Batu Flower Garden, Taman Bunga Cantik di Bukit Bulu Kota Batu

Batu Flower Garden

Batu Flower Garden merupakan kawasan wisata kekinian dan hits di Kota Batu yang menawarkan pesona air terjun Coban Rais, taman bunga dan beragam aktivitas seru di Bukit Bulu.

Harga Tiket: Rp 35.000, Jam Operasional: Pukul 08.00-16.00 WIB, Alamat: Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Coban Rais masih menjadi tempat wisata yang populer belakangan ini. Hal tersebut dikarenakan adanya kawasan wisata baru yakni Batu Flower Garden yang sering dijadikan lokasi untuk foto kekinian dan instagramable. Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik mengunjungi tempat keren di Kota Batu, berikut keindahan dan berbagai wahana yang tersedia di lokasi wisata ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Batu Flower Garden

Daya Tarik Batu Flower Garden

Image Credit: Twitter.com @gakbakaldeak

Taman Bunga ini merupakan salah satu tempat wisata yang sedang hits belakangan ini. Hal tersebut dikarenakan Anda akan menemukan banyak tempat foto yang keren dan instagenik ketika berada di destinasi satu ini. Masih berada di tempat yang sama dengan Coban Rais, sehingga ketika Anda telah puas menjelajah bisa melanjutkan perjalanan kesini.

Adanya air terjun dan juga kawasan dengan area menghijau juga menjadi daya pikat tersendiri bagi pengunjung Batu Flower Garden. Wisata ini memiliki konsep yakni gardu pandang. Sehingga Anda bisa melihat indahnya kota Batu dan pegunungan yang ada di sekitarnya dari ketinggian.

Tentunya hal tersebut akan memanjakan mata Anda. Tak mengherankan tempat satu ini banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan. Sehingga Anda hanya tinggal memilih lokasi mana yang ingin untuk Anda jadikan tempat foto terbaik. Bahkan pihak pengelola pun mengatakan bahwa wisata satu ini merupakan Wana Wisata Selfie.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya lokasi yang bisa Anda gunakan untuk berselfie dan mengambil gambar. Bahkan bagi Anda yang tidak membawa kamera profesional tetap bisa untuk menjepret gambar. Sebab, terdapat pihak pengelola yang menyediakan jasa untuk berfoto di spot spot foto khusus di wisata satu ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Batu Flower Garden

Rute Batu Flower Garden

Image Credit: Google Maps (Azman Rusli)

Bagi Anda yang ingin liburan atau menghabiskan waktu akhir pekan di tempat ini, maka Anda hanya perlu untuk menuju ke Coban Rais. Sebab, lokasi dari Batu Flower Garden masih menjadi satu kawasan dengan destinasi air terjun tersebut. Tepatnya berada di Oro Oro Ombo, Kota Batu.

Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan angkutan umum dan juga kendaraan pribadi. Apabila Anda menempuh dengan kendaraan umum atau Anda berasal dari luar kota, maka ketika sampai Terminal Arjosari maupun Stasiun Malang, Anda lebih baik menggunakan angkutan umum dengan jurusan Terminal Landungsari.

BACA JUGA:  15 Wisata Pantai di Tuban yang Hits & Populer

Kemudian di Terminal Landungsari, maka Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum berwarna kuning dengan jurusan Batu – Junrejo – Landungsari. Angkutan tersebut akan mengantarkan Anda menuju ke destinasi satu ini. hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan bilang ke pak supir bahwa Anda akan menuju ke Coban Rais.

Nantinya Anda bisa berhenti di pertigaan tugu Oro Oro Ombo. Sesampainya di tugu tersebut Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 1 kilometer dengan berjalan kaki untuk bisa sampai ke wisata satu ini. Namun, apabila Anda merasa lelah maka Anda bisa mengorder ojek online atau menggunakan jasa ojek pangkalan yang ada di sekitar tempat tersebut.

