Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Krajan Krajan, Pujon Kidul, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Cafe Sawah Pujon Kidul merupakan salah satu tempat wisata unik yang bisa anda kunjungi di Malang. Tempat ini menawarkan pengalaman menikmati makanan dengan panorama persawahan dan tempat istirahat yang menarik. Menu tradisional Malang yang disajikan dengan keindahan alam dataran tinggi dan bisa menjadi pengalaman bersantap baru bagi anda.

Tempat yang didesain khusus ini dapat menghilangkan rasa lelah dan menyegarkan pikiran anda setelah hari yang panjang. Anda bisa mengunjungi Cafe unik ini dalam paket tour ke Malang yang disediakan oleh Biro Perjalanan Wisata. Jangan biarkan liburan anda sia-sia, dan cobalah untuk mengunjungi cafe satu ini

Mengenal Cafe Unik di Malang

Mengenal Cafe Unik di Malang
Image Credit: Google Maps Mercy Salu

Malang memiliki banyak tempat wisata unik seperti Pujon Kidul. Ada sebuah kedai kopi bernama Cafe Sawah yang umumnya tidak seperti kedai kopi. Di Cafe Malang ini anda bisa merasakan sensasi baru menikmati makanan lezat di tengah persawahan. Kawasan ini juga memiliki taman yang indah dan dapat berfoto dan bersantai sambil mengagumi keindahan alam.

Cafe ini terletak di sawah dengan pemandangan Gunung Kelud, Welirang, Dorowati dan Gunung Kelet yang menakjubkan. Udara yang segar dan lingkungan yang sejuk membuat makanan yang anda coba semakin nikmat. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin bersantai dengan tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota yang ramai.

Suasana romantis dan keindahan alam Cafe persawahan ini akan menjadi hal baru bagi Anda di Malang. Selain mengunjungi kafe ini, anda bisa coba mengunjungi berbagai jenis tempat wisata lainnya. Tempat wisata yang bisa dikunjungi yaitu seperti Alun-Alun Kota Malang, Alun-Alun Batu, dan wisata edukasi lainnya

Daya Tarik yang Dimiliki Cafe Sawah

Daya Tarik Cafe Sawah
Image Credit: Google Maps Sigit Mardiyanto

1. Panorama Sawah

Sawah warga yang mengelilingi area Cafe membuatnya unik dan jarang terlihat. Sawah dan ladang hijau yang luas ini memberikan ketenangan tersendiri bagi pengunjung. Udara pegunungan yang sejuk dan pemandangan pegunungan di sekitarnya mengundang anda untuk tinggal lebih lama di salah satu tempat wisata populer di Malang ini.

Suara padi yang ditiup angin dan suara alam menjadi musik alami yang menenangkan dan menghilangkan stress. Panorama ini dapat dinikmati langsung di area outdoor terbuka atau melalui gubuk-gubuk yang tersebar di area Cafe Sawah. Panorama persawahan yang indah dan menu pedesaan yang lezat semakin menonjolkan desa yang sederhana.

2. Konsep Cafe

Keunikan destinasi wisata populer di Malang ini terletak pada konsep kafe yang langka. Kebanyakan kafe memiliki suasana minimalis modern, namun kafe ini memiliki konsep yang natural, sederhana dan berada di alam. Sederhana bukan berarti Anda tidak bisa menikmati apa-apa, tetapi dapat menikmati suasana pedesaan yang indah.

Anda dapat menikmati makanan di dua area yaitu di bagian outdoor dan semi-outdoor. Anda dapat bersantap di luar atau menikmati pemandangan sawah tanpa terhalangi dinding. Area semi outdoor memiliki beberapa bale dan gubuk yang bisa dijadikan tempat bersantai sekaligus. Tata letak kafe ini juga dirancang agar terlihat bagus dengan taman di sekitarnya.

