Benteng Portugis, Destinasi Wisata Sejarah Andalan Jepara

Benteng Portugis, Destinasi Wisata Sejarah Andalan Jepara

Benteng Portugis salah satu objek wisata bersejarah dan edukasi di Jepara, Jawa Tengah. Bangunan unik yang berada di bukit ini memiliki pemandangan yang memukau. Benteng yang dibangun hasil perjanjian Kerajaan Mataram dan Portugis.

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 07.00-20.00, Alamat: Banyumanis, Kec. Donorojo, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Berbicara mengenai Kabupaten Jepara, maka akan menyinggung soal tempat kelahiran pahlawan R.A. Kartini. Namun ulasan ini tidak membahas soal hal tersebut, melainkan keberadaan benteng megah yang wajib untuk dikunjungi. Benteng Portugis Jepara menawarkan segudang pesona yang tiada duanya. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan ini.

Sekilas Sejarah Benteng Portugis

Sekilas Sejarah Benteng Portugis

Image Credit: Google Maps (Erdward Sujono)

Pada tahun 1619, Kota Jayakarta atau yang bisa disebut dengan Sunda kelapa didatangi oleh VOC Belanda. Pada waktu yang sama, kependudukan Belanda dianggap sebagai cikal bakal penjajahan imperialisme Belanda di Indonesia. Adanya isu tersebut ternyata sudah terdengar dari segala penjuru nusantara, termasuk Jepara.

Tak lama, Bangsa Portugis yang sudah dulu mendiami daerah tersebut bermaksud untuk membuat sebuah benteng. Akhirnya, pembuatan benteng pertahanan tersebut direalisasikan dengan bantuan Kerajaan Mataram dalam memerangi kependudukan Belanda. Di dalam benteng terdapat beberapa persenjataan yang dibuat khusus untuk melindungi diri.

Jika dilihat dari sisi geografis, Benteng Portugis ini tampak seperti tempat yang sangat strategis untuk melangsungkan kepentingan militer pada zaman dahulu. Hal ini semakin dibuktikan dengan keberadaan meriam yang memiliki kemampuan tembakan 2 sampai 3 km per jam. Dengan kemampuan tersebut, benteng ini menjadi tempat perlawanan yang cukup efektif.

Kerajaan Mataram yang saat itu dipimpin oleh Sultan Ageng memutuskan untuk mendirikan benteng pertahanan demi melawan Belanda. Ia berpikir bahwa Belanda hanya bisa dikalahkan lewat serangan darat dan laut secara bersamaan. Namun sayangnya, Kerajaan Mataram waktu itu tidak memiliki armada militer laut yang cukup kuat untuk lawan Belanda.

Pada akhirnya, Sultan Ageng mencari bantuan kepada pihak yang juga berseteru dengan Belanda yakni Portugis. Bangsa Portugis yang saat itu tengah berseteru dengan Belanda akhirnya menyetujui Sultan Ageng untuk menyerang Belanda dari laut. Akhirnya, dibangunlah benteng pertahanan yang letaknya di pinggir laut dan berhadapan langsung dengan Pulau Mondoliko.

Daya Tarik yang Dimiliki Benteng Portugis

Daya Tarik Benteng Portugis

Image Credit: Google Maps (Lutpi Ar_Ghubi)

Benteng yang terletak di atas bukit ini menawarkan pemandangan berupa hamparan laut yang sangat luas. Reruntuhan benteng yang ada di sekitarnya semakin menambah keeksotisan tempat tersebut. Para pengunjung perlu meniti anak tangga untuk menuju puncak bukit dan memandangi eksotisme alam sekitar.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Rembang yang Wajib Anda Coba

Perlu Anda tahu, lokasi Benteng Portugis Jepara ini telah menjadi salah satu cagar budaya nusantara yang dilindungi negara. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kelestarian ketika mengunjungi tempat ini. Keindahan yang merupakan saksi sejarah ini tentunya tak boleh ditinggalkan dan dibiarkan begitu saja bukan?

Saat berada di puncak bukit, Anda akan mendengar deburan ombak yang seakan mengisi kekosongan suasana. Sembari menambah wawasan sejarah, Anda dapat merelaksasi diri dan melepas penat dari pekerjaan sehari hari. Pikiran akan lebih tenang saat mendengar deburan ombak yang disertai hembusan udara yang sejuk.

