Air Terjun Sri Gethuk salah satu objek wisata alam yang menawan di Playen, Gunung Kidul, Jogja. Air terjun eksotis ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah, pesona sungai Oyo, air berwarna hijau dan panorama tebing yang menarik dijelajahi saat liburan.

Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Berada di Gunung Kidul, Jogja terdapat salah satu tempat wisata alam yang menawarkan keindahan. Tak hanya menyajikan wisata bahari berupa pantai saja, di kabupaten ini Anda juga bisa datang untuk mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk yang dikenal akan keindahan alam dan pesonanya yang memukau. Untuk Anda yang penasaran, simak ulasannya berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Sri Gethuk

Daya Tarik Air Terjun Sri Gethuk
Image Credit: Twitter.com @traveloka

Air Terjun Sri Gethuk adalah salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi saat berada di Gunung Kidul. Berada disini, Anda pun akan langsung disuguhkan dengan air terjun yang mengalir dari sebuah tebing yang cukup tinggi. Ketinggian dari tebingnya sendiri pun mencapai sekitar 50 meter.

Untuk aliran dari airnya terdiri dari tiga sumber mata air. Adapun diantaranya adalah Dong Poh, Air Ngandong dan juga Ngumbul. Ketiga sumber air tersebut rata rata memiliki debit air yakni 30 hingga 60 liter per detiknya. Dengan alirannya yang cukup deras tersebut membuat Anda bisa menikmati kesegaran dari air terjun satu ini.

Keunikan lain yang bisa Anda temui di lokasi Air Terjun Sri Gethuk ini adalah meskipun musim kemarau, debit air yang ada di air terjun ini tidak pernah kering. Hal ini membuat kawasan yang ada di sekitar air terjun memiliki panorama alam yang hijau. Tak hanya itu saja, di sekeliling air terjun juga terdapat sawah yang luas dan subur sehingga akan tampak sejuk.

Daya Tarik Sri Gethuk
Image Credit: Facebook.com @backpackerindonesia

Saat menghabiskan waktu di tempat satu ini, Anda pun akan melihat aliran dari air terjun yang meluncur dari atas tersebut terdiri dari tiga cabang. Namun, terdapat satu air terjun utama dengan debit air yang cukup deras. Untuk air yang jatuh dari atas ketinggian tersebut, nantinya akan ditampung secara langsung pada Sungai Oyo yang berada tepat di bawahnya.

Keindahan lain yang bisa Anda dapatkan ketika berwisata di lokasi satu ini adalah air yang berada di curug ini sangatlah jernih. Selain itu, meskipun memiliki debit air sekitar 30 hingga 60 liter per detiknya, aliran dari air terjun tersebut membuat arus sungai tetap tenang. Walaupun arus dari Sungai Oyo ini tergolong meliuk liuk.

Karena air yang ada di wisata ini sangatlah jernih, bahkan pelancong juga bisa melihat dengan jelas bagian dasar sungai bak kaca. Namun, apabila musim penghujan tiba, Anda akan mendapati warna air yang berwarna kecoklatan. Perlu Anda ketahui bahwa Sungai Oyo ini merupakan salah satu pintu gerbang yang bisa Anda tuju untuk masuk ke wisata Air Terjun Sri Gethuk.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Alamat Air Terjun Sri Gethuk
Image Credit: Google Maps (Muhammad Zaky Zakwandarsyah)

Air Terjun cantik ini berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan. Lebih tepatnya berada di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Jika Anda tertarik ke tempat satu ini, Anda harus menempuh jarak yakni sekitar 42 kilometer. Dimana Anda bisa menempuhnya dengan waktu yakni sekitar 1 hingga 1,5 jam.

Untuk Anda yang baru pertama kali datang dan mengunjungi destinasi satu ini, maka Anda pun tak perlu takut untuk tersesat. Hal ini dikarenakan sepanjang perjalanan terdapat banyak penunjuk arah. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa untuk menggunakan peta digital dan bertanya kepada warga sekitar apabila kebingungan.

