Jika Anda berlibur ke Jawa Tengah, jangan lupa mengunjungi wisata sejarah Candi Mendut. Bangunan arsitektur menarik Candi peninggalan Dinasti Syailendra tentunya akan membuat siapa saja terpukau karena keunikannya.

Lokasi: Jl. Mayor Kusen, Sumberrejo, Mendut, Kec. Mungkid, Kab. Magelang.
Map: Cek Lokasi

Siapa yang tak kenal dengan Candi Mendut? Candi tersebut merupakan salah satu peninggalan kerajaan Dinasti Syailendra pada masa lalu yang masih berdiri kokoh hingga kini. Terdapat berbagai macam daya tarik jika Anda mengunjungi lokasi bersejarah ini. Lantas apa saja yang bisa Anda temukan di wisata sejarah ini? Daripada penasaran, simak ulasan berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Candi Mendut

Daya Tarik Candi Mendut
Image Credit: Twitter.com @oomyahya

Seperti yang sudah diketahui, Candi unik ini merupakan peninggalan sejarah dari kerajaan dinasti Syailendra yang dulunya menguasai Kerajaan Medang di Indonesia. Candi ini dibangun saat masa pemerintahan Raja Indra, pada tahun 824 masehi berdasarkan tulisan Prasasti Karang tengah. Pada dinasti tersebut, raja yang berkuasa berasal dari Jawa Tengah, Sumatera, dan India.

Maka dari itu, sangat menarik jika membahas Candi Buddha yang megah tersebut karena memiliki arsitektur yang menarik. Tidak hanya itu saja, ada juga cerita misteri dibalik kemegahan Candi peninggalan Dinasti Syailendra tersebut. Tak heran jika banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke lokasi sejarah sembari menikmati sekelilingnya yang juga memiliki nilai budaya.

Daya tarik utama yang disuguhkan Candi Buddha ini yaitu terlihat megah dan kokoh, termasuk dengan bagian bawahnya yang unik. Basement pada candi tersebut juga dilengkapi dengan tangga dan pintu masuk yang letaknya mengarah barat daya. Selain itu, bagian menarik lainnya bisa Anda ketahui dari atas basement yang memiliki lorong dan bentuknya mengelilingi candi.

Tidak berhenti sampai disitu saja, keunikan Candi Mendut juga ada pada atap candi yang memiliki tiga tingkatan. Tingkatan tersebut dihiasi dengan beberapa stupa yang berjumlah sekitar 48 buah. Sangat menarik bukan? Selain kemegahan dari arsitektur bangunannya ada juga cerita tentang makna kehidupan yang menarik dari setiap detail relief di candi tersebut.

Hiasan yang ada di sekeliling candi ini bervariasi dengan ukiran berupa Dewata Gandarwa dan Bidadari Apsara. Ada juga hiasan menarik lainnya berupa dua ekor kera dan sebuah Garuda yang mengelilingi dinding candi tersebut. Tentu ukiran dan hiasan yang ada di dinding ini begitu indah, mengingat peralatan yang digunakan dahulu masih belum secanggih di masa modern.

Daya Tarik dari Candi Mendut
Image Credit: Instagram.com @1wan5etiawan

Selain arsitektur dinding yang mengelilingi Candi begitu megah, Anda juga akan disuguhi dengan keindahan menawan ketika menapakkan kaki ke dalam bangunan induk. Pasalnya, terdapat tiga buah arca Buddha yang berukuran besar di dalamnya. Arca yang ada di bangunan terdiri dari Padmapani atau disebut dengan Awalokiteswara, Dhyani Buddha Wairocana, dan Wajaprani.

Di sekeliling candi juga terdapat relief relief yang mempunyai cerita tersendiri. Relief tersebut menceritakan berbagai macam makna kehidupan. Mulai dari cerita kehidupan tentang bagaimana saling berbagi, bersikap baik, dan juga mengasihi terhadap para makhluk yang diciptakan Maha Kuasa. Hal ini juga menegaskan akan pesan yang disampaikan para pendahulu.

Sebelum dibuka menjadi kawasan wisata, sebagian bangunan Candi Mendut masih runtuh seperti puzzle yang berserakan. Untungnya dengan bantuan para arkeolog dan warga sekitar, Candi yang ringsek tersebut kembali utuh seperti yang Anda lihat saat ini. Tentunya sangat menarik bukan jika Anda berkunjung ke lokasi tersebut untuk melihat peninggalan sejarah leluhur Indonesia.

