Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Giricahyo, Kec. Purwosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Meski lokasi berada tidak jauh dari Pantai Parangtritis, yang notabene merupakan salah satu destinasi populer di Yogyakarta, nama Bukit Paralayang Watugupit dulunya memang masih asing terdengar di telinga wisatawan. Bahkan hanya segelintir orang saja yang mampir ke sana untuk sekadar melihat lihat penorama sekitar pantai.

Namun saat ini, bukit yang berada di sebelah selatan Parangtritis tersebut sudah menjadi salah satu objek wisata populer. Banyak pula pengunjung yang secara khusus datang ke kawasan tersebut, untuk menikmati keindahan yang tersaji di bukit dengan nama asli Parang Endog ini. Penasaran? Yuk simak ulasan selengkapnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Paralayang Watugupit

Daya Tarik Dimiliki Bukit Paralayang
Image Credit: Instagram.com @viesti_wijaya

1. Tempat Bersantai dengan Panorama Pantai Parangtritis

Tidak bisa dipungkiri bahwa Pantai Parangtritis memang sudah menjadi salah satu iko wisata di Kota Jogja. Bahkan nama pantai ini sudah terkenal hingga ke telinga turis mancanegara. Anda sendiri pasti selalu memasukkan Parangtritis ke dalam list kunjungan jika sedang berlibur ke Jogja.

Pasalnya pemandangan indah dari pantai tersebut memang selalu bisa membuat para pengunjung betah untuk berlama lama mengaguminya. Menariknya lagi, Anda sekarang bisa menikmati semua pemandangan indah dari Pantai Parangtritis dari ketinggian. Caranya adalah dengan mendatangi bukit Parang Endog yang berada di sisi selatan pantai.

Melihat keindahan pantai dari ketinggian tentunya akan membawa suasana yang berbeda, bila dibandingkan dengan ketika Anda menikmati keindahannya langsung dari pantai itu sendiri. Sebab dari atas ketinggian, Anda dapat menikmati semua pemandangan indah di pantai secara langsung dengan jelas. Dimana Anda bisa bersantai sembari menikmati semua panorama cantik tersebut.

2. Sunset dan Sunrise

Sebagai informasi, Bukit Paralayang Watugupit mempunyai berbagai area yang menghadap ke arah pantai. Sehingga membuat pemandangan di pantai tentunya menjadi daya tarik yang paling dominan ketika berada di lokasi wisata satu ini. Tentunya yang selalu berhasil membuat para pengunjung terpana adalah pemandangan sunrise dan sunset-nya.

Tidak jarang ada pengunjung yang datang pagi pagi buta untuk berburu pemandangan sang fajar terbit dari timur, ketika cahaya matahari mulai muncul secara malu malu dan memberikan suasana hangat. Pun ketika sore hari, banyak pengunjung yang betah duduk berlama lama di sana untuk menanti matahari terbenam di balik lautan di sisi barat.

Pasalnya pemandangan sunset dan sunrise akan semakin terlihat cantik rupawan ketika disaksikan dari bukit Parang Endog tersebut. Bahkan menjadikan lokasi ini sebagai salah satu rekomendasi utama bagi mereka yang ingin menenangkan diri, sembari menikmati indahnya sunrise di pagi hari atau sunset di sore hari.

Daya Tarik Bukit Paralayang
Image Credit: Instagram.com @oom_tommy

3. Spot Foto Instagramable

Bagi kaum milenial di era modern seperti sekarang, hampir setiap objek wisata harus mempunyai spot foto instagenic agar menarik. Sebaliknya, tempat yang kurang instagramable dinilai agak ketinggalan karena tidak bisa menawarkan hasil potret ciamik untuk nantinya dibagikan ke media sosial.

Namun Anda tidak perlu khawatir ketika berkunjung ke Bukit Paralayang Watugupit. Karena jika spot foto instagramable yang Anda cari, maka di sini sudah pasti Anda bisa mendapatkannya. Dengan latar pemandangan laut lepas dari Pantai Parangtritis yang begitu cantik, tebing tebing, serta sebagian wilayah kota yang terlihat, sudah berhasil membuat latar belakang foto spektakuler.