Di satu sisi, Anda juga akan disuguhkan dengan Pulau Mandalika yang ada di seberang benteng unik ini. Para pengunjung bahkan diperbolehkan untuk menyeberangi pulau tersebut sebagai kegiatan menarik yang dapat dilakukan di sana. Pulau tak berpenghuni tersebut menyuguhkan suasana asri yang jauh lebih tenang dan private.

Tidak ada suara kebisingan kota di sana, hanya ada deburan ombak yang diselingi kicauan burung yang bertengger di ranting pohon. Di pulau tersebut, Anda juga dapat melihat beberapa tanaman endemik yang hanya ditemukan di Pulau Mandalika. Salah satu jenis flora yang sulit ditemukan di tempat lain adalah Nongko Celeng.

Daya tarik lain yang tak boleh Anda lewatkan adalah Paviliun Benteng Portugis. Menikmati suasana malam dengan gemerlap lampu di sekitar pavilion akan memberikan kesan tersendiri. Tak hanya di malam hari, menikmati suasana pagi di paviliun sembari berolahraga menjadi aktivitas yang paling tepat ketika mengunjungi wisata sejarah ini.

Puas menyusuri kemegahan bangunan bersejarah, Anda dapat mengisi perut yang lapar dengan menjajal berbagai kuliner yang dijual di warung sekitar benteng. Makanan lokal seperti pecel, rames, dan berbagai minuman hangat bisa Anda temukan di sana dengan harga yang sangat terjangkau.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Benteng Portugis

Alamat Benteng Portugis

Image Credit: Tic.jepara.go.id

Destinasi wisata sejarah Benteng Portugis Jepara terletak di Desa Banyumanis, Kabupaten Jepara. Jika dari pusat kota, letak benteng ini cukup jauh. Jarak yang harus ditempuh sekitar 45 km dengan waktu perjalanan yang memakan 1 jam lebih. Meski begitu, tak ada salahnya untuk mengunjungi cagar budaya ini yang tak boleh ditinggalkan begitu saja.

BACA JUGA:  Waduk Cengklik, Tempat Menikmati Panorama Sunset di Boyolali

Apabila Anda datang dari pusat Kota Jepara, maka lakukan perjalanan menuju Pati – Tayu hingga tiba di Desa Sambungoyot. Sesampainya di desa tersebut, lanjutkan perjalanan menuju Desa Banyumanis dengan tetap memperhatikan papan petunjuk arah. Dari papan tersebut, Anda akan mendapat info arah menuju lokasi benteng.

Jika sudah berada di Desa Banyumanis, ambil arah dengan belok ke kiri dan lurus hingga menemukan kawasan Benteng Portugis. Di sana Anda juga dapat melihat papan informasi yang menandakan bahwa perjalanan hampir sampai ke lokasi. Bila merasa bingung, jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk sekitar yang sangat ramah.

Apabila Anda datang dari pusat Kota Pati, maka perjalanan yang harus ditempuh tidak sejauh dari arah pusat Kota Jepara. Dari Kota Pati, lakukan perjalanan menuju Kecamatan Tayu hingga sampai di Desa Banyumanis. Kemudian, Anda hanya perlu mengikuti jalan hingga menemukan wisata Gua Manik yang berdekatan dengan lokasi benteng ini.

Harga Tiket Masuk Benteng Portugis Jepara

Harga Tiket Benteng Portugis Jepara

Image Credit: Google Maps (Bentar Putra Pamungkas)

Untuk menikmati kemegahan Benteng Portugis dan menyaksikan suasana alam yang asri, tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Pasalnya, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 3 ribu untuk orang dewasa, serta Rp 2 ribuan untuk anak anak. Sementara tiket masuk saat weekend akan naik menjadi Rp 5 ribu untuk dewasa dan Rp 3 ribu untuk anak.

