Curug Bidadari merupakan wisata air terjun di Sentul Bogor yang menawarkan pesona alam pegunungan. Objek wisata populer di Sentul Paradise Park yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Lokasi: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kota Bogor.
Map: Cek Lokasi

Bogor menjadi salah satu kota selain Bandung yang juga kerap kali jadi alternatif habiskan liburan. Kota Hujan begitu julukannya, memiliki pemandangan alam indah dan udara yang sejuk. Anda bisa mengunjungi Curug Bidadari untuk habiskan liburan Anda di kota satu ini. Tawarkan banyak pesona, berikut ulasan tentang Air Terjun Bidadari di Sentul Bogor.

Sekilas Pesona Curug Bidadari

Pesona Curug Bidadari
Image Credit: Twitter.com @bogorfess_

Kota yang mendapatkan julukan sebagai kota Hujan ini memang memiliki curah hujan yang terbilang lebih tinggi, terutama jika dibandingkan dengan kota kota lain di Indonesia. hal ini tentunya memiliki dampak pada kondisi udaranya yang menjadi lebih sejuk. Bukan hanya itu, kontur wilayah dari Bogor juga berupa barisan gunung dan juga pegunungan.

Dengan begitu sangat wajar jika Bogor memiliki keindahan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Mengunjungi Bogor, maka Anda bisa menikmati deretan curug atau air terjunnya yang menawan. Dan dari sekian banyak Curug yang ada, Curug ini menjadi salah satunya yang populer. Curug satu ini juga menjadi ikon wisata dari kota Bogor sendiri.

Bukan hal yang mengherankan jika curug satu ini tidak pernah sepi pengunjung. Memiliki pemandangan yang mengagumkan, Air Terjun Bidadari juga memiliki cerita mitos yang berkembang. Dimana curug yang sebelumnya bernama Bojongkoneng ini, dianggap sebagai tempat mandinya para bidadari ketika sore datang.

Inilah yang kemudian menjadikan nama dari air terjun ini sebagai Curug Bidadari. Beberapa warga juga mengatakan jika sering mendengar suara wanita. Namun, ketika dicek tidak ada orang satupun di air terjun tersebut. Sehingga semakin menguatkan anggapan jika banyak bidadari yang mandi di air terjun ini. Mitos satu ini beredar dari mulut ke mulut dan banyak juga yang mempercayainya.

Terlepas dari mitosnya, keindahan dari air terjun ini memang tidak bisa diabaikan begitu saja. Memiliki ketinggian sekitar 50 meteran dengan desain yang kekinian. Bisa dikatakan jika wisata alam ini juga sudah dipadukan dengan wisata yang modern. Dan perpaduan inilah yang membuat curug eksotis di Sentul begitu unik dan menarik perhatian.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Bidadari

Daya Tarik Curug Bidadari
Image Credit: Facebook.com @lindry.agustin

Begitu mendekat ke area air terjun, Anda akan mendengar suara deburan air yang semakin keras. Hal ini dikarenakan air terjun ini memiliki debit air yang besar, sehingga suaranya menjadi lebih keras saat jatuh dari ketinggian. Tak jarang, hal ini membuat aliran airnya cukup kotor, membuat pengunjung tak bisa selalu bermain di bawahnya.

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya Anda datang ketika sedang tidak hujan. Mengingat airnya akan langsung berubah menjadi begitu bersih setelah hujan. Daya tarik dari Curug ini tidak hanya menikmati air terjunnya, udaranya yang segar juga akan membuat Anda bisa betah berlama lama. Mengunjungi destinasi ini, Anda akan mendapatkan banyak pengalaman baru.

Sekalipun debit airnya tinggi, tetapi kolam yang terbentuk di bawah air terjun tidak begitu dalam. Sehingga para wisatawan bisa memanfaatkan kolam ini untuk berenang. Tidak hanya memiliki kolam alami, karena sudah menjadi wisata buatan juga curug Bidadari juga dilengkapi dengan kolam buatan. Kolam buatan dengan luas sekitar 6.000 meter ini dibuat mirip pantai.

Daya Tarik dari Curug Bidadari
Image Credit: Twitter.com @dongscrews

Dan menariknya, pengelola dalam hal ini Sentul Paradise Park bahkan mendatangkan pasir langsung dari Bangka Belitung. Layaknya water park pada umumnya, Anda juga bisa menikmati berbagai wahana atau seluncuran yang disuguhkan. Karena pada sisi kiri kolam dangkal, maka bagian ini seringkali dijadikan sebagai tempat berenang anak anak.

