Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 04.30-22.00 WIB, Alamat: Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Walaupun mendapatkan julukan sebagai kota budaya, tetapi Jogja ternyata juga menyimpan beberapa tempat wisata yang romantis. Sekalipun sudah sering ke Jogja, tidak sedikit yang akan kembali lagi ke kota cantik ini. Dan jika anda ingin suasana romantis, anda bisa berkunjung ke Bukit Lintang Sewu. Anda akan disuguhkan pemandangan dari ketinggian yang cantik.

Dinamakan dengan Lintang Sewu karena ketika malam hari, anda bisa menikmati ribuan bintang yang indah. Lintang memang memiliki arti bintang dalam bahasa Jawa, dan Sewu berarti Seribu. Seperti namanya, kebanyakan pengunjung akan datang di malam hari. Anda bisa menghabiskan malam anda dengan singgah di tempat wisata hits Bantul ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Lintang Sewu

Daya Tarik Bukit Lintang Sewu
Image Credit: Google Maps Nunuk Ambarwati

1. Memiliki Gardu Pandang

Daya tarik yang bisa ditemukan di destinasi hits ini bukan hanya pemandangan bintang di malam hari. tetapi juga kehadiran gardu pandang yang memiliki bentuk yang unik. Bentuknya seperti telapak kaki dengan warna merah dan hitam yang membuatnya berbeda. Dari gardu pandang ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan lebih leluasa dan bisa jadi tempat swafoto.

2. Pemandangan yang Menawan

Pemandangan indah akan langsung menyambut anda ketika singgah di Bukit Lintang Sewu. Kawasan bukitnya didominasi dengan pohon pohon rindang yang membuat suasananya menjadi lebih asri. Baik saat terang ataupun saat malam, sama sama memberikan pemandangan yang menawan. Jika sedang cerah, anda bahkan bisa melihat megahnya Gunung Merapi.

Dengan suasananya yang asri mampu membuat pengunjung betah berada di bukit ini. Sangat cocok untuk refreshing di tengah sibuknya perkotaan sekaligus untuk merilekskan tubuh. Perbukitan hijau yang terhampar juga menjadi pemandangan yang menawan. Saat malam akan ditambahkan dengan cahaya lampu lampu yang indah.

3. Memiliki Banyak Spot Foto

Singgah di bukit cantik ini, anda juga akan dimanjakan dengan deretan spot spot fotonya yang instagramable. Bahkan hampir setiap sudut ada tempat yang bagus untuk mengabadikan diri. Tidak heran jika banyak kalangan milenial yang singgah di sini. Apalagi semenjak potretnya tersebar di media sosial, banyak yang semakin penasaran dengan Bukit Lintang Sewu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Lintang Sewu
Image Credit: Google Maps Kasidi Aeriyanto

Untuk anda yang ingin menikmati keindahannya, anda bisa menuju ke Desa Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bandul, DI Yogyakarta. Termasuk destinasi yang cukup baru tetapi mudah untuk anda jangkau. Akses menuju lokasi juga sudah mudah untuk dilalui oleh kendaraan anda. Paling disarankan memang menggunakan kendaraan pribadi agar bisa lebih leluasa waktu liburannya.

Selain itu memang tidak ada angkutan umum, hanya bisa sewa mobil atau motor. Nantinya perjalanan juga akan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 100 meter untuk sampai puncak bukit. Jalanan yang masih berupa tanah sudah memadai dan memudahkan pengunjung untuk sampai ke puncak.

Memulai perjalanan dari pusat kota Jogja, anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan jarak tempuh kisaran 25 km. Rute dari kota Jogja dimulai dengan mengambil arah selatan, tepatnya menuju arah Terminal Giwangan. Setelah itu silahkan arahkan kendaraan lurus untuk menuju Jalan Imogiri Timur. Perjalanan ke Bukit Lintang Sewu tentu masih baru akan dimulai.

Di jalan Imogiri anda bisa ambil ke arah lurus atau naik hingga tiba di persimpangan Hutan Pinus. Di persimpangan tetap ambil arah lurus sejauh 500 meter dari Hutan Pinus. Barulah anda akan menemukan lokasi bukit cantik ini dengan petunjuk arah di sebelah kanan jalan. Jika anda kesulitan, anda juga bisa memanfaatkan GPS untuk sampai di lokasi.

Harga Tiket Masuk Bukit Lintang Sewu

Harga Tiket Masuk Bukit Lintang Sewu
Image Credit: Google Maps ادي محممدمشليم

Perlu anda ketahui jika liburan ke Bukit Lintang Sewu tidak akan membuat kantong anda jebol. Harga tiket masuknya sekitar Rp 3 ribu saja untuk semua kalangan. Tentu saja sangat terjangkau dibandingkan dengan keindahan yang disuguhkan. Harga tiket tersebut masih belum termasuk dengan biaya tarif parkir dan tentu saja bisa berubah sewaktu waktu.

Tarif parkir kendaraan juga terjangkau, mulai Rp 2 ribu untuk sepeda motor dan mobil mulai dari Rp 5 ribu. Kawasan wisata ini juga akan buka dari hari Senin hingga hari Minggu. Buka dari pukul 4.30 sampai pukul 22.00 WIB. Dengan jam buka yang panjang memungkinkan pengunjung bisa menikmati keindahan sunrise juga sunset dari atas perbukitan.

