Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.30-17.00 WIB, Alamat: Jl. Tempel – Turi No.Km.5, Dedapan, Bangun Kerto, Kec. Turi, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Belakangan ini Yogyakarta selalu menghadirkan objek wisata kekinian baru yaitu Taman Bunga Allamanda Yogyakarta di Kabupaten Sleman. Wisata ini sangat cocok untuk liburan yang nyaman di dalam dan sekitar Yogyakarta yang berada di kawasan Gunung Merapi. Dan anda bisa menikmati wisata dengan background gunung Merapi yang sangat spektakuler.

Salah satu destinasi wisata yang bisa anda kunjungi yaitu Alamanda Jogja Flower Garden yang menyediakan berbagai jenis spot foto yang begitu menarik dan mempesona. Wisata ini memberikan pemandangan yang begitu indah dengan konsep taman bunga yang dilengkapi dengan berbagai bentuk spot foto yang keren dan juga menarik untuk dikunjungi.

Daya Tarik Alamanda Jogja Flower Garden

Daya Tarik Alamanda Jogja Flower Garden
Image Credit: Google Maps Rifai ardiansyah

1. Iglo Besi

Spot foto yang kurang populer adalah di igloo besi. Bentuk spot foto ini menyerupai igloo, hanya besi yang terbuka. Hanya kerangkanya yang terlihat, jadi Anda bisa melihat bagian dalamnya dengan jelas. Konsepnya adalah gambaran Lesehan di mana seharusnya karpet rumput di sini. Ada juga bantal yang bisa digunakan sebagai penyangga foto.

Wisatawan yang memasuki kawasan ini harus melepas alas kaki. Untuk menjaga bagian dalam tempat ini tetap bersih. Jadi, anda perlu mematuhi segala aturan yang sudah berlaku di Alamanda Jogja Flower Garden ini untuk bisa saling membantu meningkatkan kenyamanan bagi seluruh pengunjung yang datang dan ingin menikmati keindahan spot foto.

2. Pesona Kincir Angin di Tepi Danau

Selain beberapa spot di atas, anda juga akan menemukan kincir angin seperti yang ada di Belanda. Kincir angin ini adalah bangunan yang seluruhnya berwarna putih. Ada empat baling-baling di satu sisi. Wisatawan bisa berfoto di bawah area baling-baling ini, karena baling-baling itu sendiri tidak berputar. Di depan baling-baling ini terdapat danau buatan yang tidak terlalu luas.

Di sisi lain anda juga bisa menemukan sebuah kursi berjemur seperti pantai. Wisatawan bisa berbaring dengan pemandangan indah di depannya. Atau juga bisa sekedar berfoto seperti di pantai. Mengunjungi tempat wisata ini akan membuat anda serasa sedang datang ke banyak destinasi wisata yang berbeda karena setiap spot memiliki ciri khas tersendiri.

3. Rumah Hobbit

Ketika datang ke Alamanda Jogja Flower Garden, jangan lupa untuk datang berkunjung ke kawasan atau area Rumah Hobbit. Di tempat ini, anda dan wisatawan lainnya dapat mengambil foto di rumah ala film Hobbit yang memiliki bentuk semu lingkaran yang sangat unik dengan pintu bundar di bagian tengah bangunan. Selain itu, anda juga akan dapat menemukan patung kurcaci.

Patung-patung tersebut terletak di sekitaran dari rumah Hobbit. Lingkungan yang sangat sejuk dan indah membuat area rumah ini terlihat sangat menarik dan juga unik. Dan dengan adanya keberadaan dari rumah mungil dari para kurcaci membuatnya semakin terlihat sangat berbeda dari destinasi wisata taman lainnya yang ada di Kawasan Yogyakarta.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Alamanda Jogja Flower Garden
Image Credit: Google Maps Ari Rahmawati

Ketika anda berniat untuk datang mengunjungi destinasi wisata yang dihiasi dengan berbagai jenis bunga yang cantik dan warna warni ini maka anda perlu mendatangi sebuah kawasan bernama Dadapan Wonokerto yang ada di Turi, Sleman, Yogyakarta. Untuk bisa mencapai lokasi ini, anda perlu melakukan perjalanan sekitar 20 km dari arah pusat kota.

Jarak tersebut kemungkinan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 60 menit. Untuk sampai ke destinasi ini, anda tidak akan menemukan jalanan yang sulit. Selain itu, anda juga kan disuguhkan dengan panorama keindahan alam yang sangat mempesona di sepanjang jalan kota Sleman. Keindahan tersebut dapat berupa hamparan sawah yang hijau dan subur.

Harga Tiket Masuk Alamanda Jogja Flower Garden

Harga Tiket Masuk Alamanda Jogja Flower Garden
Image Credit: Google Maps Rifai ardiansyah

Untuk bisa menikmati segala bentuk keindahan dan juga spot foto yang ada di kawasan destinasi wisata taman ini, anda perlu membeli tiket masuk yang dibandrol dengan harga Rp 15.000 per orang. harga tersebut terbilang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan berbagai jenis fasilitas dan juga keindahan yang bisa anda rasakan dan nikmati.

Untuk pengunjung anak-anak, biaya yang perlu dibayarkan yaitu seharga Rp 10.000. Taman wisata ini buka mulai pagi sampai dengan sore. Waktu yang tepat untuk berkunjung tentu saja pagi atau sore hari. Saat itu wisatawan merasakan panasnya matahari di siang hari. Padahal, kawasan itu penuh dengan bunga dan rerumputan, tapi bukanlah sebuah pepohonan.

