Harga Tiket: Rp 11.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Setianegara, Cilimus, Randobawagirang, Kec. Mandirancan, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Salah satu tempat wisata menarik di lembah Gunung Ciremai, Kuningan adalah Bukit Lambosir yang terkenal dengan jalur off-road. Jalan bebatuan sepanjang beberapa kilometer menjadi daya tarik wisatawan datang ke tempat wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) ini.

Selain mengundang banyak pecinta off-road, jalanan yang cukup menantang di sini juga menarik wisatawan yang hobi trekking gunung. Di puncak bukitnya, wisatawan akan disajikan lanskap alam yang memukau dengan Gunung Ciremai sebagai pusat perhatiannya. Pemandangan hijau di kawasan lembah yang bersebelahan dengan pemandangan kota.

Bukit Lambosir memang dikelola oleh TNGC sehingga hutan-hutan di sekitarnya masih terjaga. Pepohonan rindang di kanan kiri jalan menjadi teman wisatawan selama perjalanan menuju ke atas. Pengunjung dapat menghabiskan waktu liburan untuk berpetualang menikmati setiap tantangan di tempat ini dengan panorama alam menakjubkan sebagai hadiahnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Lambosir

Daya Tarik Bukit Lambosir
Image Credit: Google Maps Noobmaster _69

1. Bumi Perkemahan Lambosir

Kawasan wisata Lambosir di Kuningan, Jawa Barat cukup terkenal dengan bumi perkemahannya. Berada di tengah hutan TNGC yang masih sangat asri dengan panorama alam yang memukau.

Pepohonan rindang dan suara gemericik air di sekitar tempat ini menyajikan suasana syahdu untuk pengunjung. Kawasan wisata Lambosir memang paling cocok untuk wisatawan yang ingin lebih dekat dengan alam.

2. Pemandangan Gunung Ciremai

Daya tarik Bukit Lambosir yang menyita perhatian pengunjung adalah panorama alam yang indah dari Gunung Ciremai. Gunung dengan ketinggian lebih dari 3.000 mdpl tersebut terlihat begitu jelas dari bukit ini.

Di sekitar gunung tertinggi di Jawa Barat ini dikelilingi pemandangan lembah yang begitu hijau dan menyegarkan mata. Pengunjung wisata Lambosir dapat melihat pemandangan tersebut yang menyatu dengan pemandangan kota di sekitarnya.

3. Jalur Off-road

Jalan menuju puncak Bukit Lambosir yang berupa tanah bebatuan menjadi magnet yang mengundang rasa penasaran wisatawan. Banyak pengunjung yang datang ingin menaklukan jalanan ekstrem tersebut.

Selain banyaknya bebatuan, jalanan ini juga memiliki beberapa tanjakan dan turunan. Semakin menantang dengan beberapa titik jalan yang berupa lumpur setelah terguyur hujan. Jalanan ini dapat menjadi jalur trekking atau off road yang memacu adrenalin untuk para wisatawan.

Daya Tarik Dimiliki Bukit Lambosir
Image Credit: Google Maps Noobmaster _69

4. Suasana Hutan yang Asri

Perbukitan di lembah Gunung Ciremai ini lokasinya cukup jauh dari pemukiman. Menciptakan ketenangan yang sangat berbeda dari suasana di perkotaan. Suasana di sekitar taman nasional yang asri semakin terasa damai dengan suara angin yang menggoyangkan daun-daun di pepohonan.

Selain suasana yang tenang, tempat ini juga memiliki udara yang begitu sejuk. Berada di ketinggian 849mdp, suhu udara di sekitar tempat wisata Lambosir bahkan cukup dingin sehingga wisatawan sebaiknya sudah siap dengan jaketnya.

5. Spot Foto di Bukit Lambosir

Keindahan panorama alam yang memukau mata memang sering dimanfaatkan sebagai spot foto. Termasuk sajian lanskap alam di kawasan wisata ini yang menyajikan pemandangan Gunung Ciremai.

