Brown Canyon termasuk destinasi wisata yang hits di Semarang. Panorama keindahan alamnya terbentuk dari aktivitas pertambangan tanah di Meteseh dan menjadi tujuan bagi wisatawan penggemar fotografi.

Lokasi: Rowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang.
Map: Cek Lokasi

Pernahkah Anda membayangkan jika bekas penambangan bisa menjadi sebuah destinasi wisata menarik dikunjungi? Keajaiban tersebut bisa Anda temui di kota Semarang, dimana masyarakat kerap menyebutnya sebagai Brown Canyon. Daripada penasaran yang membuat destinasi wisata ini begitu menarik dikunjungi, silahkan simak ulasan singkat berikut.

Mengenal Asal Usul Brown Canyon

Mengenal Brown Canyon
Image Credit: Twitter.com @phinemocom

Jauh sebelum dikenal oleh masyarakat luas, dulunya kawasan ini hanyalah perbukitan dengan beberapa tebing tinggi menjulang ke angkasa. Walaupun keindahannya sudah dikenal oleh segelintir orang, sayangnya masih banyak yang belum mengenalnya. Hingga pada suatu hari, kawasan wisata ini masuk dalam sebuah acara petualangan bernama My Trip My Adventure.

Sejak saat itu pula, banyak wisatawan yang penasaran dan hendak melihat panorama indah tersebut dari dekat. Padahal Brown Canyon sendiri termasuk wisata yang belum resmi masuk dalam daftar destinasi wisata. Namun hal tersebut tidak menurunkan antusias masyarakat untuk datang berkunjung dan menikmati sajian alamnya.

Selain menarik dikunjungi wisatawan domestik, ternyata keindahan tempat ini sudah sampai di telinga wisatawan asing. Para backpacker dan turis bersatu padu melihat keindahannya dari dekat. Tidak heran jika masyarakat sekitar kerap menjuluki tempat ini sebagai destinasi wisata alternatif yang wajib dikunjungi.

Daya Tarik yang Dimiliki Brown Canyon

Daya Tarik Brown Canyon
Image Credit: Google Maps (Ms. Elisabet)

Pesona alam serta eksotisme yang digoreskan oleh Brown Canyon memang sudah tidak dapat dielakkan. Justru keindahan alam inilah yang berhasil membawanya sebagai salah satu tempat berwisata alternatif bagi masyarakat lokal maupun luar daerah. Bahkan berkat keindahannya pula, banyak pecinta fotografi yang berniat mengabadikan pesonanya secara langsung.

Sejak memasuki kawasan wisatanya, kemungkinan Anda tiada hentinya mengucapkan rasa takjub atas apa yang dilihatnya dengan mata kepala sendiri. Seperti yang bisa diduga, disini Anda akan disuguhkan dengan keindahan tebing tebing menjulang tinggi yang justru menjadi daya tarik utamanya. Beberapa tebing unik tersebut dihiasi dengan pepohonan rindang yang berada di kawasan puncaknya.

Perpaduan antara tebing dan pepohonan berwarna hijau segar tersebut berhasil menciptakan sebuah panorama menakjubkan. Hanya dengan membayangkannya saja, Anda akan menyadari bahwa Brown Canyon sayang untuk dilewatkan begitu saja. Cukup dengan mengunjunginya, jiwa dan pikiran yang lelah akan kembali bersemangat.

Selain mengagumi panorama indah di depan mata, pengunjung kembali dibuat takjub ketika melihat kesibukan para pekerja penambang yang hilir mudik menggunakan truk. Aktivitas yang tidak bisa dilihat sehari hari ini memang tampak menakjubkan, namun sebaiknya tidak berada terlalu dekat mengingat debu dan pasirnya dapat membahayakan Anda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Brown Canyon

Rute Brown Canyon
Image Credit: Google Maps (Rangga dy)

Wisata alam ini berada di daerah Rowosari, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sebenarnya tidak sulit untuk menemukan wisata populer ini karena letaknya sendiri yang berdekatan dengan Stasiun TVRI Jawa Tengah. Apabila tertarik mengunjunginya, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.

Sayangnya lokasi wisata ini cukup jauh dari pusat kota Semarang. Namun beruntungnya, lokasi wisatanya sendiri bisa dijangkau melalui beberapa arah sehingga memudahkan wisatawan dari luar daerah datang berkunjung kesana. Misalnya, Anda bisa mengambil jalur Pasar Meteseh yang harus melewati Tembalang terlebih dahulu.

Wisatawan juga bisa mengambil jalur dari arah Kedungmundu ataupun melewati RSUD Klipang. Sedangkan bagi wisatawan yang datang dari Semarang Timur bisa mengarahkan kendaraan menuju Jalan Fatmawati dan mengarahkan kendaraan menuju RSUD Kota Semarang. Setelahnya silahkan ambil jalur kiri yang mengarahkan ke Perumahan Klipang.

