Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Tlekung, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Air terjun menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan ketika merasa penat. Hal tersebut lantaran disini anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan juga suasana yang masih sangat segar. Salah satu destinasi alam yang bisa anda kunjungi di kota Batu adalah Coban Putri yang menyuguhkan pemandangan yang apik, lengkap dengan spot foto yang sangat instagramable.

Coban Putri merupakan air terjun yang mungkin terbilang tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan Coban Rais atau Coban Rondo. Namun jangan salah, ketika anda berkunjung kesini, anda pun akan bisa menikmati wisata curug lengkap dengan berbagai aktivitas menarik di dalamnya. Seperti apa saja? Anda pun bisa menyimak ulasan selengkapnya berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Coban Putri

Daya Tarik Coban Putri
Image Credit: Instagram Info Malang Raya

1. Keindahan Alam yang Luar Biasa

Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari destinasi yang berada di kota Batu ini adalah pemandangan alam dan keindahannya yang begitu mempesona. Dengan memiliki aliran yang begitu jernih, membuat siapa saja ingin segera menceburkan diri ketika berada di tempat wisata satu ini.

Apabila anda bermain di bawahnya, anda pun akan mendapati airnya yang bermuara di kolam tepat berada di bawahnya. Pastinya akan menciptakan aliran kolam yang begitu menyegarkan. Dengan pemandangan yang indah tersebut, tak heran banyak sekali wisatawan yang ingin menghabiskan waktu di tempat wisata yang indah satu ini.

2. Memiliki Dua Aliran Air Terjun

Tidak hanya itu saja, air terjun yang berada di kota Batu ini juga memiliki dua aliran air terjun. Sehingga, jika anda biasanya hanya mendapati satu air terjun saja yang ada di coban, maka hal ini akan berbeda ketika anda berada di Coban Putri. Sebab, disini anda bisa sekaligus melihat dua aliran air terjun yang begitu indah.

Air terjun ini seolah olah memiliki kembaran yang airnya membasahi kolam yang ada di bawahnya. Kemudian, untuk dinding air terjun tersebut memiliki warna yakni coklat dengan bebatuan yang nampak kokoh. Untuk tekstur maupun bentuk batu dari air terjun satu ini juga nampak terlihat sangat jelas.

Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian yakni sekitar 20 meter. Kemudian, di samping air terjun ini juga ditumbuhi oleh pepohonan hijau dan juga semak semak yang membuat pemandangan di sekitarnya menjadi lebih hijau. Bahkan anda pun juga akan mendapati pepohonan tersebut menjuntai dan mengenai batu batu yang ada di sekitar air terjun.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Coban Putri
Image Credit: Google Maps Ahmad Zainuri

Bagi anda yang ingin berlibur ke Coban Putri, maka anda pun bisa saja langsung mengunjungi Dusun Krajan yang berada di Desa Tlekung, tepatnya yakni berada di Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Wisata satu ini tepatnya yakni berada di Kaki Gunung Panderman.

Kemudian, untuk rutenya sendiri menuju ke destinasi satu ini adalah anda bisa berangkat dari Alun Alun Kota Batu. Dari sini, anda sudah tidak terlalu jauh untuk bisa sampai ke air terjun. Sebab, dari pusat kota Batu tersebut anda hanya akan membutuhkan waktu yakni sekitar 5 kilometer saja.

Selain itu, lokasi air terjun ini juga berdekatan dengan Coban Rais. Dimana hanya memiliki jarak yakni sekitar 1.5 kilometer saja. bagi anda yang berada di kota Malang, anda pun bisa mengarahkan kendaraan menuju ke Predator Fun Park maupun ke arah BNS untuk bisa sampai ke lokasi satu ini.

Selanjutnya, anda pun bisa lurus dan mengikuti petunjuk jalan yang tersedia menuju ke Coban Putri. Apabila anda masih bingung, maka tak perlu khawatir karena anda pun bisa dengan mudah untuk menggunakan maps maupun peta digital. Sehingga nantinya akan lebih memudahkan anda untuk sampai ke destinasi satu ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Coban Putri
Image Credit: Google Maps ROVI Glblues

Salah satu objek wisata alam yang berada di daerah Batu ini, hadir dengan harga yang terbilang cukup terjangkau dan tidak menguras kantong. Sehingga bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata murah, maka Coban Putri dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa anda kunjungi.

Pasalnya, untuk bisa datang ke kawasan satu ini, anda hanya perlu untuk merogoh kocek yakni sekitar 10 ribu rupiah saja. dengan harga yang ramah di kantong tersebut, anda bisa dengan mudah untuk datang ke wisata ini kapan saja, sekalipun akhir bulan. Karena harga yang ditawarkan tidak akan membuat kantong menjadi jebol.

Sedangkan untuk jam operasional dari wisata satu ini sendiri buka mulai dari pagi hingga sore hari. Anda bisa datang jam 9 pagi hingga sekitar 5 sore. Ditambah lagi, Coban Putri buka setiap hari sehingga sangat pas untuk melepas lelah. Namun, jika anda ingin datang saat sepi dan suasana yang tenang, disarankan untuk datang ketika weekday dan di pagi hari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Coban Putri

Kegiatan Menarik Coban Putri
Image Credit: Google Maps Wahyu Nurudin

1. Berkemah

Apabila anda memiliki hobi berkemah, maka berwisata ke tempat satu ini dapat menjadi hal yang menyenangkan. Pasalnya, objek wisata dengan tema air terjun ini tidak hanya cocok untuk anda nikmati ketika siang hingga sore hari saja. melainkan bagi anda yang ingin menginap bisa saja menyempatkan untuk berlibur disini.

