15 Cafe Tempat Nongkrong di Semarang Paling Hits

Cafe Semarang

Cafe yang instagramable menjadi salah satu tujuan utama ketika berlibur ke suatu tempat. Kota Semarang terdapat banyak cafe yang hits dan instagramable untuk tempat nongkrong dan bersantai bersama teman maupun keluarga.

Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah, sekaligus kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. Banyak hal yang dapat dilihat dari Semarang selain tempat wisatanya, salah satunya yaitu sederet cafe cozy yang wajib dikunjungi. Tidak hanya cocok untuk foto-foto tetapi, juga menyediakan berbagai varian makanan dan minuman yang lezat dan menggugah selera. Simak ulasannya berikut ini.

1. Leon Cafe

Leon Cafe

Image Credit: Facebook.com @caffeleon.s2

Leon Cafe, cafe instagramable yang memiliki nuansa minimalis, mewah dan elegan. Cafe ini menyediakan dua pilihan tempat yaitu indoor dan outdoor. Deretan kursi-kursi kombinasi metal dan kayu yang cocok digunakan untuk foto OOTD juga menjadi daya tariknya. Cafe ini juga dilengkapi dengan bar yang dapat menjadi background foto-foto hits anda. mengusung konsep open kitchen, anda dapat melihat secara langsung keahlian para chef dalam mengolah  makanan anda.

Lokasi: Jl. Sisingamangaraja No.19C, Wonotingal, Kec. Candisari, Kota Semarang.

2. Retro Coffee

Retro Coffee

Image Credit: Seputarsemarang.com

Cafe yang terletak di Kota Lama Semarang ini mengusung konsep klasik dan antik. Sesuai dengan namanya, di sini anda akan menemukan barang-barang tempo dulu seperti motor tua, radio lama, mesin jahit kuno di dalam ruangan. Tidak ketinggalan pula lagu yang diputar pun juga zaman dahulu era 80-90 an. Sedangkan tampilan luar cafe ini cukup sederhana yaitu dengan pintu warna hijau dan bagian atasnya terdapat batu bata.

Menu yang disajikan di Retro Coffee cukup beragam, mulai dari aneka jenis kopi, makanan berat seperti nasi goreng, makanan ringan seperti roti telur dengan varian keju sampai dessert seperti pancake yang bisa anda nikmati selama berada di sini. Mengunjungi Retro Cafe tak hanya dimanjakan dengan suasananya, namun juga berbagai olahan yang menggoyang lidah. Retro Coffee buka pada hari Selasa-Minggu pada pukul 11.00 hingga 22.00 WIB.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No. 74, Palebon, Kec. Pedurungan, Kota Semarang.

3. Clapper Movie Cafe

Image Credit: Tripadvisor.co.uk

Tempat nongkrong yang juga mengusung gaya klasik selanjutnya adalah Clapper Movie Cafe. Clapper Movie Cafe menyediakan buku-buku yang dapat dibaca oleh pengunjung selama di sana. Mereka juga menyediakan koleksi film zaman dahulu, sehingga pada hari-hari tertentu anda bisa mencicipi berbagai makanan lezat sembari menonton film gratis bersama. Bagi anda penggemar film, wajib untuk datang ke cafe bertema film satu ini.

Tak hanya bisa nonton film, menu menu dihadirkan dengan nama nama aktor maupun aktris. Menjadikan cafe semakin unik dan memiliki nuansa film yang begitu kental. Belum lagi, harga menunya juga dibandrol ramah kantong.  Range harga makanan di cafe ini mulai dari Rp. 9.000 hingga Rp. 35.000. Lokasi cafe juga cukup mudah ditemukan dan dilewati oleh angkutan umum. Tak heran jika cafe satu ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi di akhir pekan.

BACA JUGA:  10 Makanan Khas Demak yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Jl. Cemara Raya No.1, Padangsari, Kec. Banyumanik, Kota Semarang.

4.  Legend Coffee Semarang

Legend Coffee Semarang

Image Credit: Seputarsemarang.com

Setelah sukses di Malang dan Yogyakarta, Legend Coffee juga melebarkan sayap di Kota Semarang. Di sini anda bisa mencoba 15 jenis kopi khas Legend Coffee dan 100 hidangan pelengkap dengan harga yang bersahabat, yaitu kisaran harga Rp. 3.000 hinga Rp. 30.000. Tidak hanya itu, Legend Coffee juga menyediakan wifi gratis untuk pengunjung sehingga membuat betah berlama-lama. Untuk membuat tamunya semakin betah dan senyaman mungkin, Legend Coffee ini juga menyediakan beragam hiburan games maupun musik.

Lokasi: Mugassari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.

