Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Trijaya, Kec. Mandirancan, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Buper Huludayeuh Trijaya adalah salah satu objek wisata paling menyegarkan di sekitar kota metropolitan yang pengap. Dikelilingi oleh hutan bersama pohon-pohon hijau di berbagai sudutnya, ini didesain untuk memfasilitasi kegiatan berkemah bagi rombongan. Tak perlu berulang kali ke Puncak Bogor, pertimbangkanlah Kabupaten Kuningan dalam liburan Anda.

Pada mulanya hanya bagian hutan yang terawat, tetapi memasuki tahun 2014 dilakukan perombakan sehingga meninggikan nilai jualnya di mata wisatawan. Hingga kini, bumi perkemahan tersebut masih menjadi objek buruan para pengunjung dari berbagai penjuru yang ingin merasakan tidur di kaki Gunung Ciremai.

Tidak hanya dijadikan sebagai tempat berkemah, tidak jarang Anda juga akan menemukan sepasang kekasih melakukan foto pre-wedding di ikon yang hijau ini. Pasalnya, pemandangannya betul-betul memukau dan dilengkapi pula deretan fasilitas memadai demi menunjang segala aktivitas Anda.

Daya Tarik yang Dimiliki Buper Huludayeuh Trijaya

Daya Tarik Buper Huludayeuh Trijaya
Image Credit: Google Maps Ananda Syifa Raisya

1. Kesempatan Liburan Keluarga

Bagi keluarga dengan kesibukan padat akibat bekerja atau melanjutkan pendidikan, berkumpul dan bercanda bukanlah sesuatu yang mudah diwujudkan. Tidak jarang bahkan ikatan di dalam keluarga menjadi sedikit renggang akibat setiap anggotanya terlalu asyik dengan dunia masing-masing.

Kunjungan ke Buper Huludayeuh Trijaya yang cantik ini dapat menjadi alternatif bagi keluarga Anda untuk kembali merekatkan hubungan antara sesama anggotanya. Ada berbagai macam pilihan kegiatan yang nantinya akan menyemarakkan suasana, mulai dari memanfaatkan fasilitas outbond, membangun tenda di area camping lalu menginap, atau sekadar piknik.

Semua keseruan tersebut diharapkan dapat membantu Anda berdamai dengan keadaan masing-masing. Kemudian, mengeratkan kembali ikatan yang renggang akibat jarangnya komunikasi. Pada dasarnya, ini dapat menjadi pilihan bijak saat ada kesempatan berlibur bareng, jadi manfaatkanlah.

2. Panorama Menawan

Unsur estetika memang tidak dapat dilepaskan dari daya tarik yang ada pada sebuah objek wisata alam. Pohon-pohon pinus menjulang tinggi, jalan setapak di antara semak dan rumput, area camping yang luas, dan masih banyak lagi.

Buper Huludayeuh Trijaya akan memikat Anda sehingga sulit berpaling ketika telah berada di sekitarnya. Apalagi, lokasinya berada persis di tepi jalan sehingga begitu mudah diakses oleh siapa saja. Bagaimanapun, tidak banyak destinasi berbasis natural yang menawarkan posisi strategis dengan kepraktisan memilih moda transportasi.

Sejak menginjakkan kaki di area parkir, Anda sudah dapat merasakan betapa indahnya bumi perkemahan ini. Terkadang orang bahkan sibuk berfoto sejak awal kedatangan mereka dan Anda pun bisa turut serta melakukannya. Setelah puas, dapat melanjutkan penjelajahan ke sisi-sisi terdalam hutan yang terurus ini agar semakin menambah koleksi foto pribadi.

3. Kesegaran Alami

Sejalan dengan keindahan panoramanya, tempat cantik ini serta-merta juga menawarkan kesegaran alami saat Anda menginjakkan kaki di dalamnya. Pohon-pohon yang ditanam rapi serta rumput yang merambat bagai di lapangan bola mewujudkan hal itu.

Anda bisa bebas menghirup udara segar saat di Buper Huludayeuh Trijaya tanpa khawatir merasa sesak akibat polusi. Bagi warga metropolitan, ini adalah peluang yang menjanjikan di tengah desakan udara ibu kota yang pengap.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Buper Huludayeuh Trijaya
Image Credit: Google Maps Fadil. Hafid

Mampirlah ke kaki Gunung Ciremai di Desa Trijaya saat Anda ingin merasakan suasana sejuk ala Buper Huludayeuh Trijaya. Pada mulanya hanya hutan rimbun tak terawat, kini kawasan pinus di Kecamatan Mandirancan itu berhasil memukau wisatawan.

Kehadirannya menambah daftar panjang destinasi eksotis di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Apalagi, letaknya di dekat jalan perkampungan meski medannya masih perlu perbaikan.

