Chinatown Bandung, Tempat Wisata Kuliner & Spot Foto Unik

Chinatown Bandung

Lokasi: Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Kec. Andir, Kota Bandung.
MapCek Lokasi

Kota Bandung tak hanya memiliki udara yang sejuk dan segar, namun juga memiliki berbagai tempat wisata yang unik dan mempesona. Wisata yang akhir akhir sedang naik daun di Kota Bandung adalah yang mengusung konsep modern. Dimana di dalam satu tempat sudah bisa melakukan banyak hal mulai dari spot foto hingga kuliner. Dan Bandung memiliki Chinatown yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan anda di Kota Kembang. Simak ulasannya berikut.

Sekilas Tentang Tempat Wisata Unik Chinatown Bandung

Sekilas Tentang Tempat Wisata Unik Chinatown Bandung

Image Credit: Food.detik.com

Kampung China atau yang dikenal dengan Chinatown ini berdiri di lahan yang memiliki luas sekitar 3.000 ha. Kawasan satu in mulai dikomersilkan dan menjadi kawasan wisata sejak 4 Agustus 2017 silam. Sebelumnya, kampung China ini hanya dihuni oleh warga Tionghoa yang menetap di kota Bandung. Karena mayoritas penduduknya adalah masyarakat Tionghoa maka dikenal dengan Kampung Pecinan.

Kampung pecinan ini tidak hanya bisa ditemui di kota Bandung saja, banyak kota kota besar di Indonesia yang juga memilikinya. Di Bandung sendiri, kawasan ini mengalami pembaharuan agar memiliki ciri khas yang berbeda dengan kampung pecinan lainnya. Dengan adanya pembangunan dan inovasi sana sini akhirnya menjadi tempat wisata yang mengagumkan. Bahkan menjadi destinasi wisata Bandung yang tidak boleh dilewatkan.

Daya Tarik Wisata Chinatown di Bandung

Daya Tarik Wisata Chinatown di Bandung

Image Credit: Journal.sociolla.com

Memiliki konsep yang sangat berbeda dengan kampung pecinan lainnya, di kawasan ini pengunjung akan dibawa seolah olah sedang berada di negeri Tirai Bambu. Meskipun menyajikan berbagai hal di era modern, namun konsep yang diusungnya justru konsep zaman dahulu. Sehingga para pengunjung bisa merasakan bagaimana suasana dari warga Tionghoa di zaman dahulu. Bahkan sampai detail detailnya dibuat sangat mirip pada masa lampau.

Anda akan menemukan tempat makan lengkap dengan ornamen yang membuatnya begitu unik. Ornamen khas yang tidak boleh dilewatkan adalah lampion dan anda akan menemukan ornamen ini begitu mengunjungi tempat ini. Pada saat perayaan imlek, akan semakin banyak lampion lampion ini menghiasi Chinatown. Tidak hanya itu, anda juga akan menemukan sepeda onthel yang menjadi kebiasaan dari masyarakat Tionghoa yang gemar bersepeda.

BACA JUGA:  Taman Wisata Matahari, Destinasi Keluarga Favorit di Bogor

Selain dari segi konsep dan juga suasana, daya tarik dari Chinatown ini juga terlihat dari adanya Klenteng. Klenteng ini memiliki usia yang sudah tua yakni 130 tahunan. Kehadirannya semakin membuat nuansa Chinannya terasa, mengingat warga Tionghoa tidak pernah melupakan untuk berdoa. Kelenteng ini tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah namun juga sering dijadikan sebagai spot swafoto oleh para pengunjung.

Memang di tempat ini anda akan menemukan banyak sekali spot untuk mengambil foto. Sehingga anda harus menyiapkan senjata anda untuk berburu foto foto cantik. Sangat cocok untuk anda yang doyan swafoto dan berpose di depan kamera. Spot spot menarik ini akan sangat cantik jika diabadikan melalui kamera. Jika anda ingin mendapatkan spot foto menarik, sebaiknya datang ketika malam hari karena lampionnya akan menyala.

Anda bisa berpose dengan mengenakan pakaian khas China yang akan membuat nuansa Chinanya semakin terasa. Anda bisa menyewanya di sana dengan harga yang sudah ditetapkan. Selain di bawah lampion, jembatan khas negeri Tirai Bambu juga menjadi spot favorit untuk berfoto. Dengan banyaknya spot foto ini menjadikan Chinatown sering dijadikan lokasi untuk prewedding bagi pasangan yang akan menikah.

Pada event tertentu, anda juga bisa menyaksikan pertunjukkan barongsai yang sangat keren. Pertunjukkan ini semakin menambah daftar panjang daya tariknya, mengingat tidak banyak tempat wisata yang menampilkan atraksi ini. Pertunjukkan ini juga selalu membuat pengunjung antusias sehingga banyak juga yang mengabadikannya. Mengunjungi tempat ini memang anda akan merasakan nuansa Tionghoa yang sangat kental.

Mengunjungi Chinatown juga bisa untuk bersantai atau sekedar duduk cantik. Ada beberapa area terbuka dengan pepohonan rindang yang bisa anda nikmati. Jajaran bean bag berwarna warni seakan mengajak para pengunjung untuk bersantai. Mengobrol dengan teman atau kerabat tentunya sudah menjadi aktivitas yang menyenangkan. Tidak hanya bisa dilakukan di siang hari, di malam hari juga tetap akan indah mengingat lampionnya yang menyala.

