Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Srimulyo, Kec. Piyungan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Wisata alam selalau menjadi favorit lokasi wisata untuk dikunjungi. Indonesia mempunyai banyak keindahan alam yang masih perlu terus dieksplorasi. Salah satunya adalah Bukit Watu Amben. Lokasi wisata ini mempunyai pemandangan alam yang mempesona dan wajib masuk list perjalanan anda. Berikut adalah ulasannya.

Sejarah dan Daya Tarik Watu Amben

Sejarah Bukit Watu Amben
Image Credit: Google Maps Marzun Creative

Jogja selalu menarik untuk dikunjungi. Tak hanya menyimpan cerita sejarah dengan arsitektur kuno yang unik, namun juga banyak keindahan alam yang menunggu untuk di eksplorasi. Salah satunya adalah Bukit Watu Amben. Uniknya dari lokasi bukit ini adalah, puncaknya terletak di kawasan Gunung Merapi.

Lokasi perbukitan cantik ini menghadap langsung hamparan Kota Jogja yang indah. Sehingga mengunjungi Bukit ini akan membuat anda bisa melihat pemandangan kota dari atas. Tak hanya pemandangan yang mempesona, wisata bukit ini juga mempunyai cerita asal usul yang unik dibaliknya.

Nama Watu Amben berasal dari Bahasa Jawa yang berarti Batu Ranjang. Nama lokasi ini memang serupa dengan bentuk bukit tersebut. Bila anda berkunjung ke wilayah perbukitan ini, hamparan bukitnya akan terlihat seperti ranjang. Terdapat batu besar yang terletak di daerah perbukitan tersebut yang cukup lebar untuk digunakan berbaring.

Konon, pada jaman dahulu, batu tersebut memang digunakan oleh Raja Jogja untuk beristirahat sambil melihat hamparan pemandangan dibawahnya. Hal ini dipercaya oleh masyarakat sekitar bukit dan menjadikan lokasi wisata tersebut sebagai tempat istimewa. Namun kali ini lokasi batu tersebut bisa anda saksikan secara dekat dan mencobanya.

Daya tarik terbesar dari lokasi wisata alam perbukitan ini adalah dari pemandangan yang disuguhkan. Pemandangan Kota Jogja dari atas Bukit tak bisa anda nikmati setiap hari. Sehingga Berkunjung ke lokasi perbukitan ini akan memberikan sensasi wisata yang berbeda dan tidak bisa ditemukan di wisata alam lainnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Watu Amben
Image Credit: Google Maps Yudhi Setiawan

Lokasi perbukitan Watu Amben berlokasi di wilayah perbatasan antara Bantul dan Gunung Kidul. DI wilayah perbatasan ini terdapat jalan yang cukup menanjak yang bila anda melawatinya harus lebih berhati hati. Namun jangan khawatir, karena jalan menanjak ini aman untuk dilalui bahkan pada waktu ramai pengendara bila musim liburan tiba.

Tepatnya, lokasi perbukitan Watu Amben berada di wilayah Bukit Seribu. Bukit ini memang terdiri dari banyak barisan bukit hingga namanya menjadi bukit seribu. Bila dilihat melalui aplikasi Google Maps, alamat lokasi wiata ini berada di Jalan Dlingo-Patuk Wilayah Kebun Srimulyo Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Bila anda berkendara dari pusat kota Jogja, maka jarak yang ditempuh untuk sampai ke lokasi wisata kurang lebih adalah 20 km. Untuk estimasi waktu yang dibutuhkan adalah sekitar satu jam berkendara bila menggunakan motor. Namun estimasi ini bisa berubah seiring faktor kemacetan jalan pada saat tersebut.

Rute singkatnya adalah bila mulai dari titik nol kota Jogja maka anda bisa berkendara ke arah timur masuk ke arah Jalan Wonosari. Setelah sampai di Jalan Wonosari, anda bisa melanjutkannya ke arah selatan ke arah Bukit Bintang. Namun tak hanya disitu, setelah sampai di Bukit Bintang anda bisa lanjut ke arah Simpang Patuk.

