Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB, Alamat: Jl. Wanayasa Bojong Sawit Darangdan, Sindangpanon, Kec. Bojong, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan ragam destinasi wisata yang sangat menarik. Salah satu daerah di Jabar yang menawarkan pesona alam menakjubkan adalah Bukit Panenjoan di Purwakarta. Untuk itu, berikut telah kami rangkum ulasan lengkap mengenai apa saja hal menarik yang ditawarkan bukit nan indah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Panenjoan

Daya Tarik Bukit Panenjoan Purwakarta
Image Credit: Google Maps Septyan Widianto

1. Pemandangan Alam yang Indah

Salah satu daya tarik utama yang sangat spektakuler dari Bukit Panenjoan ini adalah pemandangan alamnya yang indah dan menakjubkan. Tempat wisata hits satu ini memang terletak di dataran tinggi sehingga pengunjung dapat menikmati panorama alam indah yang luas. Selain itu, destinasi alam ini juga tidak terlalu dipenuhi pengunjung yang berdatangan, sehingga area wisata alami ini masih cukup terawat serta terjaga keasliannya.

Sekilas, lokasi wisata bukit ini terlihat mirip seperti dataran tinggi lainnya di Daerah Jawa Barat, karena menampilkan pemandangan perbukitan serta hijaunya perkebunan yang sangat asri. Pemandangan seperti ini semakin bertambah keindahannya terutama pada saat matahari terbit, karena panorama alam ini akan dipercantik dengan cahaya matahari yang muncul sedikit demi sedikit dari balik perbukitan, sehingga menampilkan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Karena pesona alamnya yang indah ini, banyak sekali wisatawan yang memilih lokasi Bukit Panenjoan Purwakarta untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam dan hembusan angin khas dataran tinggi yang sangat sejuk. Tak hanya itu saja, karena panorama alamnya yang sangat indah ini, tak sedikit wisatawan yang memanfaatkan latar belakang pemandangan alam Purwakarta sebagai lokasi berfoto.

2. Beragam Spot Foto Keren

Bukit yang indah ini memang cukup terkenal di kalangan wisatawan karena tersedianya banyak spot foto yang sangat menarik. Ragam spot foto yang tersedia ini sangatlah beragam, dan masing-masing spot foto ini memiliki daya tariknya tersendiri. Ragam spot foto menarik yang terdapat di kawasan wisata Bukit Panenjoan Purwakarta antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kupu-Kupu – Di spot foto ini, terdapat 2 jenis sayap kupu-kupu dengan warna yang berbeda, yakni merah dan biru. Untuk itu, pengunjung dapat berfoto layaknya seorang manusia kupu-kupu dengan sayap yang sangat cantik dan menawan.
  • Bingkai Love – Sesuai dengan namanya, spot foto yang satu ini memang menampilkan bingkai berbentuk love (hati) yang dihiasi oleh bunga-bunga cantik yang mengelilinginya.
  • Rumah Bambu – Spot foto selanjutnya yang tak kalah menarik adalah Rumah Bambu. Di spot ini terdapat sebuah instalasi bambu yang dirancang sedemikian rupa sehingga bentuknya menyerupai rumah tradisional Jawa Barat.
  • Sumur – Spot foto yang satu ini sangatlah menarik karena menampilkan sumur asli yang terbuat dari batu-bata merah. Di spot foto ini, pengunjung dapat berfoto seolah-olah sedang menimba air di sumur. Tentu sangat menarik, bukan?
  • Sarang Burung – Salah satu spot foto yang cukup menarik perhatian adalah sarang burung karena tampilannya yang benar-benar mirip dengan sarang burung asli yang terbuat dari jerami, dengan ukuran yang jauh lebih besar. Pengunjung dapat berfoto layaknya anak burung di sarangnya, dengan latar belakang perbukitan yang sangat indah.
  • Sayap Bidadari – Sekilas, spot foto yang satu ini sangat mirip dengan spot foto sayap kupu-kupu. Namun, bedanya spot foto ini menampilkan sayap bidadari berwarna putih yang sangat indah. Untuk itu, pengunjung dapat berfoto layaknya bidadari dengan sayap putih mempesona.
  • Lantai Bambu bertuliskan “I Love You” – Spot foto selanjutnya yang sangat menarik adalah Lantai bambu bertuliskan “I Love You”. Di spot foto ini, pengunjung dapat berfoto di atas lantai yang secara khusus dibuat dengan bambu sehingga menampilkan kesan alaminya. Selain itu, di lantai bambu ini juga terdapat tulisan “I Love You” yang menambah kesan romantis, sangat cocok dijadikan lokasi berfoto bagi pengunjung dengan pasangannya.