Salah satu kegiatan yang bisa anda lakukan disini adalah camping atau berkemah. Pengunjung yang dapat dapat bermalam dan menikmati keseruan wisata ini di malam hari. Anda pun akan disuguhkan dengan suasana yang sejuk dan dingin di malam hari. Tak perlu khawatir, di Coban Putri memang telah disediakan lahan khusus yang bisa anda gunakan untuk berkemah.

Adanya area camping ground yang ada di lokasi ini bisa digunakan sebagai tempat untuk mendirikan tenda. Akan tetapi, jika anda memang berencana menginap disini, pastikan untuk membawa peralatan dan juga perlengkapan untuk berkemah sendiri. Hal ini dikarenakan pihak pengelola memang tidak menyediakan perlengkapan berkemah untuk pengunjung yang datang.

Sehingga, anda pun bisa menghabiskan waktu semalaman penuh di Coban Putri bersama keluarga maupun sahabat. Anda bisa bersantap malam bersama di tengah malam sambil menikmati taburan bintang di malam hari. Dengan ditemani oleh suara serangga akan membuat anda betah berada di lokasi satu ini.

2. Mengambil Foto di Spot Tangan Dewa

Salah satu spot yang menjadi incaran bagi pengunjung untuk berfoto adalah tangan dewa. Lokasi satu ini memang sering diburu oleh pengunjung lantaran memiliki latar belakang yang indah. Spot foto tersebut adalah gardu pandang yang terbuat dari kayu dan ranting. Untuk bentuknya sendiri yakni berupa telapak tangan dalam ukuran yang besar.

Sehingga kerap kali disebut dengan tangan dewa. Selain itu, disini anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah berupa hutan yang hijau berpadu dengan langit yang biru. Adapun pose andalan yang biasa dilakukan oleh wisatawan ketika berada disini adalah duduk di telapak tangan sembari membelakangi kamera.

Berada disini, anda pun akan bisa mendapatkan foto yang instagramable dengan latar belakang yang sangat indah. Dengan background berupa deretan pepohonan hijau yang apik berapi dengan biruny pemandangan gunung di kejauhan akan membuat anda bisa menikmati keindahan dari destinasi satu ini.

Namun, ketika anda ingin berfoto di tangan dewa, sebaiknya anda juga perlu untuk berhati hati. Pasalnya spot foto satu ini cukup tinggi. Sehingga, bagi anda yang memang takut akan ketinggian, sebaiknya menyiapkan fisik dan mental terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan pada spot tangan dewa ini, anda tidak akan menemukan pengaman lain selain jari jari dari tangan tersebut.

Kegiatan Menarik di Coban Putri
Image Credit: Instagram Londo Lho Lhond

3. Hunting Foto di Air Terjun

Tak hanya di spot tangan dewa saja, anda juga bisa berfoto di sekitar Coban Putri. Sebab, disini terdapat banyak sekali spot menarik yang bisa untuk anda abadikan. Sebelum anda bermain air, pastikan untuk menyempatkan untuk berfoto di jembatan bambu yang terletak di depan air terjun.

Anda bisa dengan mudah untuk menemukan jembatan ini membentang dan membelah kolam yang berada di bawah air terjun. Tentunya jembatan satu ini pun menjadi salah satu spot favorit pengunjung yang datang. Pasalnya, jika anda mengambil foto dari sini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang mempesona dari Coban Putri.

Pada jembatan ini, anda juga akan bisa melihat dua air terjun yang terlihat lebih jelas dan nampak sangat cantik. Selain itu, kolam yang ada di bawahnya juga akan turut masuk di dalam foto tersebut. Tidak heran banyak orang yang berfoto di jembatan satu ini karena kesannya yang sangat estetik.

4. Bermain Air

Selain itu, kegiatan lain yang tak kalah menyenangkan yang wajib untuk anda coba ketika berada di destinasi satu ini adalah bermain air. Pasalnya, ketika berada disini, anda pun bisa menikmati secara langsung kesegaran aliran air terjun melalui kolam yang tersedia di bawahnya.

Tak hanya itu saja, anda juga bisa bermain air dengan mencelupkan kaki ke kolam. Bahkan beberapa diantaranya ada yang sengaja membawa ban atau pelampung untuk bisa bercengkrama di kolam tersebut. Merasakan sensasi aliran air terjun Coban Putri secara langsung tentu saja akan bisa melepas penat yang anda rasakan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Coban Putri
Image Credit: Google Maps br14n 1m4g3s

Sedangkan berbicara mengenai fasilitas yang tersedia disini, terbilang cukup lengkap dan bisa menunjang liburan anda. Hal yang akan anda temukan ketika berada di destinasi satu ini adalah adanya area parkir yang cukup luas. Saat berada disini, anda pun bisa memarkirkan kendaraan yang anda miliki dengan lebih leluasa.

Selain itu, anda pun juga akan bisa menemukan toilet ketika berada di destinasi satu ini. ada pula warung warung yang menyediakan makanan, bagi anda yang memang kelaparan dan ada juga gazebo sebagai tempat untuk beristirahat. Untuk anda yang ingin melakukan ibadah, maka anda pun bisa saja beribadah di mushola yang tersedia.

Beberapa kegiatan menarik dan lengkapnya fasilitas yang ada di Coban Putri membuat anda bisa berwisata dengan lebih nyaman. Selain itu, pemandangan yang ada di wisata satu ini memang tidak bisa untuk anda abaikan begitu saja. oleh karena itu, jika anda sedang berada di Batu, tak ada salahnya untuk mampir dan menikmati secara langsung bentang alam yang mempesona ini.