Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Jakan, Parseh, Kec. Socah, Kab. Bangkalan, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Selain di Jawa, Pulau Madura juga memiliki pesona wisata yang tidak kalah menarik. Seperti Kabupaten Bangkalan misalnya yang bisa menjadi pilihan anda untuk menghabiskan liburan. Dan Bukit Jaddih merupakan salah satu wisata andalan yang sayang untuk dilewatkan. Pesona yang dimilikinya membuatnya menjadi destinasi hits Bangkalan yang begitu kondang,

Sebenarnya, bukit yang saat ini menjadi wisata favorit ini merupakan peninggalan dari bekas pertambangan. Justru lubang lubang dari bekas galian tersebut menciptakan pemandangan yang berbeda. Menjadikan destinasi wisata Bukit Jaddih ini selalu diserbu oleh wisatawan karena keelokannya. Untuk mengintip lebih jauh pesonanya, anda bisa menyimak ulasan berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Jaddih

Daya Tarik Bukit Jaddih
Image Credit: Google Maps Cahyo Wiwoho

1. Memiliki Pemandangan Luar Biasa

Siapa yang menyangka jika bekas dari penambangan batu kapur ini akan menghasilkan pesona yang indah. Sebenarnya sampai saat ini masih ada beberapa bagian yang aktif menjadi lokasi tambang. Hanya saja penambangan tersebut berhasil memperluas area serta memiliki keindahan yang lebih menawan. Karena munculnya bukit bukit kapur yang baru dan terlihat bersih.

Bukit bukit putih ini ada beberapa yang sudah ditumbuhi lumut, membuat pemandangannya semakin eksotis. Awal keberadaannya memang belum banyak diketahui, barulah karena rasa penasaran seorang traveler keindahannya terbuka. Sang traveler memang memiliki hobi untuk mengeksplor tempat tempat baru, dan bertemu dengan Bukit Jaddih.

Pesona bukit kapur yang eksotis berpadu dengan waduk atau kolam kolam yang terbentuk pasca ditambang. Perpaduan antara genangan air dengan bukit bukit membuat panorama yang dihasilkan sangat luar biasa. Walaupun bukanlah destinasi wisata alam, karena terbentuk dari aktivitas manusia, tetapi tetap sayang untuk anda lewatkan.

2. Memiliki Sejarah yang Menarik

Selain pemandangan yang indah, bukit indah di Bangkalan ini juga memiliki cerita yang menarik di baliknya. Jika menilisik sejarahnya, ternyata Bukit Jaddih adalah bunker yang merupakan peninggalan Belanda. Dan difungsikan untuk menyimpan senjata dan kemudian dijadikan sebagai lokasi untuk menambang kapur, yang kini juga sudah berubah menjadi wisata.

3. Banyak Aktivitas yang Ditawarkan

Tenang saja, liburan ke Bukit Jaddih nan indah ini tidak akan membuat anda bosan. Karena semakin hari semakin dikembangkan dengan penambahan wahana wisata. Hal ini terlihat dengan adanya kolam renang yang membuat wisatawan bisa berenang. Kolam dengan air berwarna hijau kebiruan ini menjadi daya tarik tersendiri, sangat cantik berpadu dengan bukit putihnya.

Aktivitas liburan yang ditawarkan juga sangat beragam. Membuat alasan kuat, bahwa tidak lengkap rasanya ke Bangkalan tanpa singgah di bukit kapur yang indah ini. Di danau biru yang terbentuk, pengunjung juga bisa memanfaatkan untuk menyeberanginya dengan rakit yang ada. Yang jelas, anda bisa melakukan banyak hal ketika liburan ke wisata hits Bangkalan ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Jaddih
Image Credit: Google Maps Cahyo Wiwoho

Alamat Bukit Jaddih terletak di Desa Jaddih, Kec. Socah, Bangkalan. Anda harus menempuh perjalanan sekitar 10 km dari pusat Kota Bangkalan, Jawa timur. Sementara anda membutuhkan jarak sekitar 28 km jika dari kota Surabaya. Perjalanan tentu akan semakin cepat dengan melewati Jembatan Suramadu. Untuk menjangkau wisata hits di Bangkalan ini tidaklah sulit.