3. Jembatan Bambu

Di wisata alam ini terdapat sebuah jembatan bambu yang cukup tinggi dan panjang, yang dapat diakses oleh para pengunjung. Meskipun berada di ketinggian, jembatan bambu ini telah dirancang sedemikian rupa, sehingga aman untuk dilewati pengunjung meski dalam jumlah banyak. Selain itu, jembatan bambu ini juga menawarkan pemandangan alam fantastis, serta dipenuhi oleh ragam tanaman di bagian bawah jembatan.

Untuk menambah keindahan area jembatan bambu, pihak pengelola telah menambahkan dekorasi menarik yakni lambang-lambang emoticon yang lucu. Tak hanya itu saja, di sisi lain jembatan juga terdapat dekorasi yang tak kalah menarik yakni signage nama “Panenjoan” berwarna kuning, sehingga cocok dijadikan lokasi berfoto.

Daya Tarik Dimiliki Bukit Panenjoan Purwakarta
Image Credit: Instagram Purwakarta Hitz

4. Gardu Pandang

Keindahan alam yang terdapat di Bukit Panenjoan memang tidak ada habisnya. Oleh sebab itu, banyak sekali pengunjung yang tertarik untuk menikmati pemandangan alam perbukitan serta perkebunan yang indah, sambil ditemani suasana alam yang asri dan sejuk. Untuk itu, pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas gardu pandang yang telah disediakan oleh pihak pengelola agar dapat menikmati panorama alam secara lebih jelas.

Selain dapat menikmati keindahan alam di sekitar kawasan wisata hits ini, pengunjung juga dapat berfoto di gardu pandang karena menampilkan latar belakang yang sangat indah, terutama pada pagi hari ketika matahari baru mulai muncul dari balik perbukitan.

5. Wahana Permainan Anak

Di area playground ini ada banyak sekali ragam permainan menarik seperti ayunan, perosotan, hingga mobil-mobilan tradisional yang pastinya sangat seru dan menyenangkan bagi anak-anak.

6. Taman Bunga

Daya tarik lain yang dihadirkan adalah taman bunga. Taman bunga yang satu ini sangatlah indah karena terdiri dari aneka jenis tanaman berwarna warni yang sangat mempesona. Selain itu, area taman bunga ini juga dihiasi oleh ragam dekorasi menarik seperti instalasi bambu, papan kata-kata mutiara, dan masih banyak lagi.

7. Wahana Berkuda

Di tempat wisata fenomenal ini terdapat sebuah wahana yang tak kalah seru yakni wahana berkuda. Melalui wahana ini, pengunjung dapat merasakan pengalaman cukup unik, yakni menunggangi kuda. Selain itu, tak sedikit pula wisatawan yang memanfaatkan wahana ini untuk berfoto.

8. Mini Zoo

Sesuai dengan namanya, mini zoo ini merupakan area kebun binatang mini yang menghadirkan berbagai macam hewan lucu dan menggemaskan, seperti beberapa jenis burung, ayam, rusa, kelinci, dan masih banyak lagi. Selain melihat-lihat aneka hewan lucu, pengunjung juga dapat berinteraksi secara langsung serta memberi makan hewan sambil ditemani oleh staff pengelola wisata.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Panenjoan Purwakarta
Image Credit: Google Maps raldy dhe vega

Bukit Panenjoan terletak di Jalan Wanayasa-Bojong-Sawit Darangdan, Sindangpanon, Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Letak dari spot wisata alami ini cukup strategis dan mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan roda dua, ataupun kendaraan roda empat.