Dengan berada di cafe sawah ini anda dapat menikmati makanan dengan melihat berbagai tanaman dan keindahan sawah yang terbentang. Makanan yang bisa dinikmati adalah berbagai jenis makan khas pedesaan. Tidak hanya itu, anda juga dapat mengabadikan momen dengan mengambil foto atau video di sekitar tempat wisata

3. Menu Makanan Khas

Kafe persawahan ini adalah restoran prasmanan yang sangat cocok bagi anda yang menyukai wisata kuliner. Menu-menu yang ditawarkan di meja bisa dipadukan sesuai keinginan. Menu yang ditawarkan bukanlah menu cafe biasa, melainkan menu tradisional pedesaan. Banyak jenis masakan Malang yang ada di Desa Pujon Kidul bisa Anda pilih

Makan yang bisa dipilih seperti Tempe Mendol, Telur Asin, Pepes Paku, dan Kacang Panjang Goreng. Minuman yang ditawarkan, seperti susu murni, beras kencur, temulawak dan wedang tradisional lainnya yang luar biasa. Bahan yang digunakan adalah produk segar alami yang diambil langsung dari perkebunan Pujon Kidul.

Setibanya di sana, Anda dapat langsung menikmati nasi putih atau nasi jagung serta makanan dan minuman favorit Anda. Pengalaman menyantap makanan tradisional di persawahan yang asri menjadi salah satu pengalaman wisata kuliner Malang yang tak terlupakan. Pastinya anda akan rindu untuk ingin kembali ke kafe yang ada di Malang

4. Buah Tangan Menarik

Daerah sekitar Pujon dikenal sebagai penghasil sayur dan buah utama di Jawa Timur. Hal ini ditonjolkan oleh oleh-oleh unik yang ditawarkan oleh Cafe Pujon Kidul ini. Cafe unik yang ada di Pujon Kidul ini memiliki perkebunan sayuran organik yang bisa dipilih pengunjung untuk dibawa pulang. Sayuran yang ditawarkan cukup bervariasi

Sayuran seperti tomat, sawi, dan kembang kol tumbuh ditanam secara alami tanpa menggunakan bahan kimia. Pengunjung tidak hanya bisa pulang sambil menikmati pemandangan, tapi juga membawa sayur mayur sebagai oleh-oleh yang unik. Inilah yang membedakan Cafe Sawah dengan kafe lainnya dan membuatnya menarik bagi Anda yang ada di Malang.

Daya Tarik di Cafe Sawah
Image Credit: Google Maps Saut martua Simanjuntak

5. Berfoto di Taman Cinta

Taman yang tertata apik menjadi kelebihan dari Cafe Sawah Pujon Kidul. Keindahan taman ini terkadang disebut oleh pengunjung sebagai Taman Cinta. Berbagai tanaman hias dengan warna berbeda berpadu sempurna dengan panorama sawah dan pegunungan di sekitarnya. Taman ini juga memiliki berbagai bentuk yang menarik, seperti bentuk hati dan panggung yang mendukung Instagram.

Pengunjung tidak akan melewatkan kesempatan untuk berfoto di tempat wisata Taman ini. Foto-foto yang Anda ambil di sini akan menjadi foto-foto indah yang dapat di unggah ke media sosial. Taman ini terlihat indah bahkan di malam hari, berkat lampu-lampu yang menghiasi area tersebut. Kafe ini semakin berkesan dan menarik berkat hadirnya Taman Cinta

6. Tempat Wisata Ramah Anak

Para pengunjung yang datang tidak hanya anak muda yang sedang berpacaran. Kebanyakan dari pengunjung justru berasal dari keluarga besar dan anak-anak setempat. Selain itu, wisata di Cafe Sawah ini juga ramah anak. Anak-anak dapat bermain dengan nyaman dan aman. Ibu-ibu dapat membeli sayuran dan buah-buahan segar yang ditawarkan di pasar.

