Batu Night Spectacular, Pasar Malam Modern dengan Beragam Atraksi Menantang

Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular salah satu objek wisata berupa pasar malam modern di Batu Malang yang menawarkan berbagai atraksi memicu adrenalin dan tempat rekresi favorit keluarga.

Harga Tiket: Rp 40.000, Jam Operasional: 15.00-23.00 WIB, Alamat: Jl. Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Kota Malang dan Batu memang tidak akan luput dari list liburan seru. Kota dengan udara sejuk ini memiliki deretan lokasi liburan yang tidak akan hilang dari memori. Seperti contohnya wisata di malam hari, Batu Night Spectacular. Menawarkan wahana seru hingga lokasi foto nan cantik di kala malam, lokasi ini tidak boleh Anda lewatkan begitu saja.

Sekilas Tentang Batu Night Spectacular (BNS)

Tentang Batu Night Spectacular

Image Credit: Twitter.com @bursalokerasia

Batu night spectacular atau yang lebih lekat disebut BNS adalah salah satu ikon wisata kota Batu Malang. Lokasinya yang ada di tengah kehijauan alam pegunungan membuat destinasi wisata yang satu ini berkesan unik. Hal ini karena tipografi Batu sendiri yang hadir sebagai kota di daerah dataran tinggi. Hampir semua wilayahnya pun masih ada di area kaki gunung.

BNS sendiri adalah salah satu rana wisata di bawah payung JTP group atau Jawa Timur Park group. Dengan ikon karakter pewayangan Punakawan, grup ini tak jarang menunjukkan ciri khasnya pada destinasi wisata lainnya. Tujuan liburan tersebut mencakup Jawa timur park 1 – 3, BNS, Eco Green park, Museum angkut, predator fun park, wisata bahari, maharani zoo, dan World of Wonder, Tangerang.

Melihat deretan lokawisata di bawah payung yang sama, BNS pun hadir sebagai pilihan liburan yang tak kalah seru. Mengangkat tema tempat wisata malam, destinasi ini hanya beroperasi menjelang malam hari. Wahana yang disediakan pun senantiasa didesain untuk meningkatkan pesona liburan di waktu senja dan gelapnya malam.

Daya Tarik yang Dimiliki Batu Night Spectacular

Daya Tarik Batu Night Spectacular

Image Credit: Google Maps (Batu Night Spectacular)

Gegap gempita malam hari yang dingin kota Batu bukanlah penghalang untuk berwisata. Bahkan di malam yang semakin larut, angka pengunjung yang singgah di BNS akan semakin tinggi. Hal ini tak lepas dari lokawisata yang memang didesain untuk wisata malam. Lampu lampu neon penuh warna, wahana seru penuh jerit tawa, dan aksi jenaka pun mulai tampak.

Itulah salah satu daya tarik BNS. Wisata ini memang didesain khusus untuk menarik wisatawan yang doyan bermain di malam hari. Deretan wahana seru dengan hiasan lampu warna warni pun siap dijajal. Lokasi khusus untuk berfoto ria pun dapat Anda abadikan dengan kamera. Hingga makanan hangat dan oleh oleh khas batu pun bisa dibawa pulang.

BACA JUGA:  Wisata Bahari Lamongan, Tempat Rekreasi Keluarga yang Lengkap

Tak tanggung tanggung, BNS menawarkan lebih dari 20 wahana yang bisa dijajal. Anda yang membawa buah hati, dapat mencoba wahana khusus anak yang dihiasi dengan gambaran jenaka. Bagi pecinta hal ekstrim, roller coaster hingga rumah hantu bisa menjadi tujuan wajib. Sedangkan yang sedang mencari situasi romantis, taman lampion siap menemani.

Tak henti di situ, konsep liburan malam sendiri memberi kesan yang berbeda. Daerah Batu yang sudah dikenal dengan udara yang sejuk, membuat kunjungan ke BNS lebih asyik. Kerlap kerlip lampu kota pun seakan pudar di tengah situasi malam, membuat area BNS tampak begitu meriah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Batu Night Spectacular

Alamat Batu Night Spectacular

Image Credit: Google Maps (Batu Night Spectacular)

Berlokasikan di Jalan Oro Oro Ombo, BNS menjadi salah satu lokawisata yang cukup mudah untuk ditemukan. Sayangnya, Anda harus berhati hati saat menyusuri rute untuk mencapai lokasi. Pasalnya, jalan yang tersedia menyerupai jalur gunung yang masih penuh liku. Meski jalan sudah sepenuhnya beraspal dan aman, waspada dan kecakapan harap diutamakan.

