Bukit Cinta Rawa Pening mempunyai pesona alam yang sangat mengagumkan di Ambarawa Semarang. Jajaran pegunungan menjadi latar belakang wisata yang menarik dan memiliki spot foto keren.

Lokasi: Kebondowo, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang.
Map: Cek Lokasi

Jawa Tengah menyimpan wisata alam yang patut diapresiasi pesonanya. Termasuk Bukit Cinta Rawa Pening yang keindahannya berhasil menarik perhatian wisatawan. Destinasi wisata ini cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan di tempat yang damai. Beberapa wahana yang tersedia juga aman untuk anak-anak. Ingin tahu keindahan lainnya? Simak ulasan berikut ini.

Legenda Mitos Bukit Cinta Rawa Pening

Legenda Bukit Cinta Rawa Pening
Image Credit: Twitter.com @adisarwono545

Berdasarkan cerita penduduk setempat, dulunya kawasan ini merupakan tempat pemantauan tumbuhan eceng gondok. Aktivitas tersebut berlangsung selama masa pemerintahan kolonial Belanda. Ketika Indonesia sudah merdeka, lahan tersebut beralih fungsi menjadi objek wisata alam dan menjadi tempat terbaik untuk mengisi waktu libur.

Dibalik keindahan Rawa Pening ada mitos yang beredar menyelubungi kawasan wisata ini. Konon cerita yang berkembang terdapat seekor ular naga yang menjadi penunggu area rawa. Ular raksasa tersebut menanti sang ibu untuk diakui sebagai anak, hingga badan ular melingkari sebuah bukit. Sayangnya belum sampai bertemu si ular sudah mati terlebih dahulu.

Berkat legenda ular naga inilah menginspirasi pengelola untuk membuat bangunan seperti ular naga. Anda bisa menjumpai bangunan tersebut di pintu masuk, yaitu bagian loket masuk yang berbentuk kepala ular. Sedangkan bagian ekor ular tampak seperti melingkari kawasan Rawa Pening. Bangunan ini juga kerap menjadi spot foto favorit para pengunjung.

Selain mitos ular naga, ada pula mitos lain yang beredar yaitu larangan datang bersama pasangan. Menurut masyarakat setempat bila pasangan tersebut belum menikah, maka hubungannya tidak akan langgeng. Namun mitos ini tidak menghalangi pasangan muda-mudi untuk berkunjung. Bahkan menjadi lokasi favorit untuk berkencan, itulah mengapa disebut sebagai Bukit Cinta.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Cinta Rawa Pening

Daya Tarik Bukit Cinta Rawa Pening
Image Credit: Twitter.com @ungaran_wisata

Rawa Pening merupakan salah satu objek wisata populer di Ambarawa. Kawasan ini direnovasi lebih modern oleh pengelola wisata, serta disediakan berbagai fasilitas bagus. Anda disuguhi dengan pemandangan alam yang memanjakan mata, sekaligus suasana asri dan damai cocok untuk tempat liburan bersama keluarga, teman, hingga pasangan.

Daya tarik utama Bukit Cinta terletak pada kawasan rawa yang begitu menarik hati. Anda akan disambut dengan hamparan rawa hijau yang ditanami tumbuhan eceng gondok. Tanaman tersebut ditata lebih rapi kemudian area rawa disulap sedikit modern. Sehingga area rawa terlihat sedap dipandang mata, serta menjadi magnet bagi wisatawan.

Rawa Pening dikelilingi oleh perbukitan hijau yang tampak segar dan menyejukkan. Dari rawa Anda bisa melihat pemandangan Bukit Brawijaya yang memanjakan mata. Ada pula jajaran Gunung Merbabu, Telomoto, serta Gajah Mungkur yang terlihat indah dari kejauhan. Belum lagi udara dingin khas pegunungan turut menemani Anda selama berlibur di tempat ini.

Di pintu masuk Anda akan menemukan taman cukup luas yang dikelilingi oleh pepohonan pinus. Jajaran pohon tersebut menjulang tinggi dan berfungsi sebagai payung, sehingga area taman teduh. Bagian tengah taman terdapat bangunan seperti aula, yang terkadang digunakan untuk agenda kontes kicau burung. Lomba ini biasanya berlangsung di antara bulan Mei-Juli.

