Benteng Pendem, Keunikan Benteng Bawah Tanah di Cilacap

Benteng Pendem Cilacap

Berkunjung ke Benteng Pendem Cilacap dapat menjadi aktivitas yang menarik untuk mengisi liburan dan akhir pekan. Selain sebagai sarana edukasi, Anda juga bisa menyaksikan keunikan dan kemegahan benteng pertahanan bawa tanah peninggalan belanda.

Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Sentolokawat, Kec. Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Siapa sangka jika mengunjungi destinasi wisata sejarah ternyata tidak membosankan seperti yang dibayangkan. Mengunjungi Benteng Pendem di Cilacap misalnya, dimana pengunjung diajak untuk belajar sejarah sekaligus menikmati kemegahan dan keindahan alam sekitar. Daripada penasaran dengan kegagahan benteng bawah tanah ini, silahkan simak ulasan berikut.

Sejarah Singkat Benteng Pendem

Sejarah Benteng Pendem

Image Credit: Twitter.com @jogjaupdate

Benteng unik ini termasuk bangunan yang menyimpan nilai sejarah tinggi, dan diperkirakan telah dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda di abad ke 18 atau sekitar tahun 1816. Sebelum beralih menjadi destinasi wisata sejarah, dulunya bangunan ini difungsikan sebagai Kantor Pemerintahan Hindia Belanda sekaligus markas pertahanan Kolonial Belanda.

Sebenarnya nama Benteng Pendem dulunya dijuluki sebagai Kustbatterij op de Landtong te Cilacap, yang mengandung arti bahwa benteng yang berada di dalam tanah dan menjorok ke arah laut bak lidah. Tampaknya pemberian namanya yang unik diambil dari bentuk bangunannya yang unik dibandingkan dengan benteng lainnya.

Benteng satu ini masih berdiri kokoh dan layak dikunjungi. Sayangnya dulunya benteng ini sempat terbengkalai dan tampak kurang layak dijadikan sebagai ikon wisata sejarah. Hal ini disebabkan oleh bangunannya yang tertutupi oleh pasir pantai, mengingat lokasi berdirinya benteng sendiri berada tepat di Pantai Teluk Penyu.

Meski sempat terbengkalai, beruntungnya benteng satu ini kembali dikelola kembali oleh Pemerintah Cilacap pada tahun 1986. Dalam pengelolaannya, bangunan kokoh ini pun digali serta dibersihkan dari penumpukan pasir yang mulai menggunung sebelum akhirnya layak dijadikan sebagai wisata sejarah seperti sekarang.

Menurut informasi yang berhasil didapatkan, proses pembersihan bangunan bersejarah ini memang belum sepenuhnya dilakukan. Sebab proses pembersihan secara menyeluruh dibutuhkan dana dan waktu yang memadai, sehingga tidak perlu heran jika sebagian bangunan masih tertutupi pasir. Meski demikian, sebagian bangunan sudah layak dikunjungi wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Benteng Pendem

Daya Tarik Benteng Pendem

Image Credit: Google Maps (Amazing Rip Panorama)

1. Adanya Aura Mistis

Sebagai bangunan yang mengandung nilai sejarah yang tinggi, tidak heran jika wisatawan bisa merasakan sedikit aura mistis yang terpancarkan sejak memasuki bentengnya. Bahkan ada pula yang menyebutkan bahwa di dalam bangunannya terdapat makam para pejuang yang rela berkorban demi mendapatkan kemerdekaan.

Meski aura mistis masih terpancarkan, justru hal ini membuat wisatawan dari berbagai daerah penasaran dan tertarik mengunjunginya. Tingginya minat masyarakat untuk belajar sejarah sekaligus melihat kokohnya benteng masa penjajahan, berhasil membuat kawasan wisata tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan setiap harinya.

BACA JUGA:  16 Minuman & Makanan Khas Jepara yang Wajib Anda Coba

Kisah mistis yang begitu kental berhasil membuat suasana semakin mencekam. Namun justru disitulah daya tariknya, dimana masyarakat kerap menjadikannya sebagai lokasi uji nyali bagi mereka yang memiliki keberanian cukup tinggi. Kesan mistis juga terpancarkan dari adanya penjara berukuran 4×3 yang seakan menjadi saksi bisu kejadian sejarah.

2. Dijadikan Markas TNI

Berkat usaha para pejuang yang gagah berani, akhirnya benteng ini pun berhasil jatuh ke tangan Indonesia. Sejak saat itulah benteng pertahanan ini pun difungsikan sebagai markas utama sekaligus barak utama untuk latihan perang oleh TNI. Namun hingga saat ini, masih banyak pertanyaan yang belum ditemukan jawabannya terkait dengan bangunan bersejarah ini.

