Bukit Sekipan Tawangmangu, Destinasi Wisata Kekinian & Mempesona di Karanganyar

Bukit Sekipan Tawangmangu

Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu menawarkan beragam wahana permainan seru dan cocok sebagai sarana liburan keluarga. Pemandangan pegunungan yang memukau dan suasana yang sejuk menjadi perpaduan apik yang sayang jika dilewatkan.

Lokasi: Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.
Map: Cek Lokasi

Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar memiliki destinasi wisata populer yang sayang jika dilewatkan. Salah satu destinasi tersebut ialah Bukit Sekipan Tawangmangu. Berkunjung ke lokasi tersebut, dijamin Anda akan betah berlama lama. Udara yang sejuk dan kawasan yang ramah keluarga merupakan daya tarik utamanya. Berikut penjelasan terdalam mengenai Bukit Sekipan.

Pesona Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu

Pesona Bukit Sekipan

Image Credit: Google Maps (Timur Laksana)

Udara di wisata bukit ini lumayan dingin karena lokasinya yang dekat dengan gunung lawu bahkan bisa dikatakan di kaki Gunung Lawu. Tempat wisata di Tawangmangu ini dulunya adalah kawasan yang digunakan untuk berkemah. Saat ini, wisata bukit ini berubah menjadi kawasan yang dipenuhi dengan berbagai macam wahana yang seru dan menyenangkan.

Tawangmangu merupakan salah satu daerah yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Lebih tepatnya ini berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Daerah jawa tengah ini memang dikenal sebagai tempat wisata yang populer. Salah satu destinasi tempat wisata favorit para wisatawan di Jawa tengah ini adalah Bukit Sekipan.

Banyak para wisatawan yang mengira bahwa tempat ini merupakan destinasi wisata bukit biasa seperti pada umumnya. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena di bukit menawan ini terdapat berbagai macam wahana modern yang sangat seru untuk dimainkan. Contoh wahananya adalah Kapal Titanic, Sepeda Air, Waterboom, Studio Film 8 Dimensi, Goa.

Tak sampai disitu saja, ada wahana lainnya seperti Mini Zoo, Rumah Hantu, Taman Lampion, Kereta Mini, Kampung Halloween, Kiddy Boat, Monorail, Kincir-Kincir, Super Rally, Bombom Car, Carrossel, Kora-Kora, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan banyaknya wahana yang berada di Bukit Sekipan tentu saja Anda akan sangat puas jika berwisata di bukit ini.

Anda akan merasakan hawa yang dingin tipikal dataran tinggi. Meski berada di bukit, tetapi Anda akan merasa seperti di pusat kota karena bentuk dari tempat ini sangat kekinian dan modern. Tak jarang juga banyak wisatawan yang suka berfoto-foto di kawasan ini. Penataan ruangan yang tepat juga semakin menambah daya tarik objek wisata di Tawangmangu ini.

Suasana tempat wisata ini sangat khas suasana daerah pegunungan. Destinasi wisata alam Karanganyar ini juga sering digunakan sebagai arena kegiatan kemah keakraban oleh beberapa kalangan perguruan tinggi, baik dari Kota Yogyakarta, Solo ataupun kota-kota besar lainnya. Tak heran, setiap harinya wisata bukit ini selalu dipenuhi para wisatawan.

BACA JUGA:  26 Minuman & Makanan Khas Semarang yang Wajib Anda Coba

Selain tersedianya lahan dan area Camping Ground di dalam objek wisata Sekipan, terdapat pula beberapa villa atau penginapan yang bisa disewa untuk bermalam bagi pengunjung yang tidak ingin menginap di dalam tenda kemah. Suasana tenang, damai, dan syahdu seakan menjadi perpaduan sempurna.

Kadang kala, di sekitar area bukit sering terjadi kabut tipis. Inilah yang menjadi daya tarik para fotografer untuk menunjukkan kebolehannya dalam memotret. Tak heran, kawasan Bukit Sekipan ini dijadikan sebagai lahan fotografi. Ketika berkunjung ke bukit ini, jangan lupa untuk melakukan swafoto.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Bukit Sekipan

Rute Bukit Sekipan

Image Credit: Google Maps (R Kakung Wahyu W)

Tempat wisata populer di Karanganyar ini berlokasi di Desa Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Jawa Tengah. Lokasinya terletak sekitar 45 km jika dari solo. Sedangkan rute menuju Bukit Sekipan ini bisa dari beberapa jalur seperti melalui jalan raya Solo – Tawangmangu. Kemudian setelah sampai di pasar Tawangmangu, silahkan lurus terus ke arah Kalisoro.

