Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Pleret No.KM. 1,5, Banjardadap, Potorono, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Balong Waterpark merupakan salah satu destinasi wisata keluarga di Yogyakarta yang wajib anda kunjungi. Bahkan, wisata ini merupakan Waterpark pertama yang ada di Bantul. Banyak wahana bermain air yang bisa anda pilih yang sesuai dengan umur dan dijamin aman untuk anak anak.

Wisata keluarga yang harus anda kunjungi ini seru dengan berbagai macam fasilitas yang memadai oleh pihak pengelola. Waterpark pertama di Yogyakarta ini bisa juga menjadi pilihan aman dalam berlibur untuk anak anak disela sela menikmati keindahan kota. Lokai wisata ini juga mudah diakses, berikut adalah ulasan tentang wisata waterpark ini, yuk simak.

Wahana di Balong Waterpark

Wahana Balong Waterpark
Image Credit: Google Maps Anwar D Murwanto

1. Kolam Renang Biasa

Banyak wahana yang disediakan pihak pengelola di Balong Waterpark. Namun ada juga banyak wisatawan atau pengunjung yang hanya ingin berenang tanpa bermain wahana. Sehingga pengunjung yang seperti ini akan lebih mencari lokasi kolam biasa yang tidak ada wahana bermain disekitarnya.

Bila anda termasuk pengujung yang ingin berenang saja, maka pihak pengelola Waterpark sudah menyiapkan jenis kolam yang cocok. Kolam biasa tanpa ada wahana bermain sudah disiapkan agar anda mendapatkan pengalaman berenang yang nyaman. Akan ada fasilitas gazebo dan kursi di sekitar kolam renang juga.

2. Kolam Khusus Balita

Mengunjungi wisata Balong Waterpark ini juga aman ketika anda membawa anak anak untuk turut serta. Salah satu wahana yang tersedia di Waterpark ini adalah adanya kolam khusus balita. Sesuai namanya, kolam ini memang di desain aman untuk berenag bagi balita atau anak kecil dengan kedalaman kolam dibawah 50 cm.

Lokasi kolam ini juga mudah ditemukan karena terletak di dekat pintu masuk. Tak hanya kolam berenang saja, namun kolam khusus balita ini juga dilengkapi dengan wahana permainan yang seru. Beberapa diantaranya adalah perosotan dengan pola lurus, perosotan khusus ban, perosotan dengan pola pipa spiral dan juga ember tumpah yang seru.

Wahana di Balong Waterpark
Image Credit: Google Maps Anwar D Murwanto

3. Kolam untuk Pengunjung Dewasa

Kolam renang dan wahana bagi pengunjung dewasa pun tersedia di Balong Waterpark. Kolam satu ini mempunyai wahana yang hampir mirip dengan kolam khusus balita, namun hanya saja ukuran wahananya lebih besar dengan kedalaman kolam yang lebih dalam. Perosotan lurus double slide dan perosotan spiral tersedia untuk pengalaman seru bermain air anda.

Tinggi perosotan tersebut mencapai sekitar 7 hingga 9 meter dan panjang sekitar 15 meter. kedua wahana ini termasuk dalam golongan wahana yang wajib anda coba karena akan memacu adrenalin. Kecepatan luncuran wahana perosotan ini bahkan bisa mencapai 60 km/ jam, seru bukan?

4. Wahana Seru Lainnya

Selain pilihan wahana seru yang disebutkan diatas, terdapat wahana lainnya yang akan seru bila anda coba. Wahana tersebut akan cocok bila anda coba bersama pasangan. Wahana dengan 2 jalur seluncuran ini aman digunakan langsung 2 orang sekaligus. Selain itu ada juga wahana water slide dengan ketinggian mencapai 12 m yang tidak boleh anda lewatkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Balong Waterpark
Image Credit: Google Maps Zichi Edson

Wisata Balong Waterpark pertama kota Yogyakarta ini terletak tepatnya di Jalan Pleret KM 1,5 daerah Banjardadap, Potorono. Lokasi ini masuk ke dalam wilayah kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi wisata satu ini terletak di daerah yang strategis sehingga akses kendaraan menuju Waterpark cenderung mudah dari segala arah.

Rute jalan yang menuju ke arah Waterpark cenderung baik dan jalan beraspal yang halus. Namun, untuk menuju ke Waterpark ini masih belum ada sarana trasnportasi umum yang bisa digunakan. Sehingga bila anda ingin berkunjung ke Waterpark ini maka disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Bila anda berkendara sendiri, maka tute yang bisa anda pilih untuk menuju ke arah Waterpark ini adalah dengan mengambil jalur Ring Road Kota Gede. Setelah masuk kawasan tersebut, aka kemudian anda bisa meneruskannya ke arah Bantul. Lokasi Waterpark ini juga bisa dengan mudah anda temukan melalui google maps.

Harga Tiket Masuk Balong Waterpark

Harga Tiket Masuk Balong Waterpark
Image Credit: Google Maps Septi Rianto

Harga tiket masuk ke Waterpark pertama Yogyakarta ini cukup terjangkau. Untuk kisaran harganya adalah sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Bila anda berkunjung pada saat weekday maka tarif masuk yang dikenakan adalah sekitar Rp 15.000. Sedangkan tarif masuk pada saat weekend adalah sekitar Rp 20.000 saja per orangnya.

