Bukit Moko, destinasi wisata favorit di Bandung dengan suguhan pemandangan alam dan lanskap kota dari ketinggian. Tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam di Kota Kembang.

Lokasi: Cimenyan, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung.
Map: Cek Lokasi

Liburan ke Bandung memang selalu memberikan pengalaman tersendiri yang seru dan menyenangkan. Pasalnya kota Kembang memiliki banyak sekali destinasi menarik yang bisa dikunjungi. Bagi Anda yang berniat mengunjungi kota Bandung dan ingin nikmati pemandangan alam dari ketinggian, Bukit Moko bisa dijadikan tujuan terbaik.

Pesona Keindahan Alam Bukit Moko

Image Credit: Twitter.com @yogsyg

Kota Bandung yang terkenal dengan julukan sebagai Paris Van Java ini memang tidak pernah mengecewakan. Setiap jengkalnya selalu menarik untuk dikunjungi dan memberikan panorama yang membuat Anda berdecak kagum. Sama halnya ketika Anda mengunjungi Bukit Moko yang akan memberikan Anda pemandangan yang begitu mempesona.

Sebenarnya, bukit satu ini masih terbilang baru ada yakni sekitaran 5 tahunan. Tetapi wisata alam ini berhasil menyedot perhatian dari banyak wisatawan dari berbagai daerah. Bukit ini diklaim sebagai bukit paling tinggi yang berada di ketinggian 1500 mdpl. Dengan tinggi tersebut sudah pasti jika bukit ini memiliki udara yang begitu sejuk dan dingin.

Seperti halnya bukit yang lain, karena berada di tempat yang lebih tinggi maka pemandangan yang disuguhkan akan lebih leluasa. Kawasan bukit ini yang sebelumnya menjadi hutan pinus, hingga kini masih mempertahankannya. Justru kehadiran dari hutan pinus ini semakin membuat bukit ini eksotis dan banyak dikunjungi.

Bukit memukau ini begitu kondang di kalangan anak muda, karena bukit yang memiliki nama Puncak Bintang Bukit Moko Bandung ini hadirkan banyak spot instagramable. Ketika musim liburan tiba, pengunjung dari Bukit satu ini selalu membludak. Mengingat lokasinya yang tinggi, Anda juga bisa merasakan seperti berada di negeri di atas awan.

Selain menghadirkan pesona ketika siang hari, pemandangan malam hari di bukit juga tidak kalah indahnya. Bukit ini menjadi jajaran wisata malam di Bandung yang tidak boleh dilewatkan. Kerlap kerlip lampu kota yang dinikmati dari ketinggian menghadirkan nuansa romantis yang begitu kental. Wajar jika malam haripun tempat ini banyak dikunjungi wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Moko Bandung

Daya Tarik Bukit Moko Bandung
Image Credit: Instagram.com @galeri_.bandung

Ada banyak hal yang menjadikan Anda harus mengunjungi tempat satu ini. Anda bahkan tidak akan menyesal sudah menyempatkan untuk menginjakkan kaki di Bukit Moko. Bukit ini bahkan sempat viral di media sosial. Spot fotonya yang melimpah membuat pengunjung enggan untuk tidak mengabadikan setiap momen.

Setelah diunggah ke media sosial justru mendapatkan banyak review yang positif. Rasa penasaran inilah yang akhirnya mengiring pengunjung untuk mengunjungi bukit ini. Banyaknya spot foto yang ada, menjadikan Bukit Moko sering dijadikan sebagai lokasi untuk foto prewedding. Pengambilan gambar akan semakin sempurna ketika sunset sudah menunjukkan wajahnya.

Bukan hanya itu, pengunjung juga akan disuguhkan panorama indah lengkap dengan udaranya yang sejuk. Membayangkan bersantai di antara pepohonan pinus dengan udara yang segar tentunya begitu menyenangkan. Seakan semua penat yang menumpuk bisa teredam dan menguap dengan indahnya suguhan pemandangannya.

Bukit Moko sangat cocok untuk Anda yang gemar berpetualang. Sebab, untuk tiba di atas bukit pengunjung harus hiking terlebih dahulu. Tetapi semua perjalanan Anda akan dibayar lunas dengan pemandangan yang dihadirkan. Apalagi jika Anda datang sore hari, cahaya matahari menyusup masuk di celah celah pinus membuat pemandangannya double cantik.

