Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Bukit Klangon merupakan sebuah destinasi wisata di Sleman, Jogja yang mengangkat keindahan alam sebagai daya tarik utamanya. Kawasan ini termasuk di dataran tinggi sehingga memiliki udara yang sejuk. Cocok sekali jika tujuan anda datang ke Jogja adalah untuk bersantai dan melepas penat setelah sekian lama bekerja.

Bukit cantik ini awalnya terkenal melalui media sosial. Banyak anak muda yang memposting pengalamannya di bukit ini melalui instagram, twitter, dan facebook. Alhasil, semakin banyak netizen yang penasaran dengan panoramanya dan melihat kemegahan merapi dengan lebih dekat. Meskipun ramai, namun anda tidak perlu khawatir karena lokasinya cukup luas. Sayang sekali jika anda tidak mampir ke bukit ini saat berkunjung ke jogja.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Klangon

Daya Tarik Bukit Klangon
Image Credit: Instagram REKOMENDASI TEMPAT PIKNIK SERU

1. Keindahan Alamnya yang Menakjubkan

Daya tarik utama yang semangat orang orang penasaran dengan Bukit Klangon adalah keindahan alamnya yang sangat mekau. Dapat dipastikan, bahwa anda tidak akan kehabisan background atau objek untuk difoto. Sepanjang mata memandang, anda akan melihat lanskap yang luas dan penuh dengan pepohonan.

Semak semak yang ada disana juga terlihat istimewa. Keberadaan mereka seakan menjadi bagian dari megahnya bukit ini. Meskipun cantik, anda tidak boleh memetik bunga sembarangan di spot tersebut. Sangat disayangkan jika spot tersebut menjadi rusak karena tangan tangan jahil milik pengunjung yang tidak bertanggung jawab.

2. Dikenal Sebagai Spot Piknik

Bukit Klangon adalah sebuah bukit yang memang sudah dibuka untuk umum. Alahsil, banyak sekali fasilitas penunjang yang memadai. Bahkan spot tersebut dikenal sebagai destinasi terbaik untuk camping. Lantas bagaimana dengan barang barangnya? Anda tidak perlu khawatir karena kendaraan bisa masuk dan mengakses spot tersebut dengan mudah.

Terikat dengan makanan dan warung juga bukan menjadi masalah. Di sebelah timur parkiran, anda akan menemukan banyak sekali warung. Apabila perbekalan nya habis, anda bisa membelinya di sana. Piknik anda dan keluarga pasti teras anyaman, karena fasilitas yang sudah lengkap. Cukup mengasyikkan jika anda menyantap hidangan lezat ditemani dengan pemandangan yang cantik.

3. Menjadi Spot Terbaik Melihat Kemegahan Merapi

Orang yang pertama kali berkunjung ke Jogja pasti merasa penasaran dengan kemegahan gunung merapi. Gunung yang berada di bagian tengah pulau jawa ini memiliki sejarah yang panjang. Sisi lerengnya menjadi sumber penghidupan masyarakat setempat, yang berprofesi sebagai petani. Udaranya yang sejuk sangat cocok untuk menanam berbagai jenis veggie.

Bagi anda yang penasaran bagaimana keindahan merapi, langsung saja merapat ke Bukit Klangon. Destinasi ini dikenal sebagai gardu pandang merapi. Artinya, anda dapat melihat kemegahan gunung tersebut dengan lebih jelas. Sangat disayangkan jika pengalaman semacam ini dilewatkan begitu saja.

Image Credit: Instagram bukit Klangon dan info merapi

4. Track Downhill

Kawasan perbukitan memang cocok digunakan sebagai lokasi downhill. Siapa sangka jika ternyata bukit estetik ini menjadi bagian dari lintasan jalur sirkuit downhill sepeda gunung. Oleh karena itu, anda tidak perlu kaget jika melihat banyak pecinta olahraga downhill berkumpul di sana. Bahkan kabarnya, lintasan tersebut adalah yang terbuka di Yogyakarta.

Apabila anda adalah anggota klub downhill, pihak pengelola bukit ini membuka kesempatan jika anda ingin menggelar perlombaan. Anda yang datang sendirian juga bukan masalah, karena siapapun boleh menggunakan jalur tersebut untuk memacu adrenalin. Anda akan merasa bebas dari beban setelah menjajal olahraga ekstrim yang satu ini.