Sedangkan bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, maka perjalanan Anda akan sangat mudah. Anda hanya perlu untuk menggunakan peta digital dan mengarahkan destinasi Anda menuju ke Coban Rais. Sebab, Anda pun akan langsung dituntun menuju ke arah tersebut dan bisa tiba di tempat tujuan dengan tepat.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Batu Flower Garden

Harga Tiket Batu Flower Garden

Image Credit: Google Maps (Bambang Triyono)

Ketika Anda berada di Coban Rais bisa sampai malam bahkan menginap dan mendirikan tenda, maka hal ini akan berbeda bagi Anda yang ingin berwisata ke Batu Flower Garden. Hal tersebut dikarenakan jam buka dari wisata satu ini hanya dari pukul 8 pagi hingga 4 sore saja. Anda bisa datang kapan saja, karena tempat ini akan buka setiap hari.

Namun apabila Anda memiliki waktu selain weekend, usahakan untuk datang di hari kerja.hal ini dikarenakan ketika sabtu dan minggu, biasanya tempat satu ini akan dipadati oleh pengunjung. Bahkan Anda diharuskan untuk mengantri untuk bisa berfoto di beberapa wahana dan area selfie tersebut. Tentu saja sangat tidak nyaman dan terkesan terburu buru.

Sedangkan untuk harga tiket masuk dari wisata ini pun beragam. Sebab, Anda akan dipatok berdasarkan area yang ingin untuk Anda masuki. Akan tetapi, pada awal masuk Anda akan dikenakan biaya untuk parkir yakni sekitar 2 ribu rupiah untuk sepeda motor. Sedangkan bagi Anda yang membawa mobil, maka Anda akan merogoh kocek yakni sekitar 10 ribu rupiah.

Berdasarkan harga di Januari, 2021 memasuki kawasan ini Anda akan dikenakan biaya yakni sekitar 35 ribu rupiah. Harga tersebut berlaku untuk memasuki kawasan Batu Flower Garden dan juga Perhutani. Kemudian bagi Anda yang ingin menaiki Flying Hammock maka akan dikenakan biaya sekitar 20 ribu rupiah.

Selanjutnya, untuk wahana Hammock Garden, Kursi Tebing, Skycamp, Apple, Smurffy, Eskimo dan juga Tree House maka Anda akan dikenakan biaya kurang lebih 15 ribu rupiah. Sedangkan untuk wahana ayunan, I Love U 1, dan Pinus maka Anda harus merogoh kocek sekitar 10 ribu rupiah.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata Terhits di Pacet Mojokerto Buat Liburan

Dan untuk wahana lain seperti Torii Yuki, I Love U 2, balon Udara, Tenda Indian, Gowes Air, Spider Hammock dan Hammock Tower, Anda wajib membayar sekitar 20 ribu rupiah. Untuk wahana lainnya Anda akan dipatok biaya sekitar 25 ribu rupiah seperti rock Climbing dan juga The Hobbiton.

Kemudian bagi Anda yang ingin mengendarai ATV Road, maka Anda harus membayar sekitar 65 ribu rupiah dan untuk Gantole yakni 50 ribu rupiah. Terdapat pula spot yang dikhususkan untuk si kecil. Sebut saja seperti bermain ATV Mini dengan biaya sekitar 45 ribu rupiah. Sedangkan bagi mereka yang ingin bermain hammock minu dan gowes mini bisa membayar sekitar 20 ribu rupiah.

Untuk ayunan mini akan dikenakan tarif yakni sekitar 10 ribu rupiah saja. sedangkan bagi si kecil yang ingin melakukan outbond seperti Playground, flying fox dan juga trampoline maka bisa membayar satu paket yakni sekitar 65 ribu rupiah. Harga tersebut merupakan harga wajib yang dikenakan bagi anak anak yang telah berusia di atas 2 tahun.

Kegiatan yang Seru Saat Berada di Batu Flower Garden

Kegiatan di Batu Flower Garden

Image Credit: Twitter.com @malangchannel

1. Bersepeda di Langit

Wahana satu ini cukup banyak diminati oleh wisatawan ketika berkunjung ke lokasi satu ini. hal tersebut dikarenakan Anda akan diajak untuk menaiki sepeda dengan berada di ketinggian. Dengan berada di wahana ini, maka Anda akan merasakan sensasi berjalan di udara. Namun tak perlu khawatir akan keselamatan yang ada, sebab wahana ini tetap terhubung dengan sling baja.

