Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Apakah Anda membutuhkan tempat yang cocok untuk merilekskan pikiran dan tubuh Anda dari banyaknya aktivitas? Jikalau demikian, mengunjungi tempat wisata adalah solusinya, khususnya bagi Anda yang ingin merasakan sensasi yang berbeda namun tidak surut keindahannya dengan aktivitas sehari-hari.

Jika Anda tinggal di sekitar Magelang, Jawa Tengah, Anda dapat mencoba untuk mengunjungi Alun-Alun kota ini. Alun-alun di sana memiliki daya tarik tersendiri sehingga dapat memberikan sensasi berbeda untuk pengalaman liburan Anda. Nah, berikut ini informasi selengkapnya mengenai taman kota di Magelang.

Daya Tarik yang Dimiliki Alun-Alun Magelang

Daya Tarik Alun-Alun Magelang
Image Credit: Google Maps Amirul Dhamier

Dikenal sebagai ikon kota Magelang, berikut ini beberapa hal yang menjadi daya tarik utamanya.

1. Sisi Historis dan Letak yang Strategis

Tahukah Anda, bahwa Alun-Alun Magelang dapat dikatakan tua, alias dibangun sejak abad ke-18 oleh Mas Ngabehi Danukromo sebagai Bupati pertama di Magelang, terutama ketika Magelang dikuasai oleh kolonial Inggris, lengkap dengan tempat tinggal beliau dan sebuah masjid. Namun, ketika Inggris sudah ditaklukkan oleh Belanda, Magelang dijadikan pusat lalu lintas perekonomian dan sisi militer, yang mana oleh Belanda kemudian terus melengkapi sarana dan prasarana termasuk menara air minum yang dibangun sejak lebih dari 1 abad silam atau pada tahun 1918 dan juga rumah ibadah berbagai agama.

Kini, Anda sudah mengetahui bahwa alun-alun ini sudah dijadikan sebagai pusat kota Magelang karena letaknya sangat strategis dan mudah dijangkau melalui transportasi apa pun. Di sekelilingnya terdapat banyak sekali bangunan yang dapat Anda kunjungi, seperti pusat perbelanjaan (Matahari, Trio Plaza, Gardena, dan sebagainya), kantor pos, kantor polisi, dan bank.

2. Taman Kota

Jika Anda ingin mencari tempat yang dapat menyegarkan pikiran Anda, terutama jika bosan dengan yang namanya pantai, Anda dapat mengunjungi Alun-Alun Magelang, yang mana sejatinya tempat tersebut merupakan taman kota bernuansa hijau yang dijamin indah dan sedap dipandang mata.

3. Patung Pangeran Diponegoro

Jika misalnya Anda datang ke Magelang dari arah Semarang, Anda akan disambut oleh patung Pangeran Diponegoro yang sedang menaiki kuda, yang mana patung ini dibangun untuk menghargai beliau dalam mengusir penjajah di Magelang. Pada malam hari, patung tersebut terlihat lebih indah dengan cahaya lampu yang terpasang di sekitar patung. Meskipun patung tersebut diberi pagar pembatas agar tidak rusak, Anda tetap dapat mendokumentasikan patung tersebut dengan baik.

4. Menara Air

Terdapat pula menara air bergaya kolonial peninggalan Belanda di sudut barat laut alun-alun, yang mana masih dimanfaatkan PDAM sekitar Magelang untuk menyediakan air bersih. Usianya sudah berumur ratusan tahun, makanya menara air tersebut dapat terbilang kolonial. Yang uniknya lagi, pada malam hari, Anda dapat menyaksikan kemegahan menara air tersebut ketika cahaya lampu warna-warni menyorot menara.

Daya Tarik Dimiliki Alun-Alun Magelang
Image Credit: Google Maps Andri Ragil

5. Tempat yang Sarat Akan Toleransi

Tahukah Anda, bahwa Alun-Alun Magelang dikelilingi oleh berbagai tempat ibadah yang berbeda-beda, seperti Masjid Agung Magelang, Gereja Protestan Indonesia bagian Barat, Gereja Santo Ignatius, dan Klenteng Liong Hok Bio. Maka dapat disimpulkan bahwa Anda akan diingatkan tentang toleransi beragama

6. Pusat Kuliner Tuin Van Java

Di sekitar sisi utara alun-alun, terdapat pusat kuliner yang bernama Tuin Van Java yang mana di sana tersedia banyak sekali kedai, warung, dan sebagainya dengan berbagai makanan dan minuman yang dijajakan di sana, seperti batagor, nasi goreng, magelangan, lamonganan, sampai aneka jus dan kopi pun tersedia di sana.