Untuk lebih pastinya, jam operasional dari destinasi wisata Alamanda Jogja Flower Garden ini bisa dikunjungi di hari selasa sampai dengan minggu yaitu pada pukul 08.300 – 17.00 WIB. Sedangkan untuk hari senin, destinasi wisata ini tidak menerima kunjungan dari wisatawan. Jadi anda bisa mendatangi lokasi wisata taman ini dengan bebas selain di hari senin.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Alamanda Jogja Flower Garden

Kegiatan Menarik Alamanda Jogja Flower Garden
Image Credit: Google Maps Farisyal B.K

1. Menikmati Keindahan Hamparan Bunga

Jika Anda pernah ke Ayanaz di Bandungan, Semarang, Anda pasti tidak asing dengan Allamanda. Konsep Taman Bunga Alamanda Yogyakarta hampir sama. Singkatnya, taman indah penuh bunga warna-warni dan spot foto menarik. Berada di atas lahan seluas 2,5 hektar milik warga dan ditumbuhi rumput hijau. Bunga di sini terdiri dari 24 jenis bunga.

Jenis yang bisa ditemukan diantaranya termasuk kupu-kupu, jengger, petunia, lavender, mawar dan, tentu saja, bunga allamanda. Taman bunga ini disebut Allamanda karena memiliki bunga Allamanda sendiri paling banyak. Warna bunga yang berbeda ini membuat taman ini indah dan berwarna-warni. Jenis bunga ini sengaja dipilih karena dapat mekar sepanjang tahun.

Ketika waktu berbunga mencapai waktu tertentu, bunganya berbeda. Oleh karena itu, ada banyak bunga yang mekar sepanjang tahun di taman bunga ini. Wisatawan tidak akan kecewa karena taman yang dipenuhi bunga ini selalu indah. jadi jangan pernah takut untuk berkunjung ke lokasi ini karena bunga akan terus bermekaran di sepanjang tahun.

Saat Anda memasuki area ini, Anda akan disambut oleh banyak spot foto dengan dekorasi bunga, bahkan di depan pintu kontrol tiket. Meski tidak menggali lebih dalam, suasana taman yang disediakan sudah sangat kental. Saat memasuki area taman , pengunjung disuguhi petak bunga yang lebih lengkap. Ada warna-warni lavender dan bunga jengger di beberapa sudut.

2. Berfoto di Lokasi Favorit Wisatawan

Alamanda Jogja Flower Garden menawarkan spot foto yang sangat menarik. Petak bunga itu sendiri menjadi spot foto yang indah. Selain itu, pengelola menawarkan spot foto unik dan beragam lainnya. Seperti balon udara panas, bola besi, dan kincir angin seperti Belanda. Ada juga spot foto besi dengan berbagai dekorasi. Bentuk hati dan cinta adalah yang paling diinginkan.

Wisatawan bisa duduk dalam bentuk hati. Dari sudut ini, hamparan bunga jengger merah dan kuning menciptakan latar belakang yang indah. Ada juga patung berbagai karakter di sini. Seperti patung kupu-kupu raksasa di tengah petak bunga. Anda akan menemukan ada patung Doraemon bersama teman-teman seperti Nobita, Shizuka, Giant dan Suneo.

3. Menaiki Balon Udara

Dilihat dari kejauhan, anda akan menyaksikan balon udara panas melayang di langit. Tentu saja, objek wisata favorit ini juga memiliki objek fotografi berupa balon udara. Sayangnya, balon udara panas ini tidak benar-benar melayang atau terbang. Hanya menempelkannya di tanah, tapi balon akan mengapung. Jangan khawatir, wisatawan masih akan merasakan keseruan naik balon udara.

Hal tersebut karena balon udara panas tidak terbang di sini, tetapi wisatawan dapat memasukinya. Di sini, wisatawan bisa berfoto dengan berbagai pose. Seperti terbang di langit dengan balon udara panas. Jadi bagi anda yang takut ketinggian tetapi ingin berpose indah di atas balon udara maka bisa datang berkunjung ke destinasi wisata unik satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Alamanda Jogja Flower Garden
Image Credit: Google Maps Peter Chong

Tidak hanya memberikan keindahan alam, namun hijaunya pemandangan juga pastinya akan membuat anda merasa tenang karena pesonanya sangat menyejukkan mata. Dapat dipastikan jika anda berkunjung ke taman ini akan sangat betah dan tidak akan mudah bosan karena terdapat banyak fasilitas seperti spot foto, tempat ibadah, kantin, dan parkir yang luas.

Karena tempat dari Flower Garden Jogja ini sudah tidak asing lagi dan telah menjadi destinasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga anda tidak perlu kesulitan untuk bisa sampai ke lokasi ini. Pasalnya, anda sudah bisa mengandalkan perkembangan teknologi yang ada di smartphone yaitu dengan menggunakan bantuan dari maps yang bisa diakses dengan mudah.

Keindahan Alamanda Jogja Flower Garden ini bisa anda jadikan referensi untuk destinasi wisata berikutnya yang perlu dikunjungi ketika berada di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak hanya menikmati keindahan hamparan bunga, anda juga bisa mengambil gambar dengan spot foto yang sangat instagramable dan bisa dipamerkan pada akun media sosial yang dimiliki.