Apabila Anda berangkat dari kota Jogja, maka Anda pun bisa melaluinya dari jalan Ring Road Timur. Disini, Anda bisa menyusuri Jalan Nasional menuju ke Wonosari. Kemudian, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Pathuk dan bertemu dengan pertigaan Gading. Lalu, Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju ke arah Playen.

Nantinya, ketika Anda telah sampai di Playen, pilihlah jalan menuju ke kanan dan arahkan menuju ke Kecamatan Palihan. Nantinya ketiga Anda berada di pertigaan Palihan maka Anda bisa belok ke kanan dan mendapati adanya petunjuk jalan yang mengarahkan Anda menuju ke Air Terjun Sri Gethuk.

Selanjutnya, Anda hanya tinggal mengikuti petunjuk jalan dan sekitar 7 kilometer, maka Anda pun bisa sampai menuju ke air terjun tersebut. Perjalanan menuju ke lokasi satu ini, Anda pun nantinya akan bisa melalui kondisi jalan yang cukup bervariasi. Dimana jalanan tersebut ada yang beraspal dan mulus hingga jalan yang terjal.

Namun, ketika Anda melewati Dusun Manggoran, Anda nantinya akan disuguhkan dengan pemandangan berupa hutan gunung jati yang sangat indah. Oleh karena itu, sepanjang perjalanan dijamin Anda tidak akan merasa bosan. Hal ini dikarenakan pemandangan alam sekitarnya akan mampu menghilangkan penat yang melanda.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

Harga Tiket Air Terjun Sri Gethuk
Image Credit: Google Maps (Zamimotret)

Untuk Anda yang tertarik berwisata ke tempat satu ini, tak perlu khawatir akan harga tiket masuknya. Sebab, harga yang dipatok tidaklah mahal dan ramah di kantong. Anda hanya perlu merogoh kocek yakni sekitar 15 ribu rupiah saja untuk bisa masuk ke lokasi satu ini. bahkan harga tersebut juga sekaligus tiket masuk menuju ke Gua Rancang Kencono.

Sedangkan untuk jam bukanya sendiri, Anda bisa datang mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore. Dan Air Terjun Sri Gethuk ini buka setiap hari. Sehingga Anda pun bisa kesini kapan saja. namun, untuk menghindari keramaian pengunjung, Anda bisa datang saat hari kerja karena setiap weekend, wisata satu ini selalu ramai dipadati oleh pengunjung.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Sri Gethuk

Aktivitas di Air Terjun Sri Gethuk
Image Credit: Facebook.com @p3sonawisataindonesia

1. River Tubing atau Body Rafting

Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika berada di destinasi wisata ini adalah river tubing atau body rafting. Ketika melakukan aktifitas satu ini, Anda bisa menghanyutkan diri di atas permukaan air dengan menggunakan pelampung. Bagi Anda yang menyukai aktivitas seru, kegiatan satu ini wajib untuk Anda coba.

Pertama tama, Anda bisa menitipkan barang bawaan yang Anda miliki. Kemudian, Anda bisa mengenakan jaket pelampung dan menceburkan diri ke dalam sungai. Nantinya, arus sungai yang tenang tersebut akan membawa tubuh Anda untuk mengambang di permukaan. Ketika melakukan aktifitas satu ini, Anda tidak perlu untuk berenang.

Lalu, Anda pun akan sampai di dermaga kecil yang merupakan tempat untuk menyandarkan rakit. Hal ini dikarenakan arus tersebut akan berjalan dari hulu menuju ke hilir. Pastikan Anda mencoba kegiatan satu ini saat berada di Air Terjun Sri Gethuk. Hal ini karena kegiatan tersebut mampu untuk menghilangkan penat akan aktivitas harian yang Anda lakukan.

2. Cliff Jumping

Tertarik untuk melakukan kegiatan yang menantang? Maka Anda pun bisa mencoba cliff jumping ketika berada di lokasi satu ini. hal ini dikarenakan aktivitas yang memacu adrenalin tersebut dapat Anda lakukan ketika berada di kawasan air terjun satu ini. hal yang perlu Anda lakukan hanyalah melompat dari atas tebing dan menceburkan diri menuju ke dalam sungai.

