Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 09.00-18.00 WIB, Alamat: Soropati, Clapar 2, Hargotirto, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta memang tidak pernah kehabisan objek wisata untuk tujuan berlibur. Pasalnya, disini anda akan menemukan banyak sekali wisata andalan di berbagai pelosok yang menyajikan keunikan dan keindahannya tersendiri. Salah satunya yang bisa anda kunjungi adalah Bukit Pule Payung di Kulon Progo.

Bukit cantik ini adalah salah satu wisata alam dengan memiliki spot untuk berfoto yang terbilang instagramable. Berada tak jauh satu Kalibiru membuat anda bisa sekaligus berwisata ke tempat lain saat berada disini. Jika anda memiliki hobi yakni hunting foto, tentunya akan jatuh hati saat berada di tempat wisata satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Pule Payung

Daya Tarik Bukit Pule Payung
Image Credit: Google Maps Danang aris Gunawan

1. Tempat Wisata yang Instagramable

Salah satu daya tarik yang membuat pengunjung datang ke destinasi wisata yang apik ini adalah lokasinya yang sangat instagramable. saat berada disini, anda akan menemukan banyak sekali spot spot foto yang terbilang cukup keren. Pastinya anda pun wajib membawa kamera ketika menghabiskan waktu di tempat satu ini.

Disini, setidaknya anda akan menemukan 8 spot foto kekinian yang bisa anda jadikan lokasi untuk berfoto. Adapun spot spot tersebut antara lain adalah Jembatan Surga, Spit Lolipop, Spot Wolu, Flying Fox, Wahana Sepeda Langit, Ayunan dan Kursi Langit, Cafe Angkasa dan yang terakhir adalah Gazebo dengan View alam yang sangat menakjubkan.

Setiap spot foto yang anda temukan di Bukit Pule Payung memang menyajikan keindahan dan sensasi tersendiri. Namun, anda tidak perlu khawatir sebab semua spot foto yang ada disini telah menerapkan sistem keamanan yang terbilang cukup lengkap. Jika anda ingin menjelajah spotnya satu persatu, maka anda bisa mendahului dengan jembatan surga dan berakhir di Cafe Angkasa.

2. Memiliki Pemandangan Alam yang Mengagumkan

Daya tarik berikutnya yang dimiliki oleh Bukit Pule Payung adalah pemandangan alamnya yang terbilang sangat mempesona. Bagaimana tidak, berada disini anda pun akan langsung disuguhkan dengan keindahan yakni berupa pesona alam pegunungan yang sangat indah dan mengagumkan.

Banyak wisatawan menyebut destinasi satu ini yakni sebagai Bukit Wisata karena letaknya yang berada di atas bukit dan menawarkan berbagai macam spot foto keren yang bisa anda temukan disini. Bukit cantik di Kulon Progo ini memiliki ketinggian yakni sekitar 500 mdpl.

Indahnya pesona wisata alam yang ada di Kulon Progo ini memang akan membius siapa saja yang datang berkunjung. Disini, anda pun akan disuguhkan dengan keindahan waduk eksotis, lengkap dengan dikelilingi oleh pemandangan berupa pegunungan yang terbilang masih cukup asri.

Tidak hanya itu saja, perbukitan ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terbilang cukup unik. Dengan berbagai sentuhan kreativitas yakni banyaknya spot foto unik, maka anda pun akan bisa menemukan keindahan di tempat satu ini. namun, anda tidak perlu khawatir bahwa wisata yang ada di Jogja ini juga akan memprioritaskan keamanan, terutama jika anda mencoba wahana yang cukup tinggi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Pule Payung
Image Credit: Google Maps Alfiahesty

Destinasi wisata Bukit Pule Payung berada di Dusun Soropati, tepatnya di Desa Hargotirto yang berada di Kecamatan Kolak, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Apabila anda tertarik dan berencana untuk melakukan liburan ke tempat satu ini, maka anda pun bisa saja untuk mengikuti rute menuju ke Kalibiru.