Tidak hanya bangunan candi yang megah, ada juga vihara Buddha Mendut. Lokasinya bisa ditemukan persis di sebelah barat Candi Mendut. Sebelum menjadi vihara, dulunya tempat ini menjadi sebuah biara Katolik yang kemudian dialih fungsikan karena tanahnya dibagi bagikan kepada rakyat. Kemudian dibeli sebuah yayasan Budha yang akhirnya dibangun menjadi Vihara.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Candi Mendut

Alamat Candi Mendut
Image Credit: Google Maps (Irfan Dpriyanto)

Untuk mencapai lokasi wisata sejarah ini, Anda bisa menempuhnya dari berbagai rute. Sebab, lokasi wisata candi peninggalan Dinasti Syailendra berada di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Jawa Tengah. Jika Anda dari Yogyakarta, maka rute yang bisa diambil yaitu dengan melewati Jalan Raya Yogyakarta menuju Magelang.

Ketika sudah berada di Magelang, Anda akan mencapai daerah Kecamatan Mungkid. Setelah itu, Anda harus meneruskan perjalanan sampai ke pertigaan lampu lalu lintas dan mengikuti petunjuk arah menuju Candi Borobudur. Setelah itu, Anda bisa belok ke arah kiri dan melalui jalan hingga menemukan papan petunjuk Candi Mendut yang dapat dilihat di sebelah kanan.

Agar dapat sampai di lokasi candi, Anda bisa dengan mudah memilih kendaraan umum maupun pribadi. Sebab aksesnya sudah sangat terjamin dan bisa dilewati kendaraan jenis apa pun. Selain itu, destinasi wisata ini hanya terletak 3 kilometer dari Candi Borobudur sehingga sangat mudah ditemukan bagi Anda yang merupakan wisatawan luar daerah.

Karena lokasinya yang cukup strategis, Candi Mendut juga bisa diakses dengan mudah dari pusat kota Jogja karena hanya sekitar 38 kilometer saja. Tak heran jika banyak pelancong dari luar daerah bahkan wisatawan asing yang selalu menyempatkan diri untuk mengunjungi peninggalan sejarah Dinasti Syailendra tersebut.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Wisata Candi

Aktivitas di Candi
Image Credit: Instagram.com @bayu.maulana18

Ketika Anda menginjakkan kaki di Candi Mendut, Anda akan langsung disuguhi dengan megahnya arsitektur banguan tersebut. Anda jadi bisa melihat berbagai macam panel relief yang memiliki kisah fabel, seperti burung, kera, kura kura dan lain sebagainya di bagian kaki candi. Sedangkan pada badan candi terdapat 8 relief Buddha yang melambangkan berbagai sikap tangan.

Dengan uniknya bangunan candi tersebut, Anda bisa belajar mengenai sejarah yang telah terjadi. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa mendapatkan pesan moral yang terkandung di setiap panel relief dinding candi ini. Wisata sejarah ini sangat cocok bagi Anda yang mengajak keluarga, sehingga buah hati bisa belajar banyak tentang sejarah dan sebab akibat kehidupan.

Selain bisa menikmati arsitektur candi yang menarik,anda bisa naik ke badan Candi Mendut. Pasalnya, Anda akan menemukan keunikan lainnya ketika berada di lokasi tersebut. Pengunjung akan disuguhkan dengan 8 relief patung budha yang memiliki beragam sikap tangan yang ukurannya cukup besar. Ketika Anda berada di bilik candi, maka akan tercium aroma wangi dari bunga yang diberi oleh pengelola.

Tentunya kurang lengkap jika mengunjungi suatu wisata jika tidak mengabadikan momen tersebut. Anda bisa menangkap gambar di sekitar candi, baik berswafoto maupun foto berkelompok bersama keluarga. Di candi ini Anda bisa mendapatkan latar belakang menari, mulai dari relief, stupa, dan juga pemandangan sekitarnya.

Sedangkan bagi Anda yang hobi fotografi, tentu juga bisa mengabadikan keindahan candi yang megah tersebut. Arsitektur yang unik berpadu dengan pesona alam sekitarnya membuat tangkapan foto yang dihasilkan lebih menawan. Apalagi jika Anda mengabadikan momen tersebut di saat cuaca sedang cerah pada pagi hari maupun siang hari.

Setelah puas mengelilingi candi untuk berfoto dan belajar mengenai sejarah, Anda bisa melanjutkannya dengan mengisi perut. Karena berbagai macam kuliner khas Jawa Tengah disediakan di sekitar Candi Mendut. Pengunjung akan disuguhi dengan deretan kios yang dikelola oleh masyarakat sekitar dengan menu makanan yang tentunya menggoyang lidah.

