15 Curug (Air Terjun) di Cianjur yang Lagi Hits Dikunjungi

Curug Cianjur

Ingin Liburan di Cianjur? Periksa Beragam Wisata Air Terjun Curug Keren di Cianjur, Jawa Barat. Objek Wisata Alam Memesona & Paling Hits Disambangi Wisatawan Saat Musim Liburan Tiba.

Daerah Cianjur merupakan daerah pengunungan yang memiliki keindahan yang memukau. Sehingga banyak menyedot perhatian para pelancong untuk menjelajah berbagai tempat indah di Cianjur. Terutama bagi kamu yang memang suka menjelajah tempat tempat baru yang belum banyak terjamah.

Cianjur memiliki beberapa air terjun keren yang bisa membuat liburan kamu semakin menyenangkan. Simak ulasan 15 rekomendasi curug di Cianjur yang favorit dikunjungi wisatawan berikut.

1. Curug Citambur

Curug Citambur

Image Credit: Mytrip.co.id

Curug Citambur bisa dijadikan sebagai destinasi liburan kamu jika sedang di Cianjur. Curug Citambur tak hanya menawarkan keindahan yang mempesona, namun juga dilengkapi dengan berbagai wahana yang pastinya akan membuat liburanmu mengesankan. Letaknya memang sedikit tersembunyi tapi bukan berarti tidak indah. Air terjun yang jatuh pada ketinggian 100 meter ini terlihat megah dan mempesona di saat bersamaan.

Sebelumnya Curug Citambur memang tidak banyak dikenal, hingga fotonya tersebar di media sosial. Dan menjadikan Curug Citambur banyak dikunjungi oleh wisatawan. Meskipun para pengunjung yang datang tidak diijinkan untuk telalu dekat dengan air terjun karena terbilang cukup berbahaya. Hawanya yang dingin akan semakin membuat suasananya asri dan betah berlama lama. Wahana yang ditawarkan juga kian bertambah sehingga membuat betah.

Kamu bisa mencoba beberapa permainan seperti sepeda tali, rumah hobbit, sepeda air, spot selfie hingga rumah terbalik. Ada beberapa spot swafoto untuk kamu yang hobi berpose di depan kamera. Dari tempat kamu memarkirkan kendaraan kamu hanya perlu berjalan sekitar 5 hingga 10 menit untuk sampai di curug. Hadirnya wahana wisata ini akan membuat liburan kamu di Kabupaten Cianjur akan semakin berkesan dan menyenangkan.

Lokasi: Karang Jaya, Kec. Pagelaran, Kab. Cianjur.

2. Curug Cibeureum

Image Credit: Penawisata.com

Image Credit: Penawisata.com

Curug satu ini menjadi curug yang tidak boleh kamu lewatkan ketika singgah di Cianjur. Masih dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango membuat air terjun ini semakin menarik. Jalurnya berada di jalur pendakian sehingga sangat cocok untuk kamu yang menyukai tantangan  dan petualangan. Lokasinya juga tidak terbilang jauh sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja sekalipun bukan pendaki yang ulung.

Hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam hingga akhirnya bisa sampai di air terjun. Setelah lelah melakukan perjalanan, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang pastinya bisa menghilangkan segala lelah selama perjalanan. Suasananya yang berada di pegunungan akan membuat siapa saja betah untuk berlama lama. Fasilitas yang berada di Curug Cibereum juga terbilang memadai dan juga lengkap.

