Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Sumberharjo, Candisari, Wukirharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Tempat wisata untuk keluarga memang sudah beragam jenisnya saat ini. Mulai wisata alam pegunungan hingga pantai pun tersedia. Salah satunya yang hits adalah Bukit Teletubbies di Sleman, Jogja. Lokasi wisata yang mudah diakses sekaligus banyak spot foto yang tersedia, membuat destinasi wisata ini banyak diminati kawula muda.

Sekilas Bukit Cantik di Jogja

Sekilas Bukit Cantik di Jogja
Image Credit: Google Maps Elisabeth Murni

Jogja merupakan salah satu kota destinasi wisata andalan Indonesia. Setiap bulan tak pernah sepi wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Tak hanya wisata alamnya yang indah, Jogja juga menyuguhkan banyak wisata sejarah yang unik dan menarik, selain itu kuliner Jogja juga tak kalah lezat dan membuat para wisatawan ketagihan untuk mencobanya lagi.

Bukit Teletubbies awalnya merupakan area yang terimbas bencana gempa Jogja beberapa waktu silam. Meskipun daerah ini sempat terpuruk setelah bencana alam menimpa, tetapi lokasi satu ini kemudian disulap menjadi objek wisata yang menarik. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan luar kota pun banyak yang mengunjungi wisata menarik satu ini.

Walaupun didirikan dari area bekas bencana, namun jangan kuatir bila mengunjungi objek wisata hits satu ini. Hal ini karena lokasi wisata satu ini sudah ditunjang dengan fasilitas yang mumpuni. Fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap sehingga para wisatawan tak akan kesulitan bila mengunjungi lokasi wisata terkenal satu ini.

Lokasi desa Bukit Teletubbies merupakan kumpulan hunian bantuan yang sudah dibangun oleh beberapa lembaga bantuan saat bencana gempa tiba. Hunian sementara yang dibangun ini bertujuan untuk menampung para korban gempa Jogja pada saat itu. Sehingga setelah keadaaan mulai membaik dan penduduk sudah kembali, area ini menjadi terbengkalai.

Bentuk bukit yang seperti setengah bola ini dikabarkan adalah ruangan bawah tanah yang dibangun dengan desain dua lantai. Hunian jenis domes ini sekilas mirip dengan latar setting Teletubbies yang disukai anak anak jaman dulu. Sehingga tercetuslah ide untuk menyulap lokasi ini menjadi tempat wisata yang menarik.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Teletubbies

Daya Tarik Bukit Teletubbies
Image Credit: Instagram bukit teletubbies jogja

1. Rumah Domes yang Unik

Lokasi desa wisata yang awalnya berawal dari kumpulan hunian yang dibangun oleh lembaga bantuan gempa ini, menjadi menarik dan unik setelah dirombak. Bentuknya yang seperti setengah bola terlihat cantik apalagi dengan latar belakang perbukitan yang asri. Menjadikan lokasi wisata hits di Jogja ini tak pernah sepi pengunjung.

Hunian berbentuk domes ini dikabarkan dibanguan dibawah tanah dengan desain ruangan dua lantai yang luas. Lokasi yang digunakan untuk menampung para korban gempa Jogja silam ini, kini tampak rapi dan sekaligus cantik. Bahkan anda tak akan mengira bahwa tempat ini dulunya adalah salah satu camp pengungsian.

Rumah domes yang sudah banyak dibangun itu kemudian oleh penduduk sekitar dicat ulang kembali. Pemilihan cat yang berwarna warni menjadikan daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang berkunjung. Warna cat dinding yang cantik dan cerah ini akan terlihat kontras namun estetik dengan latar belakang perbukitan yang hijau alami.

2. Pemandangan Perbukitan yang Asri

Selain proses penyulapan lokasi pengungsi gempa menjadi objek wisata unik, daya tarik lainnya dari Bukit Teletubbies adalah wilayah bukit dibelakangnya. Bukit atau pegunungan hijau yang asri dibelakang lokasi wisata masih bisa terlihat dengan jelas. Jarak lokasi wisata dengan bukit dibelakangnya tidak terlalu jauh sehingga udara masih terasa segar.

