Bukit Baros, Menikmati Keindahan & Kesejukan Hutan Pinus di Sukabumi

Bukit Baros Sukabumi

Lokasi: Kampung Cihuis, RT.11/RW.04, Sasagaran, Kec. Kebonpedes, Kab. Sukabumi.
MapCek Lokasi

Meski kepopuleran destinasi wisata di Sukabumi tidak terlalu menonjol, namun potensi alam yang dimilikinya tak kalah menarik untuk dieksplor. Udaranya yang masih sejuk dan terjaga kelestariannya, dikatakan turt andil dalam meningkatkan ketertarikan wisatawan untuk berkunjung. Dari sekian banyak destinasi wisata, Bukit Baros bisa menjadi alternatif terbaik ketika ingin mencari berbagai spot menarik.

Mengenal Lebih Dekat Bukit Baros

Image Credit: Wartawisata.id

Dibalik pesona alamnya yang menakjubkan, siapa sangka bila kawasan wisata ini dahulunya tidak cantik seperti sekarang. Sebab pada awalnya, lahan kosong ini difungsikan sebagai pabrik keju. Namun pada tahun 2017 lalu, tempat ini pun secara resmi diubah menjadi tempat wisata dan dapat dikunjungi oleh wisatawan umum. Sejak awal dibuka, antusias masyarakat sudah tinggi dan penasaran akan keindahannya.

Sejak dahulu produk keju dari Sukabumi memang sudah cukup terkenal, sehingga tidak heran bila kawasan ini dulunya merupakan sebuah pabrik. Bahkan kepopuleran keju yang diolahnya, membuat kota ini diangkat menjadi destinasi wisata. Wisatawan yang berkunjung ke pabrik tersebut, diberi kesempatan untuk bisa melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan keju dari awal hingga akhir.

Tak hanya melihat proses pembuatan keju, namun pengunjung yang beruntung diperbolehkan ikut serta dalam proses pembuatannya secara langsung. Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri, karena masyarakat umum bisa mendapatkan pengalaman dan ilmu baru saat berlibur. Dan tak lupa, mereka juga dipersilahkan untuk mencicipi keju olahan pabrik tersebut, serta menjadikannya sebagi buah tangan terbaik di masanya.

Mungkin bagi sebagian orang, pabrik bukanlah kawasan wisata yang bisa dinikmati. Namun pernyataan tersebut nampaknya kurang tepat, karena di pabrik ini justru pengunjung akan disuguhkan dengan pepohonan rindang nan menyejukkan. Usai belajar membuat keju, pengunjung bisa melepaskan penat di sekitar pabrik yang dikenal dengan pesona alamnya yang indah. Dijamin hari libur tidak akan membosankan, bahkan justru terasa lebih menyenangka.

BACA JUGA:  Devoyage Bogor, Kampung Eropa yang Instagramable & Lagi Hits!

Berbagai Spot Cantik & Wahana Seru Untuk Dicoba

Berbagai Spot Cantik & Wahana Seru Untuk Dicoba

Image Credit: Wisatabukitbaros.com

Selama berada di kawasan wisata ini, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan indah dari rindangnya pohon pinus yang menjulang tinggi. Karena alamnya masih terjaga dengan baik, tidak heran bila pengunjung bisa merasakan hawa sejuk nan menyegarkan khas pegunungan. Bahkan sinar mataharinya hanya bisa masuk lewat sela sela dedaunan, yang membuatnya tampak menarik untuk dijadikan sebagai spot berfoto.

Tak hanya menawarkan keindahan dari pepohonan pinus semata, disini pengunjung bisa duduk santai di bawah pohonnya karena rerumputannya tumbuh subur. Jika dilihat dari kejauhan, rerumputan tersebut bak karpet berwarna hijau segar yang digelar di tengah tengah hutan pinus. Perpaduan warna coklat dan hijaunya dedaunan dan rerumputan, berhasil memberikan kesan nyaman nan aman.

Bagi pengunjung yang ingin duduk santai di area tersebut, bisa memanfaatkan fasilitas berupa jaring tali bisa ditemukan di sela sela pepohonan. Dengan bantuan jaring tali tersebut, pengunjung pun bisa duduk santai ataupun terbaring di atasnya. Di dalam hutan pinus tersebut, pengunjung juga bisa menemukan rumah pohon yang terbuat dari kayu. Tersedia pula tangga tangga kecil menuju rumah kayu tersebut, bagi yang ingin melihat keindahan dari ketinggian.

Tak hanya berjalan jalan santai di sekitar hutan pinus, karena pihak pengelola menyediakan sebuah kolam renang. Jika diperhatikan, kolam satu ini memang tampak sederhana namun memiliki bentuk unik. Didesain menyerupai angka 8, dimana kolam ini bisa digunakan oleh anak anak karena tidak terlalu dalam. Karena berlokasi di perbukitan, maka air dalam kolam terasa dingin nan menyegarkan.