Jika ada event perayaan atau saat hari hari besar, harga tiket mencapai Rp 10 ribu untuk orang dewasa. Sementara untuk anak anak, Anda perlu membayar tiket sekitar Rp 7 ribu. Meski mengalami peningkatan, biaya retribusi tersebut masih tergolong sangat terjangkau. Dengan harga yang sangat murah, Anda sudah bisa merasakan liburan ke wisata bersejarah.

Di sana, Anda dapat mencicipi kuliner yang umumnya dijual oleh penduduk sekitar benteng. Harganya pun bervariasi, mulai dari yang paling murah hingga menu makanan resto dengan harga sedikit tinggi. Soal rasa, tak perlu khawatir. Berbagai kuliner yang dijual di sana dijamin dapat menggoyang siapa pun lidah pencicipnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Benteng Portugis

Kegiatan di Benteng Portugis

Image Credit: Facebook.com @indri.saputri.56

1. Berburu Foto Menarik

Kegiatan pertama yang bisa Anda lakukan ketika mengunjungi Benteng Portugis Jepara ini tentunya adalah berburu foto menarik. Perlu Anda tahu, beberapa titik di di lokasi tersebut dapat dijadikan sebagai latar belakang foto yang menarik. Tampilan kuno nan klasik akan membuat foto Anda tampak keren.

BACA JUGA:  35 Tempat Wisata di Magelang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Berfoto dengan latar belakang hamparan pantai luas dengan pulau kecil di tengahnya juga dapat menjadi pilihan menarik untuk dijadikan sebagai objek foto. Sangat cocok bagi Anda pemilik hobi fotografi. Di dalam benteng, Anda juga dapat berburu foto dengan menampilkan bangunan benteng yang kokoh dan megah.

Di beberapa sisi benteng, Anda juga akan menemukan meriam yang dulu digunakan untuk menyerang VOC Belanda. Biasanya, para pengunjung akan berfoto di samping persenjataan yang menjadi bukti perlawanan Jepara terhadap koloni Belanda. Jangan lupa membawa kamera agar hasil jepretan Anda makin sempurna.

2. Belajar Sejarah

Ketika mengunjungi wisata sejarah seperti Benteng Portugis, tentu saja Anda dapat menambah wawasan mengenai sejarah itu sendiri. Di dalamnya, Anda dapat menemukan segala informasi terkait perlawanan penduduk Jepara kepada VOC Belanda. Anda juga dapat meminta pihak pengelola untuk menerangkan seluk beluk benteng tersebut.

Kegiatan Dilakukan di Benteng Portugis

Image Credit: Google Maps (Kulo Hickam)

3. Menikmati Berbagai Kuliner

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, di sekitar lokasi benteng ini Anda akan menemukan banyak penjual yang menjajakan kuliner khas Jepara. Soal rasa, sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Hanya dengan harga terjangkau, Anda sudah bisa menikmati seporsi kuliner Jepara lezat yang dijamin akan menggoyang lidah.

Fasilitas yang Tersedia di Benteng Portugis Jepara

Fasilitas di Benteng Portugis Jepara

Image Credit: Google Maps (Mulpri Blopac)

Sebagai penunjang kenyamanan pengunjung, pihak pengelola telah menyediakan beberapa fasilitas pendukung seperti mushola, toilet, dan tempat beristirahat. Tak hanya itu, area parkir yang luas dapat menampung kendaraan pengunjung dalam jumlah besar. Di sekelilingnya ditanami pepohonan yang membuat kendaraan Anda tidak kepanasan.

Keberadaan gazebo di sekitar lokasi juga turut memberi kenyamanan bagi para pengunjung. Dalam gazebo tersebut, Anda dapat melepas penat setelah menyusuri Benteng Portugis. Sembari beristirahat, Anda bisa memanjakan perut yang kosong dengan mencicipi berbagai kuliner yang dijual oleh warung warung kecil, hingga resto yang cukup besar.

Berkunjung ke Benteng Portugis Jepara, Anda tak hanya menyaksikan panorama alam yang selaras saja. Akan tetapi Anda dapat mengisi wawasan tentang sejarah Indonesia khususnya perlawanan Jepara terhadap koloni VOC Belanda. Puas mengeksplorasi benteng, Anda dapat lanjutkan kegiatan berlibur dengan menyeberangi Pulau Mondoliko. Menyenangkan bukan?