Bukit Teletubbies, Objek Wisata Hits di Lereng Gunung Kelud Blitar

Bukit Teletubbies Blitar

Bukit Teletubbies salah satu objek wisata alam berupa perbukitan hijau di lereng Gunung Kelud, Blitar. Menyuguhkan berbagai spot foto instagramable dan gardu pandang dengan panorama alam yang menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Gambaranyar, Sumberasri, Kec. Nglegok, Kab. Blitar, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Kalau Anda pernah menonton serial kartun Teletubbies, tentu tidak asing dengan gundukan bukit hijau yang menjadi rumah para tokoh. Kini Anda bisa melihat visual bukit tersebut secara langsung dan menjadi objek wisata. Bernama Bukit Teletubbies Blitar dengan rumput hijau serta paduan alam yang menakjubkan. Penasaran apa keistimewaan lain dari wisata ini? Simak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Bukit Teletubbies Blitar

Tentang Bukit Teletubbies Blitar

Image Credit: Twitter.com @budi_karisima

Terinspirasi dari serial anak Teletubbies, membuat pengelola wisata memberikan nama yang serupa. Hal ini karena pemandangan perbukitan hijau mirip dengan latar dalam kartun tersebut. Disini pengunjung akan menemukan rumah berbentuk setengah lingkaran. Rumah unik ini diselimuti bukit hijau yang luas dan ditumbuhi berbagai bunga serta tanaman cantik.

Dulunya tempat ini hanya sekedar pos pantau Gunung Kelud yang jarang dikunjungi wisatawan selain petugas. Kemudian beberapa pecinta alam mulai plesiran ke kawasan ini dan mengambil banyak foto lalu diunggah ke sosial media pribadi. Tidak lama Bukit Teletubbies ramai dikunjungi bahkan dikenal sebagai tempat wisata kekinian untuk semua umur.

Belum lagi lokasi wisata yang berada di lereng Gunung Kelud, seakan menjadi poin plus dari objek wisata ini. Udara sejuk khas pegunungan serta gardu pandang area perbukitan, menjadikannya sebagai tempat refreshing yang menyenangkan. Kalau datang di pagi hari Anda dapat melihat matahari terbit, sedangkan sore hari semburat senja sangat apik disini.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Teletubbies

Daya Tarik Bukit Teletubbies

Image Credit: Twitter.com @andhirarum

Sebagai destinasi alam favorit di kalangan wisatawan, tentu banyak hal menarik yang disajikan oleh tempat wisata ini. Bukit Teletubbies menawarkan objek wisata dengan alam terbuka berupa perbukitan hijau. Area padang rumput luas ini mirip tempat bermain tokoh kartun tersebut sehari-hari. Bukit hijau ini adalah lahan tebu yang terletak di gardu pantau Gunung Kelud.

Sejauh mata memandang Anda dapat melihat pemandangan asri milik perkebunan teh. Hamparan daun teh membentang luas layaknya permadani hijau, panorama yang begitu memanjakan mata. Jika datang di pagi hari wisatawan bisa melihat aktivitas para petani sedang memetik daun teh di sekitar perkebunan.

Perbukitan hijau ini menyuguhkan beragam spot foto yang instagramable. Beberapa gardu pandang disiapkan oleh pengelola wisata, agar pengunjung betah lama-lama disini. Balon Udara merupakan titik menarik dari objek wisata ini. Letaknya berada di ketinggian 1700 mdpl, jadi Anda bisa melihat panorama berupa kombinasi pegunungan dan perbukitan yang indah.

BACA JUGA:  16 Tempat Makan di Banyuwangi Paling Enak & Murah

Agak turun dari lokasi balon udara, wisatawan dapat menjumpai rumah pohon ala Marsupilami. Terbuat dari kayu yang dianyam lalu diberi cat warna hijau. Sehingga menampilkan kesan yang menyejukkan. Spot rumah pohon ini menjadi favorit para wisatawan. Biasanya dijadikan latar foto untuk diunggah ke sosial media.

Daya Tarik dari Bukit Teletubbies

Image Credit: Facebook.com @susan.susindra

Selain balon udara, ayunan tebing juga menjadi daya tarik yang berada di ketinggian. Terdapat dua kursi ayunan yang disangga oleh kayu cukup kuat. Anda bisa bermain disini sambil menikmati sejuknya udara sekitar Bukit Teletubbies. Tempat ini turut menjadi andalan para wisatawan untuk berfoto, dengan latar belakang Gunung Kelud yang gagah.