Agar tidak cepat bosan,pihak pengelola bahkan menyediakan berbagai spot menarik untuk menghasilkan foto kekinian. Dari sekian banyak spot cantik, benteng berwarna orange terang menjadi favoritnya. Benteng tersebut terdiri dari dinding batu dan terdapat sebuah kastil di bagian atasnya. Sebagai pemanis, tersedia beberapa pintu lebar yang bisa menjadi jalan masuk ke dalam benteng tersebut.

BACA JUGA:  10 Cafe Tempat Nongkrong di Garut Paling Hits

Bagi anda yang ingin menikmati pemandangan lebih puas, tidak ada salahnya untuk mencoba berkemah di area yang sudah disediakan. Satu tendanya bisa memuat hingga 3 orang dewasa sekaligus, sehingga sangat cocok jika datang secara rombongan. Di dalam tenda, sudah tersedia alas berupa matras empuk yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat. Kehadiran matras tersebut, juga membantu pengunjung agar tidak merasa kedinginan.

Di kawasan wisata ini pula, anda bisa melihat adanya perkebunan teh membentang luas khas daerah pegunungan. Kehadiran perkebunan teh tersebut, mampu menyegarkan pandangan sekaligus menenangkan pikiran. Tak hanya bisa memandangnya dari jauh, ternyata pengunjung diperbolehkan memasuki kawasan wisata dan mengambil gambar di sela sela tanamannya. Hanya saja, anda perlu berhati hati agar tidak merusak tanaman tersebut.

Selain kebun teh, pengunjung juga disuguhkan dengan kebun kopi yang lokasinya tak jauh dari perkebunan teh. Pengunjung juga diperbolehkan berfoto diantara kebun kopi, karena memang pemandangannya terlihat begitu indah. Warna merah dari biji kopinya sendiri, menambah kesan manis pada pepohonannya. Meski diperbolehkan berfoto sepuasnya, ada baiknya tidak meninggalkan sampah sedikitpun ataupun memetik biji kopi secara sembarangan.

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional Bukit Baros

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional Bukit Baros

Image Credit: Wisatabukitbaros.com

Mengetahui besaran harga tiket, merupakan hal sederhana namun cukup penting untuk diketahui. Dengan adanya informasi harga tersebut, pengunjung pun bisa memperkirakan banyaknya uang yang harus dipersiapkan untuk bisa menikmati pesona alam serta mencoba wahana seru. Dimana harga tiket ini, juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mengunjunginya di lain waktu atau tidak.

Sebenarnya harga tiket masuk menuju destinasi wisata ini dianggap tidak terlalu tinggi, karena setiap orang hanya perlu membayarkan sekitar 35 ribuan saja. Harga tersebut hanya berlaku pada hari senin sampai jum’at, sehingga perlu untuk menyiapkan dana tambahan apabila berkunjung di akhir pekan maupun saat musim libur tiba. Khusus untuk akhir pekan, pihak pengelola memberikan harga tiket masuk sekitar 45 ribuan per orangnya.

BACA JUGA:  Bukit Gronggong, Tempat Wisata Romantis di Kota Cirebon

Mulai beroperasi mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore setiap hari, dimana pengunjung bisa berlibur hingga puas di kawasan wisata tersebut. Tidak ada salahnya datang sejak destinasi wisata ini dibuka, mengingat banyaknya wahana seru yang bisa dicoba. Bagi pengunjung yang ingin menikmati view berbeda, dierbolehkan menginap di tempat yang sudah disediakan. Diharapkan membantu pengunjung mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan.

Lokasi Wisata Bukit Baros Sukabumi

Lokasi Wisata Bukit Baros Sukabumi

Image Credit: Wisatabukitbaros.com

Sudah menentukan akan berlibur ke destinasi cantik satu ini ? Silahkan cari lokasinya yang berada di Kampung Cihuis, RT 11 RW 04, Desa Sasagaran, Kecamatan Kebon Pedes, Kabupaten Sukabumi. Jika berangkat dari pusat kota Sukabumi menggunakan kendaraan pribadi, nampaknya jarak tempuh perjalanan kurang lebih 7 kilometer tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit agar sampai di lokasi.

Tersedianya berbagai spot cantik nan kekinian, tingkat kepopuleran Bukit cantik satu ini kian meningkat setiap tahunnya. Tak hanya sekedar mengabadikan foto semata, karena disini pengunjung akan ditawarkan dengan berbagai aktifitas seru yang bisa dicoba. Biaya yang harus dikeluarkan pun tidak akan menguras isi dompet, sehingga banyak diminati oleh wisatawan yang menyediakan budget terbatas.