Bukit Alesano salah satu wisata alam perbukitan yang indah di Cijeruk, Kota Bogor. Bukit ini menawarkan panorama Kota Hujan dan menjadi area camping favorit.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Cijeruk, Kec. Cijeruk, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bogor, menjadi bagian di Jawa Barat yang selalu saja ada hal menarik untuk dikulik. Apalagi kota ini juga memiliki udara yang sejuk, sehingga membuat wisatawan betah. Salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi adalah Bukit Alesano di Cijeruk. Di bukit ini, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang membuat siapapun terpesona. Penasaran? Simak ulasan berikut.

Mengenal Bukit Alesano yang Indah

Mengenal Bukit Alesano
Image Credit: Instagram.com @madedwi.w

Kota Bogor memang selalu memiliki pesona yang tak bisa diabaikan begitu saja. Jika Anda ingin menikmati pemandangan dari atas ketinggian, Bukit Alesano adalah pilihan yang tepat. Bukit satu ini menjadi spot keren yang selalu menjadi tujuan wisatawan. Namanya juga kondang, terutama di kalangan kawula muda.

Sebenarnya tempat ini sudah dikenal sebagai destinasi yang keren di Kota Bogor. Namun dengan adanya sosial media tentu nama dari Bukit ini semakin kondang. Sekalipun masih belum bisa menggeser Puncak Bogor. Tetapi Anda akan tetap mendapatkan pengalaman sekaligus pemandangan yang luar biasa di Bukit satu ini.

Tak hanya bisa mengunjunginya di siang hari, pengunjung juga bisa menikmati panorama malam di bukit ini. Bukit Alesano tak hanya kondang sebagai tempat berburu sunrise ataupun sunset, tetapi juga menjadi tempat camping terbaik di Bogor. Anda bisa menikmati udara sejuk khas perbukitan dengan pepohonan rindang yang jadi pemandangan.

Ketika malam hari, hamparan hijau menyejukkan mata ini akan berganti dengan kelap kelip lampu yang luar biasa indah. Membuat suasananya makin syahdu dan kental dengan suasana romantis. Destinasi ini juga menjadi bukit yang selalu dikunjungi para fotografer. Karena setiap sudutnya memang sangat menarik untuk dijadikan objek bidikan lensa Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Alesano

Daya Tarik Bukit Alesano
Image Credit: Google Maps (Her Lina)

Kehadiran objek wisata alam di Bogor ini memang bisa dikatakan sebagai objek wisata baru. Namun Anda tak akan kecewa dengan bentang alam yang ditawarkan. Bagaimana tidak, Anda bisa menikmati pemandangan 360 derajat dari atas ketinggian. Dari kejauhan Anda bisa menyaksikan betapa gagahnya Gunung Gede Pangrango yang bisa terlihat dari sini.

Sesekali gunung ini akan tertutup awan di puncaknya yang membuatnya makin eksotis. Kemudian di bawahnya terhampar persawahan hijau dan pepohonan yang hijau. Beberapa diantaranya juga sudah dihiasi oleh pemukiman warga. Ketika malam hari, pemandangan yang dihadirkan tentu saja tak lagi sama. Perbukitan hijaunya menjadi hamparan lampu kerlap kerlip yang cantik.

Kerlap kerlip ini tak hanya bisa dilihat di bawah Anda, tetapi juga di atas. ketika udara sedang baik Anda memang akan terlihat bintang bintang bertaburan. Menambah keindahan yang dimiliki oleh Bukit Alesano ini. Sesekali lampu di bawah Anda akan bergerak karena merupakan lampu lampu dari kendaraan yang terlihat dari kejauhan.

Daya Tarik Alesano
Image Credit: Twitter.com @cadd_journey

Lampu lampu dari gedung tinggi juga hadir sehingga menambah pesonanya. Udaranya yang sejuk cenderung dingin ketika malam hari menambah daya tariknya. Menghabiskan waktu dengan orang orang tersayang tentu akan memberikan pengalaman tak terlupakan. Terutama ketika Anda tidak ketinggalan momen matahari tenggelam yang luar biasa cantik.

Menghabiskan liburan atau akhir pekan di bukit ini tentu akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Anda bisa menikmati pemandangan yang menyejukkan mata. Bahkan Anda bisa mendirikan tenda untuk bisa menikmati pesona alamnya yang lebih panjang. Belum lagi hadirnya spot spot foto yang juga akan memanjakan para pengunjung.