Bukit yang terletak di sekitar lokasi wisata populer ini juga seringkali dijadikan sebagai tempat beristirahat yang nyaman pada pesepeda. Banyak para penggemar olahraga sepeda melakukan traking dijalur perbukitan satu ini. Sehingga bila merasa letih, para rombongan sepeda ini akan berhenti untuk beristirahat sekaligus menikmati pemandangan alam.

Tak hanya digunakan untuk objek foto, lokasi bukit cantik nan asri ini juga sering digunakan untuk lokasi hiking. Walaupun wilayah perbukitan satu ini tidak mempunyai ketinggian seperti bukit lainnya di Jogja, namun bukit ini tetap membawa hawa sejuk yang menenangkan. Anda bisa mencoba berjalan santai di sore hari dan mendapatkan ketenangan disepanjang jalan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Teletubbies
Image Credit: Google Maps Bukit Teletubbies

Destinasi Bukit Teletubbies ini terletak di Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaen Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi wisata ini juga bersebelahan dengan beberapa objek wisata lainnya yang tak kalah terkenal seperti Candi Ijo dan Tebing Breksi. Akses jalan ke lokasi juga sudah sangat baik sehingga berkendara sendiri akan terasa nyaman.

Jarak tempuh ke lokasi wisata ini bila ditempuh dari pusat kota Jogja adalah sekitar 20 km. Jarak ini bisa anda tempuh menggunakan kendaraan dan membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan. Walaupun kendaraan besar seperti mobil masih bisa masuk, tetapi akan disarankan untuk anda menggunakan motor saja karena jalan ke lokasi akan menyempit dan menanjak.

Anda bisa menempuh perjalanan dari pusat kota Jogja menuju jalan Wonosari. Kemudian anda bisa melanjutkan perjalanan hingga sampai di Kecamatan Piyungan. Setelah sampai pertigaan, anda bisa memilih arah utara menuju ke Jalan Piyungan Prambanan. Bila sudah berada di jalur jalan arah Prambanan, tak lama kemudian Rumah Domes akan anda temukan di bagian timur.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Bukit Teletubbies
Image Credit: Google Maps An Ismanto

Bukit Teletubbies ternyata tidak mengenakan tarif tiket masuk kepada pengunjung. Anda bebas masuk ke lokasi wisata menarik satu ini dengan gratis. Hanya saja anda akan dikenakan biaya parkir untuk kendaraan pribadi yang dibawa. Bila membawa motor tarif parkir sekitar Rp 2 ribu sedangkan untuk mobil tarif parkir sekitar Rp 5 ribu.

Lokasi wisata unik ini biasanya baru buka sekitar pukul 07.00 WIB dan akan tutup pada pukul 18.00 WIB. Bila anda berkunjung ke objek wisata satu ini, akan disarankan untuk datang pada sore hari sekitar pukul 16.00 WIB. Waktu sore seperti ini akan membuat anda bisa melihat keindahan alam pada senja hari dan juga pemandangan sunset yang cantik.

Lokasi wisata populer satu ini memang tidak pernah sepi pengunjung, oleh karena itu akan disarankan untuk anda supaya berkunjung di selain hari minggu bila memungkinkan. Karena lonjakan pengunjung saat hari libur tentu akan membuat anda lebih lama mengantri bila ingin menikmati pemandangan dan berfoto bersama.

Selain itu, medan yang termasuk area Bukit Teletubbies akan membuat anda akan berjalan cukup lama. Sehingga bila berkunjung ke lokasi satu ini akan disarankan untuk memakai sepatu yang nyaman di kaki. Karena lokasi perbukitan juga akan banyak terdapat semak semak dan rerumputan, sehingga akan lebih aman bila menggunakan alas kaki yang tertutup.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Teletubbies

Kegiatan Menarik Bukit Teletubbies
Image Credit: Instagram bukit teletubbies jogja

1. Berfoto dengan Latar Estetik

Rumah domes yang berbentuk unik dengan pilihan warna cat yang menarik akan menjadi objek foto yang memukau. Tak hanya itu, anda juga bisa berfoto secara estetik menggunakan background unik. Latar foto ala negeri dongeng yang asri dan fullcolour tentu akan lebih terlihat estetik bukan? Anda bisa mencoba berfoto bersama keluarga atau kawan dekat.

