Berenang Sambil Menikmati Keindahan Alam Bukit Kacapi di Tasikmalaya

Bukit Kacapi Tasikmalaya

Lokasi: Kurjati, Tanjungkarang, Kec. Cigalontang, Kab.Tasikmalaya
MapCek Lokasi

Sejak dahulu, kabupaten Tasikmalaya terkenal akan kebun tehnya yang terlihat indah menawan. Tak hanya menghasilkan daun teh terbaik, namun kebun hijau nan luas satu ini juga dijadikan sebagai objek wisata menarik untuk dikunjungi. Sejak pertama kali menapakkan kaki disini, pengunjung akan dibuat takjub dengan pesona alamnya yang menyejukkan mata. Daripada penasaran, simak saja ulasan satu ini sampai selesai.

Aktifitas Menarik Ketika Berada di Bukit Kecapi

Image Credit: Facebook.com @Bukitkecapi10

Spot utama yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke lokasi ini, yaitu hamparan perkebunan teh yang terbentang luas di depan mata. Tempat ini pun semakin populer, sejak banyak wisatawan yang mengunggah berbagai foto ciamik dari pemandangan di kebun ini. Dari sinilah, kebun teh ini pun kerap dipadati wisatawan terutama ketika musim liburan ataupun akhir pekan. Di sisi lain, warga  mendapatkan keuntungan dari hasil berjualan di sekitar lokasi wisata.

Ternyata keindahan alamnya yang begitu memukau, berhasil menghipnotis banyak orang untuk mengunjunginya. Dengan pengambilan gambar yang tepat, anda bisa mendapatkan hasil jepretan kekinian yang banyak diunggah di sosial media. Ditambah lagi dengan udaranya yang sejuk karena berada di ketinggian 950 mdpl, bukit ini kerap kali ditutupi kabut tipis dan dianugrahi tanah yang subur. Tidak heran bila hambaran hijaunya tanaman dengan mudah ditemukan.

Jika dilihat dari kejauhan, pengunjung dapat melihat pegunungan sejajar yang tampak gagah nan menawan. Coba perhatikan dengan seksama, pegunungan tersebut bak benteng pertahanan namun terlihat indah. Bahkan kepopulerannya sejak tahun 2015 lalu, hingga kini masih belum surut dikunjungi sebagai tujuan wisata alam terbaik. Padahal sebelumnya lokasi ini adalah milik pribadi, yang keberadaannya hanya diketahui oleh masyarakat sekitarnya saja.

BACA JUGA:  Taman Buaya Indonesia Jaya, Penangkaran Buaya Terbesar di Asia

Jangan terlena dengan melihat pemandangannya saja, sehingga lupa untuk mengabadikan momen selama berlibur kesana. Pengunjung dapat berswafoto hingga puas, karena diperbolehkan memasuki area kebun secara bebas. Pose yang cukup populer dilakukan, yaitu berdiri di jalan setapak ataupun tenggelam di tengah hamparan kebunnya. Dengan pengambilan angle yang tepat, dipastikan hasil jepretan sesuai dengan yang diinginkan.

Apabila pengunjung datang lebih pagi, kemungkinan dapat bertemu dengan para pemetik teh yang mengenakan topi lebar. Dimana mereka menggendong sebuah keranjang berukuran besar di belakang punggungnya, yang ternyata berisikan daun teh berkualitas yang siap diolah. Pada saat itulah, anda bsia menikmati pemandangan alam terlihat semakin indah dengan perpaduan kearifan lokal.

Aktifitas Menarik Ketika Berada di Bukit

Image Credit: Tasikeksis.blogspot.com

Sebagai pengunjung yang baik, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan ketika berada di area wisata ini. Meski diperbolehkan masuk dengan bebas, bukan berarti bisa melakukan semua hal sesukanya. Jangan lupa untuk membuang sampah di tempatnya dan tidak merusak perkebunan yang terlihat cantik ini, sebagai bentuk menghargai masyarakat yang sudah bersusah payah merawatnya sejak dahulu.

Puas menjelajahi bukit teh, kini saatnya sedikit bergeser ke objek wisata lain yang tak kalah menarik untuk dicoba. Siapa sangka diantara hamparan perkebunan teh, terdapat sebuah kolam renang yang menawarkan kesegaran air khas dataran tinggi. Tentu saja fasilitas ini jarang ditemukan di tempat lain, sehingga anda tidak boleh melewatkannya begitu saja. Belum lagi dengan airnya yang tampak jernih dan tidak berkaporit, seakan menggoda pengunjung untuk berenang.

