Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.30-21.00 WIB, Alamat: Jl. Pemuda 2 No.32 Sindangrasa, Katulampa, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bagi anda yang menyukai perjalanan wisata atau jalan-jalan ke kota Bogor, tempat wisata apa saja yang suka anda kunjungi? Kota Bogor terkenal dengan wisata air terjunnya, ada taman bunga dan juga kuliner khas Bogor yang sayang untuk anda lewatkan. Di artikel kali ini kita akan membahas tentang Bendung Katulampa, yang menjadi tujuan wisata alternatif di Kota Bogor.

Daya Tarik yang Dimiliki Bendung Katulampa

Daya Tarik Bendung Katulampa
Image Credit: Instagram Akhmad Laksono Waluyo Edi

Lokasi wisata bendung ini dikelilingi pedesaan dan sawah hijau yang asri, perkebunan buah dan danau dan sungai menjadikan suasana di bendungan ini cocok untuk anda yang ingin rileks dari hiruk pikuk kota.

Bendung Katulampa merupakan sebuah bangunan atau jembatan yang mulai dibandung pada tahun 1911 yaitu tepatnya pada tanggal 16 April 1911. Proyek pembangunan ini selesai pada tanggal 11 Oktober 1912. Bendungan ini memiliki panjang hingga 74 meter dengan 5 buah pintu untuk meneruskan arus air mengalir ke bagian bawah, 3 buah pintu untuk menahan air jika volume air terlampau banyak dengan masing-masing pintu memiliki lebar 4 meter.

Sebagaimana fungsi bendungan pada umumnya, bendungan ini dibuat sebagai tanda peringatan awal air yang mengalir ke kota Jakarta dan juga sebagai sarana irigasi untuk lahan yang memiliki luas 5.000 hektar pada bagian kiri dan kanan bendungan.

Kanal kali baru ini pada waktu dulu kala sudah dibangun pada abad ke-18 atas inisiatif dari Gubernur Jenderal Baron van Imhoff. Saluran air ini memiliki aliran melintasi daerah Menteng.

Sebelumnya kanal ini dibuat dengan tujuan sebagai lalu lintas pelayaran ke pedalaman (ke daerah Bogor). Ternyata Gubernur Jenderal Daendels juga telah memiliki rencana penggalian kanal untuk pelayaran ke pedalaman. Sayangnya untuk rencana tersebut dapat dilaksanakan, dibutuhkan konstruksi kanal dalam jumlah yang sangat banyak agar bisa membuat kapal dapat naik ke kawasan lebih tinggi, dengan cara membendung air hingga kapal terangkat setingkat demi setingkat, dan sebaliknya.

Bendung Katulampa sudah mulai digunakan di tahun 1911, tetapi sebenarnya proses dibangunnya bendung ini telah dimulai sejak 1889, yaitu ketika banjir besar melanda kota Jakarta di tahun 1872. Pada saat itu bencana banjir diberitakan membuat daerah elit Harmoni terendam air dari luapan Sungai Ciliwung. Dari Katulampa, air yang berasal dari Ciliwung kemudian dialirkan lewat pintu air menuju arah Kali Baru Timur.

Lalu dari dari sisi timur Bogor, sungai buatan itu kemudian mengalir ke arah Jakarta, berlanjut di sepanjang sisi Jalan raya Bogor, lewat daerah Cimanggis, Depok, Cilangkap, kemudian akhirnya muara di daerah Kali Besar, Tanjung Priok, Batavia. Pada waktu dulu untuk mengairi sawah yang ada banyak di daerah kota Bogor dan Jakarta menggunakan Air Kali Baru Timur.

Namun, selain digunakan sebagaimana fungsi bendungan dan dijadikan tempat wisata, ada juga cerita-cerita mistis yang beredar mengenai bendungan ini. Cerita mistis berikut didapat dari penjaga-penjaga yang sudah bekerja lama di Bendung Katulampa. Kejadian mistis kerap terjadi di pintu air dan sekitarnya.

1. Penampakan Tentara Belanda

Penjaga Bendungan Katulampa yang bernama Aliyudi menceritakan bahwa ada warga yang melihat dua orang tentara berkulit putih dan bertubuh tinggi di jembatan bendungan. Namun saat dilihat dari dekat ternyata tentara tersebut adalah penampakan tentara Belanda. Karena terkejut, warga tersebut langsung memutar balik ke arah sebelumnya.