Sehingga, Anda pun akan tetap aman aman dan tidak akan terjatuh. Disini, Anda pun juga bisa berfoto dengan latar belakang berupa pemandangan gunung dan juga pohon pohon yang rindang. Tentu saja akan menjadi salah satu spot foto menarik yang tidak boleh untuk Anda lewatkan begitu saja.

Meskipun arena ini dikhususkan untuk orang dewasa karena menggunakan sepeda yang besar, namun bagi si kecil yang ingin merasakan bermain sepeda udara ini tentu saja juga bisa. Sebab, pengelola telah menyiapkan salah satu wahana yang khusus untuk si kecil, yakni gowes mini. Sehingga anak pun akan tetap bisa merasakan keseruan bermain di area ini.

2. Bermain Ayunan

Apabila Anda mengira ayunan yang berada disini hanyalah ayunan biasa maka Anda salah besar. Sebab, ayunan yang ada di wisata Batu Flower Garden akan berbeda dengan ayunan yang biasanya Anda temui. Hal tersebut dikarenakan pada wisata ini Anda akan bisa menaiki ayunan ekstrem.

BACA JUGA:  5 Pulau Cantik di Jawa Timur Menarik untuk Dijelajahi

Tak hanya itu saja, Anda pun juga bisa berfoto di wahana wisata satu ini. sebab terdapat fotografer yang akan mengambil foto Anda. Sehingga, Anda pun akan bisa untuk menghasilkan gambar yang mempesona ketika berada di wahana satu ini. Umumnya, ayunan yang ada di Batu Flower Garden terdiri dari dua jenis.

Jenis tersebut antara lain yakni ayunan mini dan juga ayunan untuk anak anak. Untuk ayunan yang ekstrem sendiri, maka Anda akan diajak untuk bermain diatas ayunan setinggi 50 meter dari atas jurang. Namun, Anda pun tak perlu khawatir. Hal tersebut dikarenakan Anda hanya perlu untuk duduk dan pengaman telah disediakan di wahana satu ini.

3. Bergelayutan di Hammock

Kegiatan selanjutnya yang wajib untuk Anda lakukan selama berada di destinasi wisata satu ini adalah bergelayutan di hammock. Pasalnya, kawasan wisata ini juga menyediakan banyak sekali hammock yang dipasang pada sisi pepohonan yang rindang. Dengan begitu, pengunjung pun akan bisa untuk bersantai dan juga mengambil foto di area satu ini.

Terdapat beberapa jenis hammock yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Sehingga, Anda pun hanya perlu untuk memilih sesuai dengan yang Anda inginkan. Pertama, Anda bisa menaiki Hammock Tower bersama dengan sahabat maupun keluarga Anda. Kemudian, Anda juga bisa memilih flying maupun spider hammock.

Ada pula hammock garden yang bisa Anda nikmati selama berlibur di lokasi satu ini. bagi anak anak yang ingin bermain, pihak pengelola juga menyediakan wahana khusus untuk si kecil yakni hammock tower mini. Dengan tinggi yang telah disesuaikan oleh si kecil, maka tentunya wahana satu ini akan lebih aman.

Fasilitas yang Tersedia di Batu Flower Garden

Fasilitas di Batu Flower Garden

Image Credit: Google Maps (Hendra W)

Wisata satu ini telah banyak memikat hati masyarakat baik sekitar kota Batu maupun luar kota. Untuk itu, Anda bisa dengan mudah mengunjunginya baik dengan menggunakan mobil maupun sepeda motor. Sebab, wisata satu ini memiliki lahan parkir yang cukup luas sehingga banyak orang bisa dengan mudah untuk memarkirkan kendaraannya.

Selain itu, disini juga telah tersedia musholla meskipun dengan tempat yang cukup sempit. Namun, hal tersebut tidak menghalangi niat Anda untuk beribadah. Ditambah lagi, Anda juga bisa menemukan toilet dan warung yang menjual aneka makanan dan minuman ringan. Tentu saja akan menjadi lokasi yang pas untuk mengenyangkan perut Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang destinasi dari Batu Flower Garden. Wisata satu ini memiliki lokasi yang cukup strategis bagi Anda yang ingin berlibur. Ditambah dengan banyaknya wahana akan membuat Anda lebih mudah untuk menentukan ingin bermain dimana.