Malam yang datang tidak menyurutkan pesona dari bukit. Justru keindahan yang dimilikinya bertambah berkali lipat. Hembusan udara dingin malam hari, dengan hamparan kelap kelip lampu kota tentu tidak bisa dilewatkan siapapun. Menghabiskan waktu bersama sama dengan orang tersayang akan memberikan kesan tersendiri.

Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Bukit Moko

Kegiatan di Bukit Moko
Image Credit: Instagram.com @bukitmoko.waroengdaweung

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika singgah di Bukit Moko ini. Dijamin liburan Anda mengunjungi bukit bintang akan semakin menyenangkan. Apalagi jika Anda berlibur bersama dengan orang orang tersayang, seperti keluarga, pasangan atau sahabat Anda. berikut beberapa kegiatan yang bisa Anda jadikan pilihan saat liburan di bukit satu ini.

1. Hiking

Aktivitas pertama yang pasti akan Anda lakukan ketika tiba di Bukit cantik ini adalah hiking. Bukit yang berada di ketinggian harus ditempuh dengan mengandalkan kedua kaki Anda. Pendakian ini memiliki jarak sekitar 2 km, yang juga sangat cocok untuk para pemula. Karena medan yang nantinya akan Anda lalui tidaklah sulit.

Kendati demikian akan tetap memberikan Anda sensasi dan pengalaman tersendiri. Anda tidak akan lelah melakukan perjalanan satu ini. Sebab sepanjang perjalanan, Anda akan dihadirkan dengan pohon pinus rindang dan panorama hijau yang menyejukkan mata. Dalam perjalanan ini Anda juga bisa sekalian berburu foto foto seru.

Untuk bisa di atas bukit, biasanya para pengunjung akan menghabiskan waktu hingga 40 menitan. Jika Anda tidak terburu buru, tidak ada salahnya untuk jalan santai dan melebihi estimasi tersebut. Mengingat Anda akan membelah hutan pinus untuk sampai di puncak bukit menawan ini. Barisan pohon pinus ini justru akan memberikan nuansa yang begitu menawan.

2. Camping

Banyak pengunjung yang datang ke Bukit Moko untuk bisa menikmati nuansa pegunungan lebih lama, yakni dengan cara camping. Keindahan bukit ini yang akan berkali lipat ketika malam hari menjadi alasannya. Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai alternatif jika Anda ingin menikmati pesona bukit lebih lama.

Hingga kini kawasan bukit masih belum menyediakan area khusus untuk camping. Sehingga para pengunjung yang ingin camping harus membawa peralatan camping sendiri. Tetapi pihak pengelola sendiri sudah berencana untuk mengembangkan bukit ini. Sehingga selain tempat khusus untuk camping juga akan tersedia penyewaan perlengkapan camping.

Camping di Bukit Moko, Anda justru berkesempatan untuk menikmati sunset sekaligus sunrise yang tak kalah menawan. Begitu malam datang, berkeliling di sekitar api unggun sembari bercengkrama tentunya akan memberikan suasana yang hangat. Udaranya yang sejuk dan pemandangan yang indah akan membuat Anda enggan untuk segera pulang.

3. Berburu Sunset

Aktivitas selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah berburu sunset. Matahari tenggelam yang disaksikan dari ketinggian memang tiada duanya. Pesonanya akan mampu menghipnotis banyak pasang mata yang menyaksikannya. Dengan begitu, ketika memutuskan tempat wisata hits di Bandung ini, maka Anda tidak boleh untuk melewatkan sunsetnya.

Untuk bisa menyaksikan atraksi yang semesta hadirkan ini, Anda sebaiknya mengunjungi ketika pukul 5 sampai pukul 7 malam. Saat itu, sunset yang menyusup di sela sela pohon pinus hadir dengan begitu sempurna. Pastikan Anda membawa kamera andalan untuk bisa mengabadikan momen sunset yang begitu mempesona ini.

4. Hunting Foto

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Bukit Moko memiliki banyak spot instagramable. Sehingga Anda bisa sekalian hunting foto ketika tiba di bukit cantik ini. Setiap sudut selalu menarik untuk dijadikan sebagai sasaran bidikan kamera Anda. pastikan Anda telah menyiapkan kamera terbaik Anda dan ruang penyimpanan yang lega.