Harga Tiket Masuk Buper Huludayeuh Trijaya

Harga Tiket Masuk Buper Huludayeuh Trijaya
Image Credit: Google Maps Ananda Syifa Raisya

Diperlukan tiket masuk senilai Rp 10.000 jika Anda berharap dapat menjelajah di Bumi Perkemahan Huludayeuh Trijaya. Namun, tarif ini bisa berubah sesekali waktu menyesuaikan kebijakan pihak pengelola dan terkadang jumlah kunjungan setiap harinya.

Selanjutnya, Anda dapat berlama-lama di sini bahkan hingga 24 jam selama beberapa hari sesuai waktu luang. Tidak perlu khawatir merasa sepi karena sebagian pengunjung sering kali juga bersedia membangun tenda barang satu malam di sini.

Kegiatan yang Menarik di Buper Huludayeuh Trijaya

Kegiatan Menarik Buper Huludayeuh Trijaya
Image Credit: Google Maps Anisah

1. Melihat Bintang

Keberadaan Buper Huludayeuh Trijaya di kaki Gunung Ciremai menjadikan udaranya cenderung bebas polusi. Ini merupakan keuntungan besar bagi manusia yang mampir di sini karena bisa melihat aneka keindahan alam dengan cara menyenangkan.

Tidak hanya saat siang hari dengan pohon-pohon hijau yang menyegarkan mata, tetapi juga bisa dinikmati setelah malam tiba. Anda bisa melihat bagaimana cahaya bintang yang mungkin muncul dari jutaan tahun lalu tampak di langit Kabupaten Kuningan.

Sebenarnya akan lebih bagus jika tersedia teropong untuk memperbesar jarak pandang Anda ke angkasa. Namun, apabila belum memungkinkan, maka mengandalkan mata telanjang sudah cukup baik.

2. Main Flying Fox

Flying fox rasanya tidak dapat dilepaskan dari wisata alam hutan di Indonesia karena keberadaannya dapat ditemukan di mana-mana. Termasuk pula saat mengunjungi kawasan pohon pinus yang cantik ini, wahana flying fox siap memeriahkan pengalaman bermain Anda.

Hamparan rumput yang tampak luas saat dilihat dari atas ketinggian akan membuat perasaan Anda jadi lebih baik. Manusia pada dasarnya selalu ingin bisa terbang dengan bebas dan adanya wahana menantang ini sedikit banyak mampu memberikan sensasi tersebut.

Pihak pengelola Buper Huludayeuh Trijaya secara khusus memang menjadikan flying fox sebagai salah satu daya tarik yang sulit diabaikan oleh pengunjung, khususnya kawula muda. Bermain di sini bisa membantu melepaskan sejenak beban bahkan jika Anda ingin berteriak kencang, itu tak mengapa.

Melintaslah di atas seutas tali yang kokoh pada ketinggian lebih dari lima meter di si atas permukaan tanah. Demi sensasi yang lebih seru, akan menyenangkan jika Anda berani membuka mata selama melalui kawat penghubung dari sisi garis start hingga tiba ke sisi lainnya.

3. Mengeksplorasi Outbond

Ada arena outbond yang disediakan untuk memfasilitasi pengunjung berusia muda dengan tingkah aktif dan menyukai tantangan. Misalnya, sebuah jembatan di antara pohon-pohon yang biasanya dilalui oleh sekawanan anak-anak.

Anda bisa turut serta mengeksplorasi area ini demi kesenangan diri sendiri jika merasa cukup berani untuk melakukannya. Alih-alih sekadar duduk santai menghabiskan waktu sambil melihat pemandangan sekitar, ada bagusnya mencoba melakukan latihan fisik ringan, bukan?

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Buper Huludayeuh Trijaya
Image Credit: Google Maps Muhamad Khoerudin

Fasilitas dasar seperti area parkir dan toilet bangun berdekatan di Buper Huludayeuh Trijaya sehingga Anda tidak perlu kesulitan mencari saat baru datang pertama kali. Memasuki area lebih dalam akan mengantarkan Anda pada jajaran warung makan yang rapi.

Demikian pula saat Anda ingin melaksanakan salat jika beragama Islam, ada sebuah musala bersih yang dapat mengakomodasi aktivitas tersebut. Namun, barangkali Anda perlu tetap memperhatikan ketertutupan area berwudlunya.

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan aneka spot foto buatan yang memanfaatkan titik-titik menarik di seluruh kawasan bumi perkemahan. Gunakan sepuasnya hingga Anda merasa telah cukup banyak menambah koleksi foto saat bepergian.

Semua fasilitas dan daya tarik tersebut akan melengkapi liburan Anda di Buper Huludayeuh Trijaya. Tak perlu ragu menghabiskan waktu di arena cantik ini, baik saat sendirian maupun datang bersama kawan.

REKOMENDASI DESTINASI