Tidak jauh dari area ayunan tebing, Anda dapat menjumpai bangku tebing dengan pemandangan kawasan bukit hijau. Ada 2 bangku panjang dan meja kecil yang tersedia, biasanya dijadikan tempat berfoto dan hasilnya cukup memuaskan. Pengunjung juga bisa bercengkrama disini atau istirahat sejenak sambil menikmati semilir angin.

Jika lapar Anda bisa turun sebentar ke tempat para penjual makanan dan minuman berkumpul. Deretan warung menyajikan makanan berat hingga ringan dengan harga terjangkau. Paling nikmat menyantap mie rebus dan teh hangat, bedanya teh disini berasal dari daun teh milik petani setempat. Disediakan lesehan dan tempat duduk di atas untuk pembeli.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Bukit Teletubbies

Alamat Bukit Teletubbies

Image Credit: Twitter.com @andhirarum

Bukit Teletubbies beralamat di Sumberasri, Nglegok, Kampung Anyar, Blitar, Jawa Timur. Jaraknya kurang lebih 30 kilometer dari pusat Kota Blitar, dan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan kendaraan bermotor. Ada tiga rute yang bisa Anda lewati dengan akses jalan yang cukup mudah dijangkau. Yakni melewati Jalan Nasional III, Jalan Raya Penataran, dan Jalan Ciliwung.

Tapi rata-rata wisatawan memilih rute yang melalui Jalan Raya Penataran, karena jaraknya lebih dekat. Dari pusat Kota Blitar, Anda berkendara menuju ke kawasan wisata Candi Penataran. Berlanjut ke arah Desa Sumbersari, patokannya bertemu dengan patung Tugu Pancasila. Jika sudah berada di sekitar tugu kurang lebih 15 menit bisa tiba di lokasi perbukitan ini.

Selama perjalanan menuju tempat wisata ini pengunjung dihimbau untuk hati-hati. Akses jalannya cukup ekstrim di beberapa titik, Anda akan melalui jalan berliku dan naik turun. Tidak ada angkutan umum ke arah bukit, jadi disarankan mengendarai kendaraan pribadi tapi pastikan kondisinya prima. Perjalanan tidak membosankan karena ditemani panorama alam yang asri dan udara sejuk.

BACA JUGA:  11 Minuman & Makanan Khas Jombang yang Wajib Anda Coba

Untuk masuk ke kawasan wisata ini pengunjung dikenakan tiket masuk seharga 8 ribu rupiah. Bila membawa kendaraan bermotor harus membayar retribusi parkir, untuk motor sebesar 3 ribu sedangkan mobil atau bus 5 ribu. Sementara untuk berfoto di beberapa gardu pandang yang tersedia, pengunjung perlu membayar sekitar 5 ribu rupiah.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Teletubbies

Kegiatan di Bukit Teletubbies

Image Credit: Facebook.com @tina.azanti

1. Berkeliling Area Wisata

Tidak dipungkiri bahwa objek wisata di Blitar ini begitu menarik perhatian. Bukan hanya lokasinya yang berada di lereng Gunung Kelud, tapi bentuk perbukitan mirip rumah keseharian para Teletubbies. Itulah mengapa wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara untuk melihat sendiri wujud bukitnya.

Jika Anda sedang jenuh dan ingin refreshing sejenak, maka tempat ini cocok untuk melepas penat. Anda bisa datang ketika weekend atau libur panjang, mulai pukul 08.00-17.00. Jalan-jalan sekitar kawasan wisata sambil menikmati semilir angin. Bagi yang tidak tahan dingin disarankan memakai jaket atau baju panjang, karena hawa disini agak dingin mengingat lokasinya di lereng gunung.

2. Foto dengan Karakter Teletubbies

Sesuai dengan nama wisatanya, pengelola setempat menyediakan badut karakter teletubbies untuk meramaikan tempat wisata. Pengunjung bisa berfoto dengan cosplay ini dengan beragam pose. Cosplay teletubbies ini lengkap persis dengan karakternya dalam serial kartun berkaitan mulai Twinkie, Dipsy, Lala, dan Poo.

Biasanya keempat ikon Bukit Teletubbies ini bersiap di area gardu pandang. Jadi kalau ingin berfoto langsung saja menuju kesana. Selain itu, gardu pandang ini memiliki latar belakang pemandangan alam yang cantik. Sehingga ketika pengunjung foto bersama para teletubbies, hasil jepretannya memuaskan dan bisa diunggah ke sosial media.

