10 Curug (Air Terjun) di Bandung yang Lagi Hits Dikunjungi

10 Curug (Air Terjun) di Bandung yang Lagi Hits Dikunjungi

Butuh Liburan yang Seru? Periksa Daftar Wisata Air Terjun Curug Keren di Bandung, Jawa Barat. Destinasi Wisata Alam Terindah, Memanjakan Mata & Paling Hits yang Wajib Anda Eksplor Saat Memilih Liburan ke Bandung.

Kota Kembang, Bandung memang selalu mempesona dan menarik untuk dijelajahi. Hadirnya keindahan alam yang memukau lengkap dengan udaranya yang segar. Membuat kota satu ini selalu menjadi tujuan wisata di Indonesia yang tidak boleh dilewatkan. Bagi Anda yang ingin mengisi liburan dengan mengunjungi wisata alam, curug atau air terjun bisa jadi pilihan. Di Bandung ada berbagai curug cantik yang sangat cocok untuk liburan Anda, simak ulasannya berikut.

1. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat Lembang

Image Credit: Republika.co.id

Objek wisata alam satu ini sudah banyak dikenal di kalangan traveller. Meskipun begitu tidak menyurutkan niat masyarakat untuk mengunjungi tempat indah satu ini. Begitu akhir pekan atau liburan tiba, air terjun satu ini akan jadi tujuan liburan terbaik. Curug satu ini menawarkan pemandangan alam hasil dari perpaduan air terjun, leuwi atau sungai, hutan dan juga goa yang berada di kawasan seluas 5 hektar.

Kawasan destinasi wisata ini memiliki 4 air terjun yang akan membuat Anda terpukau. Belum lagi hadirnya 4 sungai yang akan menambah panoramanya semakin cantik. Ada juga 2 gua yang siap Anda jelajahi untuk dapatkan pengalaman liburan tak terlupakan. Berada di Lembang, tentunya membuat udaranya begitu sejuk dan asri. Mengunjungi curug satu ini dijamin Anda akan betah berlama lama sekaligus bisa menghempaskan semua penat Anda.

Lokasi: Jl. Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

2. Curug Malela

Curug Malela

Image Credit: Katalogwisata.com

Curug ini akan memberikan Anda pemandangan layaknya air terjun Niagara. Banyak yang memberinya julukan sebagai Niagara Mini yang letaknya ada di Desa Cicadas. Berada di ketinggian 1000 mdpl Anda akan merasakan bagaimana sejuknya hawa pegunungan. Untuk sampai ke Curug Malela, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam dari pusat kota Bandung. Akses yang mudah memungkinkan Anda untuk menjangkaunya dengan kendaraan pribadi.

Untuk melihat keindahannya, pengunjung harus melakukan trekking yang cukup panjang. Namun keindahan selama perjalanan akan menjadi teman yang baik untuk Anda. Semua lelah Anda juga akan terbayar begitu melihat kemolekan dari air terjun ini. Memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan lebarnya yang mencapai 70 meter pastinya akan membayar lunas perjuangan Anda. Belum lagi pemandangan sekitar dan udaranya yang masih asri dan terjaga.

BACA JUGA:  Pantai Batu Karas, Wisata Bahari Andalan Pangandaran

Lokasi: Sindangjaya, Kec. Gununghalu, Kab. Bandung Barat.

3. Curug Maribaya

Curug Maribaya

Image Credit: Dolanyok.com

Curug selanjutnya yang juga tidak boleh dilewatkan adalah curug Maribaya. Destinasi satu ini masuk dalam jajaran curug hits yang sangat cocok untuk menghabiskan liburan Anda. Jaraknya dari pusat kota sekitar 21 km yang bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Begitu menginjakkan kaki ke tempat satu ini Anda akan nuansa yang masih asri dan terjaga. Membutuhkan stamina kuat karena untuk menuju curug harus berjalan kaki dahulu.