Rute perjalanan dimulai dari Surabaya, anda bisa langsung menuju ke arah jembatan Suramadu. Kemudian arahkan kendaraan anda belok kanan setelah lewat jembatan. Nantinya akan melalui Jalan Raya Labang, ikuti jalan yang ada sampai akhirnya tiba di Jalan Raya Jaddih Parseh. menggunakan GPS juga bukanlah ide yang buruk untuk menjangkau wisata Bangkalan ini.

Kendaraan roda dua maupun roda empat bisa digunakan untuk menuju Bukit Jaddih ini. Namun pastikan anda selalu berhati hati ketika melalui jalur di jembatan Suramadu. Pastikan jika kendaraan dalam kondisi yang prima, mendekati lokasi jalurnya mulai terjal. Tetapi tenang saja, masih bisa dilewati dengan kendaraan dan harus berhati hati.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Bukit Jaddih
Image Credit: Google Maps Erwin Avianto

Menikmati pesona bukit kapur di Madura ini tidak perlu merogoh dalam kocek anda. Harga tiketnya masih terbilang ramah untuk kantong. Harga Tiket masuk Bukit Jaddih sekitar Rp 5.000 untuk setiap orangnya. Pengunjung sudah bisa menikmati setiap sudutnya dengan bebas setelah membayar biaya tersebut. Harga tiket masuk masih belum termasuk tarif parkir.

Tarif parkir dibanderol mulai Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat. Baik harga tiket masuk maupun harga tarif parkirnya bisa berubah kapanpun. Sementara untuk jam operasionalnya mulai dari pukul 07.00 sampai dengan 18.00 WIB. anda bisa berkunjung setiap hari dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Waktu paling tepat untuk berlibur adalah ketika pagi dan sore hari. Mengingat masih menjadi pertambangan yang aktif, jika anda siang hari tentu akan sangat terik. Tidak ada pepohonan yang bisa dijadikan tempat berteduh. Jika ingin suasana yang lebih tenang, anda juga bisa datang ke bukit cantik ini saat hari biasa dibandingkan saat musim liburan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Jaddih

Kegiatan Menarik Bukit Jaddih
Image Credit: Google Maps doddy firman rahmadi

1. Menikmati Keindahannya

Kegiatan yang pasti akan dilakukan wisatawan adalah menikmati keindahan dari bukit kapur hits di Madura ini. Bukit-bukit yang terbentuk dari penambangan memang menghasilkan keindahan tersendiri. Belum lagi ada juga goa yang bisa anda jelajahi dengan tangga kapur yang estetik. Masyarakat sekitar memang sudah mengelola kawasan wisata ini dengan lebih baik lagi.

Semua keindahannya akan siap membuat anda jatuh hati. Apalagi jika bersanding dengan waduk yang warnanya biru kehijauan. Oleh pengelola waduk ini juga difungsikan seperti danau. Karena keindahan yang disuguhkan, beberapa memberikan julukan sebagai Cappadocian Madura. Aktivitas menikmati keindahannya tentu tidak akan dilewatkan.

2. Berenang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Bukit Jaddih juga memiliki kolam renang yang terhampar luas. Anda akan merasakan sensasi berbeda berenang di antara bukit bukit kapur yang megah. Kolam besar ini memiliki kedalaman yang berbeda. Warnanya yang biru juga membuat pesona bukit hits Bangkalan ini semakin terlihat jelas.

Kegiatan berenang menjadi lebih menyenangkan karena ada beberapa seluncuran yang bisa dimanfaatkan. Memang saat ini masih belum dilengkapi dengan waterboom, tetapi pemandangan sekitar akan membuat anda merasa lebih puas. Gunung batu seakan menjadi benteng yang mengelilingi area kolam renangnya. Di waktu tertentu juga akan disuguhkan pertunjukkan musik.

3. Menyusuri Danau dengan Perahu

Memang ada beberapa area di Bukit Jaddih yang membentuk seperti sebuah danau. Airnya terlihat kehijauan tetapi cukup bersih. Setelah resmi dibuka sebagai wisata, danau yang terbentuk juga menjadi spot yang sayang dilewatkan. Wisatawan bisa mencoba untuk berperahu mengelilingi area danau tersebut.

Menariknya perahu yang digunakan adalah rakit tradisional yang siap memberikan pengalaman yang berbeda. Dalam satu rakit, bisa diisi oleh 6 hingga 7 orang secara bersama sama. Membawa keluarga atau teman pasti akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan. Tenang saja wahana wisata di bukit kapur ini terbilang aman.