Tebing yang ada di lokasi satu ini pun memiliki ketinggian yakni sekitar 3 hingga 5 meter. Bagi Anda yang tertarik, sesampainya melakukan lompatan, Anda bisa naik dengan menggunakan tali yang memang disediakan di tebing tersebut. Namun, jika Anda tidak terlalu mahir untuk berenang, sebaiknya Anda tidak mencoba kegiatan satu ini.

3. Tracking

Saat berada di air terjun satu ini, kegiatan tracking merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Hal ini dikarenakan ketika Anda menuju ke Air Terjun Sri Gethuk, maka Anda pun akan merasakan kegiatan tracking sejak mulai berada di tempat parkir. Disini, Anda bisa memulai perjalanan selama kurang lebih 450 meter.

Anda pun akan melewati sungai kecil yang merupakan sumber dari air terjun satu ini. selanjutnya, Anda juga akan melewati area sawah yang terjal dan juga hijaunya pepohonan yang rindang serta hijau. Tentunya kegiatan satu ini akan menjadi salah satu hal menarik yang Anda dapatkan ketika melakukan pekerjaan satu ini.

Tak hanya itu saja, sepanjang perjalanan Anda pun juga akan disuguhkan berbagai macam spot spot menarik yang sangat cantik apabila dijadikan tempat untuk berswafoto. Terlebih lagi ketika Anda melewati areal persawahan. Pasalnya, di sepanjang sawah tersebut apabila padi sedang tumbuh, hamparan sawah tersebut akan memiliki pemandangan yang sangat memukau.

Aktivitas Air Terjun Sri Gethuk
Image Credit: Twitter.com @traveloka

4. Menjelajah Sungai Oyo Dengan Rakit

Jika Anda ingin menikmati keindahan Sungai Oyo dengan bersantai, sebaiknya Anda bisa menyusurinya dengan menggunakan rakit. Disini, Anda bisa menjelajah Sungai Oyo dari hilir menuju ke hulu dengan rakit yang terbuat dari drum bekas. Disini nantinya Anda akan disuguhkan dengan pemandangan berupa tebing yang tinggi dan mengapit sungai tersebut.

Bahkan Anda pun akan mendapati beberapa tebing dengan air terjun kecil yang sangat indah. Apabila Anda datang ke Air Terjun Sri Gethuk ketika sedang musim kemarau, maka Anda pun akan mendapati aliran sungai dan arusnya yang tenang. Bahkan air yang ada di sungai tersebut juga tampak sangat jernih dan memanjakan mata.

5. Canyoning

Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan untuk menghabiskan waktu dengan melakukan canyoning. Kegiatan satu ini merupakan aktivitas menuruni tebing dengan menggunakan tali. Namun menariknya, Anda akan melakukan kegiatan satu ini dibawah guyuran air terjun yang menyegarkan.

Untuk Anda yang suka dengan kegiatan memacu adrenalin, pastikan untuk mencobanya. Ketika Anda ingin melakukan kegiatan ini, ada baiknya untuk meminta ijin terlebih dahulu kepada pihak pengelola. Apabila Anda tidak membawa peralatan, maka Anda pun bisa menyewanya kepada pihak pengelola.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Fasilitas Air Terjun Sri Gethuk
Image Credit: Instagram.com @kampoengbaron

Adapun fasilitas yang tersedia di tempat wisata satu ini pun tergolong cukup lengkap. Hal ini dikarenakan Anda akan bisa beribadah di mushola dan terdapat pula beberapa toilet yang bisa Anda temukan di tempat satu ini. selain itu, bagi Anda yang sedang dilanda kelaparan, Anda juga bisa untuk menyantap berbagai hidangan di warung yang ada di sekitar tempat wisata satu ini.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda tahu mengenai Air Terjun Sri Gethuk. Saat berada di Gunung Kidul, pastikan untuk mengunjungi destinasi yang memiliki beragam wahana menarik satu ini. Anda pun bisa mengunjunginya bersama dengan keluarga atau sahabat. Khususnya bagi Anda yang menyukai kegiatan air yang menantang, pastikan untuk mencoba wahana seperti cliff jumping dan canoeing yang tersedia disini.