Kegiatan berikutnya yang tidak boleh anda lewatkan adalah berburu foto foto keren. Ada banyak spot Instagramable yang bisa anda dapatkan di air terjun ini. Area kolam dan juga air terjun menjadi yang paling favorit bagi para pengunjung. Anda bisa mengambil gambar dengan background air terjun. Atau mengambil di bagian bebatuan di sekitar air terjun.

Bagian hutan pinusnya juga tak kalah cantik untuk jadi tempat mengambil gambar anda. Pastikan anda membawa kamera terbaik anda dan siapkan pose terbaik sekaligus penyimpanan yang lega. Karena keindahan yang dimiliki oleh Air Terjun Semirang ini memang sayang untuk dilewatkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Tersedia di Curung Semirang
Image Credit: Google Maps Wahda Idha 

Fasilitas yang bisa anda temukan di Air terjun Semirang cukup lengkap. Kendati beberapa diantaranya masih berupa fasilitas seadanya. Namun anda sudah bisa menemukan fasilitas seperti area parkir yang bisa menampung beberapa kendaraan pengunjung. Pengunjung juga sudah bisa menikmati liburan nyaman dengan fasilitas toilet ataupun mushola.

Untuk anda yang tidak sempat membawa bekal, anda juga bisa membeli makanan di warung yang ada. Anda juga bisa menemukan kolam renang yang juga menjadi fasilitas baru. Bahkan anda bisa menemukan fasilitas berfoto di air terjun ini. Inilah mengapa wisata satu ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu dengan keluarga.

Hanya saja, bagi anda yang ingin menikmati keindahannya lebih lama, anda tidak bisa menginap di area ini. Karena memang masih belum ada penginapan. Hanya saja anda bisa mendirikan tenda di area perkemahan yang dekat dengan curug ini. Perlahan namun pasti, Air terjun Semirang akan bergembang dengan fasilitas yang dimiliki.

Menghabiskan liburan di alam memang pilihan paling tepat jika ingin melepas penat. Udara sejuk dan alam yang asri akan jadi obat mujarab semua stres. Dan objek wisata hits di Semarang ini akan memberikan anda sensasi berpetualang sekaligus liburan yang menyenangkan. Apalagi jika dihabiskan dengan orang orang tersayang.