5. Camping Ground

Keberadaan camping ground di Bukit Klangon menjadi daya tarik yang sangat disukai anak muda. Tidak dapat dipungkiri jika bintang bintang indah di malam hari menjadi magnet utama yang membuat mereka tertarik. Anda bebas membangun tenda di mana saja, asalkan masih dalam area yang diijinkan. Namun perlu diingat bahwa tidak ada fasilitas sewa.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Klangon
Image Credit: Google Maps Edy Bonsai Lover

Perjalanan untuk sampai di Bukit Klangon cukup mudah. Apabila anda saat ini ada di titik nol yogyakarta, maka arahkan kendaraan anda ke utara sampai menemukan jalan Kaliurang. Teruskan perjalanan sehingga anda sampai di jalan pamungkas. Tidak jauh dari sana terdapat pertigaan. Sesampainya di sana, arahkan kendaraan untuk ke Jalan Grogolan.

Perjalanan anda akan segera usai, setelah anda berhasil menemukan pertigaan. Ambil saja rute lurus ke jalan pasar butuh. Ikuti jalan tersebut, hingga anda sampai di bukiit klangon. Apabila masih merasa kesulitan, tidak ada salahnya jika anda menggunakan bantuan google maps. Langkah ini lebih praktis, dibandingkan jika anda harus mencari alamatnya dengan bertanya kepada warga lokal.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Bukit Klangon
Image Credit: Google Maps menyang jogja

Bukit Klangon sejatinya layak disebut sebagai destinasi wisata terbaik di jogja. Mengapa? Karena spot seindah ini tidak ada tiket masuk maupun jam buka. Anda boleh mampir ke sana jam berapapun. Namun sejauh ini, di sore dan pagi harilah yang paling ramai. Wisatawan yang hendak camping sering sekali datang di sore har. Dengan begitu, mereka mendapat momen sunset dan sunrise.

Meskipun tidak ada retribusi masuk, namun anda bisa membayar seikhlasnya di spot yang telah ditentukan. Lantas berapa biaya parkit yang dibutuhkan? Untuk mobil harganya adalah 5.000 rupiah, sedangkan untuk sepeda motor adalah 2,000 rupiah. Namun perlu anda ketahui, informasi terkait dengan harga ini bisa saja berubah, tergantung dengan kebijakan yang diberikan oleh pemerintah dan pihak pengelolanya.

Yang jelas, harga untuk masuk ke spot tersebut tidak akan melonjak jauh. tidak heran jika kemudian spot ini sangat populer. Destinasi ini cocok bagi anda yang hendak berlabuh dengan budget minim. Meskipun gratis, namun panorama nya benar benar juara. Siapa saja yang melihatnya pasti merasa sangat tertarik.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Klangon

Kegiatan Menarik Bukit Klangon
Image Credit: Google Maps Ja Va

1. Bersantai dan Menikmati Pemandangan

Aktivitas pertama yang pasti dilakukan setiap orang yang datang ke Bukit Klangon adalah bersantai dan menikmati pemandangan. Sangat disayangkan jika anda tidak meluaskan pandangan untuk menjangkau landskap yang luas. Menurut sebuah penelitian, melihat pemandangan alam terbukti dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Pikiran yang nyaman dan tenang menjadi kunci tubuh yang prima. Tidak heran jika banyak sekali dokter yang mengusulkan pasiennya untuk berkunjung ke tempat wisata alam untuk mempercepat kesembuhan. Lantas sudah tahukah anda jika melihat pemandangan juga berdampak baik untuk mata? Ternyata aktivitas sederhana ini dapat mengatasi mata lelah.

2. Berfoto Ria Bersama dengan Keluarga

Kamera menjadi perlengkapan utama yang harus dibawa saat berlibur. Meskipun sedikit menyulitkan, namun benda tersebut dapat mengabadikan momen berharga anda dengan lebih baik. Anda juga bisa sekalian mengembangkan hobi fotografi. Setibanya di spot ini, anda akan disambut dengan panorama yang memukau dan mengesankan.

Apabila tidak membawa kamera, tidak ada salahnya jika anda menggunakan fasilitas yang ada di smartphone. Saat ini kamera dari ponsel sudah sangat maju, sehingga hasil jepretannya terlihat indah dan jernih. Asalkan tahu cara memfoto yang baik, maka hasil yang didapat juga akan terlihat estetik. Hasil test tersebut dapat anda posting di akun medsos sebagai kenang kenangan.