7. Pusat Perbelanjaan Pecinan

Bagi Anda yang hobi berbelanja, Anda bisa mengunjungi kawasan Pecinan atau Jalan Malioboro-nya Magelang. Berlokasi di jalan sepanjang 1,5 kilometer, terdapat banyak toko, minimarket serta restoran yang ada baik di sisi kiri maupun sisi kanan. Uniknya lagi, terdapat ruas jalan untuk motor dan ruas jalan khusus untuk becak.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Alun-Alun Magelang
Image Credit: Google Maps Mas Kusumo mbolang

Alun-Alun Magelang, sebuah kawasan wisata yang takkan pernah sepi pengunjung, terletak di Jalan Alun-Alun Utara, Desa Kemirirejo, Kecamatan Magelang Timur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56117. Anda dapat pergi ke sana menggunakan kendaraan motor, mobil pribadi, atau bahkan bis umum atau angkutan lainnya.

Jika Anda berada dekat dengan pusat Kota Magelang, Anda tinggal mengarahkan kendaraan Anda melewati Jalan Pajang (jalur satu arah) – Jalan Pajang I – Jalan Daha – Jalan Tentara Pelajar – Jalan Alun-Alun Utara, dan sampailah Anda di alun-alun yang letaknya berseberangan dengan Plaza Magelang. Sedangkan jika Anda ingin datang dari Kota Semarang, Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam 45 menit dengan jarak 74 km dengan perkiraan rute dari Jalan Tentara Pelajar – Jalan Dr. Wahidin – Jalan Raya Semarang-Yogyakarta – Jalan Raya Semarang-Surakarta – Jalan Perintis Kemerdekaan – Jalan Gatot Subroto – Jalan Diponegoro – Jalan Jenderal Soedirman – Jalan Raya Secang – Jalan Ahmad Yani – Jalan Alun-Alun Utara. Untuk mengetahui rute tersebut Anda dapat menggunakan Google Maps yang biasanya terpasang di gadget Anda.

Sejauh ini, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena tidak ada ketetapan mengenai tiket masuk Alun-Alun Magelang. Namun, Anda hanya akan dikenakan biaya parkir Rp 5.000 untuk kendaraan beroda empat dan Rp 2.000 untuk beroda dua. Anda tidak perlu khawatir pula karena area parkir yang disediakan cukup luas. Selain itu, alun-alun dibuka selama 24 jam, namun biasanya ramai akan pengunjung di waktu sore hingga malam hari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Alun-Alun

Kegiatan Menarik Alun-Alun Magelang
Image Credit: Google Maps Fajar Nur Faizi

1. Bersantai

Anda bisa bersantai di Alun-Alun Magelang, terutama ketika sore hari. Suasana yang sejuk nan hijau ala rumput dan taman dapat membuat Anda merasakan pengalaman yang menyenangkan, sehingga cocok bagi Anda yang ingin melepas penat dari padatnya aktivitas yang cukup melelahkan.

2. Berfoto-Foto

Ketika Anda mengunjung alun-alun ini, sempatkanlah waktu untuk mengabadikan momen, karena terdapat banyak spot foto yang dapat dijadikan background foto Anda, misalnya di Patung Diponegoro, di papan tulisan “Magelang”, di Menara air, di sekitar taman, dan sebagainya. Intinya Anda bisa menikmati apa pun pemandangan yang bisa diabadikan sendiri atau bersama teman dan keluarga Anda.

3. Menikmati Aneka Kuliner

Di Alun-Alun Magelang, terdapat banyak sekali kedai atau warung yang menjajakan makanan atau minuman secara umum atau khas Magelang itu sendiri. Semua tempat kuliner (pujasera) yang disediakan tertata baik dalam satu area, dengan harga yang tentunya terjangkau di kantong Anda sebagai mahasiswa. Bagaimana? Tertarik mencoba makanan dan minuman yang disajikan atau diperjualkan di alun-alun?

Kegiatan Menarik di Alun-Alun Magelang
Image Credit: Google Maps Fajar Nur Faizi

4. Mengunjungi Objek Wisata Dekat Alun-Alun

Alun-Alun Magelang berada di sekitar pusat kota Magelang, maka dari itu, di sekitar taman juga terdapat berbagai objek wisata dan tempat-tempat lainnya yang dapat Anda kunjungi dengan ciri khasnya masing-masing, seperti GOR Samapta, Museum Oei Hong Dijen, Museum Diponegoro, Museum BPK RI, Taman Kyai Langgeng, dan sebagainya. Sedangkan untuk mencapai Candi Borobudur, Anda harus sedikit bersabar karena jaraknya sekitar 14 kilometer dari alun-alun.

