Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Sukamulih, Kec. Sariwangi, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Jika ingin menyembuhkan penat setelah melakukan kegiatan atau aktivitas harian, anda bisa datang mengunjungi tempat yang menenangkan dengan pemandangan alam yang sejuk dan juga eksotis. Salah satu destinasi yang bisa dikunjungi untuk itu semua adalah dengan datang ke Batu Mahpar yang berada di kawasan Gunung Galunggung, Tasikmalaya.

Anda akan dapat menemukan banyak objek yang unik ketika datang destinasi wisata ini. Aktivitas yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan menemukan wisata air sungai yang jernih, air terjun dan juga pemandangan sekitar yang dilengkapi dengan bebatuan dan fasilitas lainya. Dengan begitu anda akan merasakan keindahan dan kenyamanan liburan.

Sejarah Terbentuknya Batu Mahpar

Sejarah Terbentuknya Batu Mahpar
Image Credit: Google Maps Toto Sudarto 1567

Sebelum menjadi terkenal, penduduk setempat mengenal wisata Batu Mapah sebagai tempat yang menarik dan misterius. Tidak ada yang berani memasuki tempat ini. Suasana misterius dan kesan angker, terutama gerombolan pohon besar yang menghiasi kawasan tersebut, membuat kawasan ini semakin terlihat sangat mengerikan dan menyeramkan.

Pada tahun 1996, kawasan destinasi wisata yang dulu misterius dan menakutkan mulai berkurang. Setelah bekerja sama dengan masyarakat setempat, Batu Mahpar dibuka dan dilakukan perbaikan yang lebih baik. Batu Apa konon merupakan tempat berkumpulnya para Batara. Namun kesan misterius itu perlahan menghilang dan memudar.

Setelah dikembangkan dan ditata, destinasi wisata ini dikenal dengan Wisata Alam Galunggung ini. Bahkan kehadiran tempat ini juga dapat menambah nilai ekonomi masyarakat. Dengan begitu masyarakat bersedia untuk ikut menjaga wisata alam ini dengan merawat dan juga menjual berbagai makanan dan minuman untuk wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Batu Mahpar

Daya Tarik Batu Mahpar
Image Credit: Google Maps Rika Rahmawati016

1. Memiliki Panjang 400 Meter

Batu Mahpar adalah batu besar yang terletak di sepanjang sungai dan membentuk sungai sepanjang 400 meter. Batuan awal dapat menyebar ke sungai, berasal dari aliran lava sebelumnya dan terus membatu. Hal inilah yang membuatnya begitu diminati sehingga mendorong masyarakat sekitar untuk berkembang sebagai destinasi wisata.

Daya tarik lain yang tak kalah menarik dari pemandangan alam ini adalah pemandangan alam dengan latar belakang Galunggung. Galunggung bukan hanya daya tarik wisata Batu Mahpar tetapi juga wisata air, air terjun dan bebatuan di daerah aliran sungai. Untuk itu jangan pernah lewatkan kesempatan untuk bisa datang berkunjung dan menikmati indahnya.

2. Banyak Wahana yang Tersedia

Sebuah perjalanan wisata yang melengkapi keindahan Batu Mahpar. Ada banyak wahana menarik seperti permainan Outbound. Selain itu, pengelola membuat wisata air terjun hingga wahana menggambar 3D, wahana kolam renang. Selain itu, pengelola membangun kebun binatang mini atau kebun binatang untuk mengenalkan satwa kepada wisatawan.

Destinasi wisata juga sudah dikembangkan pengelola sebagai tempat para penyuka foto selfie. Mutiara Batu Khan Wisata Alam Tasik Malaya Sebuah objek wisata -baris yang merusak wisatawan ketika datang ke pariwisata. Tugu Kujang, pintu surga menuju kemah fasilitas yang disediakan pengelola untuk Anda dan keluarga menghabiskan waktu liburan.

3. Terdapat Kolam Renang

Daya Tarik di Batu Mahpar
Image Credit: Google Maps Toto Sudarto 1567

Mengunjungi tempat wisata alam Batu Mahpar adalah cara yang bagus untuk melakukan aktivitas wisata yang mengasyikkan. Atau jalan-jalan sambil melihat keindahan destinasi wisata di dekat kawasan tersebut. Bersantai dan duduk di udara segar, mengobrol dengan keluarga dan berfoto bisa menjadi wisata yang mengasyikkan dan menikmati wahana.

Salah satunya adalah replika rumah. Atau kegiatan wisata lainnya dengan berfoto selfie dengan replika perahu, becak dan gerbong. Jadikan feed Instagram Anda lebih indah dan menarik dengan aktivitas di sekitar wahana sambil berfoto dengan background objek wisata yang ada. Berenang juga merupakan aktivitas wisata yang menyenangkan di wisata satu ini.