Bagi anda yang datang dari kota usat kota Jogja, maka anda bisa melewati Jalan Godean. Kemudian, anda hanya perlu untuk lurus menuju ke arah barat dan mengikuti jalanan tersebut hingga nantinya sampai di Goa Kiskendo. Setelah sampai di Goa Kiskendo, anda bisa meneruskan perjalanan menuju ke arah Air Terjun Kembang Soka dan juga Taman Sungai Mudal.

Sesampainya di lokasi tersebut, anda bisa mengambil ke arah kiri yakni menuju ke tempat wisata Kalibiru. Barulah ketika anda telah sampai di Kalibiru, akan lebih mudah bagi anda untuk menemukan destinasi wisata Bukit Pule Payung ini. lokasinya sendiri searah dengan Tebing Gunung Gajah, sehingga anda pun bisa mampir setelah puas bermain disini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Bukit Pule Payung
Image Credit: Instagram Bukit wisata Pulepayung

Ketika berada di tempat wisata yang indah ini, anda pun tidak perlu khawatir akan harga tiket masuk yang ditawarkan. Hal tersebut lantaran wisata Bukit Pule Payung ini memiliki tarif tiket masuk yang terbilang cukup terjangkau. Bahkan anda pun bisa datang di akhir bulan, lantaran harganya yang sangat murah.

Tidak hanya itu saja, wisata alam satu ini tidak mematok harga yang tinggi seperti tempat wisata yang ada di pusat kota Jogja. Dengan hanya memasang tarif untuk wisatawan yakni sekitar 10 ribu per orang, anda pun akan langsung bisa menikmati keindahan dari destinasi satu ini.

Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan yang anda bawa menuju ke tempat wisata satu ini. selain itu, disini anda akan menemukan banyak sekali spot foto unik yang bisa anda gunakan dalam hunting. Namun, untuk memasuki spot foto tersebut, anda dikenakan biaya tambahan yakni tergantung spot yang anda masuki. Kisaran harganya yakni mulai dari 10 ribu rupiah hingga 35 ribu rupiah.

Adapun untuk anda yang ingin berfoto di spot angkasa dan juga spit Wolu akan dikenakan biaya yakni sekitar 15 ribu rupiah saja. bagi anda yang ingin berfoto di Spot Lolipop dan juga spot jembatan surga, maka anda harus siap siap merogoh kocek yakni sekitar 10 ribu rupiah saja. dan bagi anda yang ingin berpose di sepeda langit, siapkan sekitar 25 ribu dan flying fox yakni 30 ribu rupiah.

Sedangkan untuk jam buka dari wisata satu ini adalah mulai dari pukul 9 pagi hingga jam 6 sore. Anda pun bisa datang setiap hari ke Bukit Pule Payung apabila sedang dilanda penat dan bosan. Jika anda ingin lebih puas dalam berfoto, ada baiknya anda datang lebih pagi untuk menghindari keramaian.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pule Payung

 

Kegiatan Menarik Pule Payung
Image Credit: Instagram Bukit wisata Pulepayung

1. Mencoba Flying Fox

Ingin mencoba wahana yang menantang adrenalin? Ketika berada di Bukit Pule Payung, maka anda pun bisa langsung saja mencoba Flying fox. Wahana satu ini memang sangat cocok bagi anda yang mengajak si kecil berlibur ke destinasi satu ini. dengan mencoba bermain flying fox, maka si kecil akan bisa melihat keindahan wisata ini dari sudut pandang yang berbeda.

Tentunya, jika anak anda cukup berani, tak ada salahnya untuk mencoba wahana yang menegangkan satu ini. akan tetapi, anda tidak perlu khawatir sebab keamanan dari wahana tersebut telah dijaga dengan baik oleh pihak pengelola. Sehingga, anak pun akan bisa bermain dengan lebih aman.