Beruntungnya, rute dan akses menuju lokasi cenderung cukup mudah. Anda yang meluncur dari kota Malang, bisa touchdown BNS dalam hitungan 45 menit saja. Anda pun dapat berkunjung dengan kendaraan pribadi, baik itu motor, mobil, bahkan rombongan menggunakan bis sekalipun.

Umumnya, rute yang direkomendasikan adalah lewat jalan besar Tlogomas (Malang). Anda bisa start dari terminal Landungsari dan meluncur mengarah jalan Sengkaling. Lurus saja hingga mencapai jalan Hasanudin. Kemudian lanjutkan ke jalan Raya Tlekung dan jalan raya oro –oro ombo, dengan begitu Anda pun akan mencapai lokasi.

Harga Tiket dan Jam Operasional Batu Night Spectacular

Harga Tiket Batu Night Spectacular

Image Credit: Facebook.com @batunightspectacular

Lokawisata malam hari ini memiliki jam operasional yang cukup unik. Pasalnya, BNS mulai dibuka sejak pukul 15.00 dan tutup pada pukul 23.00. Meski Anda dapat berkunjung sebelum hari gelap, namun sebagian besar pengunjung lebih memilih di malam hari. Hal ini karena keseruan di BNS akan semakin tampak di hari yang semakin gelap.

Untuk Anda yang ingin berkunjung, biaya tiket yang harus dikeluarkan pun tidak akan terlalu mencekik. Untuk biaya masuk saja, Anda hanya perlu membayar sebesar 40 ribuan. Sayangnya, Anda akan ditarik biaya tambahan untuk wahana lainnya (harga bervariasi). Untuk opsi yang lebih murah meriah, bisa juga pilih tiket terusan seharga 120 ribuan.

Kelebihan dari tiket terusan adalah Anda tidak akan perlu membayar uang tambahan untuk setiap wahananya. Hanya satu tiket di loket pertama dan Anda pun bebas berkeliling. Ada juga tiket sakti untuk dua hari berkunjung seharga 375 ribuan. Begitu juga tiket super sakti berlaku 3 hari seharga 450 ribuan, yang cocok untuk wisatawan yang ingin mampir ke JTP grup lain.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Pasuruan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Batu Night Spectacular

Aktivitas di Batu Night Spectacular

Image Credit: Facebook.com @photomalang

1. Menyaksikan Pertunjukan Malam

Jika Anda senang menyaksikan keindahan atraksi malam, jangan sampai lupa mengunjungi BNS. Destinasi wisata yang satu ini punya beberapa pertunjukan malam yang wajib untuk disaksikan. Anda bisa memulai dengan Spectacular show yang lengkap dengan pentas musik dan parade Warna warni laser yang muncul sesuai dengan irama musik.

2. Menyusuri Keindahan BNS

Tidak cukup dengan melihat pertunjukan, Anda juga wajib mencoba wahana sepeda udara yang sangat populer. Dengan wahana ini, Anda dapat berkeliling BNS dengan sudut pandang bird view. Pasalnya, Anda akan mengendarai SKY ride berkapasitas dua orang di rel yang tinggi. Menariknya, Anda akan mengayuh pedal sendiri. Jadi bisa puas untuk menyaksikan keindahan BNS.

3. Menantang Adrenalin di Wahana Seru

Jika Anda penggemar aktivitas menguji nyali, ada banyak wahana yang layak untuk dicoba. Anggap saja Flying swinger yang merupakan ayunan putar yang sangat tinggi. Putaran yang semakin kencang akan membawa ayunan semakin tinggi melayang di udara. Jika Anda belum puas, bisa juga merasakan nuansa masuk pesawat UFO di wahana graviton.

Tidak cukup di situ, Batu Night Spectacular juga sangat bangga dengan permainan sepeda gila yang akan membawa penumpangnya berputar secara vertikal ke atas. Masih ada pula wahana klasik yang menantang, seperti rocking tug (dengan tampilan perahu bajak laut), Mega mix dengan konsep piring putar, atau Drop N Twist yang membawa Anda berada di ketinggian sebelum turun dengan cepat.

Semuanya seru, namun satu wahana yang tidak boleh dilewatkan adalah rumah hantu. Wahana permainan ini cukup populer karena tidak kalah dengan rumah hantu di destinasi wisata ternama lainnya. Untuk membuat jantung berdetak lebih kencang, kunjungi Hunting ghost dengan wahana kereta berkeliling rumah hantu selama 7 menit.

