Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 jam, Alamat: Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.; Map: Cek Lokasi

Bukit Menoreh adalah tempat rekreasi daratan tinggi yang membentang di bagian utara Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Kawasan wisata menawan ini menawarkan pesona alam yang asri dan udaranya yang sejuk. Tidak hanya memanjakan mata dengan pemandangannya, daerah ini juga menyimpan sepotong sejarah Indonesia. Di sinilah Pangeran Diponegoro dan pengikutnya mengatur strategi untuk melawan kolonialisme Belanda.

Di kala pagi dan siang, pemandangan dengan hamparan pepohonan yang disinari matahari bagaikan permadani tak berujung akan menyambut kedatangan wisatawan. Menjelang malam hari, tak kalah menarik dengan semilir angin yang semakin segar. Pengunjung bisa menyaksikan gemerlap cahaya lampu dari rumah-rumah penduduk yang melengkapi suasana senja dengan langit berwarna jingga. Semakin malam, tak menjadikan pesona Bukit Menoreh luntur sehingga mampu memikat hati siapapun yang melihatnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Menoreh

Daya Tarik Bukit Menoreh
Image Credit: Google Maps Hardanta Putra

Tak diragukan lagi, semua perpaduan yang eksotis menjadikannya tempat wisata yang wajib untuk didatangi. Surga tersembunyi di ujung barat Yogyakarta ini cocok sekali untuk kamu yang membutuhkan liburan dari hiruk pikuknya pekerjaan, kuliah, sekolah, dan semua aktivitas perkotaan lainnya. Panorama alam yang disajikan di Bukit yang instagramable ini akan menjadi obat yang manjur untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran. Tak heran jika bukit indah satu ini selalu ramai dikunjungi dan menjadi destinasi favorit bagi wisatawan.

1. Bukit Menoreh Sudah Populer Sejak Dulu

Sejak berabad-abad lalu, tanah perbukitan ini menjadi tanah leluhur yang amat penting pada masa Kerajaan Mataram. Selanjutnya, pada 1960-an seorang seniman, SH. Mintardja menulis novel serial “Api di Bukit Menoreh” yang mengisahkan pendekar di tanah Jawa. Novel bertemakan persilatan ini digandrungi masyarakat hingga diterbitkan sampai ratusan episode dan mempelopori munculnya novel-novel silat lainnya. Karena itu, novel ini diangkat dalam film layar lebar pada 1970-an dan cukup mempromosikan nama destinasi alam di kalangan luas.

2. Keindahan Alam yang Membuat Tenteram

Bukit yang mempesona ini cukup terkenal karena indahnya pemandangan alamnya tiada dua. Bak serpihan surga, suasana di sini menenteramkan dan membuat siapapun betah untuk berlama-lama. Pengunjung dapat menikmati keasrian suasana perbukitan dengan bentangan alam nan hijau dan birunya langit ditambah sejuknya udara daratan tinggi. Jangan lupakan sunset dan sunrise yang mendampingi keindahan bukit eksotis di Yogyakarta ini.

Daya Tarik Dimiliki Bukit Menoreh
Image Credit: Instagram Galih Tiara R.M

3. Dilengkapi Aneka Objek Wisata Seru

Terdiri dari gugusan bukit yang terhampar luas, menjadikan bukit menarik ini dipenuhi objek wisata yang menawan di sekitarnya. Pengunjung dapat mencoba beragam wisata alam dari sekedar nongkrong santai hingga permainan yang memacu adrenaline. Ini adalah salah satu daya tarik yang membuat anda tak akan melupakan kunjungan di sini. Digadang-gadang, bukit hits ini juga sudah menjadi tujuan utama wisatawan mancanegara dan akan menciptakan standar wisata internasional dalam waktu dekat.

4. Pernah Ada Fenomena Langit Glowing di Bukit Menoreh

Fenomena langit glowing atau lebih dikenal dengan fenomena api ini terjadi pada malam hari, 30 September 2021. Kala itu, muncul ‘api’ berwarna kehijauan yang disebut mirip aurora sehingga menarik perhatian publik. Fenomena yang sempat mengegerkan media sosial ini sangat jarang terjadi di Indonesia. Namun, mungkin saja terjadi lagi saat kamu berkunjung kan?

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Image Credit: Twitter wow JogJa

Tempat wisata yang hits ini merupakan kawasan Pegunungan Menoreh yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh. Daerah ini merupakan perbatasan antara Kabupaten Kulon Progo dengan Magelang di Utara dan Purworejo di sebelah barat. Zona alami ini sendiri identik dengan alam pegunungan yang kaya akan batuan sehingga mendapat julukan The Jewel of Java. Kulon Progo berjarak 29 km dari pusat kota Jogja dengan waktu tempuh sekitar 45 menit menggunakan kendaraan pribadi berkecepatan sedang.

Untuk tiba di Bukit Menoreh, Wisatawan bisa memulai perjalanan dari pusat kota Yogyakarta, yaitu di Jalan Malioboro. Dari sini, lanjutkan ke Jalan Magelang-Yogyakarta sampai ke Sidomulyo. Jika sudah di Muntilan, belok ke Jalan Moh. Yusuf , ikuti jalan lalu masuk ke Jalan Kleben menuju Jalan Mayor Kusen hingga bertemu Monumen Proklamasi Soekarno-Hatta. Kemudian belok kiri ke Jalan Sudirman hingga pertigaan Jalan Diponegoro, belok kanan ke Manoreh. Selanjutnya, wisatawan tinggal mengikuti jalan, maka akan sampai di Bukit Manoreh.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Bukit Menoreh
Image Credit: Google Maps aries san94

Pelancong yang berminat untuk melawat ke tempat wisata populer di Yogyakarta ini tak perlu risau perihal harga tiket masuk. Sebab, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000 di hari kerja dan Rp 10.000 saat weekday untuk masuk ke area bukit Menoreh. Nominal ini tentunya tergolong murah untuk membayar panorama bukit yang tidak bisa diukur ini.