Kemudian Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan melewati Klipang Golf hingga menemukan jembatan besi dengan sungai yang cukup besar. Selanjutnya belok ke kanan terhitung dari pertigaan sesudah melewati jembatan tersebut. Tidak perlu menunggu waktu lama, Anda sudah sampai di lokasi Brown Canyon berada.

Bagaimana dengan wisatawan yang datang dari arah lainnya ? Apabila Anda bertandang dari titik Kendal, silahkan arahkan kendaraan menuju pertigaan Pasar Kambing. Setelahnya Anda harus melewati daerah Mrican, Kedung Mundu, serta Sambiroto terlebih dahulu hingga menemukan pertigaan Intan Permai, dan belok kiri hingga sampai di sebuah perempatan Pasar Meteseh.

Sedangkan bagi wisatawan yang datang dari arah Jogja atau Solo, bisa menyusuri kawasan Banyumanik, Tembalang, serta UNDIP. Selanjutnya perjalanan akan dilanjutkan hingga menemukan perempatan pasar Meteseh. Ketika melewati area pasar tersebut, silahkan ambil jalur lurus hingga sampai di jalan utama yang mengarahkan langsung ke Brown Canyon.

Apabila masih kebingungan arah dan mulai tersesat di jalan, jangan pernah sungkan meminta arahan dari masyarakat sekitar. Anda juga bisa mengandalkan aplikasi yang tersematkan di smartphone untuk menuntun menuju lokasi wisata yang benar. Setelahnya Anda bisa melihat kawasan pertambangan yang menandakan sudah hampir sampai di kawasan wisata ini.

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Brown Canyon

Harga Tiket Brown Canyon
Image Credit: Facebook.com @malariahouse

Hingga saat ini, objek wisata ini sebenarnya masih belum memiliki jam operasional resmi layaknya destinasi wisata lainnya. Dengan kata lain, wisatawan bisa berkunjung kapanpun diinginkan tanpa adanya batasan waktu operasional. Meski demikian, wisatawan lebih disarankan untuk berkunjung di sore hari dibandingkan di waktu lainnya.

Pada pagi hari, truk pengangkut hasil tambang akan bolak balik menyusuri rute perjalanan yang sama dengan para wisatawan. Sedangkan di sore hari, truk telah berhenti beroperasi sehingga lebih aman untuk dilewati. Pesona keindahan alam di kawasan Brown Canyon bahkan terlihat lebih indah jika dilihat di sore hari.

Perlu Anda ketahui bahwa tempat ini sendiri masih belum termasuk daftar destinasi wisata secara resmi. Oleh karenanya, wisatawan tidak akan dikenakan biaya sedikitpun untuk bisa masuk ke kawasan wisatanya alias gratis. Sebenarnya tidak seluruhnya gratis, karena wisatawan masih dipungut sejumlah biaya oleh warga sekitar.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Brown Canyon

Aktivitas di Brown Canyon
Image Credit: Instagram.com @anuakbar_

1. Menikmati Pesona Keindahannya Masih Terjaga

Tidak dapat dipungkiri bahwa Brown Canyon berhasil menghipnotis wisatawan yang datang mengunjunginya. Selama berada disana, Anda juga tidak akan dibiarkan bosan sedikitpun berkat pesona keindahannya yang begitu memukau. Pesona alamnya yang mulai tersohor di beberapa daerah, berhasil mengundang rasa penasaran untuk melihatnya dari dekat.

Ketika sampai di kawasan wisatanya, barulah Anda bisa memahami mengapa tempat ini begitu istimewa bagi masyarakat sekitar. Bukan hanya bekas lahan pertambangan semata, pasalnya disini wisatawan bisa menyaksikan keindahan kolam dengan tepian memanjang. Kolam satu ini seakan akan menjadi penyegar mata dikala lokasinya yang berada disekeliling batu dan pasir berdebu.

Sebenarnya kolam cantik tersebut juga terbentuk secara ketidaksengajaan. Sebelum dikenal sebagai kolam, dulunya kawasan tersebut hanyalah bekas ceruk besar yang dilengkapi dengan celah celah tebing. Saat musim penghujan tiba, ceruk tersebut perlahan lahan terisi air hingga berubah menjadi sebuah kolam berwarna kehijauan.

2. Spot Foto Kekinian

Di zaman perkembangan teknologi pesat ini, rasa ingin mengabadikan setiap momen di smartphone kesayangan sudah berubah menjadi naluri alami seorang manusia. Dengan kata lain, wisatawan tidak hanya duduk manis sambil menikmati keindahan alam sekitar. Namun keinginan untuk mengabadikan momen saat berlibur ke Brown Canyon akan muncul begitu sampai disana.