5. Old Town White Coffee

Old Town White Coffee

Image Credit: Phinemo.com

Ingin mencari tempat yang nyaman untuk minum kopi dan instragamable? Anda dapat menemukannya di Semarang Tengah, Old Town White Coffee jawabannya. Cafe ini memiliki ornamen meja dan kursi yang merupakan model jadul dan dilengkapi juga dengan jendela besar dengan kesan antik sehingga cocok untuk anda yang suka gaya klasik. Menu yang ditawarkan juga beragam dan tentunya dengan harga yang sesuai dengan rasanya.

Lokasi: Jl. Mayjend Sutoyo No.11A, Pekunden, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

6. Nestcology Land of Gastronomy

Nestcology Land of Gastronomy

Image Credit: Seputarsemarang.com

Anda ingin melihat proses memasak makanan yang disajikan? Nestcology Land of Gastronomy bisa jadi pilihan. Cafe milik Ernest Christoga, anak dari Anne Avantie (desainer kebaya kondang ini mengusung konsep open kitchen, sehingga pengunjung bisa melihat secara langsung proses pengolahan makanan. Anda dapat menikmati ragam menu istimewa seperti Cannoli Cheesecake, Ravioli di Crema, Cream Braised Confit Chicken hingga Pesto di Pollo Pizza.

Tak hanya menyajikan berbagai menu andalan, cafe ini juga menyuguhkan musik akustik setiap pukul 19.00 WIB cocok untuk kongkow hingga malam bersama teman setelah pulang kerja. Ruang restonya yang luas dengan desain bangunan mirip lumbung dan dekorasi pop art yang sedap dipandang, menjadikan cafe ini salah satu tempat yang cocok untuk hang out atau kencan romantis yang cukup asyik dan seru.

Lokasi: Jl. Tambora No.5A, Tegalsari, Kec. Candisari, Kota Semarang.

7. River View Cafe Semarang

Image Credit: Seputarsemarang.com

River View Cafe merupakan bagian dari Simpang Lima Residence yang melayani anda 24 jam non stop setiap harinya, sehingga dijadikan andalan bagi muda mudi yang suka nongkrong hingga larut malam. Dengan mengusung konsep outdoor cafe, River View sangat nyaman dan asyik untuk kongkow.  Menyuguhkan pemandangan jalan raya dengan keramaian pusat Kota Semarang, menikmati makanan atau jajanan sembari bercengkrama tentu sangat mengasyikkan.

BACA JUGA:  17 Tempat Wisata di Kudus Terbaru & Terhits Dikunjungi

Menu yang ditawarkan di River View Cafe ini cukup banyak, mulai dari dessert, beverages, hingga menu hidangan utama dengan taste Asian hingga kontinental. Menu Asian seperti sapo tahu, nasi goreng, fu yung hai, tom yum, sop iga, dan lain lain. Yang suka dengan steaks, sandwich atau beragam pasta juga bisa memilih dari menu yang ada. Pastinya semua menunya akan membuat anda puas.

Lokasi: Jl. Kh Ahmad Dahlan No.6, Pekunden, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

8. Goodfellas

Goodfellas

Image Credit: Carolinalidya.com

Goodfellas menawarkan best view ke bagian selatan Semarang dari ketinggian, cocok sekali sebagai tempat nongkrong yang nyaman dan juga fotogenik. Di sini menyediakan berbagai macam ruangan yang memilki konsep yang berbeda-beda. Terdapat ruangan bernuansa klasik tempo dulu, ada yang nuansa hijau pepohonan dan pemandangan alam, ada bar, maupun ruangan yang cocok sebagai tempat meeting formal.

Bahkan Goodfellas memiliki toilet yang sangat unik, ada sebuah kursi antik dan kaca besar yang dipasang di sudut toilet. Uniknya, ruangan ini justru salah satu spot yang sering dijadikan tempat untuk foto prewedding karena memang desainnya yang cantik dan tidak mirip dengan toilet pada umumnya. Terlepas dari desainnya yang cantik, anda juga bisa menemukan berbagai menu andalan di cafe satu ini.

Lokasi: Jl. Gajah Mungkur Selatan No.11, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang.

9. Peacock Coffee

Peacock Coffee

Image Credit: Makanjogja.com

Dengan bangunan yang minimalis dua lantai, Peacock Coffee menyediakan ruangan non smoking serta askes internet/wifi gratis. Di cafe ini anda bisa menikmati racikan kopi dari ahli seperti cappuccino, espresso, chocolate green latte bubble gum, cinnamon latte, carmelito, dan lain sebagainya. Tidak hanya kopi, terdapat juga berbagai menu makanan yang dapat anda coba sebagai teman nongkrong, bekerja, atau mengerjakan tugas kuliah.

