Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. KH Mas Mansyur, Mangunharjo, Sukabumi, Kec. Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Ketika anda mengunjungi Probolinggo, mungkin sebagian dari anda akan bingung ingin berwisata kemana. Namun perlu anda tahu jika berlibur kesini, terdapat satu tempat menarik yang bisa anda kunjungi. Diantaranya adalah Alun-Alun Probolinggo yang menjadi destinasi wisata favorit bagi keluarga.

Berada di pusat kota Probolinggo, Alun-Alun ini memiliki letak yang berdekatan dengan stasiun dan juga pelabuhan. Bahkan juga dekat dengan Masjid Agung Probolinggo. Menghabiskan waktu disini akan membuat anda bisa melepas penat dan menenangkan pikiran dari padatnya aktivitas harian yang anda lakukan. Berikut intip lebih jauh tentang Alun-Alun ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Alun-Alun Probolinggo

Daya Tarik Alun-Alun Probolinggo
Image Credit: Google Maps imror el badri

1. Letaknya yang Berada di Pusat Kota

Berwisata di Alun-Alun Probolinggo, ternyata bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa anda lakukan untuk melepas penat. Hal ini dikarenakan menghabiskan waktu dengan pemandangan alam berupa pohon pohon yang menjulang tinggi dan hijau di kawasan Alun-Alun, akan menjadi obat healing terbaik.

Selain itu, kelebihan dan daya tarik dari wisata ini adalah letaknya yang berada di pusat kota. Sehingga anda pun bisa dengan mudah untuk menjumpainya ketika berjalan jalan di sekitar kota Probolinggo. Bagi pelancong yang berasal dari luar kota dengan perjalanan menggunakan kereta api pun bisa dengan mudah untuk menemukannya.

2. Alun-Alun yang Menawarkan Edukasi Fauna

Apabila anda mengajak si kecil untuk berjalan jalan maupun berwisata di lokasi ini, tentu saja akan menjadi salah satu wisata edukasi tersendiri. Sebab, di Alun-Alun Probolinggo ini, terdapat beberapa kendang merpati yang bisa anda lihat secara langsung. Bahkan biasanya burung burung tersebut akan terbang di area Alun-Alun untuk berjalan jalan.

Dengan adanya burung merpati tersebut akan membuat si kecil menjadi lebih dekat dengan alam dan bisa berinteraksi langsung dengan burung merpati. Selain itu, anda juga bisa memberi makan, memegang bahkan hingga berfoto dengan merpati. Hal ini tentu saja akan membuat si kecil menjadi betah menghabiskan waktu disini.

3. Area Car Free Day

Daya tarik lain yang dimiliki oleh Alun-Alun Probolinggo adalah ketika hari minggu, tempat ini akan ramai oleh pedagang dan masyarakat yang datang. Sebab, ketika minggu tiba, kawasan alun-alun disulap menjadi area untuk car free day. Banyak pedagang yang menjajakan makanan ataupun barang dagangannya di sekitar kawasan ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Alun-Alun Probolinggo
Image Credit: Google Maps christian puguh

Lokasi Alun-Alun Probolinggo berada di daerah Mangunharjo, Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Bagi anda yang ingin berwisata di Alun-Alun yang ramai ini, tidak perlu susah payah untuk menemukannya. Hal ini lantaran lokasinya berada di pusat kota dan sangat mudah untuk ditemukan.

Patokannya adalah area alun-alun berada dekat dengan pelabuhan dan stasiun kereta api. Selain itu, di dekat Alun-Alun ini anda juga akan menemukan Masjid Agung. Sehingga apabila anda mengendarai kendaraan pribadi, bisa saja langsung bertanya ke warga setempat tentang keberadaan Alun-Alun ini.

Untuk lebih mudahnya, anda juga bisa menemukan lokasi Alun-Alun ini dengan menggunakan maps atau peta digital. Sehingga tidak sulit bagi anda yang ingin menemukan Alun-Alun yang berada di jantung kota Probolinggo tersebut. Oleh karena itu, jika anda bingung untuk mencari tempat wisata di kota ini, Alun-Alun bisa menjadi rekomendasi pertama yang bisa anda kunjungi.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Alun-Alun Probolinggo
Image Credit: Google Maps renato cento

Harga tiket untuk masuk ke destinasi wisata yang ada di Probolinggo ini tidak akan menguras kantong anda. Sebab, anda tidak akan dikenakan biaya masuk ketika menghabiskan waktu disini. Fasilitas lain yang tersedia di tempat ini pun juga bisa anda nikmati secara gratis dan cuma Cuma. Melainkan pengunjung yang datang hanya perlu membawa uang untuk membeli makanan di Alun-Alun.