Kemudian dari Simpang Patuk, anda bisa memilih jalan ke arah kanan menuju arah Dingo Kabupaten Bantul. Nah, setelah anda masuk lokasi ini, maka jarak ke lokasi Bukit Watu Amben hanya berjarak sekitar 1 km saja. Namun anda harus berhati hati karena akses jalan ke arah lokasi akan semakin terjal bila semakin menuju puncak bukit.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Bukit Watu Amben
Image Credit: Google Maps Ditto Anggoro

Bukit Watu Amben bisa menjadi pilihan wisata alam yang hemat di Daerah Jogja. Anda bisa mengajak serta sanak keluarga atau kawan tanpa terbebani biaya tiket masuk. Lokasi wisata ini tidak mengenakan tiket masuk bagi pengunjung. Sehingga anda bisa bebas berkunjung ke lokasi bukit ini tanpa membayar alias gratis.

Namun biaya akan dikenakan untuk parkir kendaraan. Biaya parkir yang dikenakan juga tidak mahal dan masih terjangkau karena harga yang dipatok sama halnya dengan harga parkir di lokasi lainnya. Untuk kendaraan roda dua maka akan dikenakan biaya parkir sekitar Rp 2 ribu dan untuk mobil akan dikenakan sekitar Rp 5 ribu.

Dengan harga yang murah, lokasi wisata alam Watu Amben ini mempunyai banyak fasilitas pendukung untuk membuat pengunjung merasa lebih nyaman. Beberapa diantaranya adalah Gazebo sebagai tempat beristirahat, Tempat makan atau Kafetaria, Toilet yang bersih dan Lahan Parkir yang memadai.

Bila anda wisatawan dari luar kota dan tidak ingin ribet dengan membawa kendaraan pribadi dan menemukan lokasi wisata sendiri, maka mengikuti paket wisata bisa menjadi solusi. Paket wisata Jogja yang anda ikuti juga memasukkan Lokasi Watu Amben kedalam list perjalanannya. Paket wisata ini juga akan memberikan layanan antar jemput untuk para wisatawan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Watu Amben

Kegiatan Menarik Watu Amben
Image Credit: Google Maps Lucia Dhinta Ratna Cempaka

1. Menikmati Pemandangan Kota Jogja

Hamparan pemandangan Kota Jogja akan terlihat berbeda dari atas Bukit. Bila anda mengunjungi Bukit Watu Amben, anda akan disuguhi pemandangan yang menentramkan hati. Tak hanya pemandangan Kota Jogja saja namun juga hamparan perbukitan dengan pepohonan hijau yang asri.

2. Menikmati Hidangan Kuliner Khas Jogja

Tak hanya menikmati pemandangan, wilayah sekitar Perbukitan Watu Amben juga terdapat kuliner khas Kota Jogja yang wajib dicoba. Jogja mempunyai banyak kuliner khas yang dijamin lezat. Berbagai macam makanan dan juga jajanan yang tidak bisa anda temukan di kota bisa dinikmati di lokasi ini.

3. Berfoto Berlatar Pemandagan Estetik

Untuk kalangan muda yang suka hunting foto estetik. Maka lokasi wisata satu ini akan cocok untuk anda yang senang berfoto. Dari pihak pengelola sudah menyediakan banyak spot foto menarik dengan berbagai latar pemandangan yang tak kalah estetik. Jadi, siapkan kamera terbaik dan dapatkan foto paling cantik untuk dipajang di halaman sosmed anda.

4. Memandang Sunset dan Sunshine

Sunset dan Sunshine selalu menjadi pemandangan yang khas di pantai atau gunung. Namun tak perlu jauh hingga ke gunung, disini pun anda bisa menikmati pemandangan Sunset dan Sunshine yang indah. Berlatar pemandangan kota Jogja yang indah dipadu dengan Sunset dan Sunshine yang muncul di pagi dan sore akan membuat akan terpesona.

Tips Saat Berkunjung ke Watu Amben

Tips Saat Berkunjung ke Watu Amben
Image Credit: Google Maps Gancit_store_id dicky.f

Mengunjungi wisata alam memang menarik dengan pemandangan yang mempesona. Namun bila berkunjung ke lokasi wisata alam anda juga harus mempertimbangkan waktu yang tepat. Hal ini karena lokasi wisata ini cenderung berada di luar, sehingga keadaan cuaca akan sangat mempengaruhi keindahan pemandangan.

Walaupun setiap hari pemandangan yang disuguhkan tetap menarik, namun akan lebih baik bila anda mengunjungi wisata bukit ini pada hari weekday karena tidak banyak pengunjung. Sehingga anda akan lebih menikmati suasana Bukit Watu Amben dengan tak banyak keramaian. Bila musim liburan tiba, maka jalan disekitar lokasi akan lebih macet dan padat.