Daya Tarik Bukit Cinta
Image Credit: Instagram.com @julianapratiwiasti

Area taman dilengkapi dengan kursi-kursi yang langsung berhadapan dengan bukit. Ada pula kursi yang terbuat dari semen dan beton, serta diletakkan di pinggir taman. Di sekitar taman juga terdapat wahana bermain anak, seperti ayunan hingga jungkat-jungkit. Bila ingin mengisi perut tinggal berjalan sebentar ke warung milik penduduk yang ada di dalam taman.

Di sebelah patung perut ular naga terdapat Museum Ikan, yang berisi aquarium dengan berbagai jenis ikan tawar dan hias. Sayangnya museum tersebut belum dikelola dengan baik, sehingga masih belum terlihat optimal. Rawa Pening juga memiliki banyak spot foto yang instagramable, jadi tak heran bila wisata ini digemari anak-anak muda.

Kawasan wisata Rawa Pening juga menyediakan pusat oleh-oleh khas daerah ini. Letaknya berada di sekitar taman bersebelahan dengan deretan warung makanan. Ada beragam pilihan oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang untuk buah tangan. Harganya sedikit lebih murah dibandingkan di luar area wisata, serta menyediakan berbagai jenis oleh-oleh.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Bukit Cinta

Harga Tiket Bukit Cinta
Image Credit: Google Maps (Adi Ahmad)

Untuk menuju lokasi wisata ini Anda bisa menggunakan beberapa jalur. Jika berangkat dari Salatiga-Ambarawa berarti langsung menuju ke jalan Lingkar Ambarawa. Setelah itu tinggal mengikuti papan penunjuk arah, lalu melalui jalan kecil beraspal sampai ke tujuan Bukit Cinta Rawa Pening. Akses jalurnya berupa jalanan desa yang sempit, jadi harap hati-hati bila menemui lubang-lubang kecil.

Sedangkan bila Anda masuk melalui Kecamatan Tuntang atau Kecamatan Banyubiru, maka butuh perjalanan kira-kira 5 kilometer. Lain cerita lagi jika lewat pintu masuk Kecamatan Ambarawa, lajukan kemudi hingga melintasi bukit di Banyu Biru. Setelah itu baru mengikuti petunjuk jalan menuju ke Bukit Cinta. Lokasi wisata tepat di tepi jalan sehingga mudah untuk ditemukan.

Jika berangkat dari pusat kota Semarang, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam. Kemudian ambil arah menuju Ambarawa yang melewati wilayah Bawen. Setelah berjumpa dengan monumen Palagan Ambarawa, maka arahkan kemudi kea rah kiri. Ikuti papan petunjuk jalan hingga tiba di Rawa Pening, setelah itu parkir kendaraan di lahan yang sudah tersedia.

Pengunjung akan dikenakan biaya masuk jika ingin menikmati keindahan wisata alam ini. Setiap wisatawan cukup membayar kurang lebih 15 ribu, baik hari biasa maupun saat libur dan weekend. Bagi yang membawa kendaraan wajib bayar retribusi parkir, untuk sepeda motor 2 ribu dan mobil 5 ribu. Anda cukup membayar tiket sekali lalu bisa mencoba semua wahana di dalamnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Cinta Rawa Pening

Aktivitas di Bukit Cinta Rawa Pening
Image Credit: Instagram.com @mimie_femi92

1. Menyusuri Spot-Spot Keren di Sekitar Bukit

Mulai dari pintu masuk kawasan Rawa Pening, Anda bakal disuguhi dengan patung dengan ornamen naga, gunung, dan anak kecil. Bisa dikatakan patung tersebut merupakan perwujudan Baru Klinting yang sedang mencabut lidi. Kemudian bentuk loket masuk unik berupa patung naga, yang memang gambaran kisah legenda tentang destinasi wisata ini.

Memasuki area sekitar rawa terdapat dermaga-dermaga kecil yang menjadi spot foto. Anda bisa bersantai disini sembari melihat pemandangan alam yang menawan hati. Dari jembatan kayu tersebut pengunjung bisa menyaksikan keelokan Rawa Pening sepuasnya. Ditambah penampakan gundukan Bukit Cinta Rawa Pening dengan latar pegunungan yang memesona.

2. Duduk Santai di Kursi Beton

Rawa Pening kini telah dirombak menjadi lebih modern, dan ditambahkan fasilitas berupa kursi-kursi beton. Tujuannya agar pengunjung dapat memandangi panorama perbukitan hijau sambil duduk. Anda juga dapat menikmati desiran angin pegunungan yang turut menyejukkan suasana. Di bangku beton ini Anda bisa mengambil foto dari sudut manapun.

