Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Cisangkal, Kec. Cihurip, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Curug Cibadak merupakan potret destinasi alam yang masih belum banyak dimodifikasi oleh manusia. Padahal, air terjun cantik ini berada tepat di pinggir jalan sebuah pemukiman. Artinya, pengunjung tidak perlu masuk terlalu dalam ke hutan jika ingin bermain dan berpetualang di sini.

Membentang indah di antara tebing dan lebatnya hutan, Anda akan merasakan seperti bepergian ke dunia fantasi saat mampir ke sini. Terlebih lagi, suasana sepi di sekitarnya seolah sangat mendukung statement tersebut. Pastinya kedamaian merupakan hal utama yang bisa Anda raih setelah memasuki hutan yang mengelilinginya.

Berlokasi di Kabupaten Garut, keindahan alam di wilayah tersebut memang sudah diakui oleh banyak pelancong. Buktinya ada berbagai macam destinasi alami yang ditawarkan dan keseluruhannya selalu berhasil menarik perhatian ketika dipublikasi. Dengan segala pertimbangan yang ada, sayang jika Anda melewatkan air terjun memesona ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cibadak

Daya Tarik Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps Alam Ahmad Hidayat

1. Hutan Lebat

Barangkali tidak semua orang suka menjelajahi hutan hanya agar bisa melihat sebuah keindahan tersembunyi semacam Curug Cibadak. Namun, sebagian lainnya justru suka ketika perlu pergi jauh dari pusat kota untuk bisa mengakses destinasi wisata yang memesona.

Jika Anda termasuk para pecinta petualangan, lebatnya hutan yang mengelilingi curug cantik ini layak dijadikan pertimbangan. Alasan mengapa Anda perlu datang ke sini sebab bisa sekaligus menantang jiwa petualangan.

Lokasinya sebenarnya tidak jauh dari pemukiman warga, tetapi hutan di sekitarnya masih sangat lestari. Pohon-pohon rindang dan berukuran besar, rumput liar tumbuh di ruas-ruas jalan, hingga bebatuan yang perlu didaki agar bisa sampai di hadapan tebing tempat jatuhnya air.

Pada dasarnya, tempat cantik ini diapit oleh tebing-tebing batu yang membentuk perbukitan. Beberapa areal persawahan dapat ditemukan di sepanjang perjalanan menuju kemari. Letaknya yang tersembunyi ini membuatnya menjadi terkesan misterius.

Jika dilakukan publikasi yang tepat dan pengembangan optimal, tinggal menunggu waktu saja hingga Curug Cibadak yang cantik ini. Tidakkah Anda ingin menjadi orang-orang yang mengunjunginya lebih awal?

2. Aliran Air Sungai yang Jernih

Ada aliran air sungai yang merupakan terusan langsung dari air terjun. Kondisi sungainya masih jernih dan terjaga kenaturalannya. Anda bisa melihat batu-batu kecil tersebar di dalam air atau di bibir sungai.

Terkadang, pengunjung menjadikan sungai tersebut sebagai tempat untuk bermain. Anak-anak kecil terlihat gembira bila mereka dibebaskan melakukan apa saja di kawasan perairannya. Tidak perlu khawatir sebab Curug Cibadak punya debit aliran sungai yang tenang dan relatif kecil.

Rasakan pengalaman yang mahal ketika memutuskan untuk mampir ke sini. Daripada bingung mencari referensi liburan dengan suasana bersahabat bagi banyak rentang usia, ada baiknya Anda mencoba curug eksotis ini.

3. Air Terjun Raksasa

Ada sumber yang mengatakan bahwa aliran air yang menyusuri tebing-tebing batu di curug eksotis ini mencapai ketinggian 100 meter. Tidak mengherankan bila mengingat lokasinya berada di antara bukit-bukit.

Air terjun itu tampak mengalir di sela bebatuan berumur ratusan tahun. Terdapat dua tingkat yang akan memanjakan Anda sehingga rela menghabiskan waktu lama di sini. Aliran air yang jatuh ke sungai ini juga menghasilkan bunyi yang menenangkan.

Suara alam di sekitar seolah menyempurnakan pengalaman liburan wisatawan. Berharap bisa pergi ke tempat yang jauh dari riuhnya perkotaan? Cobalah datang ke Curug Cibadak dan rasakan sensasi seru yang tidak terlupakan!

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps Ade Safari

Saat mampu melintasi medan yang cukup ekstrem ke Desa Cisangkal, Anda bisa menemukan air terjun yang mengesankan. Curug Cibadak namanya, terletak persis di tepi jalan pemukiman tetapi dikepung oleh hutan lebat.

Masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Garut, Jawa Barat, rupanya Anda perlu mengemudi kurang lebih 2 jam jika berangkat dari pusat kabupaten. Lokasinya memang cukup jauh tersembunyi di Kecamatan Cihurip diapit oleh perbukitan.

Harga Tiket Masuk Curug Cibadak

Harga Tiket Masuk Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps Nidanza Nova

Tiket masuk yang diberlakukan atas Curug Cibadak juga tidak kalah murah. Alasan utamanya bisa jadi adalah fasilitas yang belum memadai.

Hanya dengan Rp 5.000, Anda sudah bisa datang dan bermain sepuasnya di air terjun memesona ini. Biaya ini disinyalir merupakan retribusi untuk asuransi jiwa dan kesempatan berkunjung ke Gunung Halimun Salak.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Cibadak

Kegiatan Menarik Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps Amet Arief Gunawan

1. Mandi

Mandi air sungai tampaknya akan mengingatkan Anda akan potret masa kecil bahagia saat hidup di pedesaan. Aliran sungai yang relatif kecil membuat pengunjung jadi lebih aman jika ingin mengeksplorasi di dalamnya.

Curug Cibadak, meskipun punya ketinggian yang mengesankan, tetapi sejatinya dilandasi oleh debit air yang lambat. Itu memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk bermain-main hingga puas di dalam air.

Sayangnya, sebab ukurannya dangkal dan sempit, Anda tidak bisa berenang atau melakukan kegiatan lain di dalam air. Seharusnya sekadar duduk dan memercikkan air ke badan tidak jadi masalah jika dilakukan bersama orang tersayang, bukan?

2. Relaksasi

Sempitnya aliran sungai di Curug indah ini punya alasan yang mendasari, yakni banyaknya bebatuan di kawasan perairan. Batu berbagai ukuran tersebar acak dan hampir Anda temukan di mana-mana.

Sebagian berupa kerikil-kerikil kecil yang membuat sungai tidak keruh ketika dipijaki, sisanya berukuran cukup besar untuk dijadikan tempat duduk. Saat merasa lelah setelah menempuh perjalanan jauh dari penginapan, ada baiknya Anda menjadikan batu-batu tersebut sebagai tempat peristirahatan.

Selanjutnya, coba pejamkan mata Anda dan rasakan bagaimana kedamaian alam seolah menyelimuti erat-erat. Suara-suara pengunjung lain di sekitar akan berpadu dengan aliran air dan itu cukup mengasyikan.

3. Berkendara Sambil Menguji Adrenalin

Jauh sebelum Anda tiba di Curug Cibadak, perjalanan yang harus ditempuh saat Anda berangkat dari pusat kota atau kabupaten sungguh menguji adrenalin. Ini bisa jadi kesempatan menguji kemampuan mengemudi Anda jika memiliki keberanian yang cukup.

Lapisan tanah yang belum diaspal seutuhnya, suasana sepi karena dikepung hutan, perjalanan yang harus dilakukan hingga berjam-jam, dan masih banyak lagi. Belum lagi, kontur jalanannya cenderung sempit, menanjak, dan berkelok sehingga perlu konsentrasi penuh saat Anda mengemudi.

Disarankan menghindari jenis mobil bersuspensi rendah dan bahkan jika memungkinkan sebaiknya gunakan motor saja. Memakai kendaraan roda dua akan memberikan kemudahan melakukan manuver agar Anda tiba di sana lebih cepat dan tidak menghabiskan waktu lama di perjalanan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Curug

Fasilitas Curug Cibadak
Image Credit: Google Maps Wira Xena

Kurangnya pengembangan di Curug Cibadak tampaknya harus membuat Anda bersabar ketika memutuskan mampir ke sini. Belum ada fasilitas berarti yang dapat memenuhi kebutuhan Anda agar betah menghabiskan waktu di dalamnya.

Satu-satunya sumber pemenuhan kebutuhan yang bisa diharapkan adalah keadaan di pemukiman warga terdekat. Anda bisa mencari warung makan, lahan parkir, atau bahkan toilet yang biasa dioperasikan warga untuk umum.

Alasan mengapa tetap dikunjungi oleh wisatawan adalah pemandangannya yang menakjubkan. Perjalanan menuju curug cantik ini memang lebih cocok bila disebut petualangan ke hutan alih-alih liburan.

Meskipun begitu, perasaan senang yang mungkin diperoleh di Curug Cibadak sangatlah besar. Anda bisa menghabiskan waktu di alam liar tanpa perlu merasa sesak dengan kehidupan kota. Oleh karena itu, mampirlah, dan buat diri Anda nyaman.

REKOMENDASI DESTINASI