Pertanyaan tersebut mengenai fungsi dari beberapa bangunan yang berada tidak jauh dari lokasi benteng berdiri, meski sebagiannya sudah diidentifikasi. Beberapa bangunan yang berhasil diidentifikasi terdiri dari area pertahanan serta ruang rapat. Wisatawan yang menyaksikan ruangan tersebut secara langsung, seakan bisa melihat peristiwa yang terjadi kala itu.

Selain ruang rapat dan area pertahanan, masih banyak ruangan lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Mulai dari ruangan khusus pengintaian, gudang amunisi senjata dan peluru, klinik pengobatan, penjara, dapur, gudang mesiu, hingga ruang barak telah berhasil diidentifikasi. Semua ruangan tersebut masih berdiri kokoh seakan tidak ada yang terjadi sebelumnya.

Diantara sekian banyak ruangan yang ada, setidaknya ada 14 kamar yang difungsikan sebagai barak. Hanya saja satu ruangan tersebut digunakan sebagai lokasi terbaik untuk melampiaskan nafsu para tentara Belanda. Oleh sebab itu, ruangan tersebut dianggap paling angker dibandingkan dengan ruangan lainnya.

Penjara Benteng Pendem Cilacap tidak kalah mengeluarkan aura mistis yang begitu kental. Pasalnya ruangan tersebut telah menjadi saksi bisu terhadap nasib para pekerja yang telah kerja rodi dari pihak Belanda. Para pekerja tersebut bernasib tragis, karena sebagian dari mereka mati di dalam penjara atau bahkan dibunuh ketika sudah tidak produktif kembali.

Pembunuhan para pekerja dilakukan untuk mencegah adanya kebocoran informasi bahwa disana terdapat sebuah benteng pertahanan. Meski kesan mistis dan cerita kelamnya terus dikenang, namun kini wisata sejarah ini telah berubah menjadi cagar budaya yang menarik dikunjungi. Beruntungnya kisah mistis tersebut perlahan tertutupi dengan banyaknya wisatawan yang berdatangan.

3. Terhubung dengan Beberapa Benteng dan Goa

Puas berjalan jalan di berbagai ruangan yang ada di dalam ruangan, ternyata masih ada daya tarik lainnya dari Benteng Pendem. Daya tariknya tersebut bisa dilihat dari sebuah lorong yang menghubungkan beberapa benteng serta goa di sekitar kawasan wisata. Namun sayangnya goa tersebut telah terendam air laut, sehingga wisatawan tidak bisa melihatnya secara langsung.

BACA JUGA:  10 Cafe Tempat Nongkrong di Solo Paling Hits
Daya Tarik dari Benteng Pendem

Image Credit: Google Maps (Ruswanto Andy)

4. Lokasinya Strategis

Tampaknya pembangunan Benteng Pendem di Cilacap tidak dilakukan sembarang. Para pemerintah penjajahan Belanda memilih lokasi tersebut, karena lokasinya yang strategis bagi pendaratan akibat dilindungi dari Selat Nusakambangan. Inilah alasan mengapa bangunan ini difungsikan sebagai benteng pertahanan Selatan di Pulau Jawa.

Di balik kegagahannya, ternyata dulunya benteng ini sempat direbut oleh Pasukan Jepang di tahun 1942. Namun ketika tentara Jepang pergi dari tanah Indonesia, benteng ini pun kembali dikuasai oleh Belanda pada tahun 1945 hingga 1950. Meski sempat ditinggalkan selama 2 tahun, akhirnya bangunan ini pun menjadi markas sekaligus tempat berlatih TNI pada tahun 1952 hingga 1965.

5. Dibuka Sebagai Destinasi Wisata Sejarah

Sebelum dikenal seperti sekarang, dulunya benteng ini pernah terbengkalai tidak terurus sedikitpun hingga akhirnya terlupakan. Bahkan sempat ada fenomena dimana benteng sudah terlihat akibat terpendam tanah pesisir di pantai Teluk Penyu. Pada kala itu, hampir seluruh bagian bangunan benteng tampak tenggelam sedalam 3 meter di bawah permukaan air laut.

Beruntungnya pada saat itu, Adi Wardoyo selaku warga setempat kemudian berinisiatif untuk menggali sekaligus melakukan pemugaran di sekitar area benteng sebelum akhirnya dikelola oleh Pemerintah Cilacap. Berkat usaha dan kepedulian terhadap benteng tersebut, pada akhirnya bangunan ini pun resmi dibuka menjadi salah satu ikon destinasi wisata di Cilacap pada tahun 1987.

Alamat dan Rute Menuju Wisata Benteng Pendem

Alamat Benteng Pendem

Image Credit: Google Maps (Erwim Prriatno)

Tertarik mengunjungi Benteng Pendem di Cilacap dalam waktu dekat ? Anda bisa langsung meluncur ke Jalan Benteng, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Sebenarnya ada dua jalur alternatif yang bisa Anda lewati untuk sampai di lokasi wisatanya. Kedua jalur alternatif tersebut telah memiliki akses yang mudah dijangkau.