Lokasi: Jl. Gajahmada No.22, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

10. Noeris Cafe

Noeris Cafe

Image Credit: Anekawisata.com

Noeris Cafe menawarkan interior jadul dan agak kuno, semua detail dirancang dengan antik. Cocok untuk menikmati suasana tempo dulu dengan ditemani lumpia Semarang. Di sini anda dapat menemukan koleksi radio tua, kumpulan surat kabar lokal dihitung sejak 50 an dan 60 an, cello tua di lantai atas, dan permainan seperti Dakon juga dapat anda temukan, bahkan piringan hitam dan alat pemutarnya juga ada.

Lokasi: Jl. Nuri, Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang.

11. House of Coffee Cafe

House of Coffee Cafe

Image Credit: Seputarsemarang.com

House of Coffee ini biasa disingkat HOC, merupakan cafe yang cocok untuk nongkrong sekaligus untuk bersantai ria bersama dengan rekan-rekan. Anda bisa mencoba kopi dan cokelat dengan berbagai varian rasa yang menggugah selera. Mulai dari robusta, arabica, kopi toraja, hingga menu makanan berat yang menggugah. HOC termasuk salah satu tempat nongkrong yang menyuguhkan live music, free wifi/hotspot, dan suasana cozy pada area indoor maupun outdoornya.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Pekalongan yang Wajib Anda Bawa Pulang

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.197, Wonodri, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang.

12. Carnivor Sky Bar & Grill

Carnivor Sky Bar & Grill

Carnivor Sky Bar & Grill berada di SL Floor Grand Edge Hotel & Food Arcade. Berada pada lantai teratas membuat Carnivor Sky Bar & Grill memberikan view landscape Kota Semarang yang menawan, terlebih lagi terdapat pula sky pool di sebelahnya. Untuk nongkrong di cafe hits satu ini, anda memang harus merogoh kantong cukup dalam. Namun sajiannya sangat berkelas, cocok untuk anda yang ingin dinner dan menghabiskan waktu bersama dengan pasangan.

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.96, Wonotingal, Kec. Candisari, Kota Semarang.

13. Eastman Coffee House

Eastman Coffee House

Image Credit: Bitte-design.com

Eastman Coffee House adalah salah satu coffee house yang sangat populer dan selalu ramai pengunjung sejak pertama kali buka di Kota Semarang. Bangunan cafe memiliki aksen interior kuno yang digemari anak muda hingga dewasa. Tak heran di cafe ini, anda akan menjumpai banyak orang yang berpose di depan kamera. Fasilitasnya pun sangat memanjakan pengunjung lengkap dengan berbagai menu andalan yang menggoyang lidah.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani No.140, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang.

14. Moment Coffee & Space

Image Credit: Mymagz.net

Sesuai namanya, Moment Coffee & Space, menu utama cafe ini adalah kopi dan space atau tempat yang ditawarkan sangat luas sehingga anda bebas nongkrong berlama-lama di sini. Cafe ini memiliki ruangan indoor dan juga outdoor yang eye catching dengan desainnya yang cukup minimalis. Tampatnya yang luas dan dengan desain yang minimalis tersebut membuat banyak pengunjung yang memanfaatkan cafe ini untuk menggelar berbagai acara atau meeting.

Lokasi: Jl. Rajabasa No.82-83, Karangrejo, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang.

15. Seven Degrees Cafe and Bistro

Image Credit: Semarangrentcar.com

Ketika anda berkunjung di cafe ini, dari luar mungkin akan tampak kecil, namun di dalam anda akan menemukan banyak bagian-bagian ruangan. Cafe ini terbagi menjadi dua ruangan utama yaitu, bagian depan khusus untuk non smoking area yang berhadapan langsung dengan barista. Serta ruangan belakang untuk smoking area yang sangat luas dan nyaman dengan pemandangan Kota Semarang Bawah.

Pertama kali masuk ke dalam cafe, anda akan menemukan sebuah lorong dimana terdapat berbagai macam barang seperti kotak telepon umum, rambu lalu lintas, zebra cross, kotak surat, dan lain sebagainya. Setiap spot-spot unik ini dapat anda jadikan spot foto yang instagramable. Harga makanan yang cukup terjangkau dengan pelayanan yang ramah akan membuat anda betah berlama-lama di cafe ini.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.38B, Tegalsari, Kec. Candisari, Kota Semarang.

Sebagai kota besar, Semarang ternyata memiliki banyak sekali cafe tempat nongkrong yang hits dan wajib untuk dikunjungi. Selepas mengunjungi berbagai tempat wisata, anda dapat mengunjungi cafe-cafe hitsnya. Mencoba berbagai macam kuliner yang lezat bersama dengan teman-teman, pasangan, maupun keluarga tercinta. Setelah membaca ulasan ini, cafe hits mana yang tertarik anda kunjungi?