Namun tak hanya membayar tiket masuk Balong Waterpark saja, namun akan ada biaya tambahan lainnya bila anda ingin menggunakan beberapa fasilitas publik disana. Salah satunya seperti penyewaan loker yang akan dikenakan biaya Rp 3.000 saja. Kemudian bila anda ingin menyewa ban atau pelampung maka akan dikenakan tarif sewa Rp 5.000.

Salah satu fasilitas yang tersedia di Lokasi wisata Waterpark ini adalah gazebo. Gazebo ini bisa anda gunakan untuk bersantai bersama keluarga setelah lelah bermain air. Tersedia banyak gazebo yang bisa anda sewa untuk melepas lelah. Sedangkan Untuk tarif sewa satu unit gazebo adalah sekitar Rp 20.000.

Lokasi wisata Waterpark ini buka setiap hari. Sehingga anda bisa menyesuaikan jam berkunjung dengan leluasa ketika mempunyai waktu luang. Jam operasional wisata Waterpark pada hari senin hingga sabtu adalah pukul 10.00 hingga 18.00 WIB. Sedangkan untuk hari minggu atau hari libur adalah pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Balong Waterpark

Kegiatan Menarik Balong Waterpark
Image Credit: Google Maps Hoeda Pasirputih

1. Bermain Wahana Air Seru

Bermain air menjadi kegiatan yang seru bila dilakukan bersama sama. Terlebih lagi bila anda berlibur membawa serta keluarga dan anak anak. Berbagai pilihan wahan bermain yang terdapat di Waterpark ini juga cukup beragam dan lengkap. Sehingga anda dan anak anak tidak akan cepat bosan dengan banyaknya pilihan wahana.

Wahana Balong Waterpark tersebut akan tersedia dengan berbagai ukuran dan untuk berbagai kalangan. Ada wahana khusus yang disediakan khusus untuk anak anak. Sehingga bila bermain dengan wahana air ini anak anak akan terjamin keamanannya karena tidak terlalu ekstrem. Namun memang pengawasan orang tua masih tetap dibutuhkan saat bermain wahana air.

2. Berenang dengan Nyaman

Bagi anda yang hanya ingin berenang dengan nyaman dan dengan suasana yang tentram, maka lokasi Balong Waterpark juga akan cocok. Untuk anda yang ingin berenang tanpa bermain wahana, anda bisa mencoba kolam renang biasa yang disediakan. Kolam renang ini khusus untuk pengunjung yang dewasa karena kedalamannya.

Acara berenang ini juga bisa dilengkapi bila anda ingin menggunakan pelampung. Ada ban atau pelampung yang bisa anda sewa sesuai kebutuhan dengan harga sewa yang terjangkau. Nyamannya kolam renang yang selalu dijaga kebersihannya ini akan membuat anda betah berlama lama bermain air dengan sepuasnya.

3. Mencoba Kuliner

Setelah bermain wahana air dan berenang, anda bisa bersantai sambil menikmati aneka wisata kuliner yang disediakan. Pilihan makanan khas yang lezat bisa anda pilih di area café dan warung yang tersedia. Aneka makanan khas Yogyakarta bisa dengan mudah anda temukan dengan citarasa yang khas yang tidak boleh dilewatkan.

Makanan dan minuman yang dijual di lokasi wisata Balong Waterpark ini juga mempunyai harga yang terjangkau. Tak hanya makanan untuk dewasa, namun menu khusus untuk anak anak pun tersedia dan bisa anda pilih. Sehingga anda tidak perlu repot membawa bekal dari rumah untuk berlibur ke Waterpark Yogyakarta satu ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Taman Air

Fasilitas Balong Waterpark
Image Credit: Google Maps Masman Lukman

Balong Waterpark Jogja ini sudah dikelola dengan baik, sehingga fasilitas publik yang disediakan juga sangat lengkap. Anda tak perlu kuatir saat berkunjung kesini karena akan merasa nyaman selama berlibur. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya adalah Area parkir yang luas dan nyaman.

Kemudian ada juga Tempat ibadah yang terjaga kebersihannya, Toilet dan Kamar mandi yang memadai, Ruang ganti dan Ruang bilas yang luas, Loker, Gazebo, Tempat penyewaan pelampung, Kursi santai untuk pengunjung, berbagai Wahana air yang seru, cafe mini dan food court, free Wifi dan masih banyak yang lainnya.

Bila anda merupakan pengunjung yang berasal dari luar kota, dan ingin berkeliling kota Yogyakarta maka juga disediakan fasilitas rental mobil. Dengan paket yang ditawarkan, anda tidak perlu mengendarai mobil pribadi dan akan diantar ke lokasi wisata lainnya yang anda inginkan dan bisa menghemat banyak tenaga.

Balong Waterpark ini merupakan wisata keluarga yang cukup populer di Yogyakarta. Sehingga bila anda berkunjung pada hari libur maka wisatawan yang datang tentu akan lebih banyak. Sehingga akan disarankan untuk berkunjung pada saat weekday atau hari biasa bila ingin mendapatkan momen liburan yang lebih leluasa.

Yogyakarta terkenal dengan segudang wisata sejarah, wisata alam dan juga wisata kulinernya. Namun bermain di wahana air Waterpark ini juga bisa menjadi satu pilihan wisata Yogyakarta yang ramah untuk keluarga. Waterpark Balong ini bisa masuk ke dalam list perjalanan liburan anda. Tetap patuhi protokol kesehatan dan selamat berlibur.