Namun perjalanan tersebut akan dibayar dengan indahnya air terjun yang tingginya sekitar 15 meter. Di Curug Maribaya ini, air terjunnya akan dibagi menjadi 3 curug yang terdiri dari Cikoleang, Cikawari dan Cigulung. Selain bisa menikmati keindahan curugnya Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Mulai dari berswafoto, menjelajah hutan hijaunya hingga berendam air panas yang membuat liburan Anda semakin seru.

Lokasi: Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Cibodas, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.

4. Curug Batu Templek

Curug Batu Templek

Image Credit: Satulensa.com

Wisata Curug di Bandung yang memiliki pemandangan tak kalah cantik selanjutnya adalah Curug Batu Templek. Air yang mengalir dari ketinggian ini melewati tebing tebing cadas yang membuatnya semakin menawan. Terdapat jembatan gantung yang bisa Anda jadikan sebagai lokasi untuk berswafoto dan menikmati keindahannya. Untuk menikmati keindahannya Anda hanya perlu merogoh kantong sekitar Rp. 5 ribuan untuk tiket masuknya.

Lokasi: Jl. Cisanggarung, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

5. Curug Citambur

Image Credit by Mytrip.co.id

Berada di perbatasan Bandung dan Cianjur, Anda bisa mengunjungi curug satu ini. Curug Citambur begitu memukau dengan ketinggian yang mencapai 100 meter lebih membuatnya begitu megah. Di air terjun ini seakan akan Anda menikmati hujan setiap hari karena tinggi dan derasnya airnya. Pemandangan sekitarnya yang hijau semakin menambah keindahan dari curug satu ini. Menuju curug ini Anda bisa melihat petunjuk arah yang akan memudahkan Anda.

BACA JUGA:  Chinatown Bandung, Tempat Wisata Kuliner & Spot Foto Unik

Lokasi: Karang Jaya, Kec. Pasirkuda, Kab. Cianjur.

6. Curug Penganten

Curug Penganten Bandung

Image Credit: Jejakpiknik.com

Curug satu ini tidak hanya menawarkan keindahan yang memukau, namun juga bisa sebagai cara untuk berpetualang. Menuju air terjun, pengunjung harus melakukan trekking dengan melewati perkebunan warga untuk sampai di Curug Penganten ini. Jalur yang nantinya akan Anda lalui mudah sehingga tidak perlu khawatir. Hutan tropisnya yang masih rimbun dengan udara yang segar menambah pesona dari Curug Penganten ini.

Lokasi: Desa Padaasih, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

7. Curug Dago

Curug Dago

Image Credit: Wisatapedi.com

Curug Dago merupakan curug yang bersejarah di kota Bandung karena curug ini pernah dikunjungi oleh Raja Thailand. Di curug ini juga terdapat prasasti yang berupa batu sebagai peninggalan kerajaan Thailand pada sekitar tahun 1818. Dari pusat kota menuju curug Dago akan menempuh jarak sekitar 8 km dengan akses yang mudah. Bahkan Anda bisa menjangkaunya dengan kendaraan umum karena berdekatan dengan terminal Dago.

Berada di ketinggian sekitar 800 mdpl membuat Anda bisa merasakan sejuknya udara khas pegunungan. Untuk ketinggian air terjunnya sekitar 12 meter dengan air yang jernih dan segar. Masih dalam kawasan Taman Hutan Raya Djuanda Anda akan dimanjakan dengan pepohonan rindang yang membuat lokasi ini begitu tenang. Menariknya lagi, Anda tidak perlu membayar biaya masuk jika ingin menikmati keindahan dari curug Dago satu ini.

Lokasi: Jl. Dago Pojok, Dago, Kec. Coblong, Kab. Bandung.