Sedangkan untuk jam bukanya sendiri yakni buka setiap hari selama 24 jam penuh. Sehingga bagi anda yang ingin berjalan jalan atau bersantai di Alun-Alun bisa melakukannya kapan saja yang anda inginkan. Namun, suasana Alun-Alun ini akan ramai pada pukul 6 pagi hingga 9 pagi lantaran banyak orang yang berolahraga atau sekedar menghirup udara pagi.

Saat yang tepat untuk mengunjungi Alun-Alun ini adalah ketika cuaca sedang cerah. Namun, jika anda ingin hunting kuliner di Alun-Alun Probolinggo, pastikan anda datang ketika hari Minggu. Sebab, banyak sekali pedagang yang menjajakan makanannya di hari minggu. Tapi, apabila anda ingin menikmati suasana Alun-Alun yang tidak ramai, sebaiknya anda datang ketika hari biasa saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Alun-Alun Probolinggo

Kegiatan Menarik Alun-Alun Probolinggo
Image Credit: Google Maps Roby Purbayana

1. Berolahraga

Aktivitas pertama yang bisa anda lakukan ketika berkunjung ke Alun-Alun Probolinggo adalah untuk berolahraga. Pasalnya, di area ini tidak hanya bisa digunakan untuk berjalan santai saja. Melainkan, terdapat jalan setapak yang bisa digunakan oleh pengunjung sebagai trek untuk berolahraga,

Kondisi dari trek olahraga tersebut juga terbilang cukup bagus sehingga bagi anda yang ingin berolahraga disini juga akan lebih nyaman tanpa takut untuk tersandung. Tidak hanya itu saja, disini anda juga bisa menemukan lapangan yang biasanya digunakan untuk sepak bola, senam, bermain voli ataupun badminton. Bagi anda yang hobi bersepeda, juga bisa berkeliling di kawasan Alun-Alun ini.

2. Berfoto

Hunting foto menjadi kegiatan wajib yang harus anda lakukan ketika berada di Alun-Alun Probolinggo. Kurang lengkap rasanya jika mampir ke Alun-Alun tanpa menyempatkan diri untuk mengambil foto. Ada beberapa spot menarik yang bisa anda temukan disini, salah satunya adalah di monumen patung garuda. Tempat ini memang banyak digunakan oleh pengunjung sebagai latar foto.

Ada pula tembok dengan ukiran yang menarik yakni menceritakan tentang sejarah Indonesia dari jaman penjajahan hingga kemerdekaan. Anda bisa mengambil jarak yang cukup jauh agar seluruh area tembok bisa terlihat. Kemudian, anda bisa lanjutkan perjalanan menuju ke patung angsa yang bisa digunakan untuk berfoto.

3. Wisata Kuliner

Kegiatan wisata kuliner menjadi agenda wajib yang perlu anda lakukan ketika berada di Alun-Alun Probolinggo. Kawasan ini akan sangat ramai ketika hari minggu tiba karena ada acara Car Free Day. Sepanjang jalan, anda pun akan menemukan banyak sekali jajanan khas dari Probolinggo yang bisa anda cicipi.

Namun, tidak hanya wisata kuliner saja, melainkan anda juga bisa berbelanja barang barang lainnya. Sebut saja seperti pakaian, sandal, sepatu, perabotan rumah tangga dan juga mainan anak bisa anda temukan disini. Menghabiskan waktu minggu anda di Alun-Alun Probolinggo tentunya dapat menjadi hiburan tersendiri.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman

Fasilitas Alun-Alun Probolinggo
Image Credit: Google Maps arif rahmadi

Saat anda menghabiskan waktu di Alun-Alun Probolinggo, berbagai fasilitas lengkap tersedia di lokasi satu ini. Diantara fasilitas yang bisa anda nikmati antara lain adalah adanya gazebo dan bangku taman yang bisa anda gunakan untuk bersantai dan beristirahat setelah melakukan berbagai macam aktivitas.

Selain itu, apabila anda berwisata bersama dengan si kecil, maka di Alun-Alun ini juga terdapat berbagai wahana permainan. Seperti ayunan dan juga perosotan tersedia disini yang akan membuat si kecil menjadi tidak bosan. Kemudian, jika perut anda merasa keroncongan, maka anda pun bisa mencari kudapan atau cemilan di sepanjang jalan yang dekat dengan Alun-Alun.

Pasalnya, di sepanjang jalan tersebut anda akan menemukan banyak pedagang kaki lima yang sedang menjajakan dagangannya. Fasilitas pendukung lain di Alun-Alun Probolinggo seperti toilet, mushola dan area parkir yang cukup luas juga bisa anda temukan disini. Sehingga, anda pun tidak repot untuk mencari toilet atau tempat untuk beribadah ketika bermain disini.