Agar lebih cepat sampai di tujuan, silahkan pilih jalur yang cukup dekat dengan posisi Anda saat ini. Berkat akses menuju kesana cukup mudah, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum untuk bisa sampai di kawasan wisatanya. Apabila menggunakan transportasi umum, silahkan naik kereta api yang mengarah ke Stasiun Cilacap.

Setelah sampai di stasiun, silahkan lanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum yang melewati kawasan Benteng Pendem. Selain menggunakan kereta api dan angkutan umum, Anda juga bisa memanfaatkan transportasi ojek online apabila ingin lebih cepat sampai di tujuan tanpa perlu oper kendaraan.

Sedangkan bagi wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi, tidak perlu sungkan bertanya kepada masyarakat sekitar. Beruntungnya peninggalan sejarah ini telah dijadikan sebagai ikon wisata kota Cilacap, sehingga tidak ada yang tidak mengetahuinya. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi map yang sudah terinstall di smartphone untuk memandu perjalanan.

BACA JUGA:  26 Minuman & Makanan Khas Solo yang Wajib Anda Coba

Harga Tiket dan Jam Operasional Benteng Pendem Cilacap

Harga Tiket Benteng Pendem

Image Credit: Google Maps (Anindito Nurprabowo)

Berlibur ke Benteng Pendem tidak akan membuat isi kantong ludes seketika. Sebab pada tahun 2018 lalu, destinasi wisata sejarah ini masih mematok harga tiket masuk sekitar 8 ribuan saja per orangnya. Harga tiket masuk tersebut dapat berubah sewaktu waktu, namun tetap tidak akan menyiksa isi kantong Anda.

Sedangkan jam operasionalnya sendiri dimulai dari pukul 8 pagi hingga jam 6 sore. Sepanjang waktu tersebut, wisatawan dapat menyusuri bangunan bersejarah di Cilacap ini hingga puas dari berbagai sudut pandang. Meski sudah dibangun berpuluh puluh tahun lamanya, dijamin Anda tidak akan pernah bosan mengunjunginya.

Usai berkunjung ke Kawasan Benteng, jangan lupa mampir destinasi wisata lainnya yang berada tidak jauh dari lokasi wisata sejarah satu ini. Suguhan pemandangannya pun tidak kalah menarik, sehingga tidak ada salahnya mampir sebentar agar berlibur ke Cilacap terasa semakin seru sekaligus menambah pengalaman baru tak terlupakan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Benteng Pendem

Kegiatan di Benteng Pendem

Image Credit: Google Maps (Ruwanto)

1. Menyusuri Setiap Ruangan Benteng Bawah Tanah

Benteng Pendem Cilacap terdiri dari beberapa ruangan dengan keunikan tersendiri. Oleh sebab itu, menyusuri setiap ruangan yang ada di dalam benteng menjadi salah satu aktivitas menarik selama berada di kawasan wisata tersebut. Ketika menyusuri di setiap ruangan, Anda bisa merasakan sensasi berbeda dan seakan dibawa ke masa lampau.

Para wisatawan juga dibuat takjub tiada henti ketika menyaksikan kegagahannya dari dekat. Bagaimana tidak, semua sisi bangunan dapat berdiri kokoh meski telah bertahun tahun lamanya tanpa ditemukan sebuah perubahan. Meski beberapa ruangan lain tertutup tanah dan pasir akibat kebocoran dan genangan air, namun sudah berhasil membuat wisatawan tertegun melihatnya.

2. Mengabadikan Foto

Berkunjung ke Benteng Pendem Cilacap rasanya belum lengkap jika belum mengabadikan momen berlibur kesana. Meski bangunan ini telah berdiri kokoh sejak bertahun tahun lamanya, namun beberapa area terlihat menawan untuk dijadikan sebagai background berfoto ria. Tidak heran jika wisatawan merasa tidak bosan belajar sejarah di tempat satu ini.

Uniknya wisatawan tidak hanya diperbolehkan mengambil gambar di area luar benteng semata. Namun wisatawan juga diberikan kesempatan untuk berfoto di beberapa ruangan di dalam bentengnya. Tentu saja hal ini membawa kenangan sekaligus pengalaman baru tak terlupakan selama berlibur ke benteng unik ini.

Selama dijajah Belanda selama berabad-abad lamanya, tidak heran jika ditemukan beberapa bangunan bersejarah. Benteng Pendem Cilacap misalnya, dimana dulunya bangunan ini didirikan sebagai bentuk pertahanan diri. Namun kini, benteng yang berdiri kokoh tersebut telah berubah menjadi destinasi wisata sejarah yang siap mewarnai hari berlibur Anda.