2. Noni Belanda

Mirip dengan penampakan tentara Belanda, penampakan noni belanda juga kerap muncul di daerah jembatan bendungan. Penampakan ini mengenakan pakaian adat khas Belanda.

3. Suara Tangisan

Menurut pengalaman Koordinator Pelaksana Bendung Katulampa yaitu Andi Sudirman, ia mendengar suara tangisan yang terdengar sedang kesakitan dan hujan tiada henti. Suara ini sering ia dengar sebelum terjadi bencana banjir.

Daya Tarik Dimiliki Bendung Katulampa
Image Credit: Instagram BOGOR

4. Istana Jin

Anda tentunya pernah mendengar adanya istana gaib yang dihuni oleh para jin. Cerita mistis ini bermula dari seorang paranormal yang sedang syuting untuk acara TV horor melakukan penerawangan di jembatan Bendung Katulampa ini. Sang paranormal kemudian menuturkan bahwa ia melihat ada bangunan istana gaib tentunya dan harimau putih yang dinaiki oleh seorang ratu.

5. Kerbau Tanpa Kepala

Cerita ini berasal dari salah satu warga yang terjadi pada waktu pulang kerja di malam hari, dulu saat masih berupa jembatan gantung. Ada seorang warga melihat seekor kerbau tanpa kepala ke arah pintu irigasi, namun saat didekati ternyata kerbau itu tidak memiliki kepala. Kemudian dia pun pulang untuk menceritakan hal tersebut pada keluarganya, tapi setelah mereka kembali kesana untuk melihat penampakan ternyata kerbau itu sudah menghilang. Bisa jadi penampakan kerbau ini berhubungan dengan kejadian masa lalu saat peresmian bendungan menggunakan kurban seekor kerbau.

6. Sumur Tua

Pada waktu dulu saat masih jaman penjajahan, kabarnya dikatakan bahwa pos pemantauan Bendungan Katulampa menjadi tempat pembantaian tentara Belanda yang kalah dari tentara Jepang. Salah satu penjaga Bendungan Katulampa yang bernama Andi, mengatakan bahwa dulu di belakang pos pemantauan terdapat sebuah lubang yang berisi potongan-potongan anggota tubuh manusia yang diduga korban pembantaian. Akan tetapi sekarang tempat tersebut sudah ditimbun dan dirapikan menjadi sebuah bangunan. Namun saat keadaan sedang sunyi dan senyap, aura mistis yang kuat dari tempat bekas pembantaian ini masih dapat terasa.

Kejadian mistis seperti ini terkadang dapat menarik perhatian pengunjung dari berbagai kota. Apa anda tertarik untuk datang ke Bendung Katulampa setelah mendengar cerita mistis di atas?

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Rute Lokasi Bendung Katulampu Bogor
Image Credit: Google Maps Raiyani Muharramah

Bendung Katulampa berlokasi di Jalan Pemuda 2 No.32 Sindangrasa, RT.04/RW.19, Katulampa, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat. Untuk anda yang berlokasi di Jadetabek atau sekitar kota Bogor, ambil jalan tol yang mengarah ke kota Bogor, karena kampung air ini memiliki jarak tempuh 4 KM saja dari gerbang tol Bogor. Agar tidak bingung, anda bisa menggunakan aplikasi google maps atau dengan bertanya pada orang-orang di sekitar sana.

Untuk menikmati permainan yang tersedia di tempat ini, harga tiketnya berkisar Rp 10.000, – sampai dengan Rp 20.000, -. Untuk harga ikan hasil memancing, akan dikenakan biaya yang beragam sesuai dengan jenis ikan yang dipancing. Bila anda ingin memasak ikan hasil pancingan anda misalnya dibakar atau digoreng, anda dapat membayar tambahan sebesar Rp 15.000, -.