Nantinya anda akan ditemani oleh operator yang mengoperasikan rakit tersebut untuk berkeliling danau. Selama anda berkeliling danau, anda juga bisa meminta untuk berhenti agar bisa mengambil foto yang diinginkan. Para pemilik rakit atau perahu juga menghiasi rakit mereka menjadi lebih cantik dengan dekorasi dekorasi yang unik.

Kegiatan Menarik di Bukit Jaddih
Image Credit: Google Maps 鄭安呈

4. Mencoba Flying Fox

Tidak hanya bisa mengelilingi area danaunya dengan rakit atau perahu, pengunjung juga bisa meluncur dari ketinggian. Memang saat ini sudah ada beberapa spot wisata tambahan seperti flying fox. Aktivitas liburan di Bukit Jaddih ini tentu sangat seru sekaligus menantang adrenalin anda. dari atas anda bisa melihat pemandangan bukit kapur yang lebih indah.

5. Berburu Foto Instagramable

Jika ingin mencari foto foto yang instagramable, maka bukit kapur yang indah ini menjadi tujuan yang tepat. Karena memang ada banyak spot yang bisa anda jadikan lokasi untuk mengambil foto. Rasanya ada yang kurang jika anda tidak mengabadikan setiap momen selama berada di bukit kapur ini. Anda bisa memilih spot yang anda inginkan, seperti gua gua kecil yang ada.

Atau bisa juga di sekitar bukit dengan latar belakang danau hijaunya. Kemudian anda juga bisa mengunjungi area bunker untuk mengambil foto. Tidak jarang ada yang mengambil foto untuk prewedding dengan berbagai tema. Pastikan anda menyiapkan kamera terbaik anda dengan memori yang melimpah. Dengan begitu semua foto di Bukit Jaddih bisa anda simpan leluasa.

6. Berburu Oleh-Oleh

Bagi anda yang berasal dari luar kota, pastikan anda tidak lupa untuk membawa buah tangan keluarga di rumah. Di kawasan wisata Bukit Jaddih ini, anda bisa menemukan pusat oleh oleh yang ada di Goa Pote. Mulai dari makanan, baju serta souvenir khas Madura bisa anda temukan dan di borong untuk keluarga atau kerabat di rumah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bukit Jaddih
Image Credit: Google Maps Henry Eko

Walaupun termasuk destinasi yang baru, namun nama Bukit Jaddih sudah banyak yang mengenalnya. Wisata favorit ini memanjakan pengunjung dengan pesona alamnya dan juga fasilitasnya. Anda bisa menemukan area kendaraan yang begitu luas. Kendaraan anda bisa tetap aman dengan penjaga, selama anda liburan di sekitar bukit hits ini.

Kemudian anda juga akan menemukan loket yang juga berfungsi untuk pusat informasi. Pengunjung bisa mendapatkan banyak informasi di loket nantinya. Bukan hanya itu, anda juga akan menemukan toilet umum yang memadai dan bersih. Bagi anda yang beragama muslim tidak akan kesulitan untuk beribadah, karena terdapat mushola yang bisa digunakan.

Anda juga bisa berburu oleh oleh dengan mengunjungi warung warung wisata. Warung warung ini tidak hanya menawarkan buah tangan, tetapi juga bisa sekalian mencicipi aneka makanan atau makanan ringan. Harga yang ditawarkan juga masih ramah kantong. Kehadiran tempat duduk maupun gazebo juga dimanfaatkan untuk anda beristirahat.

Bukit Jaddih memiliki area camping ground yang memungkinkan wisatawan untuk berkemah di area sekitarnya. Tentu saja area camping ini berada di kawasan yang aman. Bisa menjadi pilihan jika ingin berlama lama menikmati keindahan alamnya. Jangan lupakan fasilitas berupa waterpark maupun spot fotonya yang juga tidak kalah melimpah.

Liburan di wisata hits Madura ini tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda. Namun harus berhati hati, karena sampai saat ini proses penambangan masih tetap berjalan. Tidak jarang anda juga akan menemukan mobil dengan muatan berat. Liburan ke Bukit Jaddih yang cantik ini juga harus membawa topi ataupun payung karena terbilang panas.

REKOMENDASI DESTINASI