Selanjutnya jika berniat menjajal objek wisata lain di sekitarnya, maka wisatawan harus membayar biaya tambahan. Tenang saja, biayanya masih bersahabat, sesuai dengan fasilitas yang didapatkan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Menoreh

Kegiatan di Bukit Menoreh
Image Credit: Twitter Jogja Istimewa

1. Mengunjungi Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo memiliki ketinggian sekitar 1.019 MDPL dan merupakan puncak tertinggi di wilayah Perbukitan Menoreh. Wisatawan dapat menempuh perjalanan melalui tangga pendakian. Rasa lelah akan terbayar ketika anda sampai di puncak dengan panorama bak negeri di atas awan. Dari sini wisatawan dapat menyaksikan keindahan Kota Yogyakarta dan Magelang serta Candi Borobudur yang berdiri dengan gagah. Selain itu, penampakan beberapa gunung terbesar di Indonesia, seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu juga dapat anda nikmati dari atas puncak ini.

2. Trekking ke Kebun Teh Nglinggo

Trekking menjadi pilihan aktivitas menyenangkan, apalagi jalur yang dilalui naik turun tentu menghasilkan sensasi tersendiri bagi penikmatnya. Saat musim kemarau dengan langit cerah, wisatawan dapat menikmati jajaran delapan puncak gunung seperti Gunung Merbabu, Gunung Andong, dan lainnya. Tak heran banyak wisatawan yang rela bangun lebih awal untuk menjelajahi hijaunya kebun dan kesejukan udara pagi.

3. Mencoba Wisata Jeep

Bagi wisatawan yang menyukai tantangan, aktivitas satu ini dapat menjadi pilihan utama ketika berlibur di Bukit Menoreh. Wisatawan dapat menyewa jeep dan start dari desa Menoreh hinga puncak bukit yang memakan waktu sekitar dua jam. Ketika melewati jalan terjal nan menanjak, serta tikungan tajam inilah, adrenalin anda akan benar-benar di uji. Wisatawan dapat melihat pemandangan pegunungan dan deretan cengkeh serta melewati kawasan hutan pinus yang terkenal dengan sebutan Borobudur Highland.

Kegiatan Menarik di Bukit Menoreh
Image Credit: Instagram bro danang

4. Bersepeda

Aktivitas lain yang tak kalah mengasyikkan adalah bersepeda di sepanjang bentangan alam bukit indah ini. Mungkin terdengar sedikit berat bagi sebagian orang untuk bersepeda di daerah menanjak. Namun, jangan salah jika banyak wisatawan yang ketagihan dengan sensasi anti-mainstream ini. Salah satu jalur yang ideal bagi pe-goes adalah di Wanurejo yang berada di kaki bukit dengan pemandangan asri yang diapit Sungai Progo dan Sungai Sileng. Anda bisa menyewa sepeda mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 50.000 sehingga tak perlu repot-repot membawa sepeda dari rumah.

5. Mengunjungi Wisata Kalibiru

Salah satu objek wisata paling ramai adalah Kalibiru yang menyediakan gardu pandang untuk menikmati lanskap alam perbukitan. Dari sini, anda juga bisa menyaksikan Waduk Sermo yang berselimutkan kabut di pagi hari dan matahari terbenam di waktu senja. Dengan membayar tiket sebesar Rp 5.000 sampai 10.000 anda bisa memanfaatkan gardu pandang untuk menghasilkan foto yang instagramable. Jangan khawatir, meski berada di ketinggian, wisata cantik ini telah dilengkapi peralatan yang menjamin keamanan dan keselamatan wisatwan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Bukit

Fasilitas di Bukit Menoreh
Image Credit: Instagram Andriyanti Wagianto

Bertemakan objek wisata alam, Bukit Menoreh yang menawarkan keindahan mengagumkan ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Hal itu dikarenakan Kulon Progo merupakan daerah yang memiliki destinasi wisata yang tak diragukan lagi. Kini, telah banyak kafe dan angkringan modern yang dapat kamu jadikan tempat rehat selepas melakukan aktivitas outdoor. Banyak juga spot foto yang instagramable seperti di ayunan langit, jembatan gantung, hingga wahana lain yang menegangkan. Jika kamu berniat bermalam di sini tak perlu khawatir karena sudah banyak resort atau penginapan di sekitar bukit.

Bagi kamu yang akan berkunjung ke potongan surga satu ini pastikan jika kondisi tubuh fit. Selain itu, gunakan pakaian yang sesuai dengan aktivitas yang akan kamu lakukan. Identik dengan udara dingin, wisatawan diharapkan memakai pakaian yang dapat menghangatkan. Jika kamu berniat untuk mencoba aktivitas yang menguras keringat, maka pakailah pakaian yang membuatmu nyaman. Jangan lupa bawa juga baju ganti. Wisatawan juga dihimbau untuk menggunakan kendaraan pribadi untuk mengatasi jika tidak ada akses kendaraan umum pada beberapa spot wisata.

Itulah beberapa hal menarik seputar Bukit Menoreh, destinasi yang sangat menarik dan mengagumkan di Kulon Progo. Setelah mengetahuinya, yakin mau melewatkan hamparan permadani kehijauan sejauh mata memandang ini? Ajak sanak saudara, teman, dan orang tercinta untuk menjelajahi keindahan panorama alamnya beramai-ramai. Akan menjadi cerita tersendiri menghabiskan waktu bersama dalam suasana asri sekaligus seru di destinasi wisata populer ini.