  • Museum Oei Hong Dijen, merupakan museum seni kontemporer yang mengoleksi berbagai lukisan, patung, dan seni instalasi modern karya berbagai seniman asal Indonesia yang terkenal, seperti Basoeki Abdullah, Affandi, dan masih banyak lagi.
  • Museum Badan Pemeriksa Keuangan, merupakan museum tempat menyimpan benda-benda bersejarah yang mendukung sejarah berdirinya BPK pada tahun 1946 silam.
  • Museum Diponegoro, awalnya merupakan tempat penangkapan Pangeran Diponegoro oleh seorang Jenderal de Kock dari Belanda pada tanggal 20 Oktober 1830 silam. Cukup lama ya
  • GOR Samapta, merupakan pusat olahraga yang sangat ideal di Magelang karena hawa yang cukup sejuk dan tidak bising. Di sana terdapat stadion, kolam renang, wisma atlet, lapangan tennis, dan lain-lain.
  • Taman Kiai Langgeng, merupakan taman dengan luas 28 hektare, dan letaknya sekitar 1 kilometer dari pusat kota di arah selatan. Terdapat ratusan koleksi tanaman langka, patung-patung dinosaurus, aneka permainan, dan prototype pesawat terbang yang dapat Anda manfaatkan sebagai objek penelitian. Selain itu, juga terdapat berbagai atraksi kesenian daerah maupun music yang dapat menghibur Anda.

5. Menonton Pertunjukan

Ternyata, Alun-Alun Magelang juga menyediakan hiburan lho. Di sekitar menara air atau di sekitar sisi barat alun-alun, Anda dapat melihat pertunjukan dancing fountain, atau bisa juga disebut air mancur menari, jika berkunjung di hari Sabtu dan Minggu, biasanya pada siang, sore, dan malam hari. Selain itu, Anda juga dapat menonton pertunjukan wayang semalam suntuk, di mana pernah diadakan pentas cerita Diponegoro Kridha di alun-alun selama semalam suntuk oleh dalang Ki Catur ‘Benyek’ Kuncoro.

Sedikit tambahan informasi mengenai pertunjukan air mancur menari, pengoperasian dilakukan secara berkala di ruang operator di sisi utara air mancur, misalnya terkait debit air, bentuk air mancur, dan juga lampu sorot warna-warni. Selain itu, terdapat seorang operator yang akan mengendalikan koreografi air mancur dan lampu sorot melalui ruang khusus.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas Alun-Alun Magelang
Image Credit: Google Maps Puspita Evyanti

Alun-Alun Magelang menyediakan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung, termasuk Anda sendiri, yaitu area parkir, mushola, kamar mandi/toilet, penginapan, dan sebagainya. Selain itu, di alun-alun juga disediakan hiburan untuk anak-anak, yaitu area bermain dan tempat mewarnai. Oh ya, di sekitarnya terdapat jajaran aneka ragam warung makan yang siap memenuhi kebutuhan lapar Anda. Selain itu, karena lokasi yang strategis, Anda juga dapat merasakan fasilitas lain seperti penginapan/kos, pusat perbelanjaan, kantor pos, bank, kantor polisi, dan sebagainya.

Sebenarnya terdapat banyak sekali spot yang digunakan untuk berfoto, baik dari menara, patung, dan sebagainya. Namun, akhir-akhir ini Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang baru saja menambah spot baru yang dapat dijadikan latar belakang foto Anda di kawasan alun-alun. Spot foto yang dibuat oleh Yetty Setyaningsih selaku Kepala Bidang Pengelolaan Penerangan Jalan Umum Pertamanan dan Pemakaman DLH Kota Magelang bertemakan tumbuhan, yaitu berupa sculpture bunga mawar yang berwarna merah yang bisa ditambah hingga 2-3 sculpture serta dua tempat duduk yang berbentuk seperti jamur. Untuk lokasinya sendiri berada di bawah water torn, dengan tujuan menambah daya tarik masyarakat, tidak hanya mempercantik taman kota saja.

Demikianlah beberapa hal menarik terkait Alun-Alun Magelang. Bagaimana, seru bukan? Alun-alun yang berada di sekitar pusat kota dengan pemandangan yang memanjakan mata dan berbagai fasilitas yang menjanjikan menjadikan kawasan wisata ini layak direkomendasikan untuk dikunjungi oleh Anda. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di alun-alun?

REKOMENDASI DESTINASI