Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kediwung, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Kesempurnaan kota Jogja memang tidak bisa dielakkan. Kota dengan julukan ‘Kota Pendidikan’ dan ‘Pusat Kuliner’ sudah terdengar di seluruh Indonesia. Penduduknya juga terkenal ramah dan menjunjung tinggi kesantunan. Di kota yang luar biasa ini, semua masyrakatnya telihat harmonis dengan citra jawa kentalnya.

Keindahan alam kota Jogja bisa kita nikmati mulai dari pagi sampai malam. Anda tidak akan bosan dengan pemandangan pinggir jalan dan alunan penyanyi pinggir jalanan yang ada di kota merdu ini. Suasana paginya yang serba sederhana dan konvensional menjadi daya tarik tersendiri. Udara malamnya pun sejuk seperti ada di bawah kaki gunung.

Destinasi wisata di Jogja yang bisa Anda kunjungi saat liburan sangat banyak. Anda bisa menemukan destinasi Agrowisata Bhumi Merapi, Lava Tour Merapi, Monumen Jogja Kembali, The Lost World Castle, Ice Cream World, Taman Gardu Pandang Kaliurang, Merapi Park, Istana Ratu Boko, Taman Pelangi, Trans Studi Mini, Green Kayen, dan wisata lainnya. Nah untuk bahasan kali ini, salah satu destinasi alam yang hits di Kabupaten Bantul yaitu Bukit Panguk Kediwung.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Panguk Kediwung

Daya Tarik Dimiliki Bukit Panguk Kediwung
Image Credit: Google Maps Suki Suki

Bukit Panuk Kediwung menjadi wisata favorit bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Selain udaranya yang sejuk, dari atas bukit indah ini Anda juga bisa melihat sunrise. Sebaiknya Anda harus berangkat pagi-pagi saat mau menyaksikan keindahan sunrise dari atas bukit. Dari atas bukit cantik ini Anda bisa melihat pengunungan-pegunungan kecil yang berselimutkan awan.

Anda bisa berjalan menuju bukit menggunakan kendaraan motor, mobil, ataupun bersepeda. Jalanan menuju bukit berpunuk dan tidak terlalu lebar. Kalau musim liburan tiba, jalan ini tergolong cukup padat. Anda bisa sudah menikmati pemandangannya dimulai saat perjalanan. Di sisi kanan kiri jalan banyak perkebunan, sawah, dan rumah rumah warga.

Sambil menikmati keindahan pemandangan dari atas Bukit Panguk Kediwung, Anda bisa menggali banyak spot foto untuk memotret diri. Spot-spot foto ini terbuat dari kayu yang sudah dijamin keamanannya. Bentuk dari spot foto ini sangat bermacam-macam. Mulai dari bentuk perahu, bentuk hati, bentuk delman, dan masih banyak lainnya. Anda bisa puas berfoto bersama keluarga, teman, atau pun pasanganmu.

Di atas bukit hits ini juga ada gardu panjang yang telah disediakan sedemikian rupa untuk menarik minat Anda berfoto. Latar belakang dengan pemandangan hutan hijau dan menawan akan membuat Anda semakin terpikat dengan keasrian wisata cantik ini. Jangan lupa siapkan pose dan kamera terbaikmu, dan tentunya siapkan juga senyum yang menawan agar Anda terlihat lebih cantik dan ganteng.

Untuk menikmati pemandangan di spot foto, Anda perlu mengantri dengan pengunjung lain. Dari spot foto ini Anda bisa melihat hamparan luas yang ditutupi gumpalan awan. Gumpalan-gumpalan ini membuat Anda berada seperti di atas awan. Anda tidak perlu takut panas, karena bukit cantik ini dipenuhi dengan banyak pepohonan yang tinggi.