Selain gunung, pemandangan lembah yang hijau dan bersebelahan dengan pemandangan Kota Kuningan juga bisa menjadi latar pemandangan yang bagus untuk foto. Keindahan alam yang terbentang luas memang dapat terlihat lebih jelas dari puncak bukit ini.

Namun, spot foto yang tidak kalah mencuri perhatian adalah bebatuan besar yang ada di bukit. Beberapa masyarakat sekitar memberikan nama untuk bebatuan besar tersebut, yaitu Batu Gajang, Baru Macan, dan Batu Kembang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Lambosir
Image Credit: Google Maps Noobmaster _69

Wisata alam perbukitan di lembah Gunung Ciremai ini berada di Desa Setianegara. Jika dari pusat Kota Kuningan, Jawa Barat jaraknya kurang lebih 19km. Anda bisa mencapainya dengan perjalanan sekitar 1 jam melalui Linggarjati.

Selain Linggarjati, wisatawan juga bisa mengakses Bukit Lambosir melalui rute Kota Cirebon. Rute tersebut melewati jalanan pedesaan yang sudah beraspal sehingga tidak terlalu sulit untuk wisatawan yang membawa kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Jika Anda memilih rute Linggarjati, maka bisa melanjutkan perjalanan lurus hingga menemukan gerbang dari Desa Setianegara. Ikuti jalan yang menuju arah Kecamatan Cilimus sekitar 10 menit hingga sampai ke pemukiman Desa Setianegara.

Sedangkan untuk wisatawan yang datang dari arah Cirebon, bisa mengambil rute menuju Sampora dan lanjut ke Caracas. Ikuti papan penunjuk jalan yang mengarah ke Cibereum hingga Desa Setianegara.

Setelah mencapai kawasan pemukiman, lokasi wisata Bukit Lambosir masih cukup jauh. Apabila wisatawan melanjutkan dengan kendaraan, akan membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Namun perlu diingat jalanan menuju bukit bukan jalan aspal mulus seperti sebelumnya sehingga membutuhkan kendaraan yang prima, tidak disarankan untuk kendaraan matic.

Bagi wisatawan yang meninggalkan kendaraan di sekitar perumahan warga, bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jalanan yang dipenuhi bebatuan dan rerumputan menjadi jalur trekking untuk mencapai gerbang masuk wisata Lambosir. Perjalanan ini sekitar 1 jam 40 menit atau tergantung kecepatan Anda berjalan kaki.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Bukit Lambosir
Image Credit: Google Maps Dadan S Prayoga

Sebuah gerbang sederhana yang hanya berupa plang bambu menjadi tanda Anda sudah tiba di wisata Bukit Lambosir. Silahkan membayar tiket masuk kepada petugas yang berjaga. Harga tiket masuk sekitar Rp 11.000,- untuk setiap pengunjung.

Jam operasional tempat wisata ini adalah setiap hari, mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah siang hari saat cuaca cerah. Jika mendung dan terlihat akan turun hujan, sebaiknya Anda berpikir ulang untuk memasuki kawasan hutan lindung ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Lambosir

Kegiatan Menarik Bukit Lambosir
Image Credit: Google Maps Ibiw Suribiw

1. Trekking

Wisatawan yang hobi trekking gunung bisa mencoba aktivitas seru ini di kawasan wisata Bukit Lambosir. Mulai dari tempat parkir di perumahan warga, Anda bisa memulai trekking menyusuri jalanan berbatu.

Anda akan menemukan beberapa tanjakan dan turunan yang menambah keseruan saat trekking. Gunakan alas kaki yang nyaman sehingga Anda bisa lebih leluasa untuk menaklukan jalanan yang sama sekali tidak mulus ini.