Tips Berkunjung ke Bendung Katulampa

Tips Berkunjung ke Bendung Katulampa
Image Credit: Instagram Wida Urip Prasojo

Tempat wisata yang sedang ngehits ini ada beberapa jenis kegiatan yang menarik dan seru untuk anda coba. Ada kegiatan memancing untuk anda yang memiliki hobi memancing. Ikan yang bisa anda pancing diantaranya ada ikan patin, ikan mas, gurame, bawal dan yang lainnya. Kemudian ada juga kegiatan arum jeram yang bisa anda coba bersama dengan teman-teman atau pun keluarga anda.

Untuk anda yang wisatawan dalam kota atau luar kota yang jauh, mungkin anda membutuhkan tips-tips di bawah ini sebelum melakukan perjalanan wisata ke Bendung Katulampa.

  • Tentukan terlebih dahulu tempat-tempat wisata mana saja yang ingin anda kunjungi.
  • Pastikan rute tempat-tempat tersebut tidak jauh sekali antara tempat yang satu dengan tempat yang lainnya.
  • Kelompokkan tempat-tempat wisata yang berdekatan untuk dikunjungi dalam 1 atau 2 hari agar lebih efektif.
  • Untuk tempat wisata yang jauh coba untuk mengunjunginya di hari pertama atau terakhir liburan.
  • Pastikan anda paham dengan rute tempat-tempat wisata tersebut.
  • Sesuaikan pakaian dengan kota atau tempat yang anda tuju, pilihlah pakaian yang nyaman dikenakan karena biasanya waktu perjalanan cukup lama.
  • Tidak ada salahnya untuk membawa pakaian lebih atau ekstra untuk berjaga-jaga. Siapa tahu anda mendadak memutuskan untuk menambah hari liburan anda.
  • Siapkan baju ganti jika anda ingin berenang.
  • Bawa sepatu atau sandal untuk dipakai bergantian sesuai dengan kebutuhan.
  • Bawa beberapa bekal seperti roti, kue, bolu atau snack. Juga beberapa botol minuman. Hal ini dapat mengatasi rasa lapar dan haus yang melanda anda saat perjalanan berlangsung.
  • Siapkan uang tunai dan non tunai. Karena tentu saja tidak semua tempat menerima pembayaran uang tunai. Dan juga penting untuk membawa kartu debit ands untuk berjaga-jaga jika uang tunai anda kurang.
  • Membawa P3K kecil yang berisi obat-obat dasar seperti obat sakit kepala, obat sakit perut, obat masuk angin, plester luka dan lain sebagainya. Tips yang ini cukup penting dilakukan, daripada anda tiba-tiba merasa kurang enak badan lalu harus repot mencari apotik.
  • Apabila anda ingin menginap, carilah tempat penginapan yang mempunyai rating bagus. Karena jika sudah memiliki rating bagus, pastinya tempat penginapan tersebut layak pakai dan recommended.
  • Bawa kaca mata hitam atau topi agar anda terlindung dari sengatan panas sinar matahari
  • Lalu cek kondisi kendaraan anda yang akan dipakai untuk melakukan perjalanan wisata. Anda tentunya tidak mau kendaraan anda mogok atau rusak di tengah perjalanan.
  • Pastikan bahan bakar anda terisi, karena belum tentu anda akan menemukan pom bensin dalam jarak dekat jika bahan bakar kendaraan anda habis.
  • Dan yang tidak kalah penting, jaga kesehatan tubuh anda agar dapat menikmati liburan dengan puas.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Bendungan

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Bendungan
Image Credit: Google Maps Dhika Hsu

Sebagai tempat wisata, tentunya wajib untuk memiliki fasilitas-fasilitas umum yang dapat menunjang untuk kenyamanan para pengunjungnya. Adapun fasilitas yang disediakan oleh Bendung Katulampa yang favorit dikunjungi oleh masyarakat ini adalah toilet umum, tempat parker, mushala, saung dan berbagai fasilitas lainnya.

Demikianlah beberapa hal menarik seputar Bendung Katulampa di Kota Bogor. Tak lupa juga ada tips-tips untuk perjalanan wisata yang mudah-mudahan dapat berguna bagi anda. Jangan lupa untuk menyempatkan waktu mampir sebentar untuk membeli oleh-oleh khas Bogor. Anda bisa membagikan oleh-oleh tersebut untuk teman atau keluarga anda.