2. Menaiki Kereta Kelinci Mengelilingi Perkampungan

Di area desa wisata ini biasanya akan terdapat kereta kelinci yang beroperasi mengelilingi perkampungan. Kereta kelinci ini mempunyai gerbong berukuran kecil yang berjajar persis seperti kereta api. Dengan dihiasi ornamen cantik dan penuh warna, menjadikan kereta kelinci ini selalu ramai diminati anak anak.

Orang tua juga bisa masuk dan mendampingi anak anak mereka saat menaiki kereta lucu ini. Untuk menaiki kereta kelinci ini akan dikenakan tarif tersendiri per orangnya. Dengan adanya kereta ini anda bisa sejenak beristirahat sambil membawa anak anak berkeliling perkampungan menyaksikan pemandangan yang indah dan asri.

3. Menikmati Sunset yang Cantik dari Atas Bukit

Desa wisata ini terletak di belakang Bukit Teletubbies. Sehingga latar pemandangan bukit masih dapat terlihat dengan jelas. Saat sore hari, para wisatawan yang puas bermain dan berfoto di rumah domes, biasanya akan berjalan menyusuri perbukitan dan beristiraat disana. Dari atas bukit anda bisa menyaksikan indahnya sunset saat sore hari.

Kegiatan Menarik di Bukit Teletubbies
Image Credit: Google Maps Adit’s Daily Vlog

4. Hiking Santai Menikmati Udara Segar Perbukitan

Wilayah perbukitan di belakang desa wisata ini tidak mempunyai ketinggian yang ekstrem. Area perbukitan ini masih bisa terjangkau dengan jalan setapak yang landai untuk pengunjung. Banyak pengunjung yang seringkali melakukan hiking atau berjalan santai menyusuri perbukitan ini sambil menikmati udara segar.

Jalur hiking juga sudah disediakan oleh pihak pengelola, sehingga anda tak perlu kuatir akan tersesat bila berjalan. Ditengah perjalanan anda juga bisa menyempatkan sejenak beristirahat dan melihat pemandangan desa dari atas bukit. Desa yang asri dan masih tradisional akan menjadi pemandangan alam yang tak akan bisa dilupakan.

5. Traking Menggunakan Sepeda

Bukit yang terletak dibelakang desa wisata ini juga mempunyai trek atau jalur bersepeda. Setiap hari tak jarang banyak rombongan pesepeda yang berkendara melewati jalur perbukitan ini. Karena jalurnya yang landai dan medannya yang tidak sulit, menjadikan bukit ini populer juga sebagai jalur bersepeda yang menyenangkan.

Para pesepeda biasanya akan berhenti sejanak dan beristirahat di bawah pohon untuk melepas lelah. Memandang suasana desa dari atas bukit sambil menikmati bekal tentu akan menyenangkan bukan? Bila anda tertarik untuk bersepeda, pihak pengelola tidak menyediakan sepeda untuk disewam sehingga anda harus membawa sepeda pribadi milik anda.

Failitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bukit Teletubies
Image Credit: Google Maps Juwardi Juwardi

Wisata hits di Jogja satu ini sudah mempunyai fasilitas penunjang yang memadai. Sehingga bila anda merupakan wisatawan luar kota, tidak perlu khawatir dengan fasilitas di bukit hijau ini. Beberapa fasilitas yang sudah tersedia antara lain adalah Gardu Pandang, Banyak Spot Foto menarik, Gazebo, Mushola, Toilet yang terjaga kebersihannya, dan Area Parkir yang cukup luas dan lega.

Memanfaatkan area terbengkalai menjadi salah satu objek wisata menarik adalah hal yang unik dan kreatif. Bukit Teletubbies Jogja menjadi salah satu destinasi wisata andalan Jogja yang tak hanya mempunyai pemandangan yang asri namun juga menyimpan kisahnya sendiri. Selalu menjaga protokol kesehatan saat mengunjungi lokasi wisata dan selamat berlibur!