Pesona alamnya yang tidak hanya cantik dipandang langsung ini, berhasil membuat pengunjung tertarik mengambil foto dari beberapa angle berbeda untuk mendapatkan hasil jepretan ciamik. Dan benar saja, pasalnya hasil fotonya terlihat menawan berkat latar belakang berupa bebatuan besar yang menjulang tinggi.

Ada beberapa spot foto yang begitu disenangi oleh para pengunjung, salah satunya berpose diantara dua tebing tinggi. Ketika menerapkan teknik fotografi tepat, maka tidak perlu terkejut jika hasilnya lebih dari ekspektasi Anda. Selain kedua tebing menjulang tinggi ini, masih banyak tebing jumbo lainnya yang kerap dijadikan sebagai spot foto andalan.

Menggunakan kamera dengan lensa lebar, adalah sedikit tips agar hasil jepretan terlihat semakin menawan. Berkat lensa tersebut, Anda bisa mengambil gambar pemandangan lebih luas dengan hasil maksimal. Selain dijadikan sebagai spot foto populer, batuan tinggi tersebut juga bisa dijadikan sebagai pijakan ketika mengambil gambar dari sudut berbeda.

3. Dijadikan Spot Foto Prewedding

Keindahan Brown Canyon sudah tidak dapat dibantah. Justru kian bertambahnya tahun, semakin banyak pula wisatawan dari luar daerah yang mengunjunginya. Selain populer dijadikan sebagai tempat berwisata, ternyata area wisata ini kerap dimanfaatkan oleh calon pengantin sebagai tempat mengambil foto pre wedding.

Gaun cantik yang dipadukan dengan pesona alam di tempat ini berhasil menciptakan sebuah lukisan cantik dalam sebuah gambar. Tentu saja berfoto di ladang dengan nuansa serba cokelat, tebing tebing tinggi, serta beberapa tanaman liar berwarna hijau akan memunculkan kesan tersendiri bagi yang melihatnya.

Perpaduan beberapa unsur tersebut semakin membuat hasil jepretan semakin memukau. Tidak heran jika banyak pecinta fotografi yang menyarankan para pengguna jasanya untuk mengambil foto prewedding di Brown Canyon. Hanya saja, kedua calon mempelai ini harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum menjadikannya sebagai spot foto prewedding idaman.

Beberapa hal yang wajib dipertimbangkan masih berkaitan dengan lokasinya sendiri yang berada di area pertambangan. Sehingga debu, teriknya sinar mentari, hingga panas menyengat di kulit harus dirasakan demi mendapatkan hasil jepretan terbaik. Namun perjuangan mendapatkan foto terbaik inilah yang justru akan dikenang sepanjang masa.

4. Wisata Alternatif

Walaupun telah dikenal luas oleh masyarakat sekitarnya, tidak dapat disangkal bahwa tempat ini masih belum masuk dalam daftar destinasi wisata resmi. Bahkan pada awalnya, kawasan tersebut merupakan area khusus untuk mengambil hasil alam sehingga kurang cocok dijadikan sebagai area berwisata.

Sebelum namanya tersohor hingga ke luar daerah, dulunya Brown Canyon merupakan daerah yang dipenuhi dengan perbukitan serta tebing tinggi. Namun lambat laun, keindahannya mulai terkuak ketika beberapa pengunjung berniat untuk mencari wisata alternatif disana. Tanpa disadari, pesona keindahan di balik tebingnya berhasil memikat siapapun yang berkunjung.

Fasilitas yang Tersedia di Brown Canyon

Fasilitas di Brown Canyon
Image Credit: Google Maps (Windyo Laksono)

Brown Canyon termasuk destinasi wisata populer dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Sayangnya kawasan wisatanya masih belum dilengkapi dengan sejumlah fasilitas lengkap demi menyokong aktivitas berlibur para wisatawan. Hal ini dikarenakan tempat ini masih belum masuk dalam daftar resmi sebagai destinasi wisata.

Alasan Brown Canyon masih belum terhitung sebagai destinasi wisata, karena lokasinya sendiri yang berada tepat di area pertambangan. Dengan kata lain, akses menuju kesana tergolong ekstrim dan ditakutkan akan membahayakan para wisatawan. Oleh karenanya, masyarakat diharapkan dapat memahami kondisi tersebut demi keamanan bersama.

Keindahan alam Indonesia tidak berhenti membuat siapapun takjub dibuatnya, salah satunya adalah Brown Canyon. Walaupun pesonanya terbentuk dari bekas pertambangan, namun sudah berhasil membuat siapapun jatuh hati ketika melihatnya. Memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan wisata alam lainnya, sehingga sayang jika belum pernah mengunjunginya.