Bukit Gronggong, Tempat Wisata Romantis di Kota Cirebon

Bukit Gronggong Cirebon

Lokasi: Patapan, Kec. Beber, Kab. Cirebon.
MapCek Lokasi

Sejak sedari dulu dikenal sebagai kota yang menyajikan berbagai destinasi wisata bersejarah, namun tidak berarti kota Cirebon tidak memiliki objek wisata khusus untuk para pemuda pemudi di mabuk cinta. Kehadiran Bukit Gronggong, ternyata menjawab pertanyaan tersebut dengan menyuguhkan pemandangan indah nan menawan. Penasaran bagaimana nuansa berada di sana? Simak ulasan berikut.

Daya Tarik Bukit Gronggong

Daya Tarik Bukit Gronggong

Image Credit: Iamgonnatellyoumystory.com

Berikan kesan romantis dan pemandangan alam menakjubkan, Gronggong seringkali menjadi saksi seorang pria melamar kekasih tercintanya. Bagaimana tidak, dimana pengunjung disuguhi dengan pemandangan alam di malam hari yang ditemani dengan gemerlap lampu dari kota Cirebon. Tentu saja letaknya yang berada di perbukitan, sangat memungkinkan untuk menyaksikan pemandangan kota di malam hari yang indah.

Di gelapnya malam, germerlap lampu tersebut bak bintang yang bersinar terang dan dapat menenangkan hati. Tak jarang destinasi wisata ini diburu oleh para pecinta fotografi, karena disebut sebagai spot terbaik untuk mendapatkan hasil jepretan malam hari yang terlihat menawan. Sedangkan sebagian pengunjung lainnya, lebih memilih untuk menikmati pemandangan sembari bercanda ria sembari menikmati jagung bakar yang dipesan.

Apakah ada fasilitas yang memadai agar pengunjung tidak saling berebut tempat duduk ? Tentu saja hal ini sudah dipikirkan matang oleh pihak pengelola, dimana tersedia tempat duduk khusus bagi pengunjungnya. Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan pengunjung dapat menikmati pemandangan dengan lebih nyaman dan tak berdesakan dengan pengunjung lainnya. Bahkan bangkunya sendiri, telah didesain dengan menyesuaikan kebutuhan pengunjungnya.

Tak jang lokasi ini menjadi saksi bisu, dimana seorang pria jantan melamar kekasih idamannya. Nampaknya kesan romantis yang dihadirkan oleh gelapnya malam dan gemerlap lampunya, sangat mendukung untuk mendapatkan kenangan indah bersama pasangan. Belum lagi dengan udara dingin khas pegunungan, dirasa mampu meluluhkan hati sang kekasih hati. Tunggu apa lagi, silahkan kunjungi bukit satu ini ketika ingin menyenangkan hatinya.

BACA JUGA:  20 Cafe Tempat Nongkrong di Bandung yang Paling Hits

Waktu terbaik untuk mengunjunginya yaitu malam hari, karena lampu lampu sudah mulai terlihat jelas di gelapnya langit malam. Namun tak jarang pula pengunjung bisa melihat bintang bintang menghiasi langit malam yang membuat pemandangan sekitarnya semakin menawan untuk dikenang. Sembari menikmati pemandangan tersebut, pengunjung bisa mencicipi aneka cemilan yang ditawarkan oleh para pedagang kaki lima.

Sangking indahnya pemandangan yang ditawarkan oleh bukit ini, tak jarang para pengendara yang awalnya hanya numpang lewat justru menghentikan mesinnya dan beristirahat disini. Ketika merasa puas melihat pemandangan, barulah mereka melanjutkan perjalanan kembali sembari membeli aneka camilan selagi dalam perjalanan menuju tujuan utama. Dijamin seusai pulang dari tempat ini, pikiran menjadi lebih rileks dan siap memulai hari selanjutnya.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Gronggong

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Gronggong

Image Credit: Patrolinews86.com

Bukit indah satu ini dibuka untuk umum dan dapat dikunjungi kapanpun diinginkan. Yang berarti pengunjung tidak kebingungan karena adanya batasan jam operasional, sehingga bisa berlama lama berada disana sambil menikmati semilir angin malam bersama orang tersayang. Bahkan pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sekitar 2 ribuan saja per orang, yang berarti tak perlu merogoh dompet terlalu dalam.

Namun bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir. Besaran harganya pun bervariasi, tergantung dari kendaraan yang digunakan untuk menuju lokasi wisata. Khusus untuk kendaraan roda dua akan ditarik tarif sekitar 2 ribuan saja, sedangkan kendaraan roda empat akan ditarik tarif sekitar 5 ribuan saja. Tentu saja harga tersebut sangat ramah di kantong, yang membuatnya senang dikunjungi wisatawan.

