Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kinarejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Gunung Merapi menjadi gunung megah di Jawa Tengah yang menyimpan sejuta keindahan. Di balik keganasannya ketik sedang erupsi, rupanya keindahan alamnya tidak bisa diabaikan begitu saja. Ada beberapa tempat yang selalu jadi jujugan untuk menikmati keindahannya. Seperti misalnya Bunker Kaliadem Merapi yang menjadi salah satu tujuan wisata hits.

Memang sebelumnya ada banyak tempat yang sayangnya hanya tinggal saksi karena erupsinya. Bunker Kaliadem juga tidak luput dari keganasannya yang menyisakan hamparan pasir serta batuan vulkanik. Kendati demikian, hingga saat ini masih menjadi incaran wisatawan saat berkunjung ke Sleman. Terutama yang suka dengan aktivitas fotografi, karena cocok untuk fotografi.

Daya Tarik yang Dimiliki Bunker Kaliadem

Daya Tarik Bunker Kaliadem
Image Credit: Google Maps Galih Jati

1. Panorama yang Mengagumkan

Lokasinya yang berada di lereng Gunung Merapi, tepatnya di ketinggian 2963 mdpl membuat pemandangan yang ada di sini begitu cantik. Sebelumnya dijadikan sebagai bumi perkemahan bagi pendaki sekaligus untuk melihat keindahan Merapi dari dekat. Tempatnya yang luas juga memiliki keindahan yang membuat siapapun jatuh hati, udaranya juga begitu sejuk.

Memang tidak seindah dahulu, mengingat erupsi telah membuatnya berubah. Erupsi di 2006 memakan korban yang berada di bunker, sementara di 2010 43 orang. Anda bisa melihat puing puing batu serta hamparan pasir yang luas. Bersanding dengan gunung Merapi yang begitu megah sebagai latar belakangnya, tetap saja menawan dan magis.

2. Sebagai Wisata Edukasi

Tidak hanya memiliki pemandangan indah, Bunker Kaliadem Merapi juga sebagai sarana edukasi bagi wisatawan. Pengunjung bisa melihat bagaimana keganasan dari erupsi Merapi melalui bekas yang ditinggalkan. Bunker ini merupakan peninggalan dari zaman Kolonialisme yang menjadi saksi bisu bagaimana awan panas juga lava mengalir.

Bunker ini sebenarnya juga memiliki fungsi sebagai tempat berlindung seperti halnya bunker lainnya. Selain itu dari sini petugas juga bisa mengamati aktivitas Gunung Merapi lebih jelas. Apabila ada bahaya sewaktu waktu, bisa berlindung di dalam bunker. Dibuat dari beton yang tebalnya 25 cm pada dindingnya, dengan pintu dari baja setebal 15 cm.

3. Pemandangan Malam Hari

Pemandangan kala siang harinya memang menawan, tetapi saat malam hari juga tidak kalah indah. Meskipun Gunung Merapi menjadi gunung yang paling aktif di dunia karena sering mengeluarkan lava pijar. Ketika siang hari, anda tidak bisa melihatnya di Bunker Kaliadem ini. Sementara ketika malam hari, lava pijar menyala tersebut bisa terlihat jelas.

Lava pijar yang perlahan turun dari kubahnya memberikan pemandangan yang mendebarkan sekaligus menakjubkan. Jumlah lava pijar ini jelas tidak banyak, dan masih aman bagi wisatawan. Tetapi, pengunjung jelas harus tetap waspada serta memperhatikan pengelola saat ingin tahu pesona di malam harinya, dan mungkin tidak semuanya ingin menikmatinya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bunker Kaliadem
Image Credit: Google Maps febri wahyudi

Untuk anda yang ingin mengunjungi Bunker Kaliadem Merapi, anda bisa langsung menuju ke daerah Sleman. Lokasi tepatnya berada di Desa Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi. Paling disarankan menggunakan kendaraan roda dua agar lebih mudah.

Hal ini dikarenakan medan menuju lokasi terbilang sempit serta akan sulit jika dilalui oleh roda empat. Untuk rute menuju lokasi sebenarnya tidaklah sulit. Dari pusat kota Jogja, anda bisa memulai perjalanan lurus ke Jalan Kaliurang. Kemudian anda akan bertemu dengan pertigaan Pakem, silahkan ambil arah kanan dan kemudian ambil arah belok utara.