Pengunjung juga bisa memilih sendiri jenis buah dan sayurannya. Hobi pengunjung biasanya memetik stroberi. Dengan begitu, anda bisa menikmati wisata petik sayuran yang ada di lokasi tempat wisata ini. Dengan begitu anda akan dapat pengetahuan seputar bagaimana cara menanam, merawat, dan memanen sayuran yang baik dan benar

7. Tempat Parkir Luas

Terdapat lahan parkir yang cukup luas untuk bus, puluhan mobil dan tempat parkir sepeda motor. Pengendara bus bisa berjalan kaki dari tempat parkir menuju kafe. Jika lelah, Anda bisa menyewa ojek. Parkir sepeda berada dalam jarak berjalan kaki ke arah cafe sawah. Tempat parkir untuk kendaraan bermotor saat ini berada di dekat kantor tiket.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Cafe Sawah
Image Credit: Google Maps ime Hadad

Cafe Sawah terletak di Jl. Raya Krajan, Krajan, Pujon Kidul, Pujon, Kabupaten Malang. Jaraknya sekitar 30 km dari pusat kota Malang dan waktu tempuh sekitar 1 jam. Cafe lebih mudah dijangkau jika anda berangkat dari Batu Kota yang hanya berjarak 13 km. Waktu tempuh pun lebih singkat, hanya 30 menit dengan mobil pribadi.

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi objek wisata lain yang dilewati, seperti Museum Angkut. Anda dapat dengan mudah menemukan rute terbaik untuk mengunjungi kafe menggunakan petunjuk arah di Google Maps. Anda juga dapat menyewa mobil rental beserta supir untuk bisa sampai ke lokasi kafe yang ingin dikunjungi.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Masuk Cafe Sawah
Image Credit: Google Maps Mercy Salu

Ketika memasuki wisata ini, anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Namun jika ingin menikmati beberapa wisata yang ada didalamnya, anda perlu mengeluarkan biaya tambahan. Berikut rincian biaya yang perlu disiapkan diantaranya masuk Desa Wisata Pujon Kidul atau teman, anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000.

Selain itu, anda juga dapat memasuki wisata petik sayur dengan biaya Rp 3000 dan bisa membawanya sebagai oleh-oleh. Untuk menu makanan yang ditawarkan bisa didapatkan pada kisaran harga mulai Rp 8000, snack Rp 1000 dan menu minuman Rp 5000. Biaya parkir yang diterapkan oleh wisata Cafe ini dibandrol dengan harga Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil

Harga yang tertera diatas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola. Namun, Anda dapat menggunakan daftar ini sebagai sumber persiapan untuk memperkirakan biaya kunjungan ke Cafe Pujon. Dengan begitu, anda tidak akan merasa bingung dan khawatir karena harga yang ditawarkan cafe ini cukup terjangkau.

Cafe Sawah Pujon Kidul buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Waktu terbaik untuk mengunjungi kafe ini adalah pada pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu terik. Jika Anda menginginkan pemandangan terbaik, Anda harus datang di musim panas. Dengan demikian, tidak ada awan mendung atau hujan yang mengganggu liburan anda.

Tips Liburan ke Cafe Sawah Pujon Kidul

Tips Liburan ke Cafe Sawah Pujon Kidul
Image Credit: Google Maps Shinta Ayu Ashari

Jika ingin liburan yang menyenangkan di Cafe Sawah, Anda bisa datang di musim kemarau. Hal ini karena musim hujan akan membuat tanah disekitar kawasan berlumpur dan cukup licin. Meski demikian, sudah ada penjaga dan pengawal di area licin dan berlumpur. Pastikan untuk datang pada hari kerja atau hari biasa.

Tentu saja banyak pengunjung pada saat liburan dan musim liburan, sehingga akan sulit untuk menikmati pemandangan alamnya. Tibalah lebih awal untuk mendapatkan kursi yang nyaman dengan pemandangan. Anda dapat beli menunya dulu lalu bawa ke tempat duduk di pinggir sawah atau pendopo seperti persawahan.

Bersantap di persawahan yang subur memang menyenangkan. Anda bisa menyegarkan otak saat lelah memikirkan pekerjaan dan hubungan. Yang terpenting adalah menikmatinya dan berusaha mengenali setiap lokasi untuk selfie. Anda bisa mengajak teman, saudara atau keluarga untuk menikmati keindahan alam bersama.

Banyak hal yang biasa dinikmati ketika berkunjung ke Cafe Sawah yang unik ini. Anda bisa menenangkan diri dengan menikmati angin persawahan yang sangat sejuk. Selain itu, anda juga dapat menikmati berbagai jenis makanan yang khas yang ada di Malang dengan harga yang relatif terjangkau. Jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Cafe Pujon ini.