2. Hunting Foto di Spot Kekinian

Jika anda mencari tempat wisata dengan berbagai macam spot unik dan kekinian di Jogja, maka lebih baik anda langsung saja datang ke Bukit Pule Payung yang berada di Kulon Progo. Hal ini dikarenakan anda akan menemukan banyak sekali spot kekinian dan sangat instagramable.

Salah satu yang bisa anda gunakan untuk berfoto adalah spot Angkasa. Disini, anda pun akan berada di rumah yang seakan akan ada di atas bukit. Lengkap dengan kursi ruang tamu dan mejanya, anda akan disuguhkan dengan latar belakang berupa deretan pegunungan hijau berpadu dengan birunya langit.

Selanjutnya, ada pula spot Wolu yang menjadi salah satu spot utama dari wisata ini. disini, anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang apik. Cocok bagi anda yang tidak terlalu neko neko atau yang ingin mengambil gambar dengan latar belakang simpel namun tetap estetik.

Sky Swing menjadi spot foto selanjutnya yang bisa anda kunjungi. Disini, anda pun akan berada di ayunan yang terletak diatas jurang. Pastinya akan membuat adrenalin menjadi terpacu ketika menjajal untuk berfoto di wahana satu ini. tapi, lagi lagi tak perlu khawatir karena keamanan disini sangat bagus.

Ingin mencoba berfoto sembari bersepeda di atas langit? Tentu saja, Sky Bike adalah destinasi wisata yang bisa anda coba. Pasalnya, di Bukit Pule Payung anda pun akan bisa menaiki sepeda sekaligus berfoto dengan keindahan waduk dan pemandangan berupa gunung yang menjulang. Pastinya akan membuat anda betah berada di tempat wisata satu ini.

Spot jembatan surga juga menjadi favorit wisatawan selanjutnya. Sebab spot ini memang juga kerap kali dijadikan sebagai lokasi untuk prewedding. Dengan panjang yang kurang lebih bisa menampung sekitar 50 orang ini, anda pun juga bisa untuk mengabadikan foto di lokasi ini. sepanjang jembatan, anda pun akan bisa melihat bentang alam yang sangat indah. Lengkap dengan danau kecil dengan jarak yang cukup jauh bisa anda nikmati disini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Bukit

Fasilitas Bukit Pule Payung
Image Credit: Google Maps Budi Sutrisno

Adapun fasilitas yang tersedia di bukit satu ini memang terbilang cukup lengkap. Hal ini tentu saja akan bisa menunjang liburan anda selama berada di destinasi wisata satu ini. ada beberapa fasilitas yang tersedia, mulai dari yang pertama yakni adanya paket tour ketika anda berwisata kesini.

Terdapat tiga pilihan paket yang bisa untuk anda pilih. Diantaranya adalah paket gold, bronze dan juga silver. Dengan paket tersebut, maka liburan anda ke destinasi satu ini akan lebih hemat. Selain itu, fasilitas lain yang bisa anda temui ketika berada di Bukit Pule Payung adalah adanya mushola untuk beribadah.

Kemudian, disini anda juga akan bisa menemukan tempat bersantai seperti gazebo dan pendopo yang disediakan untuk pengunjung yang lelah dan ingin beristirahat. Selain itu, jika anda ingin membeli oleh oleh maka bisa saja untuk mengunjungi sentra oleh oleh yang ada di sekitar tempat wisata dengan menyajikan buah tangan khas dari Yogyakarta.

Berlibur di Jogja, anda pun pastinya tidak akan pernah kehabisan destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Hal tersebut lantaran berwisata ke Bukit Pule Payung, contohnya dapat menjadi salah satu alternatif untuk melepas penat. Dengan pemandangan yang apik dan juga banyaknya spot foto unik dan instagramable, akan membuat anda betah berlama lama dan menghabiskan waktu di tempat wisata yang menakjubkan ini.