Harga Tiket: Rp 7.500, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Tembong, Kec. Garawangi, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bukit Panembongan menampilkan pesona alam yang sulit diabaikan dengan lanskap perbukitan hijau. Terletak di bilangan Kuningan, pada dasarnya objek cantik ini sudah menarik perhatian turis sejak lama, baik lokal maupun pendatang dari luar daerah. Kehadirannya cukup menonjol di antara kesejukan natural khas kabupaten tersebut.

Terutama bagi mereka yang senang memotret diri berlatarkan pemandangan alami, kawasan perbukitan pastinya akan menjadi spot paling memikat. Lanskap kota dari atas ketinggian juga berpotensi menambah suasana menyenangkan selama momen liburan Anda. Habiskan waktu di area eksotis ini sepuasnya, selama yang Anda bisa lakukan.

Keuntungan lain yang akan diperoleh saat memilih bukit cantik ini yaitu udara sejuk karena jauh dari populasi industri. Beberapa spot foto turut serta akan menyempurnakan pengalaman pengunjung agar semakin semarak. Tidak kalah penting, pihak pengelola menyiapkan sebuah gardu pandang guna memenuhi kepuasan visual Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Panembongan

Daya Tarik Bukit Panembongan
Image Credit: Google Maps Benny Novianugroho

1. Panorama Estetis

Sejak memasuki gerbang utama Bukit Panembongan, Anda sudah akan disajikan dengan panorama estetis yang memukau hati. Dominasi hijau muda turut membuat situasinya jadi terkesan damai serta menyenangkan. Belum lagi jika mempertimbangkan unsur kerapian yang tampaknya sangat diperhitungkan oleh pihak pengelola.

Aneka pohon tidak ditanam begitu saja, melainkan didesain membentuk sejajar sehingga terlihat seperti pagar. Semakin dalam Anda memasuki kawasan perbukitan, maka lanskap yang tersaji semakin mampu mengundang decak kagum. Bahkan mungkin memicu pengunjung untuk turut menjaga lingkungan cantik ini dengan tidak merusak tanaman itu.

Saking bersih dan terawatnya objek wisata natural ini, Anda dapat menyaksikan dengan jelas apa yang ada di area lereng saat memandangnya dari atas puncak bukit. Di kejauhan terlihat lanskap sawah serta kebun yang seolah siap menambah meriahnya suasana liburan.

2. Alternatif Spot Foto

Ada sejumlah spot yang memang didesain untuk menjadi sarana berfoto bagi siapa saja. Anda dapat memilih ingin bergaya di mana, mulai dari perumahan warga sampai gardu pandang berbahan bambu di puncak bukit.

Hanya saja, agar dapat berfoto di gardu pandang, Anda perlu sabar menunggu jika kebetulan sedang panjang antrean. Bagaimanapun, spot itulah ikon utama di Bukit Panembongan yang kerap diincar wisatawan berbagai usia. Kemudian, perjalanan menuju ke gardu pandang memerlukan keberanian karena harus melintasi titian penghubung jurang.

Secara umum, daya tarik paling awal yang membuat objek estetis ini ramai disambangi adalah kehijauan alamnya. Artinya, mereka dengan domisili asal di daerah pegunungan mungkin kurang berminat untuk mampir ke bilangan Kabupaten Kuningan ini.

3. Kesempatan Bersantai di Hammock

Ramainya pepohonan di Bukit Panembongan rupanya sengaja dilakukan oleh pihak pengelola untuk menyemarakkan aktivitas liburan Anda. Pasalnya, ada sejumlah hammock yang terpasang kukuh pada batang-batang pohon di mana dapat bebas dipakai oleh wisatawan.

Sambil berbaring pada hammock, Anda bisa memejamkan mata dan menikmati semilir angin segar yang seolah membelai kulit wajah. Rasanya akan semakin mengasyikkan jika Anda mau menambahkan musik favorit dalam aktivitas tersebut. Apalagi, ketika membuka mata, dominasi warna hijau alami seketika siap menyambut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Panembongan
Image Credit: Google Maps Novanda ST

Segera arahkan kemudi Anda melintasi jarak 40 km ke Kecamatan Garawangi dari pusat Kota Cirebon. Bukit Panembongan pasalnya terletak di Desa Tembong di mana dapat didatangi menggunakan motor atau mobil, sesuai keadaan pengunjung.

Adapun jika bertolak dari pusat Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, jaraknya jadi lebih pendek di titik 8 km atau setara 20 menit. Keadaan kontur jalanan relatif bagus sehingga mungkin lebih cepat jika Anda mengemudi memakai roda dua.