Lokasi: Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

3. Curug Cikondang

Image Credit: Okezone.com

Curug Cikondang menjadi salah satu curug yang hits dikalangan wisatawan. Bukan hanya karena memiliki jarak yang tidak jauh dari jalur pusat kota, areanya juga berada di tengah perkebunan teh membuat tempat ini semakin menarik. Sepanjang perjalanan menuju Curug Cikondang, kamu akan disuguhkan dengan hamparan kebun teh di kanan kiri jalan. Selain perkebunan teh, kamu juga akan dibawa untuk menyusuri persawahan yang akan menyejukkan mata.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Garut yang Wajib Anda Bawa Pulang

Perjalanan di pematang sawah ini diperkiran sekitar 1 km dengan medan yang menurun sebelum nanti akhirnya sampai di Curug Cikondang. Tempat yang kondang ini memang terbilang mudah untuk dijangkau. Pemandangan yang disajikan pada air terjunnya juga sangat menawan sehingga membuat wisatawan tergoda untuk mendatanginya. Jangan lupa untuk kamu mengabadikan keindahan dari Curug Cikondang ini.

Lokasi: Wangunjaya, Kec. Campaka, Kab. Cianjur.

4. Cibodas Park

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Untuk kamu yang ingin melihat keindahan air terjun lengkap dengan suasana yang sejuk, maka Cibodas Park ini bisa menjadi alternatif. Terdapat aliran sungai yang berasal dari air terjun tersebut. Airnya yang jernih akan mengundang Anda untuk bisa bermain air di bawahnya. Di sepanjang pinggiran sungai, bisa menggelar karpet dan mencelupkan kaki pada aliran sungainya. Cibodas Park adalah tempat yang sangat cocok melepas penat.

Lokasi: Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

5. Curug Ciismun

Curug Ciismun

Image Credit: Simparda.cianjurkab.go.id

Kamu yang sering main ke puncak, bisa menjadikan Air Terjun ini sebagai destinasi liburan kamu. Panorama yang ditawarkan di Curug Ciismun sangat indah dan pastinya bisa membuat segala lelah dan penatmu menguap. Lokasinya juga terbilang cukup sepi sehingga cocok untuk mencari ketenangan. Meskipun untuk mencapai Air terjun ini kamu membutuhkan perjuangan mengingat aksesnya yang tidak mudah.

Kamu harus melakukan tracking sekitar 30 menitan, tergantung dari kecepatan kamu berjalan. Medan yang dilalui merupakan jalan setapak yang di kanan kiri jalan terdapat bukit dengan pepohonan yang tinggi. Lokasinya yang masih asri sedikit bisa menjadi penghibur di kala lelahmu. Apalagi ketika kamu berhasil sampai di lokasi, keindahan dari Curug Ciismun akan membuat semua lelah perjalananmu terbayar lunas. Kamu mungkin akan betah berlama lama.

Lokasi: Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

6. Air Terjun Panas

Air Terjun Panas

Image Credit: Tribunnews.com

Air Terjun Panas, dari namanya saja sudah terdengar unik atau mungkin kamu bisa menebaknya. Ya, air yang mengalir dari ketinggian ini airnya hangat  bahkan ada yang panas. Sangat unik dan tidak seperti dengan curug yang umumnya airnya dingin dan segar. Terdapat 7 titik air terjun yang terdapat di Air Terjun Panas ini. Konon banyak yang mempercayai jika sumber air panas ini bisa untuk mengobati berbagai penyakit kulit.

Pengunjung bisa berendam di dasar air terjun kemudian langsung mengosokkan air pada bagian yang gatal. Untuk kamu yang sedang berlibur di Cianjur bisa mengunjungi air terjun yang terbilang unik. Pemandangan alamnya juga akan membuat kamu terpesona dan juga jangan lupa untuk mengabadikannya. Air Terjun ini masih terbilang sepi pengunjung dan belum banyak diketahui.

BACA JUGA:  Jembatan Gantung Situ Gunung, Wisata Ikonik di Sukabumi

Lokasi: Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur.

7. Curug Ngebul

Image Credit: Datawisata.com

Nama curug Ngebul sendiri berasal dari cerita yang berkembang di masyarakat. Konon pada zaman dahulu ada seorang putri yang mandi di curug ini dan kemudian airnya tiba tiba berasap atau mengebul. Cerita lain mengatakan jika air dari curug beruap dikarenakan terkena terpaan batu yang di bawahnya, sehingga terkesan seperti berasap.Untuk ketinggian dari air terjun ini berkisar 100 meter dengan air yang terbilang deras.