Dari sini, anda bisa langsung mengikuti rute untuk menuju Kaliadem. Sudah ada petunjuk arah yang akan memandu anda untuk sampai di Bunker Kaliadem. Jalanan terbilang cukup terjal, sehingga pastikan jika kendaraan anda dalam kondisi yang prima. Jika anda tidak membawa kendaraan, bisa menyewa motor yang sudah tersedia agennya.

Harga Tiket Masuk Bunker Kaliadem

Harga Tiket Masuk Bunker Kaliadem
Image Credit: Google Maps Ajie Arief

Tidak hanya harus mengetahui rute menuju lokasi, anda juga harus tahu harga tiketnya. Untuk menikmati semua daya tariknya, anda tidak harus mengeluarkan budget yang besar. Tiket masuknya dibanderol mulai dari Rp 10.000 saja setiap orangnya. Dengan membayar tiket tersebut, anda sudah bisa menjelajah setiap sudut dari bunker yang menyimpan kisah kelam ini.

Hanya saja, harga tiketnya masih belum termasuk tarif parkir kendaraan. Jika anda membawa kendaraan roda empat, biaya parkirnya mulai dari Rp 10.000. Sementara jika menggunakan kendaraan roda dua mulai Rp 5.000. Apabila ingin melakukan petualangan yang lebih menyenangkan, anda bisa mengambil Lava Tour Merapi dan bisa singgah di Bunker Kaliadem sekalian.

Sementara untuk jam operasionalnya buka selama 24 jam dari hari Senin sampai dengan Hari Minggu. Dengan begitu anda bisa berkunjung kapan saja, jika ingin suasana lebih tenang anda bisa datang ketika hari biasa. Saat akhir pekan cenderung lebih ramai, anda juga bisa datang malam hari ini jika menikmati indahnya lava yang jatuh.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bunker Kaliadem

Aktivitas Menarik Bunker Kaliadem
Image Credit: Google Maps Paulus Khoe

1. Menikmati Suasana Tenang

Jika anda sedang bosan dengan suasana perkotaan, mungkin Bunker Kaliadem Merapi ini menjadi tujuan yang tepat. Karena suasana yang tenang dengan udara yang sejuk. Terdapat juga kawasan hutan pinus yang luasnya 25 hektar. Dan anda akan melewati area hutan pinus ini sebelum nantinya sampai di bunkernya.

Kawasan yang berada di ketinggian 1000 mdpl, ini memiliki aroma pinus yang menenangkan. Sementara Bunkernya sendiri akan lebih tinggi lagi, sehingga bisa dikatakan udaranya akan semakin dingin. Cocok untuk melepas penat menikmati keindahan serta sisa sisa puing dari erupsi Gunung Merapi beberapa tahun silam.

2. Menyaksikan Merapi dari Dekat

Untuk anda yang tidak bisa mendaki gunung Merapi, maka anda bisa menjadikan Bunker Kaliadem sebagai alternatif. Karena dari sini, anda bisa menyaksikan kemegahan gunung Merapi dari dekat tanpa harus mendaki. Dari puncak jaraknya hanya sekitar 5 km saja sehingga gunung Merapi terlihat begitu jelas dari sini.

Anda akan dibuat takjub dengan kemegahannya gunung yang paling aktif ini. Saat ini Bunker Kaliadem Merapi memang hanya menyisakan hamparan pasir serta bebatuan vulkanik. Tetapi karena berada di ketinggian, anda juga bisa menikmati pemandangan yang indah. Tidak heran jika menjadi jujugan wisatawan, terutama kaum milenial dari berbagai daerah.

3. Menyaksikan Lava Pijar

Jika anda berani untuk menikmati pemandangan yang lebih menantang, maka anda bisa datang malam hari atau berkemah. Karena saat malam hari, anda bisa melihat lelehan lava pijar yang jatuh dari kubah gunung. Tenang saja, tidak besar tetapi dalam jumlah yang kecil. Tetapi tetap menyajikan panorama yang menarik dan hanya bisa dinikmati saat gelap saja.

4. Tracking Menantang Adrenalin

Aktivitas yang juga menarik untuk anda lakukan ketika singgah di Bunker Kaliadem yakni tracking menantang. Jalanan yang anda lalui memang bukanlah jalanan aspal, melainkan berupa pasir serta bebatuan. Sebagian orang merasa tertantang ketika melihat medan yang tidak rata dan juga ada beberapa titik yang terbilang curam.