3. Piknik Bersama Keluarga

Objek wisata ini cocok sebagai tempat berlibur untuk berbagai kalangan usia. Bila Anda datang bersama keluarga mengadakan piknik disini paling seru. Anda dapat menggelar tikar di area taman sambil menyantap hidangan bekal yang dibawa dari rumah. Pohon-pohon pinus yang tinggi membuat teduh lokasi piknik, jadi tak perlu khawatir terkena terik matahari.

Semilir angin yang sejuk akan menemani agenda piknik bersama keluarga. Hal tersebut tentunya membuat hati senang sekaligus menciptakan momen yang berkesan. Apabila tidak membawa bekal Anda bisa membeli makanan di warung-warung sekitar bukit. Menu makanannya tidak kalah lezat dengan rata-rata masakan khas Banyu Biru.

4. Keliling Rawa Naik Perahu

Menyusuri kawasan Rawa Pening mungkin bisa masuk dalam list aktivitas yang patut dicoba. Anda akan diajak naik perahu untuk menjelajahi rawa yang ditumbuhi tanaman eceng gondok ini. Khusus wisata perahu ini wisatawan dikenakan tarif sendiri, diluar dari biaya tiket masuk. Anda akan merasakan serunya menembus kumpulan daun eceng gondok.

Perahu ini dapat menampung kurang lebih 6 penumpang, dengan durasi perjalanan sekitar 30 menit. Wahana ini terjamin tingkat keamanannya, setiap penumpang wajib memakai pelampung. Perahu dikemudikan oleh nahkoda yang sudah berpengalaman, dan akan melakukan manuver-manuver yang membuat suasana gembira sekaligus tegang.

5. Koleksi Banyak Foto

Paduan alam yang mengagumkan dari Rawa Pening membuatnya punya spot-spot foto keren. Pengelola wisata sendiri sudah mendesain sedemikian rupa, supaya kawasan wisata tampak keren di kamera. Belum lagi background deretan gunung yang membuat panoramanya kian instagenic. Tujuannya agar pengunjung bisa mengambil foto untuk diunggah ke media sosial.

6. Belanja Oleh-Oleh

Bukit Cinta Rawa Pening menyediakan beberapa toko oleh-oleh, supaya wisatawan bisa berburu buah tangan lebih praktis. Anda akan menjumpai toko-toko yang menjual souvenir khas daerah serta makanan khas Ambarawa. Oleh-oleh tersebut bisa Anda bawa pulang mulai dari keripik udang, keripik kulit ikan, keripik ikan, hingga aneka souvenir cantik.

Penginapan Murah Dekat Dari Bukit Cinta Rawa Pening

Penginapan Dekat Bukit Cinta
Image Credit: Booking.com

Jika Anda terlalu lelah untuk kembali ke kota, Anda bisa mencari penginapan di sekitar wisata. Setelah melalui pintu keluar Anda dapat menemukan deretan akomodasi menginap yang memadai. Rata-rata penginapan tersebut sudah dibekali dengan fasilitas modern, sekaligus pelayanan terbaik. Ditambah suasana syahdu ala pegunungan membuat istirahat semakin nyaman.

Apabila kurang tertarik dengan fasilitas penginapan sekitar kawasan wisata, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke jantung kota. Di wilayah kota akomodasinya jauh lebih modern, apalagi sekelas hotel berbintang. Selain itu cenderung lebih dekat dengan pusat wisata kuliner yang menyajikan beragam menu.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Cinta Rawa Pening

Fasilitas di Bukit Cinta
Image Credit: Facebook.com @wisatajateng

Sebagai destinasi wisata yang lebih modern dibandingkan dulu, tentu pengelola sudah menyiapkan berbagai fasilitas yang memadai. Beberapa fasilitas tersebut diharapkan bisa memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Ada lahan parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan roda dua hingga beberapa kendaraan besar.

Begitu pula dengan kondisi toilet yang bersih dan harum, sehingga pengunjung tidak merasa canggung untuk buang hajat disini. Deretan warung-warung yang menjual makanan dan minuman tertata rapi, jadi enak saat dipandang mata. Selain itu ada pelayanan pusat informasi yang sigap untuk membantu para wisatawan, misalnya saat mencari rombongan.

Berkunjung ke Bukit Cinta Rawa Pening akan memberikan pengalaman liburan yang mengesankan. Anda bisa menikmati indahnya suasana alam yang masih asri, serta udara sejuk khas pegunungan. Tidak ketinggalan kawasan rawa yang tak akan jenuh meski dipandang berkali-kali. Sudah tertarik untuk berlibur disini?