Curug satu ini sangat cocok untuk kamu yang mempunyai hobi berpetualang dan tantangan. Sebab kamu harus melakukan perjalanan yang terbilang panjang untuk sampai di Curug Ngebul. Medan yang harus membutuhkan perjuangan yang panjang, jalanan berbatu, tanjakan yang curam serta jalanan yang berkelok kelok. Semua perjuanganmu akan terbayar lunas ketika melihat keindahan dari Curug ini. View pegunungan dan udara yang asri akan membuat kamu betah.

Lokasi: Bunijaya, Kec. Pagelaran, Kab. Cianjur.

8. Curug Cibogo

Curug Cibogo

Image Credit: Catatanwisata.com

Curug Ciboga merupakan air terjun yang lokasinya masih satu area dengan Curug Ciismun dan berada di kawasan Kebun Raya Cibodas. Sehingga kamu hanya perlu untuk membayar tiket masuk satu kali saja. Berbeda dengan Curug Ciismun, untuk menjangkau Curug ini kamu tidak perlu melakukan perjalanan yang panjang. Bahkan kamu bisa menjangkaunya dengan menggunakan kendaraan. Jalanan yang harus dilalui terbilang mudah diakses.

Meskipun kamu harus melewati bebatuan dan jalanan yang menjadi perpaduan jalanan menuju Curug. Curug Cibogo memiliki ketinggian sekitar 15 meter saja,tetapi airnya yang terjun cukup deras. Sangat penting bagi kamu untuk berhati hati ketika bermain di sekitar air terjun. Arusnya yang cukup deras menjadi penyebabnya. Pemandangan yang ditawarkan juga terbilang cantik sehingga kamu bisa bersantai sambil menikmati panoramanya.

Lokasi: Sukaluyu, Kec. Cikadu, Kab. Cianjur.

9. Curug Cisampay

Curug Cisampay

Image Credit: Reresepan.com

Untuk kamu yang senang menemukan tempat baru, kamu bisa menjadikan Curug Cisampay sebagai destinasi liburan kamu. Keindahan yang dimiliki oleh Curug Cisampay tidak kalah dengan curug curug lainnya yang ada di Kabupaten Cianjur.Selain masih baru, juga masih belum banyak yang mengeksplorenya, sehingga kamu harus selalu berhati hati ketika mengunjungi. Curug Cisampay sendiri populer setelah ada yang mengunggah keindahannya ke media sosial.

Lokasi: Mekarwangi, Kec. Cikadu, Kab. Cianjur.

10. Curug Dengdeng

Image Credit: Metropuncaknews.com

Rupanya di Cianjur memang banyak keindahan yang masih tersembunyi, seperti halnya Curug Dengdeng. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 30 menit saja untuk sampai di gerbang utamanya. Memiliki ketinggian 85 meter dengan air yang tidak terlalu deras membuat kamu bisa bermain air di bawahnya dan terbilang aman. Sumber air dari Curug ini berasal dari Sungai Ciwidig membuat airnya jernih dan serta segar.

Setelah dari Gerbang Utama untuk menuju air terjunnya memang dibutuhkan perjuangan. Mengingat air terjun ini belum mendapat sentuhan dari pihak pemerintah sehingga jalannya masih menantang. Ada tebing tebing yang harus dilewati, membuat destinasi wisata di Cianjur ini sangat cocok untuk pecinta alam. Keindahannya tidak bisa diragukan lagi sehingga perjalanan kamu akan terbayar. Terutama untuk kamu yang menyukai petualangan.

BACA JUGA:  21 Minuman & Makanan Khas Cirebon yang Wajib Anda Coba

Lokasi: Cicadas, Wangunjaya, Kec. Naringgul, Kab. Cianjur.