Bahkan ketika Anda hanya berdiri saja sudah mampu menghasilkan gambar yang bagus berkat adanya pemandangan luar biasa sebagai background. Tidak perlu repot mengedit foto lagi, karena hasilnya sudah sangat bagus untuk dibagikan ke story media sosial. Apalagi kesan foto yang mampu dihasilkan bisa berbeda beda saat sunrise, siang hari, maupun kala di kala senja.

4. Wahana Paralayang

Meski nama aslinya Bukit Parang Endog, namun kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke sini lebih mengenal destinasi tersebut sebagai Bukit Paralayang Watugupit. Alasannya adalah karena lokasi ini menyediakan wahana paralayang bagi pengunjung. Sejak adanya wahana tersebut, Bukit Watugupit menjadi nama yang populer di kalangan para pelancong.

Awalnya, bukit tersebut memang hanya perbukitan biasa. Kemudian sekitar tahun 1991, dibuat sebuah landasan beton pertama yang ditujukan untuk fasilitas olahraga paralayang. Di tahun 1998, dibuat berbagai fasilitas pendukung untuk menunjang agar olahraga paralayang di sana semakin banyak peminat, seperti tangga menuju puncaknya, pendopo joglo, hingga area parkir.

Para pegiat olahraga paralayang sendiri awalnya secara rutin melakukan aktivitas paralayang di antara bulan Desember hingga Februari. Ketika angin bertiup kencang namun cuaca cenderung tetap cerah, sehingga lebih mudah ketika melakukan paralayang. Namun karena perubahan cuaca yang tidak menentu saat ini, cukup sulit untuk menentukan jadwal tetapnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Paralayang
Image Credit: Google Maps (Zulistya Adi)

Bukit Paralayang Watugupit berada di sebelah selatan Pantai Parangtritis, dengan lokasi yang khas perbukitan. Lebih tepatnya, alamat destinasi ini berada di area hutan, Giricahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi tersebut berada sekitar 3 kilometer saja dari Parangtritis atau kurang lebih 30 kilometer jika diukur dari pusat Kota Jogja.

Jadi, Anda bisa langsung mengarahkan kendaraan menuju Pantai Parangtritis agar lebih mudah menuju lokasi bukit. Dari pusat kota sendiri bisa melewati Jalan Pleret ke arah Pathuk, lalu melewati Jalan Imogiri ke Jalan Parangtritis. Dilanjutkan dengan melewati Jalan Paralayang yang ada di Watu Gajah.

Dari saja kemudian belok kanan dan ikuti jalan yang ada sampai tiba di Bukit Parang Endog yang berada di sebelah kanan jalan. Di bagian kanan jalan tersebut, Anda akan menemukan warung dengan halaman luas. Para pengunjung dapat memarkirkan kendaraan di halaman tersebut, kemudian naik ke atas bukit. Untuk menuju puncak bukitnya sendiri bia melewati tangga yang sudah tersedia.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Bukit Paralayang
Image Credit: Google Maps (Iskandar Rusdi)

Bukit Paralayang ini bisa dikunjungi selama 24 jam, yang mana harga tiket masuknya terbilang sangat murah meriah. Anda hanya perlu mengeluarkan dana sebesar kurang lebih Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000 saja untuk tiket masuknya. Namun belum termasuk kontribusi parkir sebesar Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat, dan Rp. 3.000 untuk kendaraan roda dua.

Harga yang berlaku hanya untuk naik ke atas puncak bukit saja. Jadi, apabila Anda ingin mencoba aktivitas paralayang maka harus membayar biaya tambahan. Besar biaya untuk menjajal aktivitas paralayang sekitar Rp. 300.000 per orang. Harga mungkin bisa berubah sewaktu waktu tergantung kebijakan pengelola wisata setempat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Paralayang

Kegiatan Menarik di Bukit Paralayang
Image Credit: Google Maps (Revanda Irwan)

1. Menyaksikan Keindahan Sekitar

Berada di ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut, dari atas Bukit Paralayang Watugupit, Anda bisa melihat keindahan alam sekitar dengan jelas. Mulai dari hamparan laut luas dari Pantai Parangtritis, sampai keindahan kota yang terlihat dari jauh. Meski Anda sudah sering mengunjungi Parangtritis sebelumnya, namun menyaksikannya dari sini akan membawa sensasi yang berbeda.