Kendati sempat di tutup di tahun 2017, destinasi satu ini sudah bisa dinikmati kembali. Alasan ditutupnya karena pada saat itu kunjungannya begitu membludak. Sebelum dibuka menjadi destinasi wisata, tempat ini hanyalah area camping biasa. Hanya saja hadirnya spot swafoto seperti gardu pandang yang membuatnya kemudian diserbu oleh wisatawan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Bukit Alesano

Alamat Bukit Alesano
Image Credit: Google Maps (Ridwan Adam)

Bukit memesona ini merupakan destinasi favorit di Bogor lokasinya berada di Desa Cipelang, Kec. Cijeruk, Bogor. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Bogor, hanya membutuhkan perjalanan sekitar 1 jam saja. Akses transportasi menuju bukit ini juga sudah mudah dan memadai. Jalanan sudah bisa dilewati oleh kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat sekalipun.

Dengan menggunakan kendaraan pribadi memang akan lebih mudah. Sebab, Anda bisa fleksibel ingin pergi atau pulang jam berapa dan tidak khawatir kesulitan mendapatkan kendaraan untuk pulang. Selain aksesnya yang mudah, kondisi jalan menuju lokasinya juga sudah memadai. Objek wisata satu ini dekat dengan Kampung Pasir dan Balai Embrio Ternak.

Kendati sudah memadai, ada beberapa jalan yang masih pasir berbatu. Sehingga lebih banyak disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua menuju bukit ini. Jika Anda melakukan perjalanan dari Bogor, Anda bisa menggunakan rute Kawasan Empang, Cipaku, kemudian ke Jalan Raya Cihideung dan menuju Cijeruk.

Anda bisa menjadikan Balai Penelitian Embrio Cijeruk sebagai patokan. Karena jika Anda sudah menemukan patokan ini, maka sekitar 30 menit Anda akan sampai. Dari pusat kota, Anda bisa mengarahkan kendaraan Anda menuju Stasiun KA Batu Tulis. Setelah itu, Anda bisa mengikuti jalan dan kemudian mengambil arah kanan dengan jembatan yang besar.

Nantinya Anda juga akan melewati Agrowisata Warso Farm, dan disini Anda akan menemukan petunjuk jalan untuk menuju Balai Ternak Embrio yang lokasinya di sebelah kiri. Memasuki gang, Anda akan menemukan sebuah petunjuk atau plang besar dengan tulisan Balai Ternak Embrio.

Jika Anda sudah menemukan plang ini, Anda bisa mengambil arah kiri dan melewati portal jalan. Hingga akhirnya Anda menemukan gapura yang memiliki pint masuk besar. dan sebelum memasuki Gapura dari Pintu Masuk balai Ternak Embrio, Anda akan menemukan jalan menuju arah kiri. Jalan inilah yang akan mengantar Anda untuk menuju Bukit Alesano.

Petunjuk jalan yang tersedia untuk menuju lokasi terbilang mudah ditemukan. Sehingga Anda tak usah khawatir untuk tersesat dan kesulitan menemukan lokasinya. Jika dirasa masih belum yakin, Anda bisa mengandalkan GPS yang terpasang di smartphone Anda. atau bisa juga bertanya pada masyarakat sekitar yang memang sudah hafal dengan tempat satu ini.

Harga Tiket dan Jam Operasional Bukit Alesano

Harga Tiket Bukit Alesano
Image Credit: Google Maps (Imelda Agnel)

Objek wisata satu ini memang telah dikelola dengan baik. Sehingga Bukit Alesano semakin menakjubkan, walaupun demikian tarifnya tak akan membuat kantong Anda jebol. Harga tiket masuknya dibanderol mulai dari Rp 10 ribu saja. Harga tersebut akan dibedakan jika Anda akan camping, tarifnya sekitar Rp 15 ribu.

Harga tersebut tentu saja terbilang ramah kantong Anda. Harga tiket masih belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan dan tentunya bisa berubah kapan saja tergantung ketentuan dari pengelola. Sementara waktu operasionalnya setiap hari, Anda bisa datang di hari Senin hingga hari Minggu. Jamnya juga buka selama 24 jam, mengingat tempat ini bisa untuk camping.

Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah saat musim kemarau. Karena dengan begitu Anda bisa menikmati pemandangannya tanpa khawatir akan hujan. Anda bisa datang di sore atau pagi hari untuk berburu sunset dan sunrise. Namun jika tidak beruntung, pemandangannya akan tertutup kabut karena perbukitan ini termasuk sering kabut.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Alesano

Kegiatan di Bukit Alesano
Image Credit: Facebook.com @pergicom

1. Menikmati Panorama Alam dari Ketinggian

Kegiatan yang pasti dilakukan pengunjung saat singgah di tempat wisata hits Bogor ini adalah menikmati keindahannya. Pemandangan yang dihadirkan di Bukit Alesano memang luar biasa memukau. Anda bisa menikmati pagi hari atau sore hari bahkan malam hari yang sangat indah. Udaranya yang sejuk semakin menambah rasa tak ingin cepat beranjak.

2. Menyaksikan Indahnya Sunset dan Sunrise

Cahaya kemerahan yang hadir ketika matahari terbit dan tenggelam memang selalu berhasil menyita perhatian. Kendati di setiap tempat Anda bisa menikmati fenomena alam ini setiap hari, tetapi jika diburu di atas ketinggian pemandangannya jauh berbeda. Matahari yang mengintip malu malu ini terlihat begitu cantik dan mempesona.

Apalagi ketika bukit Alesano sedang kabut, rasanya Anda sedang berada di negeri di atas awan. Tak jauh berbeda dari suasana pagi hari, matahari tenggelam di kawasan bukit ini juga tak kalah menawan. Cahaya oranye yang perlahan semakin gelap akan menyihir siapapun yang menyaksikannya. Suasananya makin romantis jika dihabiskan dengan pasangan atau teman kesayangan.

3. Berburu Spot Foto Instagramable

Kegiatan seru berikutnya yang tak pernah absen dilakukan adalah berburu foto kekinian. Bukit ini memang menyimpan banyak spot foto yang membuatnya menjadi daya trak tersendiri. Gardu pandang yang terbuat dari besi menjadi spot paling favorit. Selain itu juga ada plang dengan tulisan Bukit Alesano yang juga cocok untuk jadi spot foto Anda.

4. Berkemah di Kawasan Bukit

Untuk menikmati suasananya lebih lama, pengunjung memang bisa mendirikan tenda di area ini. Dengan begitu Anda tak akan melewatkan malam bertabur bintang dan disambut sunrise ketika bangun. Berkemah dengan teman teman, keluarga atau pasangan akan semakin seru. Saat malam Anda bisa menghabiskan waktu di depan api unggun.

Pengelola wisata ini sendiri tidak mengizinkan berkemah laki-laki dan perempuan yang belum menikah. Untuk itu, Anda akan diminta untuk menunjukkan kartu identitas seperti KTP saat akan camping. Pastikan Anda tidak meninggalkan kartu identitas ini saat akan camping di kawasan bukit cantik ini.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Alesano Bogor

Fasilitas Bukit Alesano
Image Credit: Google Maps (Indra Irawan)

Tidak hanya semakin menarik dengan wahananya, Bukit Alesano saat ini juga sudah memiliki fasilitas yang terbilang memadai. Anda bisa menemukan toilet dan juga mushola untuk digunakan selama liburan di sini. Hadirnya fasilitas ini membuat para pendaki kerap lagi mampir atau istirahat di sini. Karena memang fasilitasnya terbilang memadai.

Kondisi fasilitas ini terbilang lumayan bersih dan nyaman untuk digunakan para pengunjung. Pengunjung juga bisa menikmati berbagai kuliner di tempat satu ini. Ada beberapa warung yang menyediakan beragam camilan juga minuman. Bahkan di warung warung ini, Anda juga membuka jasa charging kamera atau smartphone Anda.

Fasilitas lain yang bisa Anda temukan selanjutnya adalah area camping ground. Camping ground ini cukup luas dan bisa memuat puluhan tenda. Bagi Anda yang enggan membawanya dari rumah, Anda bisa menyewanya di area Bukit Alesano. Harga yang ditawarkan untuk meminjam alat alat ini bervariasi, tergantung alat yang Anda sewa.

Menikmati pemandangan dari ketinggian memang menjadi pengobat penat yang manjur. Hawanya yang sejuk, pemandangan yang indah adalah sebuah perpaduan yang pas dan bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi Bukit Alesano. Bukit cantik di Bogor ini tak akan membuat Anda kecewa telah mengunjunginya.