Sayangnya badut ini hanya ada pada hari Sabtu dan Minggu saja. Itupun sebentar mulai pukul 09.00-10.00, jadi waktunya sangat sempit. Untuk foto bersama dengan karakter teletubbies ini Anda perlu membayar sebesar 5 ribu rupiah. Namun Anda banyak sabar saat berada di area spot ini, karena antriannya panjang dan sedikit kepanasan.

3. Hunting Foto

Ketika berkunjung ke objek wisata satu ini, wisatawan disarankan untuk membawa kamera, baik dari handphone atau kamera asli. Bagi Anda yang hobi fotografi, disinilah surganya untuk mendapatkan inspirasi foto-foto menawan. Keindahan alam bukit sayang jika tidak diabadikan dalam jepretan kamera. Apalagi saat langit sedang cerah, justru sangat menarik dipandang.

Tidak ada ketentuan waktu untuk hunting foto disini, baik pagi maupun sore bahkan hujan pun Anda tetap bisa melihat berbagai sisi yang menarik. Misalnya waktu pagi hari momen matahari terbit dapat menjadi objek foto, atau saat matahari terbenam. Ketika selesai hujan kabut tebal menyelimuti area wisata ini, pemandangannya justru jauh lebih cantik dan misterius.

BACA JUGA:  21 Tempat Makan di Surabaya Paling Enak & Murah

4. Naik Motor ATV

Pengelola wisata menyediakan sewa motor ATV agar pengunjung bisa bekeliling area wisata. Dengan mengendarai motor ATV jangkauan Anda untuk menyusuri Bukit Teletubbies jauh lebih luas. Bahkan Anda bisa mengelilingi kebun teh atau perkebunan milik warga setempat. Ada pemandu yang akan mengendarai ATV bila Anda tidak bisa mengoperasikannya.

Untuk merasakan serunya naik motor ATV, wisatawan dikenakan biaya sewa sekitar 30 ribu dengan durasi 20-30 menit. Lumayan terjangkau bagi pengunjung yang ingin mengetahui keelokan pemandangan bukit ini lebih jelas. Anda bisa menyiapkan kamera untuk memotret setiap sudut lokasi wisata.

Kegiatan Bukit Teletubbies

Image Credit: Instagram.com @t.aprl95

5. Bermain di Kebun Teh

Letak perkebunan teh tidak jauh dari kawasan wisata Bukit Teletubbies. Anda bisa kesana dengan berjalan kaki sekitar 10 menit. Disini Anda bisa hunting foto di tengah-tengah daun teh yang rimbun. Atau sekedar mengelilingi area perkebunan teh, sambil merasakan semilir angin. Hawa sejuk khas pegunungan turut menemani Anda berwisata di kawasan ini.

6. Kuliner di Warung Bawah Bukit

Memang kuliner yang ditawarkan bukan restoran atau cafe, tapi hanya sebatas warung-warung kecil. Beberapa warung tersebut menjual makanan dan camilan yang bisa mengenyangkan perut. Pengunjung bisa memesan mie rebus atau goreng, ada pula gorengan hangat untuk santapan ringan. Semuanya dijual dengan harga sangat ramah kantong.

7. Bersantai di Gardu Pandang

Destinasi wisata ini menyediakan beberapa gardu pandang sebagai fasilitas liburan para wisatawan. Akomodasi ini memiliki latar perbukitan dan pegunungan yang panoramanya memanjakan mata. Bila sedang tidak ramai pengunjung bisa bersantai di atas gardung pandang.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Teletubbies Blitar

Fasilitas Bukit Teletubbies

Image Credit: Instagram.com @mazin

Karena berada di alam terbuka tidak banyak fasilitas yang disediakan. Bukit Teletubbies memiliki kamar mandi umum yang sanitasinya cukup bersih. Lahan parkir luas untuk menampung motor, mobil, dan kendaraan besar dalam jumlah banyak. Jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan atau mengalami masalah, bagian pusat informasi siap memberikan bantuan.

Penginapan di sekitar lokasi wisata sejauh ini belum tersedia. Bila Anda kemalaman setelah liburan disini, Anda perlu menuju kea rah pusat kota untuk menyewa penginapan. Oleh sebab itu, disarankan datang ketika masih terang dan kembali sebelum malam tiba. Karena perjalanan pulang kawasannya agak gelap, meskipun terdapat beberapa rumah penduduk.

Berkunjung ke Blitar rasanya kurang puas bila belum pergi ke Bukit Teletubbies. Wisata alam terbuka ini menyajikan perbukitan hijau dan pegunungan sebagai panorama andalan. Beberapa spot foto instagramable menjadi tujuan utama wisatawan berkunjung kesini. Anda juga bisa berkeliling di kawasan kebun teh sembari melihat aktivitas petik teh.