11. Curug Dadali

Image Credit: Detik.com

Satu lagi Curug yang membutuhkan perjuangan untuk mencapainya. Curug Dadali memiliki akses jalan yang menantang dengan medan yang licin. Perjalanannya juga terbilang panjang sebelum surga tersembunyi ini berhasil kamu intip keindahannya.

Curug Dadali memiliki air terjun yang mirip dengan tirai dengan nuansa yang masih asri. Membuat semua lelah selama perjalanan akan terobati ketika menyaksikan keindahan yang dimilikinya.

Lokasi: Wargaasih, Kec. Kadupandak, Kab. Cianjur Selatan.

12. Curug Kemang

Curug Kemang

Image Credit: Melodicandar.blogspot.com

Curug Kemang merupakan curug yang aliran airnya berasal dari sungai Cirangkong. Keindahan yang dimiliki oleh curug ini bisa dikategorikan sebagai curug yang eksotis jika bicara keindahan.

Untuk menuju lokasi bisa diakses dengan kendaraan, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki hingga sampai di Curugnya. Letaknya yang berada di balik rimbunnya perbukitan membuat Curug Kemang begitu alami dan asri suasana maupun panoramanya.

Lokasi: Kemang, Kec. Bojong Picung, Kab. Cianjur.

13. Curug Ciastana

Curug Ciastana

Image Credit: Ridwanderful.com

Curug Ciastana memiliki sejuta pesona yang akan semakin terlihat jika mendapatkan banyak atensi. Karena Curug ini masih terbilang alami dan belum terjamah dengan tangan tangan nakal. Untuk bisa melihat sendiri keindahan yang dimiliki, maka dibutuhkan perjalanan yang terbilang panjang.

Namun akses menuju curug ini masih terbilang aman dan keindahan yang disimpannya akan membiusmu dan menghilangkan segala lelah. Udaranya juga masih segar dan sejuk.

Lokasi: Wargasari, Sinar Muda, Bojongkasih, Kec. Kadupandak, Kab. Cianjur.

14. Curug Aki Toto

Image Credit: Wisatalengkap.com

Petualangan kamu menjelajah Curug yang ada di Cianjur rasanya memang belum berakhir. Masih banyak curug yang belum menunjukkan pesonanya sehingga harus kamu yang mendatanginya. Curug Aki Toto ini salah satu dari banyak Curug di Cianjur yang memiliki keindahan yang mempesona namun belum terjamah. Seperti tempat tempat perawan lainnya, kamu membutuhkan kehatian hatian tingkat tinggi untuk bisa sampai di Curug Aki Toto ini.

Lokasi: Pamoyanan, Kec. Cibinong, Kab. Cianjur.

15. Curug Kubang

Curug Kubang

Image Credit: Youtube.com (Masam 97)

Curug Kubang atau yang juga disebut dengan Curug Ciliunggunung merupakan salah satu curug yang tidak boleh kamu lewatkan ketika singgah di Cianjur. Keindahan yang luas biasa membuat kamu akan terbius dengan keindahan yang dimilikinya. Belum banyak terjamah membuat lokasinya masih asri dan nyaman. Tak jarang akan ada kabut tipis yang menyelimutinya dengan udara yang cukup dingin. Jalanan yang harus kamu tempuh mengharuskan berhati hati.

Lokasi: Padasuka, Kec. Cibinong, Kab. Cianjur.

Untuk melihat hal hal yang indah terkadang memang dibutuhkan perjalanan yang terbilang terjal dan penuh perjuangan. Inilah yang nantinya kamu hadapi ketika kamu ingin menjelajah keindahan curug-curug yang ada di Cianjur. Sangat rekomended untuk kamu yang menyukai tantangan dan juga petualangan. Namun tak sedikit pula curug yang memiliki akses mudah dengan pemandangan yang tak kalah mempesona dan mengagumkan.