Rute perjalanan yang paling mudah dapat diakses melalui Jalan Tol Cipularang, kemudian keluar di exit tol 84 menuju Jatiluhur / Ciganea. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan mengakses Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Kapten Halim hingga ke kawasan Sindangpanon, Bojong, Kabupaten Purwakarta.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Bukit Panenjoan Purwakarta
Image Credit: Google Maps Nur Ilham

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Bukit Panenjoan, pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket yang cukup terjangkau yakni sebesar Rp 5.000 per orangnya. Dengan harga cukup ramah di kantong, Anda sudah dapat menikmati panorama alam yang menawan.

Apabila pengunjung membawa kendaraan, maka dapat membayar tarif parkir sebesar Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan Bukit Panenjoan

Aktivitas Bukit Panenjoan Purwakarta
Image Credit: Twitter Pariwisata Purwakarta

Sebenarnya, ada banyak sekali aktivitas yang menyenangkan dapat dilakukan di kawasan bukit cantik ini, di antaranya:

1. Menikmati Pemandangan Alam

Salah satu aktivitas yang paling banyak dilakukan pengunjung di Bukit Panenjoan Purwakarta adalah menikmati pemandangan alam yang indah. Aktivitas yang satu ini dapat dilakukan dengan mengakses gardu pandang yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

2. Berburu Foto

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada banyak sekali spot foto menarik yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung seperti sayap kupu-kupu, sayap bidadari, sarang burung, rumah bambu, dan masih banyak lagi.

3. Bersantai di Sekitar Bukit

Di tempat wisata popular ini, pengunjung dapat bersantai di sejumlah tempat bersantai yang telah disediakan oleh pihak pengelola, seperti gazebo dan bangku taman yang dirancang secara khusus sehingga langsung menghadap panorama perbukitan. Oleh sebab itu, pengunjung dapat memanfaatkan tempat bersantai ini untuk beristirahat sejenak sambil menikmati hidangan sebelum melanjutkan perjalanan.

Aktivitas Seru Bukit Panenjoan Purwakarta
Image Credit: Twitter Pariwisata Purwakarta

4. Berinteraksi dengan Hewan

Aktivitas menarik lainnya yang paling banyak dilakukan oleh pengunjung di kawasan wisata hits ini adalah berinteraksi dengan hewan. Biasanya, aktivitas yang satu ini dilakukan oleh pengunjung yang membawa serta anak-anak. Selain berinteraksi, pengunjung juga dapat memberi makan hewan dengan pakan yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

5. Berwisata Kuliner

Di dalam kawasan wisata Bukit Panenjoan Purwakarta, terdapat sejumlah warung makanan yang menyediakan ragam makanan serta minuman ringan yang variatif. Biasanya, pengunjung akan membeli makanan dan minuman ringan di warung ini, kemudian menyantapnya sambil menikmati suasana serta pemandangan alam yang mempesona.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bukit Panenjoan Purwakarta
Image Credit: Google Maps raldy dhe vega

Perlu diketahui bahwa fasilitas yang ada di Bukit Panenjoan masih tergolong minim. Keberadaan fasilitas tersebut dikarenakan wisata alam ini masih baru dan sistem tata kelolanya masih dipegang oleh masyarakat desa.

Namun untuk kebutuhan dasar pengunjung seperti mushola, toilet umum dan warung sudah tersedia. Dekat dari pintu masuk tersedia warung yang menjajakan beragam makanan dan minuman ringan dengan harga terjangkau.

Itulah berbagai hal menarik seputar destinasi alam Bukit Panenjoan di Kabupaten Purwakarta. Pemandangan alam yang disuguhkan di tempat wisata hits ini sangatlah mempesona, serta ada banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan di area wisata alami ini. Oleh karena itu, bukit eksotis ini sangat cocok dijadikan tujuan berwisata untuk dikunjungi bersama teman ataupun keluarga.