4. Pemandangan Indah

Daya tarik berikutnya yang sudah tidak dapat dipungkiri adalah dengan menikmati keindahan alam yang begitu mempesona mulai dari aliran sungai yang menangkan sampai dengan deburan air terjun yang terlihat menyegarkan. Selain itu, banyak pemandangan yang bisa dilihat dari kawasan wisata ini seperti salah satunya melihat Gunung Galunggung.

selain itu, anda juga bisa menikmati keindahan ini dengan biaya yang tergolong relatif terjangkau. Hal tersebut sangat sebanding dengan keindahan yang ditampilkan dna juga fasilitas yang ada didalamnya. Dengan banyaknya wahana yang tersedia akan membuat hari liburan anda akan terasa lebih berwarna meski hanya dengan mengunjungi satu tempat saja.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Batu Mahpur
Image Credit: Google Maps alif M

Untuk bisa menikmati berbagai jenis keindahan dari destinasi alam Batu Mahpar, anda perlu datang ke kawasan Priangan Timur atau tepatnya berada di kaki gunung Galunggung Desa Sukamulih Kecamatan Sariwangi di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Banyak akses yang bisa dilalui untuk tiba di tempat wisata yang unik dan asri satu ini bersama keluarga ataupun teman.

Jika berangkat dari arah pusat kota, anda bisa pergi ke Jalan Cibalanarik – Mangunreja sampai bertemu kantor Polres Mangunreja kemudian dilanjut ke arah kiri menuju Alun-alun Singaparna. Ikuti jalan sampai anda berjumpa dengan gapura yang bertuliskan selamat datang di Leuwisari dan melanjutkan perjalanan sampai ke arah Kecamatan Sariwangi.

Jika berhasil menemukan sekolah SMK Al-Huda Sariwangi maka anda sudah dekat dengan tempat wisata. Setelah itu anda hanya perlu belok ke kanan menuju Jalan Sukamanah dan terus ikuti jalan. Di sepanjang wilayah ini, anda akan dapat menemukan penunjuk jalan untuk menuju Wisata Alam Batu Galunggung dan menikmati keindahan alam yang asri.

Harga Tiket dan Jam Operasional Batu Mahpar

Harga Tiket Masuk Batu Mahpar
Image Credit: Google Maps Ilham Fathul

Untuk bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di kawasan ini, anda hanya perlu membayar uang tiket masuk sebesar Rp 20.000 dan jika membawa kendaraan bermotor anda harus keluarkan biaya parkir Rp 2000 serta mobil Rp 5000. Beraktivitas di kawasan air terjun dan juga air sungai bisa dilakukan kapanpun secara gratis selama wisata ini dibuka.

Namun jika anda ingin menggunakan fasilitas kolam renang maka perlu mengeluarkan tiket kolam seharga Rp 10.000. jangan lupa untuk membawa perlengkapan dan juga baju ganti ketika berada di kawasan destinasi wisata ini. Berdasarkan aturan yang berlaku, wisata Batu Mahpar ini dibuka mulai pukul 8 pagi sampai dengan 5 sore di hari kerja ataupun weekend.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Batu Mahpar
Image Credit: Google Maps Purnama

Sebagai sarana penunjang wisatawan untuk bisa menikmati liburan dengan nyaman, kawasan destinasi Batu Mahpar dilengkapi dengan objek wisata berupa air terjun, air sungai dan juga keindahan batu yang ditampilkan. Selain itu, anda juga akan berkesempatan untuk menyaksikan berbagai fasilitas pendukung yang akan membuat liburan lebih menyenangkan.

Fasilitas tersebut diantaranya adalah dengan adanya rumah pohon, batu cinta, tugu kujang. Taman cinta, saung botram, pintu langit, kolam renang sampai kawasan perkemahan. Ada bisa datang ke destinasi wisata ini untuk bisa menikmati pemandangan dan juga jalan-jalan bersama dengan keluarga serta berbincang membicarakan sesuatu yang mengasyikkan.

Pada destinasi wisata ini, fasilitas yang paling banyak peminatnya adalah kolam renang. Anda bisa menemukan kolam renang untuk anak dengan tinggi sekitar setengah meter dan kolam dewasa yang dibagi menjadi 2 bagian yaitu dengan tinggi 1,5 meter dan juga 2 meter yang bisa digunakan untuk beraktivitas bersama dengan keluarga saat berlibur ke wisata ini

Kawasan wisata alam Batu Mahpar menyuguhkan pemandangan yang disediakan berupa sungai yang merupakan bekas aliran lava yang mengeras menjadi batu. Batu tersebut bisa ditemukan di dasar sepanjang sungai ini. Jika diperhatikan Hulu sungai ini hanya berukuran 5-7 meter lebarnya. Untuk panjangnya sendiri sekitar 400 meter dengan kedalaman 80-90 meter.

Mengunjungi kawasan wisata Batu Mahpar mampu memberikan sensasi kenyamanan dan mengasyikkan untuk bisa dikunjungi bersama dengan keluarga. Informasi diatas dapat dijadikan sebagai rujukan untuk memandu anda menyusuri wisata unik satu ini. Jangan pernah lewatkan kesempatan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga disini.

REKOMENDASI DESTINASI