Objek Wisata Terdekat dari Watu Amben

Objek Wisata Terdekat dari Watu Amben
Image Credit: Google Maps Yudhi Pyramid

1. Wisata Teknologi 360 Dome Theatre

Wisata di sekitar wilayah Bantul satu ini berbeda daripada yang lainnya. 360 Dome Theatre merupakan lokasi wisata edukasi yang menarik. Bila anda mengajak keluarga serta anak anak, berkunjung ke 360 Dome Theatre akan menjadi pilihan yang tepat. 360 Dome Theatre menayangkan berbagai film bertema planet, luar angkasa dan bawah laut.

Tak hanya tayangan yang edukatif, lokasi wisata ini juga unik dengan bentuk bangunannya yang estetik. Bangunan 360 Dome Theatre berbetuk setengah lingkaran dan mempunyai diameter sekitar 30 meter dan tinggi sekitar 15 meter. Sehingga 360 Dome Theatre mempunyai ruang yang cukup luas penampung banyak pengunjung.

2. Pantai Parangtritis

Objek wisata pantai memang tak pernah salah. Pantai Parangtritis adalah salah satu objek wisata ikonik Jogjakarta. Tak lengkap rasanya bila mengunjungi Jogja tanpa mampir ke pantai selatan satu ini. Pantai ini menarik untuk dikunjungi tak hanya karena pemandangannya yang indah namun juga cerita atau mitos dibaliknya.

Konon diceritakan ada seorang pelarian dari Kerajaan Majapahit yang bernama Dipokusumo yang bersemedi di Pantai ini. Pada saat Dipokusumo sedang bersemeni, dia melihat tetesan air dari celah celah batu karang. Sehingga pantai ini disebut Parangtritis karena mempunyai nama air yang selalu menetes dari bebatuan.

3. Citra Grand Mutiara Waterpark

Lokasi wisata dekat Bukit Watu Amben ini menarik bila anda membawa keluarga. Lokasi Mutiara Waterpark berada di komplek Perumahan CitraGrand Mutiara Yogyakarta. Bila anda mengemudi dengan kendaraan pribadi, anda bisa menemukan lokasi tepatnya menggunakan google maps dengan alamat Jalan Wates KM 9 daerah Balecatur di Kabupaten Sleman.

Berbagai permainan dan wahana air akan membuat suasana liburan anda lebih seru dan menantang. Lokasi wisata Mutiara Waterpark berada di lahan seluas 10 hektar. Mutiara Waterpark unik karena menampilkan tema bajak laut. Sehingga akan menarik perhatian banyak anak untuk bermain di dalamnya.

4. Gumuk Pasir Parangkusumo

Lokasi wisata ini sedang trend dan populer di kalangan para wisatawan. Objek wisata ini dahulu terkesan sepi namun setelah saat ini banyak terekspos oleh media menjadikan Gumuk Pasir Parangkusumo menjadi terkenal. Pemandangan alam yang mempesona bisa anda nikmati di lahan sepanjang 2 kilometer.

Lokasi wisata ini terletak di sepanjang Sungai Opak dekat Pantai Parangtritis hingga menuju ke Pantai Depok. Tercatat hanya terdapat lokasi Gumuk pasir di Asia Tenggara, dan salah satunya di Jogja ini. Gumuk Pasir lainnya berada di Mui Ne Sand Dunes Vietnam dan La Paz Sand Dunes yang berada di Filipina.

5. Jurang Tembelan

Lokasi wisata dekat Bukit Watu Amben ini tergolong baru di Jogja. Pemandangan alam disini akan membuat anda terpesona dengan latar sunset dan sunrise-nya. Dari atas Jurang Tembelan anda akan bisa melihat hamparan sungai oyo yang membelah daratan dibawahnya. Hamparan pepohonan sejuk dan asri akan menambah suasana tenang dari ketinggian.

Tak hanya menyenangkan, namun wisata alam bisa membantu anda relaksasi dari kepenatan bekerja sehari hari. Namun hal yang harus diperhatikan saat berkunjung ke lokasi wisata alam adalah menjaga kebersihan. Cara menjaga kebersihan adalah dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Jangan lupa selalu menjaga protokol kesehatan dan selamat berlibur!