Tidak hanya menikmati sunrise dan spot foto, Anda juga bisa melakukan perkemahan di sini. Menggelar tenda bersama teman atau keluarga dan melakukan piknik bukan ide buruk, kan? Kolam berbentuk hati juga hadir untuk melengkapi perjalanan wisatamu. Anda bisa berendam kaki di sana.

Saat ini, Jogja banyak diburu oleh para wisatawan karena keindahan alamnya. Banyak sekali pusat-pusat museum, taman-taman, perbelanjaan, dan alun-alun yang memenuhi kota indah ini. Tidak hanya itu, orang asli Jogja pun sering berburu wisata di sini. Jogja menjadi sasaran tepat untuk kita pergi bertamasya saat liburan tahun baru, liburan semester, dna liburan akhir tahun.

Kota Jogja sendiri memiliki 4 kabupaten yang berdampingan, yaitu Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten Bantul. Setiap Kabupaten/Kota ini memiliki daya Tarik dan keunikannya sendiri. Salah satunya adalah tempat wisata.

Ada sungai Oya yang panjang di bawah Bukit Panguk Kediwung yang menawan ini. Alirannya yang tenang dan luas pasti akan membuat Anda terkagum-kagum. Di tepi dan tengah sungai Oya ada batu batuan beragam ukuran, mulai dari ukuran kecil sampai ukuran sebesar manusia. Kalau Anda mau bermain air dan berendam kesana, Anda bisa turun dan berjalan melalui hamparan tanah yang di kelilingi pepohonan rimbun. Tetapi, jangan lupa bawa pakaian ganti untuk berjaga-jaga kalau bajumu basah, ya!

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Bukit Panguk Kediwung
Image Credit: Google Maps Theresa Tonanga

Anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi karena belum ada akses kendaraan umum yang menuju ke sana. Jalurnya tidak terlalu lebar tetapi bisa dilalui oleh motor dan mobil secara bebarengan. Jalanan menuju bukit hits ini cukup berliku-liku. Dan saat liburan panjang, jalanan cukup ramai dikunjungi kendaraan roda empat dari berbagai wilayah.

Kalau Anda memulai perjalanan dari kota Jogja, Anda bisa mengambil arah ke Terminal Giwangan. Kemudian terus berjalan ke arah selatan. Saat Anda berpapasan dengan lampu merah Giwangan, ambil arah ke Pasar Imogiri. Lalu Anda bisa menuju ke arah makam raja-raja. Sebelum lokasi makam, belok ke arah menuju Kebun Buah Mangunan.

Lokasi Bukit Panguk Kediwung tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan. Anda hanya perlu mengikuti papan arah sebelum Kebun Buah Mangunan yang menunjukkan arah bukit cantik tersebut. Alamat lengkap bukit cantik ini berada di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Harga tiket masuk bukit negeri atas awan ini sangat murah. Para wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 3.000 per orang. Sedangkan kendaraan sepeda motor dikenakan biaya parker sebesar Rp 2.000 dan mobil sebesar Rp 5.000. Untuk mencoba spot-spot foto di tempat cantik ini, Anda hanya mengeluarkan biaya Rp 3.000 per orang.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Panguk Kediwung

Kagiatan Menarik Panguk Kediwung
Image Credit: Google Maps Ahmad Paryanto

Jika tertarik berkunjung ke bukit menawan ini, Anda bisa melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan, diantaranya:

1. Bersepeda

Untuk Anda yang membawa sepeda, pasti akan puas menikmati pemandangan sambil berkeliling di bukit cantik ini. Udara sejuk yang berasal dari banyak pohon juga membuat mood Anda untuk bersepeda meningkat. Jalanan di area bukit cukup mulus untuk dilalui roda dua ini.

2. Hunting Foto

Bagi Anda yang suka foto-foto atau berselfie ria, Bukit Panguk Kediwung adalah pilihan tempat yang sangat tepat. Anda juga bisa membuat berbagai mini video, reels intagram, atau pun dokumentasi lainnya seperti pengambilan foto preweding. Anda bisa hunting foto dengan modal kamera.