Selama perjalanan ini, anda juga tidak akan bosan karena keindahan alam sekitar yang menyejukkan mata. Pemandangan alam yang hijau akan membuat anda terhibur. Semakin menyenangkan jika anda melakukannya dengan teman teman atau rombongan anda. Jika anda ingin mencoba aktivitas ini, maka pastika menggunakan pakaian yang nyaman untuk trekking.

Aktivitas Menarik di Bunker Kaliadem
Image Credit: Google Maps Wahyudi

5. Touring dengan Jeep

Tidak kalah menantang, anda juga bisa mengelilingi kawasan ini dengan menggunakan Jeep. Kondisi ekonomi warga sekitar pasca erupsi memang tidak begitu baik, banyak sawah juga ladang yang tersapu lahar. Sehingga masyarakat mengubah mata pencarian dengan menawarkan touring jeep. Dengan begitu pengunjung bisa mengelilingi lokasi dengan lebih seru.

Kendaraan jeep sendiri termasuk kendaraan yang cocok untuk medan medan yang berat. Sehingga selama tour ini, anda akan diajak untuk menjelajah sekitar kawasan Bunker Kaliadem dengan lebih seru. Kontur jalan khas perbukitan yang curam akan membuat liburan makin seru. Sangat disarankan bagi anda yang suka dengan aktivitas menantang.

6. Menjelajah Bunker

Aktivitas yang tidak boleh terlewatkan ketika anda singgah di sini yakni menjelajah kawasan Bunkernya. Bunker ini memiliki sejarah yang panjang, dan saat ini sudah tidak digunakan lagi karena awan panas bisa menembus sama dalam. Di dalam ruangan yang ukurannya 12 x 8 meter ini, anda masih bisa menemukan sisa material vulkanik seperti batu juga pasir.

Sebelumnya memang Bunker ini dijadikan sebagai lokasi untuk melakukan pengamatan akan aktivitas Gunung Merapi dan juga sebagai tempat berlindung. Beton yang tebalnya 25 cm ini juga dilengkapi dengan pintu yang terbuat dari baja. Pengunjung bisa menyusuri sampai dalam bunker yang kedalamannya sekitar 3 meter.

7. Berburu Foto Cantik

Agar liburan anda semakin lengkap di Bunker Kaliadem ini, maka anda harus mengambil beberapa foto di sini. Terutama dengan latar belakang gunung yang begitu megah. Apalagi karena jaraknya dekat, kontur dari Gunung Merapi juga akan bisa terlihat. Maka pastikan anda membawa kamera terbaik anda.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bunker Kaliadem Merapi
Image Credit: Google Maps Aida Jung

Liburan anda di Bunker ini semakin menyenangkan dengan tambahan beberapa fasilitas yang bisa memanjakan pengunjung. Memang masih terbilang sederhana, tetapi bisa dikatakan jika sudah layak untuk digunakan. Anda bisa menemukan fasilitas parkir yang cukup luas di Bunker Kaliadem ini, bisa menampung kendaraan pengunjung dengan aman.

Selain itu anda juga bisa menemukan mushola yang lokasinya tidak terlalu jauh. Begitu juga dengan toilet yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan diri. Jika anda tidak sempat membawa bekal, anda juga bisa membeli di beberapa warung yang hadir. Sekalipun warung warung ini sederhana, tetapi menu yang ditawarkan terbilang beragam.

Anda bisa menemukan jajanan ringan sampai dengan makanan berat. Bahkan ada juga yang menjual foto foto letusan gunung juga saat sedang evakuasi korban. Mengingat Bunker Kaliadem Merapi juga menyimpan sejarah panjang dari Gunung Merapi. Tentu saja sebelumnya, ada banyak fasilitas yang lebih memadai tetapi telah tertimbun erupsi.

Menghabiskan liburan di Jogja memang tidak pernah membosankan. Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan mencoba berbagai kegiatan seru dan menyenangkan. Seperti mengunjungi Bunker Kaliadem yang berada di Sleman. Tidak hanya bisa menikmati pemandangan indah, anda juga bisa mencoba berbagai aktivitas yang seru dan menantang.