Waktu yang paling disarankan untuk berkunjung yakni saat sore hari. Pada waktu tersebut lebih teduh dan cenderung dingin, memberikan sensasi alam pegunungan yang kental. Selain itu juga pengunjung bisa menikmati keindahan matahari berpulang. Lengkap dengan pemandangan city light dari atas Bukit Lintang Sewu yang luar biasa indah.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Lintang Sewu

Kegiatan Menarik Bukit Lintang Sewu
Image Credit: Google Maps Yoga Shitghe

1. Menikmati Keindahan

Suasananya yang asri dan juga terbilang alami menjadi alasan mengapa banyak yang melakukan aktivitas ini. Keindahan alam yang terhampar di depan mata memang sayang untuk diabaikan begitu saja. Sepanjang mata memandang, anda disuguhkan hamparan bukit hijau yang indah. Selain itu juga ada taman bunga yang mempercantik bukit di Bantul ini.

Hutan kayu putih yang berpadu dengan warna warni bunga akan siap membuat anda jatuh hati. Taman bunga sendiri lokasinya berdekatan dengan gardu pandang yang bentuknya bintang. Dan gardu pandang ini juga menjadi salah satu ikon Bukit Lintang Sewu yang kerap kali menjadi tempat untuk mengambil foto cantik.

2. Berburu Sunset atau Sunrise

Fenomena matahari terbenam dan terbit memang selalu membuat siapapun terpesona. Dan anda akan mendapatkan panorama yang lebih indah dari atas bukit cantik ini. Lokasinya yang lebih tinggi membuat anda bisa menikmatinya tanpa penghalang. Cahaya jingga yang memenuhi langit secara perlahan akan membuat siapapun tersihir.

Jika anda ingin menikmati keindahan matahari terbit, maka anda harus siap berangkat lebih pagi. Sementara untuk pemandangan matahari tenggelam nya tentu saat sore hari. pada saat sunset, suasananya perlahan akan menjadi lebih romantis. Menjadikan Bukit Lintang Sewu sebagai salah satu tujuan bulan madu atau liburan dengan pasangan yang recomended.

3. Camping

Bukan hanya untuk menikmati keindahan saja, pengunjung yang hadir juga bisa camping. Berkemah di area camping groundnya tentu akan memberikan pengalaman liburan yang tidak terlupakan. Apalagi area camping groundnya juga terbilang luas dan bisa menampung beberapa tenda. Aktivitas ini paling pas dilakukan bersama dengan rombongan.

Kegiatan Menarik di Bukit Lintang Sewu
Image Credit: Google Maps رحيم الخير الخير

4. Outbound

Outbond kerap kali dilakukan untuk tim yang ingin membangun kerja tim yang baik. Bisa juga sebagai sarana refreshing yang menyenangkan. Di Bukit Lintang Sewu ini, selain bisa menikmati pemandangan anda juga bisa bermain outbond. Sudah ada beberapa fasilitas outbond yang sudah terjamin keamanannya. Selain itu juga membuat anda lebih dekat dengan alam.

5. Berburu Foto

Aktivitas yang paling banyak diburu oleh wisatawan yakni mengambil foto kekinian. Apalagi Lintang Sewu juga menjadi bukit yang menawarkan spot instagramable. Spot foto yang dihadirkan sangat beragam, salah satunya yang selalu jadi jujugan yakni gardu pandangnya yang berbentuk tapak kaki. Kemudian di pintu masuk anda juga sudah menemukan pintu yang unik.

Payung payung yang memiliki banyak warna sengaja digantung dan kemudian ditambahkan dengan lampu hias. Anda juga bisa menemukan beberapa bean bag yang juga bisa menjadi tempat anda berpose. Gardu pandang yang ada juga memiliki berbagai bentuk unik. Yang jelas anda akan puas mengambil banyak foto, jika kurang puas Bukit Lintang Sewu juga ada jasa foto oleh fotografer.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Bukit

Fasilitas Bukit Lintang Sewu
Image Credit: Google Maps Muhammad Hafidz al

Bukan hanya menawarkan banyak aktivitas yang menyenangkan, pengunjung juga akan dimanjakan dengan fasilitas yang disediakan. Pengelola memang menyediakan beberapa fasilitas dasar agar pengunjung bisa betah berlama lama. fasilitas yang bisa anda temukan terdiri dari area parkir yang terbilang luas, sehingga mampu menampung kendaraan dengan aman.

Selain itu juga terdapat beberapa toilet yang bisa digunakan dalam kondisi yang nyaman dan memadai. Pengunjung juga bisa bersantai menikmati keindahan di gazebo yang tersedia. Gazebo ini juga kerap kali dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat. Bagi anda yang ingin menikmati makanan atau minuman juga tidak perlu khawatir.

Tersedia rumah makan yang berupa warung warung sederhana. Tersedia makanan ringan juga makanan berat yang bisa menjadi teman. Atau anda juga bisa memesan teh atau kopi untuk menemani bersantai atau sekedar menghangatkan badan. Untuk anda yang ingin menghabiskan waktu berlama lama di Bukit Lintang Sewu, maka anda bisa bermalam.

Bermalam yang banyak dilakukan yakni dengan mendirikan tenda. Tersedia juga penginapan yang lokasinya tidak terlalu jauh dari wisata. Kemudian ada fasilitas outbound yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk dapatkan liburan yang tidak terlupakan. Jangan lupakan fasilitas spot fotonya yang juga melimpah.

Liburan ke Jogja tidak akan pusing untuk mencari tempat tempat unik untuk berlibur. Karena kota yang terkenal dengan Gudegnya ini juga memiliki banyak sekali destinasi wisata. Di Daerah Bantul, anda bisa menjadikan Bukit Lintang Sewu sebagai tujuan untuk liburan. Pemandangan alam yang indah juga spot foto melimpah bisa anda nikmati dengan puas.

REKOMENDASI DESTINASI