8. Curug Cimahi

Curug Cimahi

Image Credit: Pesona.travel

Menghabiskan liburan dengan mengunjungi wisata alam, Anda bisa mengunjungi Curug Cimahi ini. Air terjun ini begitu kokoh dan terlihat memukau dengan ketinggian yang mencapai 87 meter. Destinasi satu ini memang sedikit tersembunyi di balik pepohonan dan tebing. Meskipun demikian tidak mengurangi kecantikan dari air terjun ini. Ditambah ternyata rute untuk menuju Curug Cimahi tidak sesulit yang dibayangkan bahkan terbilang mudah.

Bukan hanya memiliki keindahan yang mengagumkan, Anda juga akan dimanjakan dengan fasilitasnya yang terbilang lengkap. Anda sudah bisa menemukan fasilitas umum seperti kamar mandi, mushola, tempat istirahat hingga warung makan. Selain fasilitas Anda juga bisa melakukan beragam aktifitas seperti berenang, atau sekedar berswafoto ria. Mengunjungi curug satu ini Anda tidak akan pernah menyesal atau bahkan enggan untuk pulang.

BACA JUGA:  Menikmati Keindahan Alam Pantai Kejawanan di Cirebon

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi No. 325, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat.

9. Curug Cilengkrang Bandung

Image Credit: Urbanradiobandung.com

Jika Anda ingin mendapatkan sensasi petualangan yangk kental, maka Curug Cilengkrang ini wajib Anda kunjungi. Bagaimana tidak selama perjalanan Anda akan dihadirkan dengan pemandangan perbukitan yang menghimpit selama perjalanan. Nantinya Anda juga akan disuguhkan dengan 7 curug kecil dengan keunikan tersendiri di masing masing curugnya. Barulah nanti Anda bisa menemukan curug besar yang memiliki ketinggian sekitar 8 meter.

Selain memiliki pemandangan air terjun yang cantik, suasana di kawasan wisata ini juga begutu sejuk dan nyaman. Lengkap dengan pepohonan rindang yang akan membuat udaranya begitu sejuk. Sangat cocok untuk melepas penat dari hiruk pikuknya perkotaan. Belum lagi air terjunnya yang jernih akan mengundang Anda untuk bermain air atau berenang. Jangan lupakan untuk mengabadikan liburan Anda untuk kemudian diunggah ke media sosial.

Lokasi: Cilengkrang, Kec. Cilengkrang, Kab. Bandung.

10. Curug Cinulang

Curug Cinulang Cicalengka

Image Credit: Nativeindonesia.com

Objek wisata curug ini bisa dikatakan sebagai objek wisata legendaris yang sudah ada sejak lama. Selain dikenal sebagai Curug Cinulang, curug ini juga dikenal dengan Curug Sindulang. Hal ini dikarenakan curug ini memang berada di desa Sindulang. Memang letaknya ada diperbatasan, namun tidak terlalu jauh jika dari pusat kota. Keindahan yang ditawarkan oleh curug ini akan membayar lunas perjalanan Anda, bahkan keindahnnya dituangkan dalam sebuah lagu.

Lagu yang bertajuk Curug Cinulang ini bisa sebagai bukti keindahan dari curug ini. Tak heran jika di akhir pekan maupun di waktu liburan pengunjungnya akan meningkat dari berbagai kota. Anda juga tidak perlu khawatir akan tersesat, karena arah jalan menuju curug ini terbilang mudah. Apalagi pintu masuknya juga berada di pinggir jalan sehingga semakin memudahkan Anda untuk menjangkau. Tertarik mengunjungi curug satu ini?

Lokasi: Cicalengka Sindang Wangi, Sindulang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang.

Keindahan dari curug-curug yang ada di Bandung memang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Setiap curug selalu menghadirkan keunikan tersendiri yang akan membuat pengunjungnya terpesona. Belum lagi kawasannya yang lebih didominasi dengan hutan akan membuat udara dan suasannya asri. Mengunjungi curug curug di Kota Bandung akan menjadi kegiatan liburan yang menyenangkan dan bisa membuat Anda kembali fresh.