Setelah dari tempat membayar tiket, Anda masih memiliki rute trekking sekitar 500 meter untuk sampai ke puncak. Perjalanan dari bawah sampai ke puncak tidak akan membosankan karena pemandangan di sekelilingnya yang begitu indah memanjakan mata.

2. Menikmati Pemandangan

Memasuki kawasan wisata, pengunjung akan disambut langsung dengan pemandangan hijau yang menyegarkan. Pepohonan rindang dan bahkan semak-semak di sekitar hutan menjadi suguhan alam untuk para pengunjung.

Tiba di puncak, wisatawan dapat beristirahat sambil menikmati panorama alam yang menawan. Gunung Ciremai, lembah-lembah yang hijau, pematang sawah, hutan, menjadi paket keindahan yang akan membuat takjub para pengunjung.

Jika sedang beruntung, wisatawan dapat melihat burung elang yang terbang di sekitar Bukit Lambosir ini. Biasanya burung di tempat ini termasuk jenis elang Jawa yang memang dilindungi.

3. Petualangan Off-road

Petualangan menaklukan rute off-road menjadi pilihan menarik untuk Anda yang menyukai tantangan. Wisatawan bisa menggunakan sepeda gunung untuk melewati jalanan berbatu di Bukit Lambosir. Dari permukiman warga, sepeda dapat diangkut menggunakan kendaraan offroad untuk sampai ke tempat wisata ini.

Selain dengan sepeda, wisatawan juga bisa mencoba off-road dengan kendaraan roda dua. Pastikan Anda memiliki stamina yang kuat dan kendaraan off-road yang tepat. Gunakan jaket dan pengaman jika diperlukan karena bisa saja Anda jatuh saat melewati medan yang sulit.

Kegiatan Menarik di Bukit Lambosir
Image Credit: Google Maps Fahli Prasetyo

4. Camping

Apakah Anda belum pernah tidur di dalam tenda di alam terbuka? Mungkin bisa mencobanya saat berlibur di Bukit Lambosir, Kuningan. Tersedia area camping yang lapang menghadap pemandangan gunung dan lembah. Lebih seru lagi karena pengunjung juga diperbolehkan untuk menyalakan api unggun.

Jika tidak ingin tidur di dalam tenda, Anda bisa bermalam di vila. Suasana malam tentu akan menyuguhkan sensasi yang berbeda. Namun karena cuaca di malam hari akan turun, sebaiknya Anda sudah siap dengan pakaian hangat.

5. Berfoto

Kegiatan yang tidak boleh terlewat di tempat ini tentu saja foto-foto. Keluarkan ponsel atau kamera Anda untuk mengabadikan keindahan panorama alam yang Anda temui. Gunung Ciremai, hutan yang hijau, dan batu besar bisa menjadi latar foto yang menarik.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Bukit

Fasilitas Bukit Lambosir
Image Credit: Google Maps Anri Ridwan

Fasilitas seperti tempat parkir disediakan pengelola di sekitar perumahan warga. Kebanyakan wisatawan memang parkir di tempat tersebut karena hanya kendaraan off-road saja yang bisa sampai ke atas.

Sedangkan untuk fasilitas wisata, tersedia area kemah dan vila di Bukit Lambosir untuk pengunjung bermalam. Pengelola juga sudah menyediakan fasilitas toilet di tempat ini sehingga wisatawan dapat lebih nyaman, terutama saat membutuhkan toilet selama liburan.

Tersedia juga fasilitas saung yang tidak jauh dari puncak bukit. Namun, wisatawan akan dikenai biaya tambahan jika ingin menikmati fasilitas ini. Setiap pengunjung yang ingin menggunakan saung perlu membayar sekitar Rp 30.000,-.

Menarik bukan apa yang ditawarkan dari wisata Bukit Lambosir di Kuningan, Jawa Barat ini? Bagi Anda yang merindukan petualangan alam, tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat, termasuk ketika ingin menghilangkan penat.

REKOMENDASI DESTINASI