Makanan yang bisa Anda nikmati di kios kios sekitar candi berupa hidangan khas, seperti gudeg, nasi ayam dan lain sebagainya. Jika Anda ingin menikmati makanan dengan tempat yang lebih nyaman, maka Anda bisa mengunjungi restoran atau rumah makan terdekat di sekitar lokasi wisata bersejarah tersebut.

Setelah puas memanjakan lidah Anda, tak ada salahnya jika melanjutkan perjalanan dengan berbelanja. Sebab, terdapat deretan kios menjual berbagai macam oleh oleh khas Jawa Tengah khususnya yang bertema Candi Mendut. Anda bisa mendapatkan kerajinan tangan unik seperti topi, gantungan kunci, lukisan, dan pakaian dengan gambar dari candi ini.

Tentunya liburan Anda akan lebih seru dan berkesan jika membawa buah tangan menarik dari suatu lokasi wisata. Anda bisa membeli souvenir unik khas yang berada di dekat pintu gerbang masuk candi. Tidak hanya itu saja, kios kios tersebut juga menjual beberapa makanan dan camilan khas Jawa Tengah, seperti bakpia, klenting, dan lain sebagainya.

Jika Anda memiliki waktu yang luang, maka jangan sampai lewatkan untuk menikmati keindahan di sekeliling Candi Mendut secara utuh. Anda bisa mengunjungi tempat menarik lainnya yaitu Buddhist Monastery yang terletak di dekat wisata sejarah tersebut. Terdapat meditasi mendengarkan alunan musik atau ritual chanting yang terbuka secara umum.

Pemandangan indah sekitar tempat meditasi tersebut pun dipenuhi dengan bunga teratai bermekaran yang bisa Anda nikmati sebagai bonusnya. Tidak ada salahnya jika Anda mengikuti meditasi tersebut untuk merelaksasi pikiran. Waktu liburan Anda akan menjadi lebih bermakna karena stres dan kepenatan bisa dipulihkan saat mengunjungi tempat tersebut.

Penginapan Murah di Sekitar Lokasi Candi Mendut

Penginapan di Candi Mendut
Image Credit: Agoda.com

Bagi Anda yang datang dari jauh atau luar kota, tidak usah khawatir untuk mencari penginapan. Pasalnya di sekitar Candi Mendut tersedia berbagai penginapan mulai dari yang terjangkau sehingga hotel bintang lima sekalipun. Anda bisa memilih tempat beristirahat sesuai dengan kebutuhan Anda. Apalagi jika membawa keluarga akan sangat cocok untuk memilih tempat yang terjangkau.

Jika Anda datang bersama keluarga untuk liburan, maka sebaiknya memilih penginapan seperti homestay atau family hotel. Fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap dan tentunya ditawarkan dengan harga terjangkau. Sedangkan jika Anda memiliki budget yang cukup, Anda bisa memilih penginapan seperti resort atau hotel bintang lima untuk mendapatkan kenyamanan lebih.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Candi Mendut

Fasilitas di Candi Mendut
Image Credit: Google Maps (Aulia Irfan Wazani)

Jika Anda tertarik untuk menghabiskan liburan bersama keluarga di Jawa Tengah, akan lebih baik untuk mampir ke wisata sejarah ini. Sebab, Candi Mendut terletak di lokasi yang strategis agar bisa dikunjungi. Meskipun berlokasi di Jawa Tengah, akses menuju candi cukup mudah dijangkau dari pusat kota sehingga liburan menjadi lebih berkesan karena bisa mengunjungi berbagai tempat.

Untuk menunjang para pengunjung yang datang, kawasan wisata sejarah ini dilengkapi berbagai fasilitas yang cukup nyaman digunakan. Fasilitas tersebut meliputi toilet, tempat parkir kendaraan, rumah makan yang dikelola warga sekitar. Bukan hanya itu saja, jika Anda ingin mendapatkan buah tangan dari wisata ini, ada juga deretan kios yang menjual semua kebutuhan tersebut.

Itulah ulasan mengenai wisata bersejarah peninggalan Dinasti Syailendra yang bisa Anda pilih ketika berlibur di Jawa Tengah. Lokasinya yang cukup strategis membuat Candi Mendut sangat tepat untuk liburan keluarga. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik dengan mengelilingi candi dan berbelanja cinderamata khas Candi Mendut sebagai buah tangan.