Tersedia dua kolam dengan kedalaman yang berbeda, dimana kolam utamanya memiliki kedalam mencapai 1,5 meter sedangkan kolam satunya berukuran lebih kecil dengan kedalaman lebih dangkal. Bayangkan saja, kapan lagi berenang di kolam renang yang dikelilingi hamparan perkebunan teh. Apabila tidak terlalu pandai berenang, ada baiknya mengambil kolam yang tidak terlalu dangkal demi keselataman.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata Instagramable di Bandung Paling Hits

Hal paling asyik yang bisa dilakukan di daerah dengan suhu sejuk, yaitu menyantap makanan dan minuman hangat. Ternyata impian tersebut dapat terwujudkan, mengingat banyaknya penjual yang menawarkan aneka makanan hangat serta camilan untuk memuaskan perut yang keroncongan. Mulai dari aneka gorengan, batagor, mie ayam, hingga nasi liwet dengan mudah ditemukan di sekitar lokasi wisata.

Harganya pun dirasa cukup bersahabat dengan kantong, sehingga anda bisa membeli tanpa perlu takut kekurangan uang. Meski harganya cukup ekonomis, rasa yang ditawarkan dapat memuaskan lidah anda. Sebagai teman makan yang terbaik, beberapa jenis minuman hangat pun tersedia disini. Mulai dari teh hingga kopi instan pun tersedia, untuk menghangatkan tubuh di cuaca yang terasa dingin.

Liburan ke kebun teh akan semakin menyenangkan, dengan adanya berbagai fasilitas pendukung. Karena tempat ini dilengkapi dengan kolam renang, maka pihak pengelola pun telah menyediakan ruang bilas khusus dan toilet yang bersih nan wangi. Area parkir pun cukup luas, sehingga kendaraan tidak perlu terlalu berdempetan terutama saat jumlah penunjung sedang padat padatnya.

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Bukit Kacapi

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Bukit Kacapi

Image Credit: Hayutravelling.blogspot.com

Menawarkan keindahan alam yang memukau, ternyata pengunjung tidak akan ditarik dengan tarif tiket masuk yang mahal. Bahkan dapat dikatakan harga tiketnya cukup ramah dikantong, dimana setiap orang hanya perlu membayarkan sekitar 7 ribuan saja. Tentu saja harga tersebut dirasa tidak sebanding dengan panorama yang bisa dinikmati hingga puas, namun banyak masyarakat yang kemudian tertarik untuk mengunjunginya.

Selain membayarkan tiket masuk, setiap pengunjung yang datang menggunakan kendaraan pribadi akan dikenakan biaya tambahan untuk parkir. Khusus untuk kendaraan roda dua akan ditarik tarid sekitar 2 ribuan, sedangkan untuk kendaraan roda empat akan dikenakan tarif sekitar 4 ribuan saja. Dengan membayarkan tarif tersebut, kendaraan akan dijaga dengan baik oleh para tukang parkir yang bertugas.

BACA JUGA:  Mengintip Keindahan Alam Cadas Gantung di Majalengka

Namun besarnya tarif yang ditawarkan ada kemungkinan berubah sewaktu waktu, terutama ketika menjelang libur panjang maupun akhir pekan. Sebagai langkah antisipasi, silahkan membawa uang lebih agar tetap bisa masuk ke kawasan wisata kebun teh tersebut. Jam berapa tempat ini sudah mulai peroperasi ? Pengunjung dapat menikmati kesegaran udara khas perbukitan sejak pagi, yaitu mulai dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore.

Rute Menuju Lokasi Objek Wisata Bukit Kacapi

Rute Menuju Lokasi Objek Wisata Bukit Kacapi

Image Credit: Facebook.com @Bukitkecapi10

Tertarik untuk mendatangi hamparan hijau nan segar ini ? Tunggu apa lagi, silahkan langung meluncur ke Desa Tanjungkarang, Kecamatan Cigalontang, kabupaten Tasikmalaya. Apabila berangkat dari kota Tasikmalaya sendiri, setidaknya anda akan menempuh perjalanan sekitar 65 km. Hanya saja akses menuju lokasi masih sedikit rumit, lantaran masih minimnya papan penunjuk jalan untuk mempermudahkan pengunjung dari luar daerah.

Bagi anda yang mabuk darat, mungkin perjalanan menuju lokasi akan menjadi tantangan terberat. Mengingat lokasinya yang memang berada di daerah perbukitan, maka jalan yang akan dilalui cenderung berkelok kelok dan banyak tanjakan dan turunan tajam. Namun hal tersebut dapat diredakan dengan melihat pemandangan dari jendela, dimana terlihat hamparan hijau yang dapat menyejukkan siapapun yang melihatnya.

Bosan dengan pemandangan khas kota padat, kebun teh satu  ini bisa menjadi pelarian terbaik untuk menemukan kedamaian sejenak. Bahkan sebelum sampai di lokasi utama, pengunjung akan melewati jalan berlika liku yang menjadi penambah keseruan berwisata. Sebagai pelengkapnya, ada sebuah kolam renang yang bisa digunakan oleh pengunjung yang ingin menikmati kesegaran air khas perbukitan.