Harga Tiket Masuk Bukit Panembongan

Harga Tiket Masuk Bukit Panembongan
Image Credit: Google Maps Cakrawati Nusantara

Biaya retribusi di Bukit Panembongan benar-benar murah bahkan jika ditotal secara keseluruhan. Anda hanya perlu menyiapkan dana Rp 7.500 untuk membeli tiket masuk, ditambah sewa parkir minimal Rp 3.000.

Kemudian, ada tambahan mulai dari Rp 10.000 bagi wisatawan yang hendak menggunakan fasilitas perkemahan serta menumpang flying fox. Selebihnya, perhitungan pembelian makanan dikembalikan kepada kebutuhan masing-masing.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Panembongan

Kegiatan Menarik Bukit Panembongan
Image Credit: Google Maps Soundneheru_Cirebon

1. Berkemah di Bukit Panembongan

Kemah termasuk kegiatan yang wajib dijajal saat mendatangi area dataran tinggi, tidak terkecuali saat liburan di Bukit Panembongan. Bersama kawan-kawan terdekat, Anda dapat menghabiskan waktu sepuasnya saat malam tiba bermodalkan Rp 15.000.

Tidak perlu pusing memikirkan lokasi yang cocok untuk mendirikan tenda sebab pihak pengelola telah memberikan ruang terpisah bagi pengunjung demi mewujudkan kegiatan menantang ini. Penawaran paling menarik adalah kenyataan bahwa Anda dapat menikmati suasana langit malam tatkala dipenuhi cahaya bintang.

Pada waktu bersamaan, kesunyian di kawasan ini akan sedikit terobati dengan nyanyian hewan nokturnal serta obrolan pengunjung lain. Tidak ada alasan kuat untuk melewatkan kesempatan bermalam di salah satu hutan hijau Kuningan.

2. Menumpang Delman

Masih ingat delman kendaraan yang sangat populer di masa lalu? Tunggangan dengan batuan kuda ini masih bisa Anda temukan di daerah lereng Bukit yang hits ini, di mana dikendalikan oleh warga lokal.

Jika malas menanjak dataran tinggi, Anda bisa menjadikan penjelajahan bersama delman sebagai alternatif utama. Cobalah menyewa sebuah delman, lalu nikmati waktu-waktu berkesan ketika mengelilingi pemukiman terdekat atau sekadar menyasar kesempatan melakukan sesi dokumentasi.

3. Mencari Kenalan Baru

Pernah terpikir untuk menambah relasi saat sedang hangout? Jika belum, Bukit Panembongan dapat menjadi tempat yang bagus untuk memulai suatu perkenalan. Pasalnya, Anda dapat mengobrol dengan lebih enjoy karena suasana sekitar cenderung menyegarkan dan damai.

Jika beruntung, perkenalan tersebut bisa terus berlanjut hingga kembali ke rumah masing-masing. Mungkin di lain kesempatan, teman baru Anda dapat menjadi partner perjalanan yang menyenangkan di mana mampu bersama menciptakan kegiatan eksplorasi ke tempat-tempat baru.

Mungkin memang awalnya kegiatan ini terdengar asing, tetapi cocok bagi mereka yang senang menambah relasi di berbagai kesempatan. Tentunya Anda harus berani proaktif saat mencoba mengenal orang baru yang sama sekali tidak pernah ditemui sebelumnya, jangan mudah menyerah bila responsnya kurang berkenan!

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Perbukitan

Fasilitas Bukit Panembongan
Image Credit: Google Maps Wisata Bukit Panembongan

Bukit Panembongan telah dilengkapi dengan ragam fasilitas yang akan menggampangkan momen kunjungan Anda, jadi tidak perlu khawatir! Ingin makan? Ada banyak warung makan di sekitar sini yang dapat dipilih sesuai selera dan kondisi anggaran.

Apakah Anda datang dengan mengendarai motor atau mobil pribadi? Itu juga tidak akan jadi masalah sebab lahan parkirnya amat luas. Demikian pula bila Anda ingin menuntaskan hajat di toilet, maka tidak ada halangan yang sifatnya menghambat.

Di sisi lain, wahana berbasis hiburan akan turut menambah keseruan liburan, seperti flying fox yang melintasi area perbukitan. Ada pula hammock untuk bersantai sambil menghirup udara khas pegunungan, atau lokasi perkemahan yang menawarkan langit penuh bintang saat malam tiba.

Jadi, siapkah Anda untuk berpetualang di Bukit Panembongan? Baik fasilitas maupun panoramanya sangat mendukung untuk bersenang-senang, jadi tidak perlu ragu lagi. Segera ajak teman atau pasangan lalu mampirlah ke sini guna menjauh sejenak dari rutinitas yang terkadang mulai menjemukan.