3. Piknik Santai

Anda juga bisa menggelar karpet dan duduk bersama keluarga atau teman-temanmu. Di bawah pohon-pohon cantik ini Anda bisa berbincang-bincang dan saling bertukar cerita. Suasana yang sangat nyaman dan sejuk akan menambah keharmonisan Anda. Jangan lupa bawa kartu permainan agar piknikmu tidak membosankan, ya!

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bukit Panguk Kediwung
Image Credit: Google Maps Baskara Agung

Anda jangan khawatir tentang fasilitasnya. Fasilitas di destinasi alamtempat ini cukup lengkap. Para wisata diharapkan untuk menjaga kebersihan fasilitas-fasilitas yang tersedia. Berikut adalah fasilitas-fasilitas yang tersedia di Bukit Panguk Kediwung ini:

1. Tempat Parkir

Tempat parker yang cukup luas menampung puluhan kendaraan pribadi ini cukup memadai. Area nya juga tidak gersang dan banyak pepohonan di tepi parkiran ini. Kebersihan tempat parkirnya juga terjaga. Di sana ada lebih dari satu petugas yang menjaga parkiran.

2. Spot Foto

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, spot foto di destinasi incaran para wisata ini sangat banyak. Pemandangannya yang indah tidak akan mengecewakan Anda kalau berkunjung ke sini. Berbagai spot foto kayu yang diukir beberapa bentuk seperti kapal, bintang, kubus, dan bentuk hati ini bisa Anda nikmati tanpa batas waktu. Namun, jika pengunjung ramai, Anda diharapkan untuk sabar mengantri.

3. Toilet Umum

Toilet di tempat wisata cantik ini sangat bersih. Setiap pengunjung yang mengunakan kamar mandi dilarang membuang sampah di dalamnya. Kamar mandi di bukit yang sejuk ini juga tidak hanya satu, melainkan tersebar di beberapa sudut dan tempat. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika kamar mandi yang satu sedang ramai digunnakan.

4. Food Court

Bagi Anda yang sudah lelah mengelilingi bukit dan mulai merasa lapar bisa mampir di food court yang ada di sana. Berbagai macam makanan dan minumannya pun sangat lengkap. Anda bisa memilih makanan dan minuman kesukaanmu. Setelah itu, Anda bisa kembali berkeliling bukit.

5. Gazebo

Untuk Anda yang mungkin merasa lelah dan ingin beristirahat sejenak, Anda bisa bersantai di gazebo yang sudah di sediakan. Gazebo dari kayu kokoh ini menambah kesan pedesaan dan menyegarkan kembali stamina Anda. Jangan lupa untuk membeli beberapa air minum atau cemilan di food court untuk menghilangkan rasa lelahmu.

6. Mushola

Bagi Anda yang ingin melaksanakan sholat, tidak perlu khawatir. Di sini sudah tersedia mushola dan beberapa mukena untuk perempuan. Namun, alangkah baiknya Anda membawa mukena dan alat sholat sendiri untuk mengurangi antrian pada saat jam sholat. Mushola yang nyaman ini juga dilengkapi denagn temapt wudhu yang terpisah antara laki-laki dan perempuan. Air yang mengalir untuk wudhu pun sangat dingin karena berasal dari air pegunungan asli.

Itulah beberapa hal menarik seputar destinasi alam Bukit Panguk Kediwung yang terletak di Bantul. Dengan harga tiket terjangkau, Anda sudah bisa puas menikmati keindahan alam Kota Bantul dan hamparan hutan lebat serta Sungai Yoa dari atas. Bukit dengan berbagai macam spot foto ini juga sangat cocok untuk Anda yang suka mengabadikan momen dengan memotret diri bersama teman, keluarga, sahabat, atau pun pasangan. Jangan lupa untuk memasukkan bukit cantik di list liburanmu!