Pasalnya pemandangan Pantai Parangtritis tampak begitu mempesona ketika disaksikan dari ketinggian. Terutama ketika Anda berada di sana pada saat sunrise atau sunset, karena panorama alamnya dijamin membuat Anda terkagum kagum. Tidak sampai di situ saja, kerlap kerlip lampu yang menyala dari kota membuat suasana semakin syahdu dan romantis menjelang malam.

2. Berburu Foto

Dengan semua keindahan rupawan yang sudah tersaji di depan mata. Tentu kurang afdol apabila Anda tidak berburu foto selama berkunjung ke Bukit Paralayang ini. Bahkan berbagai angle terlihat mampu menghasilkan potret ciamik. Latar belakang kota yang cukup jauh, sampai dengan latar belakang Pantai Parangtritis dengan hamparan lautnya adalah angle yang paling populer.

Lebih menariknya lagi, waktu dimana Anda mengambil foto akan memberi kesan yang berbeda beda. Misalnya saat pagi hari bisa berkesan hangat, siang hari dengan kesan semangat, dan sore hari dengan kesan eksotis. Hal ini membuat para pecinta fotografi pasti akan betah berburu foto seharian di sana.

3. Piknik

Bagi Anda yang ingin menghilangkan penat dengan ditemani pemandangan cantik dan menenangkan, maka Bukit Parang Endog adalah tempat terbaik yang bisa dituju ketika sedang berada di Yogyakarta. Cukup jauh dari hiruk pikuk perkotaan, Anda bisa menikmati suasana damai sambil melakukan piknik di sini.

Bisa bersama dengan keluarga tercinta ataupun teman teman tersayang, bawa segulung tikar dan bekal makanan untuk piknik di atas bukit dengan sajian pesona Pantai Parangtritis. Jika tidak ingin repot membawa tikar atau bekal makanan, Anda bisa langsung duduk di atas area yang diberi paving block. Sedangkan makanan dan minumannya bisa dibeli dari warung di bawah bukit.

Kegiatan di Bukit Paralayang
Image Credit: Google Maps (Soul Incubator)

4. Menjajal Olahraga Paralayang

Bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrim, wajib untuk menjajal olahraga paralayang ketika bertandang ke Bukit Parang Endog. Terjun dari ketinggian 900 meter di atas permukaan laut pastinya akan terasa sangat menantang dan memacu adrenalin, sehingga akan menjadi pengalaman yang begitu berkesan.

Belum lagi dengan keindahan hamparan laut berpadu pasir putih dari Pantai Parangtritis yang ada di bawahnya, membuat aktivitas paralayang ini menjadi lebih seru. Anda pun tidak perlu khawatir perihal keamanannya, karena Anda akan dibawa terbang oleh profesional yang sudah mahir mengendalikan parasut.

5. Wisata Kuliner

Melakukan wisata kuliner dengan ditemani pemandangan alam yang begitu mempesona pastinya akan menjadi pengalaman yang luar biasa bukan ? Tidak perlu repot membawa bekal, di sini Anda bisa menemukan warung makan dan warung kopi yang dapat Anda nikmati ketika berkunjung. Selain menu menunya lezat, harganya juga cukup murah meriah sehingga nyaman di kantong.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Paralayang Watugupit

Fasilitas Bukit Paralayang
Image Credit: Google Maps (Helmi Santosa)

Sebagai objek wisata yang sudah mulai dikenal secara luas oleh para pelancong, Bukit Paralayang ini menghadirkan berbagai fasilitas untuk menunjang para pengunjung selama berada di lokasi. Dimulai dari tempat parkir kendaraannya yang cukup luas, toilet dan kamar mandi bersih, warung yang menawarkan berbagai menu, dan tentunya permainan paralayang yang wajib dicoba.

Selain itu, ada juga area camping dan musholla yang tidak terlalu jauh dari bukit. Kemudian terdapat pula kursi bersantai yang sudah diletakkan di beberapa titik. Kalaupun tidak kebagian kursi, banyak pengunjung yang memilih duduk bersila di bawah untuk menikmati keindahan yang ada.

Menikmati keindahan Pantai Parangtritis di Gunung Kidul bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan naik ke puncak Bukit Paralayang Watugupit. Tidak hanya keindahan pantai, banyak panorama cantik di sekitar yang juga bisa Anda saksikan sekaligus. Dijamin sangat cocok sebagai lokasi hunting keseruan selama berada di Jogja. Tertarik?