Jika Anda datang dari arah barat seperti Jogja, Semarang, atau Solo, maka Anda harus menuju arah Tawangmangu dengan melewati Kota Solo. Sesampainya di Pasar Tawangmangu, Anda perlu melanjutkan perjalanan menuju arah Sarangan. Sekitar 600 meter, Anda akan tiba di sebuah Kantor Kelurahan Kalisoro.

Jika Anda sudah berada di kantor kelurahan tersebut berarti Anda sudah dekat dengan lokasi wisata ini. Akan tetapi jika Anda datang dari arah timur, jalur yang lebih cepat seperti melalui Magetan hanya perlu menuju jalur Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang saja. Sesampainya di Cemoro Kandang, Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan menuju Jalan Lawu.

Setelah berada di jalan Lawu, Anda bisa belok kiri menuju Jalan Sekipan. Jika sudah belok kiri, selang beberapa waktu Anda akan tiba di lokasi wisata Bukit Sekipan Tawangmangu. Tak perlu bingung, di sekitar area dekat lokasi bukit akan ada sebuah penanda jalan. Penanda tersebut bisa Anda gunakan sebagai acuan untuk berkunjung ke bukit cantik di Tawangmangu ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu

Harga Tiket Bukit Sekipan

Image Credit: Google Maps (Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu)

Sejak 2020 harga tiket masuk ke wisata Bukit Sekipan mengalami perubahan. Harga tiket masuk reguler untuk menuju bukit tersebut saat ini sekitar Rp 50.000,00. Harga ini sudah termasuk beberapa wahana seperti sepeda air, kapal Titanic, goa hantu, 90 spot selfie, gembok cinta, replica presiden Indonesia, waterboom, studio film 8 dimensi, dan mini zoo.

Jika Anda masih belum merasa puas dengan wahana yang terdapat di harga tiket reguler, Anda juga dapat membeli tiket terusan. Tiket terusan kurang lebih harganya sekitar Rp 100.000, yang mencakup semua wahana tiket reguler, kincir-kincir, kiddy boat, kereta mini, super rally, monorail, bombom car, kora-kora, dan carrossel.

BACA JUGA:  6 Makanan Khas Brebes yang Wajib Anda Coba

Jika Anda datang dengan empat hingga lima orang atau lebih, maka Anda dapat memilih paket yang ketiga. Untuk Harga paket ketiga adalah sebesar Rp 200.000. Dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan CD foto, maksimal melakukan pemotretan di empat booth yang berbeda. Anda juga akan mendapatkan delapan file foto secara gratis.

Apabila Anda datang dengan keluarga dengan jumlah orang sekitar enam hingga delapan atau rombongan banyak maka Anda juga dapat memilih paket keempat. Dengan paket keempat Anda akan mendapatkan CD foto, maksimal melakukan pemotretan di semua booth, dan gratis sepuluh file foto. Paket harga keempat ini adalah Rp 300.000,00.

Ada juga Paket terakhir, yaitu paket kelima yang dapat Anda pilih apabila sedang membawa rombongan dalam jumlah besar sekitar sembilan sampai sepuluh orang. Paket yang kelima ini dapat Anda beli dengan harga Rp 500.000,00. Kali ini, di paket yang kelima Anda akan mendapatkan Lima belas file foto dengan gratis. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan CD foto, dan dapat melakukan foto maksimal pemotretan di semua booth.

Perlu Anda ketahui jika harga paket-paket tersebut berlaku untuk semalam saja dan dapat berubah ubah setiap saat. Tempat wisata ini di buka setiap hari, mulai dari jam 08.00 – 19.00 WIB. Pada hari Sabtu atau weekend akan dibuka hingga jam 22.00, karena di Bukit Sekipan terdapat wahana lampion atau taman lampion.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Sekipan

Kegiatan di Bukit Sekipan

Image Credit: Facebook.com @bukitsekipan

1. Bermain Banyak Wahana

Jika Anda pergi untuk berlibur ke objek wisata ini maka dapat dipastikan sebagian besar kegiatan Anda akan dihabiskan untuk bermain semua wahana yang telah di bangun di tempat tersebut oleh pihak pengelola. Tidak perlu khawatir jika merasa bosan karena di Bukit Sekipan tak hanya satu wahana melainkan banyak sekali wahana yang harus dicoba.