5. Wisata Kuliner

Setelah Anda melakukan banyak hal di bukit ini, kini saatnya untuk memanjakan lidah dan perut Anda. Di bukit ini terdapat warung yang dikenal dengan Warung Daweung. Memang Anda akan menemukan banyak warung warung lainnya. Tetapi warung satu ini menjadi yang paling banyak direkomendasikan dan menghadirkan nuansa yang berbeda dari tempat lainnya.

Dari warung ini, Anda bisa menikmati keindahan kota Kembang di malam hari dengan lebih nyaman dan strategis. Saat malam datang, para wisatawan akan sibuk untuk menikmati sajian kuliner hangat sembari menikmati pemandangan indah. Untuk mengunjungi warung ini, Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 3 ribu di luar makanan dan minuman yang Anda pesan.

Rute & Harga Tiket Masuk Bukit Moko

Rute Bukit Moko
Image Credit: Google Maps (Gani Amanda)

Setelah mengetahui keindahannya, tidak lengkap rasanya jika tidak mengintip dimana lokasi bukit satu ini. Bukit Moko berada di Kampung Buntis Bongkor, Desa Cimenyan, Kab. Bandung. Untuk mengunjungi bukit ini, Anda tidak hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi saja. Sebab terdapat transportasi umum yang juga bisa Anda gunakan.

Hanya saja lebih baik Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi bukit cantik ini. Sebab lokasinya terbilang jauh dari pusat kota, dan tentunya Anda bisa lebih leluasa jika menggunakan kendaraan pribadi. Apabila memanfaatkan kendaraan umum, maka sebaiknya menggunakan transportasi seperti ojek atau menyewa angkutan kota.

Dari pusat kota, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 45 menit dengan jarak 12 kilometer. Rute menuju Bukit Moko bisa dimulai dari terminal Cicaheum kemudian mengarah pada Padasuka. Rute awal ini bisa ditempuh dalam perjalanan sekitar 30 menit saja. Kemudian dilanjutkan menuju Caringin Tilu sebelum akhirnya sampai di Desa Buntis.

Medan yang dilalui di jalur ini terbilang menantang, karena ada banyak tanjakan yang curam. Tetapi jalanan sudah beraspal dan harus ekstra hati hati ketika hujan. Petunjuk jalan menuju lokasi memang masih kurang, sehingga jika merasa ragu ada baiknya bertanya pada penduduk sekitar. Tenang saja, sudah banyak yang mengenal bukit ini sehingga mudah jika Anda bertanya.

Hingga saat ini masih belum ada patokan terkait jam operasional berkunjung ke tempat ini. Sehingga bisa diartikan jika bukit ini buka selama 24 jam. Dan waktu terbaik untuk menikmatinya adalah saat pagi, sore dan juga malam hari. Selain jam operasional, tiket masuk Bukit Moko juga terbilang terjangkau. Pengunjung hanya perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 15 ribu dan belum termasuk parkir.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Moko Bandung

Fasilitas di Bukit Moko
Image Credit: Google Maps (Stevia Kirana Larasati)

Bukan hanya memiliki harga tiket yang murah, Bukit Moko juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap serta memadai. Anda bisa menemukan lahan parkir yang kega serta toilet umum. Anda juga bisa menemukan tempat ibadah, saung hingga warung makan. Fasilitas ini perlahan juga akan semakin diperbaiki agar pengunjung makin nyaman.

Bagi Anda yang tidak ingin camping, Anda bisa menginap di hotel atau penginapan sekitar. Ada banyak hotel yang bisa Anda temukan di sekitar Puncak Bintang ini. Mulai dari hotel mewah dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Anda perlu menyiapkan budget mulai dari Rp. 500 ribu sampai Rp. 700 ribu per malamnya.

Mengunjungi bukit yang tawarkan pemandangan indah tentunya tak akan membuat Anda menyesal. Perlu Anda tahu, mengunjungi bukit ini maka kondisi kendaraan dan tubuh Anda harus dalam kondisi yang fit. Jangan lupakan juga untuk membawa baju hangat serta keperluan pribadi yang dibutuhkan.