Daya tarik dari Curug Bidadari ini masih belum habis, karena terdapat batu belah yang ukurannya besar dan menutupi bagian dasar curug. Dan di tengah tengah batu, membentang jembatan untuk menuju air terjun. Selain itu juga kerap kali dijadikan tempat untuk foto foto dengan air terjun sebagai latar belakangnya.

Berbagai keindahan yang dimiliki oleh tempat ini, membuat Anda bisa mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Mengingat setiap jengkal dari air terjun ini akan memberikan pesonanya tersendiri. Berbagai wahana juga turut dihadirkan agar membuat para pengunjung betah berlama lama.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Curug Bidadari

Rute Curug Bidadari
Image Credit: Google Maps (Azyeica Ferdian)

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, nama curug ini sebelum dikelola oleh Paradise Park adalah Curug Bojong Koneng. Hal ini didapatkan karena alamatnya yang memang berada di Desa Bojong Koneng. Desa ini sekitar 19,1 km jika dari pusat kota Bogor. Dimana Anda membutuhkan waktu sekitar 36 menit jika tanpa macet untuk sampai ke desa Bojong Koneng.

Apalagi, medan yang nantinya akan Anda lalui sudah mulus dan memadai. Sehingga Anda bisa mudah menjangkau Desa Bojong Koneng ini dari pusat kota Bogor. Kendati demikian, alangkah baiknya jika menggunakan kendaraan pribadi untuk tiba di wana wisata satu ini. Mengingat jalurnya yang cukup curam karena harus menaklukkan jalur berbukitnya.

Selain itu, Anda juga akan lebih fleksibel jika menggunakan kendaraan pribadi. Untuk menuju Curug Bidadari, terdapat beberapa pilihan rute yang bisa dilalui. Bagi Anda yang berangkat dari Jakarta, Anda bisa menggunakan Tol Jagorawi menuju Sentul. Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju Sentul Paradise.

Menuju destinasi wisata ini memang sudah banyak petunjuk jalan yang bisa dijadikan patokan. Anda juga bisa mengandalkan teknologi untuk membantu Anda tiba di curug ini. Jika jalan yang Anda lalui membuat Anda ragu, Anda bisa menanyakan pada masyarakat setempat. Keberadaan curug ini sudah cukup populer sehingga sudah banyak yang tahu.

Harga Tiket & Jam Operasional Wisata Curug Bidadari

Harga Tiket Curug Bidadari
Image Credit: Google Maps (Maeen Alfaqeeh)

Menikmati kesegaran dan juga keindahan dari Curug Bidadari ini tak perlu merogoh kocek mahal. Tiket yang ditawarkan tidak seberapa, jika dibandingkan dengan keindahan yang disuguhkan. Dan harga tiketnya sendiri dibagi menjadi dua periode, yakni saat akhir pekan dan saat weekdays akan dikenakan biaya yang berbeda.

Umumnya ketika hari biasa, harga tiket dibanderol mulai dari Rp. 30 ribuan saja. Ketika weekend tiba, harganya naik menjadi Rp. 40 ribu. Saat musim liburan juga harganya akan cenderung naik di Rp. 50 ribu. Harga tiket tersebut tentunya bisa naik sewaktu waktu lagi tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu dan tergantung dari pengelola.

Bukan hanya harga tiket, Anda juga harus mengetahui jam operasionalnya. Pengelola menerapkan waktu operasional yang berbeda saat hari kerja dan waktu liburan. Curug Bidadari akan buka jam 08.00 hingga pukul 17.00 WIB ketika hari kerja. Sementara ketika akhir pekan akan buka lebih awal yakni 07.30 hingga 18.30 WIB.

Berniat untuk mengunjungi curug ini, sebaiknya Anda datang setelah hujan turun. Misalnya malam ini hujan turun, maka besok pagi adalah waktu yang tepat untuk berkunjung. Karena Anda bisa mendapatkan panorama indah sekaligus air yang jernih saat saat ini. Sehingga Anda bisa bermain air sepuasnya dan tidak kecewa.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Bidadari

Aktivitas di Air Terjun Bidadari
Image Credit: Google Maps (Agus Susanyoto)

Jangan mengira Anda hanya akan menikmati pemandangan air yang jatuh dari ketinggian saja ketika di Curug Bidadari. Memang, panorama yang ditawarkan mengundang decak kagum. Tetapi ternyata ada banyak kegiatan seru dan menarik yang bisa Anda lakukan. Mulai dari berenang hingga berburu spot foto kekinian bisa Anda lakukan.