Aktivitas Batu Night Spectacular

Image Credit: Google Maps (Rendy)

4. Hunting Foto untuk Mengabadikan Momen

Salah satu nilai jual dari BNS adalah kehadiran lokasi untuk berfoto yang memorable. Ada berbagai area yang cocok untuk ditangkap dengan kamera. Seperti Spot foto kece Trick art yang menghadirkan beragam lukisan 3D. Anda dapat berfoto dan bergaya bebas dengan gambar unik nan cantik.

Setelah puas beraksi dengan lukisan keren, Anda juga bisa update sosial media dengan karakter tokoh film. Di wahana cosplay area, Anda akan dipertemukan dengan tokoh tokoh keren dari dunia fiksi. Mulai dari para monster, karakter lucu, sampai si stormtrooper pun siap membuat foto Anda lebih seru.

BACA JUGA:  Taman Nasional Baluran, Pesona Keindahan Savana di Banyuwangi

Untuk malam yang lebih romantis dan worth it, Anda harus mampir ke lampion garden. Wahana yang satu ini memang didesain sedemikian rupa untuk para penggemar swafoto. Latar cantik dengan lampion warna warni berbagai bentuk pun siap menemai malam. Ada lampion berbentuk karakter Disney, balon udara, hingga bangunan terkenal layaknya Eiffel Paris.

5. Mengunjungi Area Bermain Anak

Kalau berkunjung dengan keluarga dan membawa si buah hati, Anda juga tidak perlu khawatir si kecil bosan. Area bermain anak yang disediakan pihak BNS sudah dilengkapi dengan banyak wahana seru nan lucu. Aspek keamanannya pun terjamin, karena beberapa wahana tidak akan memberi hiburan terlalu ekstrim.

Salah satu yang paling favorit adalah Merry Go Round atau komedi putar. Wahana khas taman hiburan ini, punya tampilan lucu dengan dudukan berbentuk kuda hingga kereta. Untuk yang suka mobil mobilan, Jump Around tampil layaknya komedi putar dengan tempat duduk menyerupai mobil yang berputar dan meloncat loncat. Tentu saja, orang tua boleh menyertai.

Untuk wahana yang lebih aman, si kecil boleh mencoba Mini Train yang akan membawa si kecil berputar di area indoor. Jika Anda ingin permainan yang cocok untuk siapa saja, BNS juga memiliki arena ketangkasan. Disini, Anda ditantang untuk menguji keahlian dari beberapa game. Mereka yang berhasil menyelesaikan tantangan bisa membawa hadiah menarik.

6. Berbelanja dan Menyantap Makanan Khas Batu

Setelah lelah berkeliling dan bermain, tidak ada salahnya untuk berhenti sejenak dan beristirahat. Batu Night Spectacular menyediakan lokasi foodcourt yang siap menawarkan deretan makanan enak. Di sana pula Anda dapat mencoba jajanan tradisional dan oleh oleh khas Batu yang dapat diborong dengan bandrol harga yang ramah kantong.

Di lokasi ini pula Anda akan diajak untuk menyusuri pasar dengan deretan produk yang layak diboyong. Barang barang berupa pakaian, makanan, mainan, hingga cinderamata bertajuk BNS pun bisa dibawa pulang. Pasar ini pula yang akan menjadi rute utama Anda untuk menuju gerbang pintu keluar. Jadi jangan lupa untuk cek produk produk yang dipasarkan.

Fasilitas yang Tersedia di Batu Night Spectacular

Fasilitas di Batu Night Spectacular

Image Credit: Google Maps (Aryo Mob)

Fasilitas umum yang telah disediakan oleh pihak pengelola cukup lengkap. Segala kebutuhan dasar, seperti kamar mandi, mushola, toilet, dan parkir sudah tersedia. Lokasi parkirnya pun cukup luas dan mampu menampung motor, mobil, bahkan bis sekalipun. Tidak hanya itu, BNS juga sudah menyediakan Rumah makan dan food court dengan santapan enak.

Bermain ke wahana seru di hari masih cerah memang sudah mainstream, karenanya Batu Night Spectacular hadir sebagai opsi yang cukup unik. Terletak di daerah dataran tinggi yang masih dikelilingi keasrian gunung, BNS pun memberi kesan wisata malam tak terlupakan. Ada banyak hal seru yang bisa Anda lakukan, termasuk menikmati suasana malam segar di kota Batu.