BACA JUGA:  Pemandangan Eksotis Pantai Karapyak di Pangandaran yang Memesona

Fasilitas yang Tersedia di Chinatown Bandung

Image Credit: Bandung.merdeka.com

Fasilitas yang dimiliki oleh Chinatown ini terbilang lengkap dan juga memadai. Anda bisa menemukan fasilitas umum seperti toilet yang bersih. Meskipun banyak dihuni oleh warga Tionghoa, namun anda juga bisa menemukan mushola. Membuat tempat ini memiliki toleransi yang begitu tinggi dan ramah akan wisatawan. Bukan hanya itu, anda juga bisa menemukan playground yang bisa digunakan untuk bermain buah hati anda.

Chinatown memang tidak hanya cocok untuk para muda mudi yang berwisata namun juga untuk liburan keluarga. Anda yang datang jauh dari luar kota juga bisa berbelanja oleh oleh berupa souvenir di Chinatown secara langsung. Harga yang ditawarkan begitu terjangkau, souvenirnya di jual mulai dari Rp. 5 ribuan. Fasilitas yang ada memang dibuat senyaman mungkin untuk para pengunjung, termasuk di dalamnya lahan parkir yang luas dan memadai.

Mengunjungi Chinatown tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati wisata kuliner. Tersedia berbagai macam stand yang menawarkan berbagai olahan. Menikmati kuliner setelah jalan jalan akan menjadi suatu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Anda bisa melakukan makan siang maupun makan malam di tempat yang indah ini. Belum lagi rasanya yang bisa dipastikan akan membuat lidah dan perut anda nyaman.

Menariknya, meskipun memiliki berbagai menu yang lezat harga yang ditawarkan tidak akan membuat kantong anda jebol. Bagi anda yang beragama muslim, tak perlu khawatir jika ingin mencicipi kuliner di tempat satu ini. Karena makanan yang ditawarkan terjamin kehalalannya. Banyak juga pengunjung yang sengaja datang ke Chinatown hanya untuk berwisata kuliner dengan makanan khas Tionghoa dan lainnya yang terbilang lengkap.

Untuk anda yang datang dari luar kota dan mencari penginapan juga tidak perlu khawatir. Karena dekat dengan kawasan Chinatown ada beragam hotel yang bisa anda pilih untuk menginap. Belum lagi adanya restoran yang bisa melayani pembayaran non tunai sehingga memudahkan anda. Dengan adanya berbagai kemudahan ini bukanlah hal yang mengejutkan jika objek wisata ini selalu ramai pengunjung dari berbagai daerah.

BACA JUGA:  10 Taman di Depok yang Cocok untuk Refreshing

Harga Tiket dan Rute Menuju Lokasi Chinatown

Harga Tiket dan Rute Menuju Lokasi Chinatown

Image Credit: Dakatour.com

Rasanya memang tidak lengkap jika menanyakan objek wisata tanpa membahas harga tiket masuknya. Chinatown yang indah dan memiliki fasilitas lengkap ini tidak lantas memiliki harga tiket masuk yang mahal. Para pengunjung akan dikenakan tiket masuk sekitar Rp. 30 ribuan. Harga ini bisa berubah pada saat weekend atau musim liburan. Perubahan harga di hari biasa juga bisa terjadi tergantung dari kebijakan dari pengelolanya.

Namun harga tersebut terbilang terjangkau jika melihat apa saja yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Setiap hari Chinatown akan buka mulai pukul 10 pagi hingga pukul 12 malam. Dengan waktu operasional yang panjang tersebut, anda bisa melakukan banyak hal yang menarik. Alamatnya berada di Jl. Kelenteng No. 41 Ciroyon, Andir, Bandung. Aksesnya yang mudah membuat anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Untuk rutenya anda bisa memulainya dengan melalui arah Astana Anyar. Setelah itu mengikuti jalan hingga sampai di kelenteng. Lampion yang juga berwarna warni menjadi ciri khas lainnya. Kemudian dari jalan kelenteng yang penuh lampion ini, anda akan menemukan gapura dengan tulisan yang menyambut para wisatawan. Namun anda belum sampai di Chinatown sehingga masih harus mengikuti jalan hingga beberapa saat.

Anda memasuki gapura hingga akhirnya bertemu dengan Vihara Samudra Bakti. Barulah dari rumah ibadah yang tidak sempit ini, anda bisa melihat bangunan dengan warna merah. Bangunan yang bertuliskan Chinatown inilah yang akan membawa anda dalam wisata yang menyenangkan. Jika anda kesulitan, anda bisa memanfaatkan GPS yang berada di smartphone anda. Selain itu juga bisa bertanya kepada penduduk sekitar untuk menuju Chinatown.

Kawasan Chinatown ini memang menjadi wisata di Kota Kembang yang tidak boleh anda lewatkan. Menghabiskan akhir pekan maupun liburan bersama sahabat, keluarga atau pasangan ke tempat ini pastinya akan sangat seru. Tidak perlu jauh jauh ke China, jika di Bandung anda bisa menemukan tempat yang membuat anda seperti di China. Jadi, tertarik untuk mengunjungi tempat wisata andalan Bandung satu ini?