1. Menikmati Pemandangan

Aktivitas pertama yang pasti dilakukan hampir semua orang adalah menikmati pemandangan yang ada. Melihat derasnya air yang mengalir dari ketinggian lengkap dengan udaranya yang sejuk tentu tak bisa dilewatkan. Menyempatkan datang ke destinasi satu ini akan membuat segala penat Anda hilang dan terhempas.

2. Bermain Air

Mengunjungi Curug Bidadari rasanya tidak lengkap jika tidak sekalian bermain air. Baik bermain di curugnya maupun di kolam renang buatannya. Keduanya sama sama menarik dan akan menjadi aktivitas liburan yang menyenangkan. Airnya yang jernih dan segar, memang mengundang siapapun untuk segera bermain air.

Setelah puas menikmati segarnya air terjun, Anda bisa melanjutkan kegiatan dengan berenang di kolam buatannya. Kolam buatan ini juga dilengkapi dengan berbagai wahana yang menarik. Anda bisa bersantai di atas ban dengan mengunjungi Lazy poolnya. Sementara jika ingin menantang adrenalin, kolam arus bisa dijadikan sebagai pilihan.

3. Outbond

Anda yang ingin melakukan kegiatan menarik selain berenang bisa menjajal outbond di air terjun ini. Wahana bertemakan outbond memang sengaja disiapkan untuk memanjakan para pengunjung. Salah satunya adalah wahana flying foxnya yang menantang adrenalin. Anda bisa meluncur dari atas ketinggian dan melintasi air terjun hingga water parknya.

4. Menyusuri Jembatan

Aktivitas selanjutnya yang tak kalah menarik dilakukan adalah menyusuri jembatan yang berada di antara batu belah. Jembatan yang terdiri dari dua buah ini akan memberikan Anda pengalaman yang menyenangkan. Sekaligus sekalian mencari spot spot foto yang instagramable.

5. Berburu Foto Kekinian

Pengelola memang menyediakan banyak spot spot yang cantik di Curug Bidadari ini. Bukan hanya bisa swafoto atau groufie dengan latar belakang air terjun saja. Gardu pandang dan spot spot kekinian juga turut dihadirkan. Anda yang gemar berpose di depan kamera bisa puas mengambil foto untuk diunggah ke media sosial Anda.

Fasilitas yang Tersedia di Sekitar Curug Bidadari

Fasilitas Curug Bidadari
Image Credit: Google Maps (Deni Dwi Aprizal)

Berbagai fasilitas juga turut dihadirkan untuk membuat pengunjung merasa nyaman. Begitu juga dengan wahana yang juga ada sehingga pengunjung bisa melakukan banyak kegiatan. Wahana yang bisa Anda coba antara flying fox, perahu tangan, wave pool hingga lazy pool. Kehadiran wahana wahana ini semakin memanjakan pengunjung yang hadir.

Sementara untuk fasilitasnya, dimulai dari fasilitas utama seperti area parkir yang luas. Dengan begitu, Curug Bidadari bisa menampung banyak kendaraan yang datang. Anda juga bisa mudah menemukan kamar kecil dan tempat ibadah. Bagi Anda yang ingin menikmati suasananya, bisa duduk di gazebo atau jajan di warung warung yang tersedia.

Bagi Anda yang ingin berlama lama mengunjungi air terjun ini, Anda bisa bermalam di hotel hotel terdekat. Selain itu juga ada banyak villa maupun resort yang dekat dengan curug ini. Harga yang ditawarkan juga sangat beragam dan bergantung pada fasilitas yang dihadirkan. Ada baiknya Anda memesan jauh hari saat berencana menginap di musim liburan.

Pesona yang ditawarkan oleh Curug Bidadari menjadikan curug ini begitu kondang di masyarakat maupun wisatawan. Perpaduan antara wisata alam dan juga wahana modernnya juga menjadi nilai plus tersendiri. Mampir ke Bogor, jangan lewatkan untuk kunjungi destinasi satu ini.