3. Menjajal Olahraga Downhill

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa Bukit Klangon merupakan spot downhill terbaik di Jogja. Berkaitan dengan hal ini, tidak ada salahnya jika anda menggunakan destinasi tersebut untuk memacu adrenalin. Namun perlu diingat, bahwa olahraga downhill sangat berbeda dengan bersepeda santai. Medan berupa bukit perlu tenaga ekstra untuk ditaklukkan.

Apabila tertarik untuk melakukannya, pastikan anda membawa perlengkapan pengaman hang lengkap. Beberapa perlengkapan yang wajib ada adalah helm, pelindung siku, dan pelindung lutut, gunakan pula sepatu yang nyaman dan anti selip agar dapat mensupport tubuh anda dengan baik. Selain itu, berangkatlah berdiam dengan rombongan agar tidak sendiri dan menyusuri bukit yang luas.

Kegiatan Menarik di Bukit Klangon
Image Credit: Instagram bukit Klangon dan info merapi

4. Piknik Singkat

Menyantap makanan yang dibawa dari rumah di bukit yang indah adalah belah kegiatan yang menyenangkan. Bawa pula tikar atau alas agar anda dan keluarga bisa duduk dengan nyaman. Meskipun sederhana, aktivitas tersebut sangat disukai oleh anak anak. selagi ada di jogja, tidak ada salahnya jika anda menjajal kegiatan yang satu ini.

Kendaraan anda juga bisa masuk ke area bukit sehingga cukup mudah untuk mengambil barang. Namun untuk berjaga jaga, lebih baik gunakan tas berukuran besar untuk menyimpan berbagai keperluannya. Langkah ini jauh lebih nyaman, karena anda tidak perlu riwa riwi mengambil barang dari mobil. Dengan begitu, anda bisa piknik dengan lebih nyaman.

5. Camping

Selain dikenal sebagai spot downhill dan piknik, Bukit Klangon juga dikenal sebagai tempat terbaik untuk camping. Di sana, anda bisa menikmati suasana malam bersama dengan keluarga atau teman teman. Namun untuk melakukannya, anda perlu membawa setiap perlengkapannya secara mandiri. Di sana tidak ada jasa sewa alat camping yang bisa membantu.

Ngomong ngomong soal camping, anda perlu memastikan diri untuk bangun sebelum matahari terbit. Kabarnya, bukit ini menjadi tempat paling cocok jika anda hendak melihat sunrise. Semburat cahaya keemasan yang berpadu dengan hijaunya hamparan hutan dan pegunungan terlihat sangat memukau. Momen tersebut akan semakin lengkap jika ditemani dengan segelas teh hangat.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Bukit

Fasilitas Bukit Klangon
Image Credit: Google Maps Ayo Dolan Indonesia

Setiap destinasi wisata pasti memiliki standar fasilitas yang berbeda beda. apabila memutuskan untuk berlibur di alam, maka anda tidak boleh berekspektasi terlalu tinggi terhadap fasilitasnya, Meskipun tidak mewah, namun di spot tersebut masih terdapat toilet umum, tempat parkir, mushola, warung makan, porter sepeda, dan gazebo.

Anda bebas menggunakan fasilitas tersebut selama menghabiskan waktu di Bukit Klangon. Namun tetap satu yang perlu diingat, jangan sampai anda membuang sampah atau merusak fasilitas yang ada, karena dapat membuat pengunjung lain merasa tidak nyaman. Diantara tempat tempat yang disebutkan tadi, spot warung makanlah yang tidak pernah sepi area muda mudi yang nongkrong.

Disana juga tersedia berbagai macam makanan ringan yang cocok disantap untuk mengganjal perut. Namnun sebelum memakannya, lebih baik tanyakan terlebih dahulu berapa harga produk tersebut. Dengan begitu, anda dapat terhindar dari oknum oknum pedagang yang seenaknya sendiri. akan tetapi, sejauh ini belum ditemukan wisatawan yang komplain dengan harga warung di kawasan tersebut.

Demikianlah sekilas penjelasan terikat dengan Bukit Klangon yang perlu anda ketahui. yang terpenting, siapkan rencana yang matang, agar perjalanan wisata lebih berkesan. Setidaknya habiskan waktu satu hingga dua jam untuk sekedar mengagumi panorama gunung merapi yang megah dan memukau. Sangat disayangkan jika kesempatan semacam ini lewat begitu saja.

REKOMENDASI DESTINASI