Saat berlibur ke lokasi ini, tak perlu repot sendiri dengan berbagai barang bawaan. Sebab destinasi wisata ini telah tersedia berbagai fasilitas, untuk menunjang aktifitas berlibur para pengunjungnya. Mulai dari area parkir, mushola, kamar mandi, serta rumah makan telah tersedia disini. Selama berada di bukit ini, pengunjung juga bisa melihat sederet rumah makan yang menawarkan kuliner lezat.

BACA JUGA:  Menikmati Keindahan Alam Pantai Kejawanan di Cirebon

Dari sekian banyak tempat makan yang tersedia, Rumah Makan Kelapa Manis bisa menjadi pilihan terbaik. Dikatakan sebagai tempat yang menyajikan pemandangan terbaik di Cirebon, banyak pengunjung yang kemudian tergiur untuk mendatangi tempat makan ini. Tak sulit untuk menemukannya, karena tampilannya yang terlihat eye cathing dan memiliki area parkir cukup luas. Dijamin pengunjung akan puas dengan layanan dan fasilitas yang diberikan.

Fasilitas yang Tersedia

Image Credit: Wixsite.com

Disini pengunjung akan disuguhkan dengan aneka menu lezat, dimana bisa dipilih sesuai dengan selera. Menu andalan yang direkomendasikan yaitu paket nasi liwet, dimana nasi ini terasa gurih karena diberi santan dan dilengkapi dengan lauk pauk yang menggugah selera. Menu andalan kedua yang tentu tak kalah lezat yaitu gurame, cumi, udang, ikan bakar, dan karedok. Saat pertama kali mencicipinya, dijamin pengunjung akan merasa ketagihan memakannya.

Selagi menikmati kelezatan hidangan yang diberikan, pengunjung akan dimanjakan dengan adanya kilauan cahaya yang berasal dari Kota Cirebon. Bahkan disini pengunjung dapat melihat pemandangan tersebut dengan jelas, ketika melihatnya dari lantai ke empat. Agar cahaya tersebut lebih jelas, sang pemilik memberikan pencahayaan remang remang. Belum lagi ditambah dengan ornamen kayunya, membuat pengunjung betah berlama lama disana.

Bagi anda yang ingin menikmati keindahan alamnya lebih lama sekaligus beristirahat, tak perlu kebingungan mencari tempat penginapan terbaik. Sebab disini tersedia hotel dan penginapan, yang bisa dipilih sesuai dengan budget yang dimiliki. Hal ini sangat menguntungkan bagi pengunjung, terutama bagi mereka yang jauh jauh dari kota sebelah hanya untuk menyaksikan pemandangan malamnya yang romantis.

Lokasi Wisata & Rute Menuju Bukit Gronggong

Lokasi Wisata & Rute Menuju Bukit Gronggong

Image Credit: Traveloista.co.id

Meski termasuk wisata alam, pengunjung tak perlu khawatir medan yang akan dilalui cukup berbahaya. Justru akses menuju lokasi wisata ini cukup mudah dan letaknya dianggap strategis. Apabila anda berasal dari luar kota atau lebih tepatnya dari arah Jakarta dan menggunakan kendaraan umum seperti bus ataupun elf, pastikan untuk turun di pintu keluar tol Kuningan agar bisa sampai di Bukit Gronggong.

BACA JUGA:  16 Tempat Makan di Karawang Paling Enak & Murah

Nanti dari pintu Tol tersebut, anda bisa menggunakan elf ataupun angkot yang mengarah ke Pasar Cilimus. Harga sewa elf dijamin tidak akan memberatkan pengeluaran, dimana setiap orang hanya ditarik dana sekitar 15 ribuan saja. Apabila ingin lebih hemat lagi, anda bisa menikmati pemandangan alam sekitar sembari berjalan kaki menuju lokasi wisata. Dengan trekking yang cukup mudah dan pemandangan tersebut, dijamin rasa lelah berjalan akan terbayarkan.

Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi, nampaknya menuju lokasi wisata ini tidaklah mengalami kendala apapun. Oleh karenanya anda bisa langsung mendatangi lokasi yang berada di Jalan Cirebon, Kuningan, Gronggong Ciperna, Kecamatan Cirebon Selatan, Jawa Barat. Apabila kesulitan menemukannya, anda bisa mengandalkan map yang tersedia di smartphone ataupun bertanya kepada warga sekitar.

Destinasi wisata satu ini, nampaknya harus masuk dalam agenda kunjungan ketika berada di kota Cirebon. Tawarkan pemandangan khas dari dataran tinggi dan ditemani hiasan lampu kelap kelip, sangat cocok dikunjungi bersama dengan pasangan. Dijamin nuansa romantis begitu kental terasa, yang membuat ikatan satu sama lain semakin erat. Lokasi wisata ini pun dikatakan sebagai spot terbaik, bagi anda yang ingin menikmati pemandangan alam Cirebon.