Sebelum bermain air atau berenang alangkah baiknya jika Anda melakukan pemanasan berupa uji adrenalin. Anda bisa mendapatkan sensasi yang horor dengan mengunjungi wahana kampung halloween. Meskipun hantu yang di gunakan hanya patung tetapi Anda akan merasakan ketakutan yang luar biasa karena hantu tersebut sangat menyeramkan.

2. Berenang dan Bermain Air

Untuk Anda yang suka berenang, juga dapat melakukannya, karena di tempat ini juga tersedia wahana waterboom yang bisa digunakan berenang dan bermain air. Jika Anda ingin berenang, maka harus memperhatikan kesehatan terlebih dahulu karena air di perbukitan ini sangatlah dingin. Waterbom ini adalah wahana yang sangat terfavorit.

BACA JUGA:  Bukit Cinta Rawa Pening, Pesona & Mitos Dibalik Keindahan Alamnya

3. Bersantai

Apabila Anda tidak ingin ribet dan hanya ingin bersantai dan sekedar nongkrong maka dapat mengunjungi taman yang berada di bukit. Karena di Bukit Sekipan ini juga terdapat taman yang telah di bangun oleh pengelola. Taman tersebut dibangun sedemikian rupa agar wisatawan merasa nyaman dengan suasananya.

Di taman ini terdapat macam-macam bunga yang sangat banyak dan indah, taman ini sering kali digunakan oleh wisatawan untuk berfoto bersama keluarga untuk mengabadikan momen ketika mengunjungi taman bunga. Maka jangan heran jika nantinya galeri Anda akan dipenuhi dengan beragam foto menarik.

4. Camping

Di bukit ini juga terdapat wahana camping ground yang sangat luas sehingga dapat menampung banyak wisatawan yang ingin bercamping. Jika masih ingin menikmati keindahan Bukit Sekipan, Anda dapat berkemah di sini. Hal yang cukup unik dari perkemahan ini adalah pihak pengelola telah menyediakan tenda yang didesain seperti rumah-rumah suku Indian.

Anda dapat mengabadikan momen berkemah dengan cara berfoto di area perbukitan ini karena tempatnya yang sangat indah. Selain itu, di bukit ini juga terdapat studio foto dengan berbagai macam booth yang keren. Anda bisa menggunakan studio tersebut untuk mendapatkan foto yang lebih bagus daripada foto sendiri.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Sekipan Tawangmangu

Fasilitas di Bukit Sekipan

Image Credit: Google Maps (Harjo TV)

Fasilitas di tempat wisata ini sudah cukup lengkap. Di sini Anda juga dapat menemukan semua fasilitas umum seperti toilet, ATM center, mushola, dan lain-lain. Selain itu, Anda yang datang dari luar daerah dan berkeinginan untuk bermalam di bukit ini pun dapat memilih penginapan untuk bermalam. Anda dapat memesan kamar tersebut melalui pengelola.

Di sini juga terdapat fasilitas foto. Ada banyak paket harga foto yang di tawarkan di Bukit Sekipan ini. Paket pertama dengan harga sekitar Rp 50.000,00. Untuk harga paket pertama ini, Anda akan mendapatkan CD foto, dan juga dapat melakukan maksimal dua kali pemotretan di dua booth yang berbeda. Selain itu, Anda juga mendapatkan dua file foto gratis.

Untuk wisatawan yang ingin menginap, wisatawan dapat memilih bercamping atau pun juga bisa menginap di penginapan yang nyaman. Terdapat banyak tawaran seperti Wisma Small room dengan harga Rp 335.000,00 , Paviliun Room dengan harga Rp 600.000,00, Connecting Room dengan harga Rp 600.000,00, villa dengan harga Rp 1.400.000,00.

Demikian informasi mengenai Bukit Sekipan Tawangmangu. Setelah membaca penjelasan dalam ulasan tersebut, kini informasi mengenai objek wisata ini akan menjadi bekal perjalanan untuk kunjungan wisata. Jadi, permasalahan mengenai lokasi, tiket masuk, rute perjalanan, hingga fasilitas, sudah bisa Anda ketahui lewat penuturan ulasan tersebut.